Tutut Tutut... Begitu Namanya

Sering tiap pergi ke Bogor melihat kiri kanan jalan berbaris orang berjualan tutut. Tutut ialah keong sawah yang katanya enak beud plus berprotein tinggi dan rendah lemak. Sayangnya di Jakarta, aku nggak pernah lihat orang jual tutut, setidaknya dekat rumahku. Jadilah aku belum pernah mencobanya. Padahal penasaran euy.

Hingga akhir pekan lalu di Floating Market Lembang melihat salah satu 'perahu' menjual tutut. Coba nggak ya coba nggak ya. Aku takut rasanya nggak enak. Tapi karena waktu itu sama Mbak Idah aku menjadi lebih termotivasi untuk mencobanya. Kuminta dia nyobain tutut juga karena dia juga belum pernah. Kalau ada temennya kan menghadapi segala hal jadi lebih bersemangat. Menghadapi makan tutut???

Tutut, tutut.
Sementara gojag-gajeg mau beli tutut, tanya deh ke Pakde Cholik. Katanya enak, beliau suka makan tutut jaman kecil mancing dewe di sawah. Kalau sama kupang Pakde enak mana? Beliau rupanya nggak suka kupang. Jarang-jarang nemu orang Surabaya nggak suka kupang. Jawaban pakde memantapkan aku untuk membeli tutut. Arep mangan we ndadak mantep-mantepan... -_-

Banyak pilihan yang ditawarkan, ada tutut dengan rasa original (kuahnya sayur ala kampung), direndang, balado, saus Singapore, dan lain-lain. Tadinya aku pengen coba yang saus Singapore, eh teu aya katanya. Jadinya aku pilih yang original. Nggak berapa lama, jadi deh tututnya!

Mau coba.
Kuah tututnya rasanya kayak besengek. Duh, besengek ki opo yo. Karena aku belum pernah makan tutut, Pakdhe dan Budhe Cholik dan Mbak Alaika memberikan tutorial makan tutut. Bisa dicutik pakai tusuk gigi untuk mengambil daging tututnya, atau disedot. Kata Mbak Dey, istilah nyedot dalam Bahasa Sundanya ialah nyocrok. Seru kalau disedot, langsung masuk mulut. Slurrrppp... Tapi dasar nggak ahli, kadang susahhh, ya uwis pake tusuk gigi deh.

Kataku sih tutut enak, mungkin tergantung yang masak juga kali ya. Tapi makannya susah banget bok.  Enak makan nasi jelas nyendokinnya gampang. Jadi untuk beli lagi, mungkin enggak, hihihi. Kecuali kalau kepengen banget deh!

Menang Pakde euyy~
Lomba makan tutut. Itu aku liatin apa cobak >_< Pic by: Fitri Rosdiani
Suka makan tutut, teman?

79 comments:

  1. wajahmu kok wajahtu gitu sih say
    nostalgia waktu hidup di desa
    salam sayang selalu dari Cimahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak tau wajahku piye :p
      Salam sayang dari sini Pakde :p

      Delete
    2. Kok Pakdhe di Cimahi??

      tutut bukannya kreco ya Pakde??

      Delete
    3. Iya keong.
      Keknya kreco juga sama. Aku ra paham mbak hihi :D

      Delete
  2. Makan tutut itu gampang, paling enak di sayur pindang kuahnya mantep.
    aku paling suka sama tutut ini. tp di Bogor sekarang jarang sih.. tahun lalu itu musim banget, hampir sepanjang jalan tiap gang ada yg jualan tutut :)


    klo mau adu2in makan tutut, sini deh una sama aku :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwaaa, Mbak Melly ahli makan tutut ya pasti >_<
      Gak mau, aku pasti kalah!

      Delete
  3. wkwkkw..lomba makan tutuut ..
    pasti yang menang Unaa ..

    ReplyDelete
  4. kalah sama pak dhe, mungkin krn pakdhe sudah jadi tut hunter sejak kecil hahaa..

    ReplyDelete
  5. wuaah.. kopdaran kemaren makan Tutut to Na. Kalo ga ada temen kayake juga bakal maju mundur makan si Tutut itu Na. :D

    ReplyDelete
  6. kalo aku biasan banget yang namanya nyedot yang beginian :D

    ReplyDelete
  7. Kopdar, makan tutut..:p
    jauh2 dari jakarta ma surabay
    #kaboor

    ReplyDelete
  8. Waktu di HK sering banget makan masakan sejenis ini. meskipun tak seberapa suka tp terpaksa makan, untung ga mabok, padahal kalo di kampung langsung mabuk lho hikz

    ReplyDelete
  9. Ekspresimu kuwi lho, Na hehehehe....kayak lagi fly gitu :P

    Aku kapok makan tutut gara-gara ada ngeres-ngeresnya kebawa gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha fly makan tutut...
      Ngeres? Apa tuh? Eeknya? :P

      Delete
  10. ini bahasa perancisnya ... mini escargot

    Yang moto Fitri Rosdiani ? Fitri Rayya ? Blogger detik kah ?
    sepertinya saya kenal deh

    salam saya

    ReplyDelete
  11. wah, tutut...
    di kali banyak tuh mbak... aq dah pernah makan :D

    ReplyDelete
  12. Waktu di Aceh sering makan itu, tp ga tau namanya apa. hohohoho..
    sepertinya dah belasan tahun deh ga makan itu.
    ntar klo ke bogor, traktir ya na tututnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa lama bener >_<
      Sip tapi rumahku gak di Bogor tuh :P

      Delete
  13. Waduh yg pada kopdaran...seru banget ih..! aku cuma bisa mlongo liat poto potonya di KEB ...

    ReplyDelete
  14. srupuuut hehehe isep-isep trus makan tututnya ::)

    ReplyDelete
  15. Aisya suka makan tutut kak, di pondok dijual sebungkus dengan sayurnya cuma seribu-an..

    ReplyDelete
  16. wewwww..... disedot enakkkk langsung nancepp Un.

    akhirnya aku melihat rambutmu yang udh dipotong dan di cat hitam :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, tapi kok susah sih...
      Ihihihi cakep kan aku mbak? :p

      Delete
  17. q sama suami suka makan tutut lo na hehehe,,seru makannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwaaa seru sih tapi gak marai kenyang wkwk...

      Delete
  18. aku juga belum pernah makan tutut... ntar ajarin ya Na..

    ReplyDelete
  19. Enak bangeet, tapi sangiit gituu. . .

    ReplyDelete
  20. Hahaha! Mnagan Tutut ae nganggo dilema barang
    Tutut ini kecil ya Un,kayaknya aq gak doyan deh.
    Waktu di desa simbah,adik2pd makan itu tapi aq gak.
    Jijik ...
    Tapi nek keong air,kayaknya doyan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang aku tuh selalu galau dengan hal hal gak penting, hahaha...
      Beda po mbak sama keong air @.@

      Delete
  21. Enak itu mah.. Aku beberapa kali makan tutut, sama emakku suka dimasak pake santan, kayak gulai gitu... Enak banget. Lebih enak disedot langsung, Na. Air didalam tutut itu kan manis. Sensasinya ruarrrrr...biasa..!

    ReplyDelete
  22. humm. enak ya? hum di makassar di mana ada warung beginian coba

    ReplyDelete
  23. sensasinya itu lho saat nyokcrok tutut .. :D
    Sambil nunggu kalian datang, aku sama fauzan udah habis seporsi tutut juga lho ..

    ReplyDelete
  24. klo waktu kecil sering di pukul pake centong..krn sering ngelumpur nyari ni siput hihihi
    enak tuh ditelan ama cangkangnya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahahaha ogah mimi aja dah kalo ama cangkang~

      Delete
  25. ternyta pak de ada di sini ternyata

    ReplyDelete
  26. Huum, kalo di Palembang ini disebut Gondang.. ^_^

    ReplyDelete
  27. aku suka banget mbak makan tutut. apalagi kalo masakannya mbahku mantebb banget rasanya.. jadi ngiler pengen tutut

    ReplyDelete
  28. Huaaaah.. aku belum pernah ketemu tutut ini loh Na. Apa karena ga dicari juga kali ya. Tapi kok agak serem gitu makannya.. :(

    ReplyDelete
  29. Tadi pertama baca judulnya kirain tutut itu angkutan loh -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. keinget lagu naek kereta api tut tut tut..
      Makanya kepikiran angkutan..
      Baru denger tntang tutut utk pertama kalinya aku -___-

      Delete
  30. waktu kecil sering makan tutut Na, knp skrg ga pernah lagi ya? *binun*

    ReplyDelete
  31. ah elah
    suwe tenan aku ga makan tutut
    kowe kok yo tega ga ngajak ngajak sih un..?

    ReplyDelete
  32. Enak lo itu... hehe... Jadi pengen makan tutut lagi...

    ReplyDelete
  33. sebenernya tutut itu enak lho, tapi kalau di daerah jember di sebut kul atau keong...........!!!>

    ReplyDelete
  34. hii...aku blom pernah nyoba...n kaya'nya masih mikir2 klo disuruh nyoba... geliii...*kelingan bekicot* hehe... Nek sing wis oncekan ra ana, Un?

    ReplyDelete
  35. kok kau baca postingan ini jadi ingat lagu anak-anak ini..."naik kereta api tutut tutut tutut siapa hendak turut.." *Serius* :D

    ReplyDelete
  36. Supplier tutut/keong dalam jumlah besar. hub 085747308770

    ReplyDelete
  37. tutut juga banyak gizinya lho ..

    ReplyDelete
  38. ihik Unaaa.. kok ndak ngundang2 makan tututttt

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!