Resolusi Gagal: Misuh

Maaf, postingan ini agak ada kata-kata kasarnya. Maaf lho ya. Kalau nggak mau baca, silahkan close. ^^

Aku lupa. Tapi aku inget. #nahlho
Aku pernah nulis resolusi tahun ini di postingan mbuh yang mana dan salah satu harapannya adalah: mengurangi misuh-misuh. Misuh dalam kasus ini adalah yang berupa umpatan. Tidak termasuk masalah memanggil teman yang ada beberapa orang yang biasanya kupanggil dengan kata-kata kasar.

Misuh itu adalah bentuk kata kerja dari kata 'pisuh' yang berarti makian. Misuh berarti aktivitas mengungkapkan kekesalan dengan istilah-istilah tertentu, yang... you know lah... Sebenernya sih mengungkapkan kekesalan itu manusiawi, misuh pun manusiawi, asal tahu tempatnya. Dan aku masih belum jadi orang yang sabar. Karena aku masih suka misuh-misuh. Belum tercerahkan nih, hiks.

Kalau lagi kesel, ditahan nggak baik. Tapi kalau dikeluarkan jadinya misuh-misuh. Nggak tahu mana yang lebih baik. Mengenai kata-kata pisuhan, tahu dong, apa saja biasa kata-katanya yang dipakai. Ada nama-nama hewan di kebon binatang, dan kata-kata kasar lainnya yang aku nggak bisa kategoriin jadi kategori apa.

Dan aku...

Nggak pakai kata-kata kasar atau pun nama hewan yang ada di kebon binatang.

Soalnya perasaan...

Nggak ada deh kandang anjing di kebon binatang. Ups.


Balik ke awal. Jadi, resolusiku langsung gagal di awal tahun gara-gara televisi. Jarang sekali aku yang namanya nonton TV. Sekalinya nonton, kalau nggak salah acaranya Seputar Indonesia apa, dan ada satu part dari acara itu yang ngebahas mengenai benda-benda mahal yang dipakai anggota DPR.

Disorotlah jam tangan-jam tangan mahal yang dipakai oleh anggota itu dan si reporter berkata, "...jam tangan tersebut diperkirakan bernilai 20 juta rupiah."

Aku pun berkata, "Asyuuu ik."

Disorotlah tas tangan bermerek yang digunakan seorang anggota dewan dan si reporter berkata, "...kira-kira bernilai 150 juta rupiah."

Aku pun berkata, "Asuuu."

Diperlihatkanlah mobil-mobil yang terparkir di gedung hijau Senayan dan yang disebutkan harganya kalau ngga salah Alphard. Lagi-lagi terdengar, "satu mobil bernilai 1 Milyar."

Aku pun berkata, "Huasyuu."

Kemarin juga ada sodaraku cerita bagaimana ribetnya mengurus IMB. Resminya biayanya tak sampai 1,5 juta, mendadak menjadi 6 juta karena ada bagian untuk para petugasnya. Si sodara cuma mengakhiri dengan, "Asu yo?"

Aku pun setuju, "Hooh. Asyu."

Ngomong-ngomong, beberapa hari ini aku keranjingan nonton Stand Up Comedy di youtube. Ngubek-ubek nemu acara Standup Comedy di Metro TV, dan video yang kulihat itu dalam rangka Valentine. Dan salah satu comic (komedian standup) -nya adalah Setiawan Tiada Tara.

Dia cerita dalam penampilannya mengenai tips dalam hubungan suami istri. Katanya, jangan sampai bertengkar hingga mengumpat dengan kata-kata nama binatang. Sarannya, gantilah dengan nama buah, kayak gini nih.

"Wooo, dasar kelengkeng!"
"Jambu tenan ik!"
"Dasar semangka tanpa biji!"

Jadi terlihat lebih bagus kan?

Atau nggak diganti pakai nama makanan.

"Dasaar lotek!"
"Pancen soto ayam kamu itu!"
"Rawon kamu!"

Ra ceto ik. (Nggak jelas ih.) Kalau misuhnya begini sih, nggak bakalan jadi marah-marah. Ahahaha... Mungkin tipsnya boleh dicoba nih dalam kehidupanku sehari-hari.

Dasaaar ayam ka-ef-siii!


Note: asu = anjing, jw. (Huasyuuu, Asyuu, dan yang mirip lainnya, merupakan improvisasi dari 'asu')

76 comments:

  1. oh, misuh itu umpatan. klo di makassar maaf "asu" juga doggy una..
    saya suka yang semangka tanpa biji itu.
    "dasar semangka tanpa biji" XD XD maksudnya opo...

    ReplyDelete
  2. Hehehe, unce ternyata repot jg yah sm masalah negara... ya udahlah yah. kl mikirin kekayaan mreka jadinya emang esmosi :p

    ReplyDelete
  3. hahaha kalo pake nama2 taneman lebih gak terkesan kasar ya misuhnya.... :P

    btw emang para anggota dpr itu asu kok... jadi sebenernya gak patut jadi dpr!! kayaknya gua bilang sih gak perlu ada dpr ya di indo... toh mereka gak kerja juga...

    ReplyDelete
  4. Wkwkwk, ga apa2 una. Sesekali posting yang kaya gini!

    ReplyDelete
  5. Angelina sondakh asyu gak ya? Hehe mungkin di ganti aja jadi angie apel berduri hahaha...

    ReplyDelete
  6. dan pas ngerasa resolusimu gagal pun kamu bilang, "asuu, asuu... !"
    bhahaha
    sukses, na! walo resolusimu gatot, gagal total! asu pun ambil alih tahta! bhahaha

    ReplyDelete
  7. Hhahahahha tapi gimana ya, klo temen2 ku yang cow asli jawa pasti klo lagi kesel keluar deh tuh kata2 Aaa*hhuuuu.... Aku sih yg dulu ga tau artinya lucu aja denger logatnya...

    Wah sama nih lagi suka StandUp comedy yg d metroTV, favorit aku sih mongol kak, ala banci kaleng, :p

    ReplyDelete
  8. hahahahahaha
    iya Naaaa ... aku klo misuh2 yo mung ngoceh geje ae ... isi kebun binatang ra dijak kabeh. ben ae kono hihihi ... tapi ide itu menarik dan SULIT dipraktekkan. Nek pas ngomong SEMANGKAAAAA ... eh malah semangat sononya gimana dunk? :P
    blom lagi klo .. dasar melon!!! lah ... apa ga jadi ngguyu kabeh yo Na ;P

    ReplyDelete
  9. @hima-rain Tapi itu Bahasa Jawa juga kan? Bukan Bahasa Makassar...

    ReplyDelete
  10. @Syamatahari Emanggg... sebel akyuuu. Mau nagih PPN yang aku bayar setiap jajan tau gak sih!

    ReplyDelete
  11. @Arman Hahaha malah nggak marah kalau pake nama tanaman.

    Wkwkwk emanggg. Bubarin aja DPR, gimana?

    ReplyDelete
  12. @Yayack Faqih Asyu juga lah. ASYU = Angelina Syundakh~

    ReplyDelete
  13. @eksak Ini yang komen asu banget sihhh! Ahahaha...

    ReplyDelete
  14. @tito Heyziputra Oh iya Mongol juga lucu. Tapi isi jokenya kayak udah pernah gitu...

    ReplyDelete
  15. @nicamperenique Hahaha, emanggg. Bakal gak marah lagi. Malah bikin laper LOL!

    ReplyDelete
  16. Usul yang menarik ...
    Misalnya jadi 'cabe keriting', 'cabe rawit
    , 'tomat keriting' ...
    #eh, kalo 'jengkol busuk' .. bagus gak ...?#

    Atau sekali nama2 benada saja, kayak 'tempat sampah', 'keranjang sampah', 'tong sampah', 'keranjang basket', 'bola basket', 'bola bekel'.
    Lama2 orang2 bisa makin kreatif misuh2 hehehe

    ReplyDelete
  17. @Una

    Iya Na, di sini artinya sama dengan boso Jowo-nya :)

    ReplyDelete
  18. @Mugniar Hehehe, tapi jadi gak bakal marah-marah lagi. Wkwkwk~

    ReplyDelete
  19. wkwkwkw....ojo kokehan misuh-misuh un....ndak cepet tuo....

    aku ndhisik jaman isih nom yo sok misuh ngono kuwi un, saiki wis nduwe anak tak kurangi le misuh-misuh...wedi nek anakku melu misuh-misuh juga....hehe....

    ReplyDelete
  20. nurun siapa sih nduk? apa mungkin dari temen-temen?
    kebiasaan itu akan hilang jika kita bergaul dengan orang-orang baik tanpa misuh2.. :D
    mbesok kalo dah jadi orangtua nyesel lho..

    ReplyDelete
  21. kata ustadz berkata kotor itu jelek mbak, jadi budayakan berkata bagus
    istighpar istighpar
    jangan osa asu osa asu aja kak
    *ups bocor
    jangan dianggap misuh gih, itu contoh
    huwkakakaka

    ReplyDelete
  22. @Mami Zidane Wkwkwk, nggak baik didengar anak...

    ReplyDelete
  23. @WaroengBlogger Ini cuma numpahin kekesalan aja kok. Emosi di dalem kan gak apik...

    ReplyDelete
  24. @naspard Sendirinyaaaa bilang asu ahahaha...

    ReplyDelete
  25. jiah! aku dibilang asu! bhahaha
    arigatogozaimasu!
    bhagahahagbgmjtjm

    ReplyDelete
  26. Ancuk, ngono iku siy gak termasyuk pisuhan, cuk Pisuhan sing parah iku nek ditujukan langsung ning uwonge. Tapi ancene siy ors usah misuh-misuh ae lah opo manehh kuwe wong wedok...

    ReplyDelete
  27. wah wah...

    salam kenal lah bukanperantau :)

    ReplyDelete
  28. Una Putri "Salju" yang manisss,, sori yah.. Niatku bikin postingan itu bukan utk menyakiti siapa2 koq, sy hanya ingin masing2 kita introspeksi...

    Yen ra ikhlas yo wis...
    Dasarrrr, Kesemek Gosong :P

    ReplyDelete
  29. Knapa ya, kalau "wuasyu..." rasanya lebih marem, padahal ada binatang yang lebih besar, misalnya Gajah atau Dinosaurus.
    Tapi kok jarang ada yg misuh pakai "Gajah!!!!"

    ReplyDelete
  30. nek DPR dibubarke ae piye Na, iso ra?

    tapi ya Un, memaki dengan mengganti nama makanan bikin bokek lho Un, saban maki langsung kebayang makanannya, kepengen, terus tuku
    nek memakinya 10 kali dengan nama makanan yg bedabeda, yo tekor gajiku :D

    ReplyDelete
  31. hahahaahha.. una ngelucu hari ini.. haduuuhh, bisaaaa aja yaa.. kalo dhe paling kalo udah kesel banget dan pengen misuh gitu, paling yang keluar cuma KAMBING.. dan kambing jauh lebih sopan daripada harus bilang kampang (tanpa sensor).. ya gk na?? atau jangan2 una belum tau apa itu kampang??

    ReplyDelete
  32. kalau sadaraku malah misuhnya jadi "ayam goreng"

    ReplyDelete
  33. klo ga jadi gimana dong na....

    Dasar kauna jambu MONYETTTTT....
    aku misuh make nama buah lohhhh :p@Una

    ReplyDelete
  34. jiahahaha
    misuhnya gaya itali saja mba...tangannya ikutan main..

    ReplyDelete
  35. dasar lumpia aku :D hahahaha ... boleh juga nih usulnya Una

    ReplyDelete
  36. kalo aku, kalo lagi kesel sama someone, pasti bilangnya 'ampela'. :D

    ReplyDelete
  37. dasar martabak manis temannya kopi, bikin hati mangkel klo pempek dicolong kucing, duasaaaaarrr !!!!!!! silver queen !!!!!!

    ReplyDelete
  38. @eksak Mas maaf yaaa... jangan tersinggung. Dasar wedhus!

    ReplyDelete
  39. @21inchs Trus yang boleh cuma wong lanang?

    ReplyDelete
  40. @Samaranji Sori kenapa meneh, wong mas beib gak menyakitikyuuu kokk~

    Wooo dasar wedhus...

    ReplyDelete
  41. @marsudiyanto Yo sesuk coba Pak Mars... dasar semuttt!

    ReplyDelete
  42. @Tiesa Wkwkwk, marai laper... bubarin yuk mbak~

    ReplyDelete
  43. @marsudiyanto Huaaa aku dikatainnn sama Pak Mars :(

    ReplyDelete
  44. @mimi RaDiAl Lahhh?!?! Stressss... dasar cadbury!

    ReplyDelete
  45. hihihi bisa aja nih masa mengumpatnya diganti nama2 buah

    ReplyDelete
  46. "fakir miskin dan anak telantar (baca: DPR) dipelihara negara".... jadi susah ngebubarin DPR una... :(

    ReplyDelete
  47. Aku klo marahan sma pacarku makiannya pernak pernik kamar na.
    Misalnya dasar Bantal kamu!!
    trus dy jawab: eeehh biarin, dari pada kamu selimut weeeekk :p
    Akhirnya ga jd berantem..

    Kalo kamu jomblo kan Na??
    Wkwkwkwkwkw *Ketawa Guling2*

    ReplyDelete
  48. @Djepret Bercerita Dasar BABI gulinggg! Aku misuh pake nama makanan lho...

    ReplyDelete
  49. @Hana Ester Hahaha marahannya via telepon ya mbak? LDR kan? Hahahahahaha

    ReplyDelete
  50. mana ada.... babi itu haram.
    ga make sensor tuh misuh.. misuh misuh dilarang dengan nama hewan.@Una

    ReplyDelete
  51. @Baha Andes Hadir Lagi Adaaa donggg. Sendirinya pake nama hewannn @_@

    ReplyDelete
  52. mana aku kan make jambu MONYET bukan nama hewan yg sesungguhnya :))@Una

    ReplyDelete
  53. hehehe, aku dulu pernah ketularan temen ngomong "brengs*k", una. sampai dimarah ortu :p tapi bener tuh tips buah2an itu berhasil. kalau aku diganti sama kata2 yg lucu. misalnya kalau anjingku nakal aku gak akan panggil dia "anak nakal" tapi panggil "hey, alien kecil jangan gitu!" hahahaha :p

    ReplyDelete
  54. Aku misuh nya "kambiiing!" Kalo hewan lain jarang, palingan "monyet". Dan sasaran pisuhan pun kayanya sering ke satu orang aja, yang selalu bikin capek ati. Yang lain mah jarang kupisuhin. Kalo selain nama hewan, sering bilang "brengsek" kalo lagi emosi tingkat tinggi.*curhat*

    ReplyDelete
  55. dasar!!!
    dasar undang2 dasar 45!!!

    ReplyDelete
  56. @dunia kecil indi Hahahaha. Iya mbak. Jadi gak akan marah lagi :-s

    ReplyDelete
  57. @Millati Indah Wkwkwk, suka misuh tho mbak... Ternyataaa @_@

    ReplyDelete
  58. wahahahahahaha dasarrr buahh aseeemmmmmmm!

    kirain bener taunya ngelawak =))

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!