Makam Peneleh, Taman Prasasti-nya Surabaya

Kalau di Jakarta punya Museum Taman Prasasti, maka di Surabaya punya Makam Peneleh. Sama-sama makam kuno yang berdiri sejak jaman Belanda. Karena pengen tahu bagaimana bentuk rupanya, aku pun pergi ke sana. Tempatnya luas, kontra dengan ucapan seorang mas-mas yang kutanya, "kecil mbak kuburannya." Aku juga tahu kalau dalam kuburan tuh kecil. Makam Peneleh jauh lebih luas ketimbang Taman Prasasti yang sisa kuburannya menyusut tinggal sedikit.

Tidak ada tiket resmi di sana, tapi diharuskan membayar 5000 per kepala dan dibayarkan kepada bapak-bapak yang kurasa tinggal di makam itu. Yes, Makam Peneleh juga merupakan tempat tinggal untuk beberapa keluarga yang merupakan penghuni liar. Waktu masuk saja, sudah disuguhi pemandangan jemuran di atas nisan. Wow... Nggak cuma jadi tempat tinggal manusia, tapi juga kambing. Banyak banget kambing di sana suerrr... Mungkin bukan tempat tinggal sih, tempat hangout mereka aja kali ya.

Kesan pertama sih aku menganggap Taman Prasasti lebih oke. Karena tiketnya resmi, plus sedikit lebih terawat. Meskipun sama-sama tidak terawat sih. *piye thooo* Aku pernah ke Taman Prasasti pun liat jemuran juga, tapi kayaknya nggak separah di Peneleh. Ketoke... Nah, nisan pertama yang menarik ialah nisan seorang Skotlandia bernama belakang Halliburton. Sebab namanya sama dengan nama  salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, Halliburton.

Buto rewo rewo. Nek aku isih cilik, takut kali liatnya.
Selain itu, di sana sedang ada pemotretan gitu. Beberapa anak SMK dari... dari mana lali... berpakaian gaya Jepang-Jepang gitu, entah cosu atau harajuku aku ra mudheng. Ada photoshoot lainnya, modelnya seorang perempuan cantik menggunakan seragam dengan rok mini. Mas Vai ngeliatin mulu. Kakakaka *digaplok*

Hantu Jepang...
Hai kambing, me he he he...
"Manaaa kepalaaa kamiii?" "Mbuh."
Sebagian kuburannya dirindangi pohon, tapi sebagiannya lagi enggak blas. Jadilah berpadu dengan panasnya Suroboyo, muter-muter liat nisannya. Dan kok nggak ada yang aku kenal ya. Yaiyalah! Maksudku, kalau di Taman Prasasti ada Soe Hok Gie atau istrinya Raffles yang terkenal gitu. Oke, mungkin ada yang terkenal cuma akunya aja yang nggak tahu. Ngok.

Nisannya wis podo elek.
Mati 124 tahun lalu... 
Jemuran jemuran lalalala!
Kesan pertamaku jebul salah. Sekarang Taman Prasasti jadi wagu gitu karena dibikin jadi taman yang bagus plus pohonnya banyak ditebang. Jadinya kesan horornya ilaaannggg... Kapan-kapan tak post ah...

Anw, ngomong-ngomong kuburan, aku masih kepengen ke Makam Gunung Sempu di Bantul, Makam kuno di Onrust, sama San Diego Hills... lalalalala...

❤❤❤

98 comments:

  1. Itu kambingnya lagi ziarah atau wisata sejarah sih Mbak?
    kwkwkwk

    ReplyDelete
  2. wehhh Surabaya meeenn ... ^_^ jalan2 ke makam kuno yah, seru kelatanya ^_^

    ReplyDelete
  3. Kambingnya pingin dimakamkan disana kali na ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku curiga sebenernya itu makam kambing kambing...

      Delete
  4. lho, kok si kambing ikutan jadi model Na? begaya pulak tuh...
    ituh patung tanpa kepala adanya di makam itu Na? serem juga kalo ngelihatinya malam2 tuh...

    Na, wah kayaknya makin akrab nih sm Vai... ehem...ehem... uhuk uhuk.... #lari nyari Ririe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Narsis dong... hihihi siang juga serem :P

      Aku nggak akrab mbak sama Rivai, tapi Rivai yang akrab ama aku wokokok... Masi kek abege aja mbak, suka nggosip :P

      Delete
  5. Wow ada londrinya juga di makam yo Un?...

    ReplyDelete
  6. kambingna lagi apa tuh? berteduh ya hehehe

    ReplyDelete
  7. Di Bandung ada juga makam belanda, pengen motret patungnya. Sayangnya ndak diperbolehkan karena secara defacto masih dalam wilayah hukum belanda. Jadi cuman bisa menatap dari jauh saja

    ReplyDelete
  8. wakakakak itu mas vai toh, lebih serem mas vai timbang nisannya #eehh :D

    fotomuh sing seksi endi mbak un :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama apapun dia lebih serem mbak
      Gak ada yang seksi mbak huhuhu T.T

      Delete
  9. hahah.. pdhl deket sm rumahku tp aku juga cuek sm tu makam2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak papa makamnya juga cuek ama kamu mbak :P

      Delete
  10. wah,. kambingnya ikut ziarah dong.. hehehe

    ReplyDelete
  11. model cantiknya napa ga difoto gan hahahahahahahahaa.................

    ReplyDelete
  12. oooooooooooooooooooeeeeeeeeeeeeeeeeeeee aku ra tw mrene pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuuu... payah belum pernah ke sana kwkwkkw

      Delete
    2. payah banget koen, jare sing nyekel sby?

      Delete
    3. Ooo gitu kirain Mas Vai yang nyekel sby

      Delete
  13. Pergi kemuseum peninggalan benda masa lalu sudah biasa kalau kemakam saya belum pernah blas,,,, jadi ikutan mas rynem nih,,, kepinginnnnn :D

    ReplyDelete
  14. wadewww .. sayang kepala patungnya hilang, siapa yg ngambil ya ?

    itu memang jemuran sapa sih una ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau, buat pajangan kali ya
      Jemuran yang tinggal di situ hihihi...

      Delete
  15. Sayang banget ya Una,Bila tempat ini terawat dan direnovasi sepantasnya. mungkin akan menjadi lebih menarik dan klasik, karena jarang loh orang wisata ke makam kuburan. He...x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya... keknya semua tempat wisata harus dirawat kwkwkwk...
      Wehehehe banyak keknya :P

      Delete
  16. iyah bener,, nggak horo...rrrrrrrr

    eh Na.. btw.. itu hantu jepang keren yak.. hantunya bisa sambil smsan... wkwkwkwk
    kenalan kagak kamu, Na?

    ReplyDelete
  17. ntu kok ada kambing korban melarikan diri di kuburan yah...
    xixixii...

    ReplyDelete
  18. Kalo di kampung halamanku di Pangkalpinang, lebih parah lagi. Rumputnya setinggi orang sampe kuburannya ngga keliatan. Dan juga satupun aku tak kenal *hahaha, ya iyalah.

    Btw, ngapain ke San Diego Hills? Pesan tempat? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik dong lebih alami kalo gak dipotong...
      Iya ni mas, mau pesen, kira kira kredit boleh gak ya... kurang 100 juta lagi nih duitnya kwkwkwk

      Delete
  19. ada personil boyband juga ya di makam, mau tampil ya? :)

    ReplyDelete
  20. jepara jg banyak kuburan mb' hihiih
    eh itu hantu jepang kok berkeliaraan gitu ya??

    ReplyDelete
  21. oalahh, ada jemuran pula. tapi salah ndak sih? mung dadi ribet wae ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa bedain benar salah.
      Yang jelas, bikin mata sepet :P

      Delete
  22. Makam paneleh itu daerah mana Un? aku wong suroboyo kok malah gak ngerti, gak tau krungu malah hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooo Suroboyo mu pinggir-pinggir po mas? :P

      Delete
  23. kawasannya luas..kuburannya yang sempit Una heeee...datang sini una ada Makam yang masih horor

    ReplyDelete
  24. hahaha yang bikin seru ya pemandangan lain2nya itu ya na.. kok ya ada anak2 itu pada poto2 di sana, ngapain coba... temanya gothic kali ya? trus ada jemuran pula... hahaha

    ReplyDelete
  25. main kok ya ke makam Un, nek di primpeni piye jal ...

    ReplyDelete
  26. untung ngelihat postingan ini pas pagi hari, bukan tengah malem.

    ReplyDelete
  27. Wah nama Blog na Mba Una sudah ganti nama ya.

    "Tebak ini Siapa" sudah habis masa tayangnya. Kini sudah ganti nama menjadi "Untje van Wiebs". Wah musti pake bubur merah sama Bubur Putih tuh.

    Haaaaaaa Bubur lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasalah si Una punya banyak nama. hehehe

      Delete
    2. Pastinya...
      Dulu pernah juga pake user ini. Tapi belum kenalan keknya hihihi~

      Delete
  28. ngeliat patung tanpa kepala jadi inget sama film zombie di serial The Walking Dead

    ReplyDelete
  29. ya ampyuun Un...aku yo ora demen wisata ke kuburan. meskipun kuburannya ga syerem...tapi tetep ae..aku wedi.... ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi nek aku kuburan yang masih dipake malah serem ahahaha contohnya menteng pulo :p

      Delete
    2. rumahku dulu pal batu menteng dalam.....

      Delete
  30. San Diego Hills aja Na, jauh sih, tapi keren buat foto-foto, hihihi.. Cuma nggak ada kesan klasiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya seru juga dikubur di sana hihihi

      Delete
  31. kambingnya ga takut dimarahin ama yang didalem kubur tuh ya ..
    asli, wisata ke kuburan kayanya rada ekstrim sih untuk seorang wanita ka Un :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lah yang di dalem kuburannya aja mbahnya...
      Gak tauk, banyak kok yang wisata ke kuburan :P

      Delete
  32. pantesan tetep nyamperin
    ono weduse ternyata yo..?

    neng jogja juga okeh kuburan tua
    tapi kok ga menarik blash yo..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yohai nyamperin temen.

      Di mana tuh om? Kuncen? :P
      Gunung Sempu kayaknya menarik tuh

      Delete
    2. mengandung magnet kali yo un..?
      aku malah rung tau
      pol nyampe madukismo...

      Delete
  33. dari pemakaman kuno ke san diego hill yang keren dan modern itu ya.. kontras banget nih perjalanannya... hehhehe

    ReplyDelete
  34. tiap hari tak liwati tapi gak pernah mampir, ealahhh ternyata isinya jemuran sama kambing pose yo mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi hooh, coba mbak masuk mungkin sudah berubah. Ganti sapi :P

      Delete
  35. Una ada ada aja neh tempat tujuan wisatanya sampe.ke kuburan >_<

    ReplyDelete
  36. una...una...

    ah kuburan ,,mengingatkan juga, bahwa nantinya kita akan kesana juga..

    ReplyDelete
  37. Salam kenaal unaa ^^
    Ahh..makam peneleh.. dulu aku pas SD sekolah deket situ,
    tempat olahraganya yaaa di makam itu *ngok =))

    ReplyDelete
  38. apik...tambah pengalaman.....matur nuwun

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!