Sikunir Sunrise

Ketika ke Dieng, kami menyempatkan untuk melihat matahari terbit dari Bukit Sikunir. Siapa kami? Selain aku, ada tiga teman-teman bloggerku yang tercinta, yakni: Mbak Alaika Abdullah, Mbak Ririe Khayan, dan Mbak Idah Ceris. Kesemuanya pakai nama panggung. Aku jadi pengen bikin nama panggung nih... apa ya... Anyway, untuk melihat sunrise kan kita perlu bangun pagi dong ya. Ibu pemilik homestay menyarankan untuk start go jam empat pagi dan kami pun menyetel alarm.

Sudah tentu, masing-masing dari kami menyetel alarm di waktu yang berbeda-beda. Paling pagi alarm Mbak Ririe sudah nyala, sekitar jam setengah tiga. Tapi beliau sendiri kagak bangun! Jam tiga kayaknya alarm Mbak Alaika nyala. Aku pun terbangun sekitar setengah empat kurang dan melihat tiga tante-tante itu sedang berdandan. Setelah menyiapkan tas dan duduk manis tinggal berangkat, masih saja pula tiga tante-tante itu berdandan.

Eh, kok ya kata Mbak Idah, mas supir rentalnya nggak bisa ditelepon. Huaaa... Panik panik. Enggak ding... Kita pun cari ke luar, eh jebul mobilnya ada di samping homestay persis dan si masnya ada di dalam. Jam empat kurang sedikit, kami pun berangkat. Pakai acara nyasar karena masnya sebelumnya belum pernah mengantar ke sana. Setengah jam lebih kami pun sampai di Desa Sembungan, desa yang katanya tertinggi di Pulau Jawa, di ketinggian ± 2500 mdpl. Bukit Sikunir terletak di desa itu.

Tebak iku gunung opo... tak kasih hadiah kalau bisa jawab.
Untuk mencapai area di Bukit Sikunir yang merupakan tempat melihat sunrise, bukan puncak tapi opo yo istilahe, mbuh, dibutuhkan sekitar 20 hingga 30 menit berjalan kaki. Treknya pun sudah jelas jadi tak perlu bingung. Kemarin pun karena kami sampai sana udah terang dan ramai pula jadi nggak perlu bawa senter. Dan yeah, karena kami tak punya rasa kesetiakawanan, sampai 'puncak'-nya pun nggak barengan, hahaha...

Sampai sana sudah padang jingglang kalau kata Mbak Ririe, dan tak sampai 10 menit aku tiba di atas, matahari pun bangun pagi. Subuh pun lenyap. Keren keren. Cuma Bukit Sikunir tuh rame pisan. Aku cerita ke temenku, eh dia nanya, "Kenapa yang gak di gunung sebelahnya aja? Kan masih perawan tuh." Di sebelah Bukit Sikunir banyak bukit-bukit lainnya. Jiah... kalau ada yang manduin di bukit lain sih mau-mau aja. Yak, dan apa yang kami lakukan di atas Sikunir??? Oh tentu saja foto-foto... ngok.

Rame pisundd... 
Narseeesss narseeesss...
Sambil menunggu letih akibat jalan naiknya, kami pun foto-foto ria. Mbak Ririe Khayan saking narsisnya, baterai kameranya pun habis ketika kami di Bukit Sikunir. Mbak Ririe bergaya dengan selendangnya, Mbak Alaika dengan gaya Patung Pancorannya, Mbak Idah dengan gaya mecucunya, dan eike yang tak bergaya. Kalau Kata Mbak Ririe, gaya eike kayak anak TK po SD. Cuma berdiri, masukin tangan ke saku, dan yak senyum kadang meringis. Nggak heboh blas. Memang, saya itu tak narsis dan tak terlalu suka difoto. *ngapusi polll!

Fotogenik sekali...
Patung Pancoran pindah nang nDieng.
Ndilalahnya, di sana ada beberapa turis bule Perancis. Dan tahu nggak, siapa yang paling histeris??? Ialah Mbak Ririe. Eike yang masih abege aja nggak sebegitunya. Nah dari awal Mbak Ririe pengen minta foto gitu sama bulenya, tapi isin isin kucing ngono. Sampai akhirnya pas baru mau turun dari Sikunir, berhasil foto. Sayang, barengan. Padahal kan Mbak Ririe maunya foto berduaan ajah sama ono noh...


Tebak gunung apa noh, nek iso tak kei hadiah...
Di atas ada yang jualan ngombe gitu, kami pun membeli minuman. Coffee mix untuk Mbak Idah, Milo untuk aku dan Mbak Ririe (melu-melu dia), dan teh untuk Mbak Alaika. Setelah menghabiskannya, kami pun turun. Dan turun inilah part yang paling aku nggak suka dari naik-naik bukit! Kalau kebanyakan orang suka jalan turunan, eike benci banget, huweee! Nasib gemuk gini nih... yah tapi bismillah lah...

Tangan gue keren ya...
Kemproh, lensanya kotor...
Coba tiga orang itu bisa disingkirkan.
Kami pun kemudian melanjutkan perjalanan ke Kawah Sikidang...

❤❤❤

148 comments:

  1. kereeeeeeeeenn sunrisenya Una ... ngiri :)

    tapi di sini aku bisa lihat sunrise tiap hari lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik dong... di sana sunrise jam berapa mbak?

      Delete
  2. wah, padahal sindoro di depan mata tuh, gak sekalian seh ... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni juga Everest di depan mata mas... *lagi liat foto Everest di google*

      Delete
    2. Nah ini Una di depan mata juga...

      Delete
    3. Kalo aku sih ada di pikiran kalian terus ya...

      Delete
    4. huuuu, dipikiran kami terus? duit donk kamu tuh na... haha... #ketauan yang dipikirin tuh duit terus, hehe

      Delete
    5. Wah emangnya tampangku kayak Soekarno Hatta di duit 100ribuan apa yak...

      Delete
    6. tak kirain yg deket dieng ntu slamet???

      salah brarti ya?

      Delete
    7. Huuu...
      Deket deket cuma 100 km-an keknya...

      Delete
  3. una...koq ga mampir pekalongan, cm 2 jam dr wonosobo...huuhuuhuuu :(

    tu bukit ada d antara 3 gunung, tidar, sumbing, sindoro..haiyaaah :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kok Mbak gak mampir ke Wonosobo... cuma 2 jam loh dari Pekalongan...
      Tidar yang mana tuh...

      Delete
  4. beh naik dieng coi, yang saran heranin adalah una itu pasti potonya kagak ada yang upload, mbak artis blog mbak artis blog hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh tuh aku aplut fotoku... artis blog paan seeeh!

      Delete
  5. iya ya..coba tiga orang itu bisa disingkirkan
    pastinya foto terakhir jadi top markotop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak, disuruh minggir pada gak mau tuh...

      Delete
    2. tiga orang itu siapa sey...#yg bukan aku, lha potograpernya kan eike

      Delete
    3. Gak tauk, menuh menuhin frame aja...

      Delete
    4. udh dihapus pake sotosop, terus tambahin kerupuk. #lhooo???

      Delete
  6. Foto terakhir kren habis...ngak maslah ada orang dan tidaknya yang pentik inspiratif heeee...yang motret semua pasti una yach...absen dulu dik

    ReplyDelete
  7. yang gambar paling atas sindoro ya, na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh jarene. Hadiahnya emotikon cium nih mbak :-*

      Delete
  8. asik nya...

    besok petualangan lagi ndak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh petualangan di google alias browsing browsing T.T

      Delete
    2. hahahahaha... nih aku sedang bertualang Na.... hihi

      Delete
  9. iku gunung Sindoro...
    dan Gunung Sumbing..

    eh, Na... tuas tak woco nganti bolan baleni ternyata foto yang ma bulenya kok nggak ada??
    haduh kan pengen weruh rupane..

    ReplyDelete
  10. ihh keyen yahhh bukit sikunir nya...fotonya bagus2 pula...jadi kepengen kesono....hihihihi, lucu juga foto gaya patung pancoran...jarang ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cuma Mbak Al doang tuh yang gaya begono...

      Delete
    2. hehehe.... kerenkan fotonya? foto lagi ah!

      Delete
    3. Sana mbak, ganti patung sudirman gitu hihi

      Delete
  11. pantes mbak ririe menghilang selama beberapa hari, ternyata lg wisata.hahaha wah asik

    ReplyDelete
  12. Wuihhh... apik2 tenan fotone Unn...
    Opo maneh sing podo melet2 :D

    ReplyDelete
  13. tuh sunrise matahari terbit bukan yah :D :D

    ReplyDelete
  14. wah asyik banget jalan jalan nya ya... jadi mau ke dieng juga.. fotonya juga keren banget.. sunrisenya bagus disana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sama foto Mas Applausr mah masih kalah ini mah...

      Delete
  15. foto yang terakhir keren banget mbak una, kayak megang matahari beneran tuh mbak

    selamat berekreasi ya mbak dengan 3 srikandi blogger yang lain ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pulang og selamat berekreasi...

      Delete
    2. wkwkwk, ngapain pulang mbak una, disana aja terus kan enak dan yahut....

      Delete
    3. hahaha... maksudnya selamat berekreasi di dunia maya Unaaaa..... hihi
      ya kan Mam?

      Delete
  16. mampir mba ketempatku, aku di banjarnegara juga. Ntar tak kenalin ke komunitas blogger banjarnegara.

    oh ya, itu namanya gunung sundoro, kalo ndak sumbing di wonosobo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wataw... aku cuma kenal Mbak Idah thok hehehe...
      Itu Sindoro, sumbing di baliknya...

      Delete
  17. wah, nyesel dulu nggak ikut Mapala waktu kuliah. Ngikutin blogny aja ya mbak? Jangan lupa follow blogku juga yah? Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eike pecinta alam loh... pecinta alam fana...
      Okeh ntar kufolbek...

      Delete
  18. Lho kan dah punya nama panggung: Tebak Ini Siapa?:D
    Asyik euy ketemuan bareng mbak Rie dan kak Al.Kapan kita ketemuan Na?

    ReplyDelete
  19. suka ama foto terakhir na... bagus.. :)

    ReplyDelete
  20. tertegun iri...dan terkesiap pesona gbr terakhir. hmmmm

    bersambung ga Na ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha keren kan foto terakhir...
      Bersambung dong, tapi kapan-kapan :D

      Delete
  21. Unaaaaa.. foto pertama itu buaagusss buangeeeeeeeet... O__O kereeen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiii tapi masih jauh ama foto Mbak Bebe yang keren abis hihihi

      Delete
  22. Ya ampuuun.. kelakuan kalian yah... *elus-elus paha kfc*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku enggak loh mas :P Kelakuan mereka tuh :P

      Delete
    2. duh, kok kelakuan? kelewatan kali mas? hihi

      Delete
  23. kereen Un yang foto terakhir...;))
    btw, di dieng itu kan terkenal dingin ya Un..kira2 berapa suhunya ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbuh mbak tapi gak dingin dingin amat perasaan. *dasar beruang*

      Delete
  24. Foto yang terakhir itu keren sekali, Una...sayang memang ya karena Una pas gak sendirian di situ, hehe...

    ReplyDelete
  25. Di pegunungan dieng kahhhh??

    wah kerenn, bikin pengenn.

    ReplyDelete
  26. bukan tangan Una yang keren, tapi coffeenya yang keren tuh! hehehe..

    ReplyDelete
  27. waha, poto" nye mantep ..
    Lah, mang ngape benci turunan ka Un ? Badannya berat ya, memang gravitasi ga pernah bo'ong ya :P
    peace.. haha

    ReplyDelete
  28. cakep cakep iih................pemandangannya....

    ReplyDelete
  29. Foto terakhir kece tuh na, tp ada dayang2nya disamping hihihi gk bs disingkirkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang, mereka tuh lengkeeet kayak perangko...

      Delete
  30. Huaaaa heihiehiehiee lama nda mampir ke blogna Mba Una wih rasanya setaon hiehiehieie. Mantaf futu futunya. Yang mantap futu yang terakhir soale SUNSET secara emmang fave saya. Seru dan asyeeeeeeeeeek SUNSET hiehiheiheieheiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru sempat ngeblog nih mas.
      Itu bukan sunseeeeeetttt!!!

      Delete
    2. Oh ya mirip ya mtahari terbenam sama matahari mau terbit.

      Delete
  31. huiihh tenan bangung pagi kok tumben mbak :D

    foto sama bule, wah mbak rie pingin dapet bule tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang asem, aku kan rajin bangun pagi mbak...

      Delete
  32. wuuiiihh.. blogger petualang.. kereeen..! total banget gayanya.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mah enggak, tante tante itu yang petualang...

      Delete
  33. Foto patung pancorannya bagus..hahahaa..

    Seger banget liat segelas milo ditangan keren nan beratapkan langit biru :D

    ReplyDelete
  34. Una, nginep dimana, minta cp rent carny dunks...
    pengen ke Dieng blm nyampe2 nich :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak kami sewa mobilnya dari Banjar hehehe :D
      Ke Dieng dong~

      Delete
  35. huwiiih, nice scenery! catching the sunrise, keren beuudz.. pengen deh bisa pose kayak gitu hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi mudah kok... yang penting masih ada matahari :P

      Delete
  36. Idah mecucu...
    hi..hi... jadi belajar bahasa Jawa deh gara2 Una...

    ReplyDelete
  37. Na, siluetmu apik tenan lho. Serius!

    Eh, gimana kalo nama panggungmu itu NaKriwul, menyesuaikan jenis rambut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang menjuaaal nama panggungnya hahaha!

      Delete
  38. Foto yang terakhir keren sekali Na...

    ReplyDelete
  39. Kamu memang pelancong sejati...
    Kabeh panggonan diparani...
    Yang kota metropolitan hingga tengah hutan

    ReplyDelete
  40. Saya kenal dengan oknum-oknum yang mejeng disini ...
    This is the beauty of Blogging ...

    Did I ever say that ... you are a good photografer ?

    Jika belum ...?
    maka akan saya katakan sekarang ...
    You are a good photografer Una ...

    dan satu lagi ...
    Indeed ... This is the beauty of Blogging ...
    Selalu saja senang melihat blogger bersilaturahmi secara langsung ... kopi darat

    Salam saya Siti Untje

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe itu yang moto kameranya, bukan aku...
      Yappp beauty of blogging dan aku memang beautiful *digaplok*

      Delete
  41. Foto kedua dari bawah itu keren bangrt na. kok bisa seh kalian janjian liburan bareng gt.. mauuuu!!! *nasib yg tinggal.nun jauh di sini*

    aahh.. kalau ke jogja jadi mau kedieng deh aku. tapi apakabar yak harus bangun sepagi itu >_< tapi demi melihat pemandangan spektakuler seh boleh juga tuh *berdoa dapet jaldin ke jogja* *si niee maunya gratisan terus* :LOL:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi bisa dong... :D
      Itu juga jauhan lho dari Aceh, Banyuwangi...

      Amiiin ke Jogja :D

      Delete
  42. aku orang mbanjar malah belum sampai sikunir mba...

    **kata bang rhoma TERLALU**

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...
      sesuk lah neng dieng meneh...
      mbi anak2ku...

      Delete
  43. Hahah. ..
    fotoku manyuun. . .

    Awaaas aja Sitt, tak bales nanti. :D

    ReplyDelete
  44. yang bawa minuman ntu kok fotonya bisa bagus Un???
    pake apaan tuh? editan??

    *nggak baca tulisannya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak gak terima gitu mas fotonya bukan editan :P

      Delete
  45. Saya pengunjung baru nih. Baru saja membuat blog yang berumur baru sekitar 1 jam yang lalu. Masih kosong belum ada apa apanya.

    Blog saya rencananya berisi tentang Pelatihan dan Coaching Pembuatan Es Krim. Mendidik calon pengusaha es krim yang baru sehingga bisa mandiri. Halah malah jadi promosi ya. Salam kenal aja ya. Saya tau alamat ini dari Blognya Kang Asep Haryono

    Salam Rudy Sebastian
    Duta Bandara Blok E6/25

    ReplyDelete
  46. wis tekan wonosobo gak mampir purworejo sii Una..

    Potone marai pingin mrono ah !

    ReplyDelete
  47. Keren Una, kopdaran di Sikunir. Stok poto dan topik postingannya melimpah. salam

    ReplyDelete
  48. Sebuah perjalanan yang fenomenal nih...
    Seru2 banget baca reportasenya :D

    ReplyDelete
  49. serius un kok saya nda liat ada postingan inimu ya.. gambar kedua itu kalo saja tidak ada orang pasti bakal keren sangat..Masya Allah cantik sekali panoramaMu. Foto siluetmu yang terakhir juga kalo nda ada orang bagus ya. kuminta foto pertama itu ya bagus sekali langitnya

    ReplyDelete
  50. Srikunir adalah benar-benar tempat yang mengibaratkan berada diatas awan. Saya pun tidak mau beranjak jika sudah kesana. Jadi pengen kesana lagi. Gunung Sindoro Sumbing yang Emejing banget.... awesomeee

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!