Summer Bookworm

Liburan kali ini mendadak aku menjadi seorang kutu buku. Yang aku sesali cuma satu, kenapa sih aku nggak pernah jadi kutu buku untuk textbook buat kuliah. Baca judul ‘Ekonometrika’ saja aku langsung migrain. Eaaa, kok jadi curhat. Langsung saja di bawah ini daftar lima buku pertama yang aku baca liburan ini:

1. Putri Ong Tien - Winny Gunarti



Putri Ong Tien merupakan salah satu istri Sunan Gunung Jati yang berasal dari Cina. Ia disebut-sebut sebagai pencipta motif megamendung a la batik Cirebonan. Novel sejarah Winny Gunarti ini ringan namun tetap berisi sejarah perjalanan Putri Ong Tien hingga sampai ke Tanah Cirebon. Aku mendapatkan buku ini dari bapakku. Agak aneh memang. Aku diberi bapakku karena waktu itu lagi membicarakan tentang kawista yang konon dibawa dari Cina saat Putri Ong Tien pergi ke sini.

2. The Debutante Divorcee - Plum Sykes



This is my first time reading chicklit! Lihat kovernya di Gramedia kok menarik. Ya sudah kubeli. Chicklit ini bercerita tentang kumpulan para sosialita-sosialita muda yang bercerai. Si tokoh utama bukan anggotanya tapi teman-teman di sekelilingnya, iya.

3. Esperanza Rising - Pam Muñoz Ryan


Esperanza means hope in Spanish. Buku ini memang menceritakan tentang harapan. Esperanza yang tadinya merupakan anak seorang pemilik perkebunan yang kaya mendadak miskin seketika dan menjadi buruh di Amerika Serikat. Hidupnya berubah drastis namun ia tetap bisa bahagia. Kalimat di kover bukunya, "Siapa yang tumbang hari ini, mungkin bangkit esok hari."

4. Bumi Cinta - Habiburrahman El Shirazy



Ayyas yang merupakan mahasiswa Indonesia di Rusia diuji keimanannya karena serumah dengan para nonik Rusia yang sangat cantik. Salah satunya seorang pelacur dan satu lagi seorang intel Israel. Intrik yang seru ditambah latar Rusia yang dideskripsikan dengan indah, buku ini menjadi salah satu buku Habiburrahman favoritku.

5. Male Brain - Louann Brizendine


Louann Brizendine merupakan seorang dokter yang juga menulis Female Brain. Dalam bukunya Male Brain semua dikupas habis apa yang ada di otak para pria dalam segala fase usia mereka.

Ini baru sedikit dari buku yang aku baca liburan ini. Akan kupost lagi di blog mendatang!

0 comments:

Post a Comment

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!