Berburu Hantu di Goa Jepang

Jalan-jalan yang seru buat Keke dan Nai?!

Nah, aku, panggil saja aku Una, mau ajak Keke dan Nai berburu hantu!
Yap, berburu hantu di Goa Jepang, tepatnya di Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda Dago Pakar, Bandung.


Goa Jepang itu merupakan salah satu goa yang dibangun saat penjajahan Jepang tahun 1942-1945. Goa ini dipakai buat markas Kantor Besar mereka. Goa ini dahulu difungsikan buat menyimpan amunisi, logistik, dan alat komunikasi radio pada masa perang.

Baru-baru aja aku pergi ke sana dengan kakakku Kak Idah. Kakak beda ibu beda bapak sih. Nah, goanya tuh gelap banget kan ya. Kalau nggak bawa senter, ada rental senter. Tapi sih nyebelinnya, mereka yang menyewakan senter suka maksa-maksa!

Kak Idah si ghosthunter.
Tadinya aku sama Kak Idah nggak mau pinjam senter. Kita kan mau gelap-gelapan di dalem goa. Eh! Ibunya malah bilang, "Hati-hati Neng, di dalem ada penunggunya... namanya Nyi Denok, ibu bukannya nakut-nakutin, beneran, ibu udah 20 tahun di sini." Hmmm... Nyi Denok? Sounds interesting!

Ada titik terang di tengah? Ini ventilasi goanya... Biar gak kepanasan!
Akhirnya malah ibu yang menyewakan senter menjadi guide untuk kami. Ia menjelaskan ruangan-ruangan di dalam goa, kemudian menunjukkan ventilasinya, ruang logistik dan lain-lain. Setelah menelusuri guanya... eh sayang... nggak ketemu si Nyi Denok.

Dan entah ya, aku nggak bisa menemukan cerita tentang Nyi Denok bahkan di google. Atau ibu Sukaesih yang menyewakan senter itu bikin cerita sendiri yak? Keke, Naima, kalau ke sana, kalau ketemu Nyi Denok, titip salam yak. ^^

Sayang, ada yang coret-coret dalam goa...
Kenapa aku pilih Goa Jepang karena terletak di dalam taman hutan yang luas sekali yang luasnya 590 hektar. Menjelajahnya bisa jalan kaki atau kalau capek bisa naik ojek. Ayahnya Keke dan Naima pecinta alam kan ya, pasti kalian suka alam juga kan. Nah, Taman Hutan Raya Djuanda tuh seger banget, rindang, enak deh! Ya meski agak kotor gitu deh. Eh atau kalian sudah pernah ke sana?

Selain Goa Jepang, di sana ada Goa Belanda, Curug Omas Maribaya, pemandian air panas, dan hutan yang luasss...

Aku dan Kak Idah kayak dipenjara. Ini di dalem Goa Belanda. 
Curug Omas Maribaya, sayang nggak bisa main air di sana.
Curug Omas juga.
Tahura Djuanda dengan jalan setapaknya.
Masuk Tahura Djuanda ini cuma 8000 per orang. Murah banget kan! Aku sih kecewanya ada banyak curug dan ada kali, tapi nggak bersih. Jadi nggak bisa main ciprat-cipratan air sama Kak Idah deh. Tapi aku seneng sih ke sana. Melihat hijau-hijau yang banyak rasanya adeeeem banget. ^^

Ah, udah ya segini dulu. Una mau belajar dulu... *masih bisa April Mop nggak sih nih?!


65 komentar:

  1. untung aku bukan penghuni goa jepang.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi kamu hantu yak om...

      Hapus
    2. wah jadi bikin trio hantu dong..?

      Hapus
    3. dari kapan si Idah jadi pemburu hantu.
      n dari kapan juga si Una jadi obyek astral honda motor.

      jaman dahulu kok bego ya? masak amunisi di simpan di gua? bukannya lembab?
      pas buat nembak ya mejen donk :p

      Hapus
  2. siapa yang poto tuh terakhir. serem sebelah kiri.. aw

    hijau hijau segers

    BalasHapus
  3. KekeNai, yang aku lihat bukan Nyi Denok, tapi Cowok ganteng di sana. So, kalian harus pergi ke sana untuk bertemu mas ganteng. . . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Idah naksir guide di Gua Belanda nih KekeNai, wkwkwk...

      Hapus
    2. perasaan gue ge di sby maren???

      Hapus
  4. hantunya nggak difoto juga, una? katanya berburu hantu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak hantu moto hantu sih???
      mana bisa?

      Hapus
    2. Orang manusia moto manusia aja bisa, knp hantu nggak bisa? Ya harus bisa donk.

      Hapus
  5. wkwk... org gua nya segitu doang pake guide segala ... ketepu sm tukang senter lo ...

    eh gak sekalian ke curug dago, deket situ kok, padahal di situ ada prasasti peninggalan kerajaan thailan lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap ya mas, adminnya ge sibuk.
      jadi ane aja yang mbalesin :D

      prasasti kerajaan thailand?????
      berarti dulu ada kerajaan tailand disini????

      Hapus
  6. jadi pengin liat hantu lagi..
    ups!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat dikamar mandi aja om.
      di depan kaca biasanya

      Hapus
  7. Iiiiiih sereeem ada penampakan disana :-D

    BalasHapus
  8. hahaa pasti akal2annya si ibu itu tuh biar lu mau nyewa senternya... :P

    tahura djuanda nya bagus ya.. sayang juga kalo gak bersih..

    BalasHapus
  9. Nyi Denok kui dowone Nyi Denok deblong mungkin ya Un :)

    BalasHapus
  10. Ih sekarang sudah bagus ya suasananya. Terakhir aku kesana tahun 1997, waktu kelulusan SMP.
    Etapi ngomong-ngomong, guanya kok jadi makin serem, ya. padahal Nyi Denok nya bohongan, kan? :D

    BalasHapus
  11. Unaa....yakin deh pasti kamu yang menang..bagus gini postingannya..:D

    BalasHapus
  12. Pernah jalan ke sini Na. Guanya emang baguuus, eh keadaan di sekitarnya juga sih. Bagus postingannya Na. Semoga menang yaaa.. :D

    BalasHapus
  13. Kalau goa jepangnya sih ane nggak begitu tertarik, soalnya kelihatan menyeramkan. Tapi kalau curug omas, pengen banget mandi disana. Pasti seger.

    BalasHapus
  14. aih iri banget deh liat Una jalan2 terus -_-

    BalasHapus
  15. ternyata goa jepang tuh dimana mana ada ya
    maksudnya banyaaak banget gitu
    berarti orang jepang tuh hobi bikin goa yaa

    BalasHapus
  16. eh na,nyi denok itu apanya mak enok ya??hahahahahaha

    BalasHapus
  17. wahh foto terakhirnya itu yang kerenn na....sepertti penampakan...hahahhaa

    BalasHapus
  18. Curug Omasny akeren ya :)

    btw .. kayaknya kok nggak ada pengunjung lain selain kalian berdua ya ?

    BalasHapus

  19. liputan yang sangat baik dan bermanfaat http://goo.gl/GQcp2 obat tradisional urat kaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. spam itu gini loh Un :((
      aq kan orang bener2 mbaca n nulis komen nggak kopas

      dasar T.T

      Hapus
  20. kirain bakal ketemu nyi denok..... mungkin tuh dikerjain si Ibu biar sewa senter kali ya....

    BalasHapus
  21. Tapi akhirnya ga ketemu ya hantunya?? huhuhu.. padahal kirain ketemu atau hantunya takut ama Una yah? *kabur sebelum diinjak*

    BalasHapus
  22. wah.. seru nih.. berburu hantu :D

    BalasHapus
  23. Serem juga yah tempatnya,,, tapi yang lebih serem ketika liat foto yang akhir tuh :D

    BalasHapus
  24. asyik,tegang,memicu adrenalin yang baca.
    salam kenal, blogwalking

    BalasHapus
  25. Aku malah belum pernah ke Tahura...apalagi ke Goa Jepangnya :P
    padahal dah 11 tahun tinggal di Bandung

    BalasHapus
  26. jepang memang hebat, hampir semua tempat yang pernah dikuasai pasti ada goa nya...

    BalasHapus
  27. Yahh... kalo ketemu nyai denok pasti lebih seru ya.. :D

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. Si ibu itu kali yang ngarang cerita supaya kamu mau sewa senternya... hehehe.
    Tapi perjalanan di dalam gua itu jauh gak ?

    BalasHapus
  30. terakhiri ke sana saat SMP, dan saking takutnya aku nunggu di luar aja sendirian, teman2 rombongan masuk ke dalam... *kasihannya diriku ini

    BalasHapus
  31. Seru hiking di tahura ya Na, etapi aku jg blom pernah ketemu si Nyi Denok #eh? qiqiqiqi

    BalasHapus
  32. hiiii seremm banget itu yang foto di depan goaa #eehhh


    wah ada mbak rihana main ke gua dan curug rek :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq bales deh.
      adminnya blog sombing.
      maklum

      Hapus
  33. Ihh... ada penampakan di foto paling akhirrr tuuh... *Kaabuuuurrrr

    BalasHapus
  34. Wah si Una jalan-jalan mulu :D

    BalasHapus
  35. bukannya foto terakhir itu ya penunggunya ... :D

    BalasHapus
  36. Ternyata di terakhir postingan ada penampakannya ya Una. he....x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  37. jalan-jalan yang mengasyikkan sambil mengabadikan photo yang oke banget! one more time...salut buat Una!

    BalasHapus
  38. wah serem juga klo sampe ketemu hantunya

    BalasHapus
  39. weheee... keliatannya itu benar-benar merefresh banget deh..
    bikin iri nih.

    BalasHapus
  40. Jadi ga dapet hantu??
    Aaahh mana seru -____-

    BalasHapus
  41. wuah seruuu...
    jd pengen kesana... tapi gak mau ketemu Nyi Denok... hihihi..

    BalasHapus
  42. hahaha..I enjoy this post..photo caption make me laugh :D

    BalasHapus
  43. unaaaaaaa ga ajak ajaaaaakkk :(

    BalasHapus
  44. Jd Nyi Denok itu tete misteri, ya hihi

    thx udah berpartisipasi :)

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!