Naik Kereta di Ambarawa

Beberapa hari lalu aku dan teman camp-ku Mbak Fera pergi ke Semarang. Awalnya sih ada plan untuk keliling kota. Eh jebule, yang menjanjikan mengantar kami keliling Semarang nggak bisa jemput! Jadilah kami langsung cao ke Museum Kereta Api Ambarawa, yang sudah berada di Kabupaten Semarang dan berjarak 50 kilo dari kota.

Sampai ke Stasiun Poncol jam tujuh pagi, langsung kami menunggu bis ke Ambarawa. Awalnya si kondektur bilang tarifnya 6000. Eh kami kasih 15000 untuk berdua, nggak dikasih kembalian. Ngelesnya apa gitu. Etapi diitung-itung, namanya Ambarawa itu emang jauh pol sih... Hampir dua jam dari kota kami baru sampai. Aku sempat ngimpi segala og.

Di bis pasang perisai matahari alias sunblock di hampir semua bagian tubuh yang terbuka, biar meminimalisir penggelapan kulit. Dan ternyata tetap menggelap juga nih kulit padahal wis ireng. Turun di Pasar Warung Lanang, Ambarawa dan plang museum sudah terlihat. Jalan sekitar 300 meter... dan sampai!



Langsung pasang ekspresi zonk waktu tulisan spanduk di depan museum 'Museum sedang di renovasi, pengunjung DILARANG masuk.' Yang bikin spanduk nggak jago Bahasa Indonesia 'di' harusnya digabung sama kata 'renovasi'. Seriussss lo dilarang masuk, udah jauh jauh begini naik kereta ekonomi dari Jakarta hampir 10 jam !@#%&&(*^%$%&

Mau tanya satpamnya kok udah tak liat-liatin tapi nggak mendekat, dilihat sekeliling ternyata banyak orang yang lagi liat-liat lokomotif, ya sudah kami masuk saja. Sepertinya sih yang direnovasi bagian ruang pamerannya dan kawan-kawan, soalnya di luar tulisannya ada 'theatre' segala... tapi ke sana og ndak liat hmmm... Jadi ya kami cuma iso liat loko-loko dan gerbong di luar.

Mehhh kirain beneran nggak boleh masuk T.T


Museum Ambarawa ini tadinya ialah stasiun Ambarawa namun dialihfungsi jadi museum. Ada 21 lokomotif tua dipamerkan di sana. Kalau anak kecil seneng Thomas & Friends pasti seneng deh diajakin ke sini. Wong aku yang nggak ngerti Thomas we seneng. Dulu loko-loko itu dipakai sekitar awal tahun 1900-an. Bahan bakarnya kayu. Kalau dioperasikan sekarang, mahal banget tuh ya. Tapi ada kereta wisata yang beroperasi di sana. Tapi nggak setiap saat ada, bisa dicarter atau kalau umum ada jadwalnya. Itu pun nggak tahu liat jadwalnya di mana, hahaha apalagi museumnya pun lagi renovasi kan.

Kalau bisa naik kereta wisata, di sana ada rel yang bergerigi karena di daerah dataran tinggi, kereta harus berjalan naik. Sayang aku belum berkesempatan nyobain tuh kereta wisata... yowis tak naik gerbong biasa aja deh ya, fufufu... Naik thok, kagak jalan...





Setelah puas foto-foto dalam gerbong, kami pun turun dan kemudian berjalan ke arah keluar Museum Ambarawa. Agak sedih sih karena ke sana pas museumnya tutup, jadi hanya bisa liat kereta jaman dulu. Plus nggak bisa naik kereta wisata. Ah yo wis, masih di Pulau Jawa ini, kapan-kapan dibaleni (diulangi) ke sananya, hihihi!


❤❤❤

39 comments:

  1. keknya museumnya agak2 spooky gitu ya Un..pasti kalo malem2 serem banget itu..

    aku kalo liat museum2 gitu kenapa agak2 was was ya..*parnoan* ;p

    ReplyDelete
  2. duh kasihan ya mbak Una g bisa keliling ambarawa deh....

    haduh aku aja belum pernah kesana

    ReplyDelete
  3. hihihi..harusnya Una woro2 mau ke Museum ambarawa, biar langsung di buka ato di percepat renovnya..
    unaaaa pa kabar nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mbak hihi baru sempat ngeblog lagi nih :D

      Delete
  4. oohh..rupanya menarsis di sana ya, pantesssss hihi

    ReplyDelete
  5. kemarin Juli aq kesana juga renov Una, kow lama ya ga slesai2..
    tapi wkt itu ga kliatan pekerjaan renovasinya d, cm ada bapak2 yg ngecatin kreta2 ny dan wkt itu kow ga da kreta ijo itu ya, jd ga bsa nyobain naik kreta d :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya sodaraku ke sana juni juga katanya renov... Lama amat...
      Tau dah tuh :D

      Delete
  6. Ngakak liat tulisan renovasinya...
    sejak kapan ya "Renovasi" jadi kata tempat?

    ReplyDelete
  7. oh kalo di ntu di gabung toh Un?
    aq nggak paham :p

    ada salah satu foto sing ketok tipis pupumu, wkwkwookokokok.
    =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. digabung mas, bukan di gabung huuu!
      Yang manaaa??? Ilusi mata tuhhh!

      Delete
    2. hehehehe, salah toh un?
      ntu kan ciri khas q.
      biar nggak ada yang nyamain.
      hahaha..

      tipis banget dah koyo kertas

      Delete
    3. Ciri khas pret...
      Kertas karton tumpuk seribu, iya...

      Delete
    4. pret Un..

      sak tumpuk di gabung lebokne karung..

      ;))

      Delete
  8. una, Ambarawa itu kampungkuuu... *ga nanya, pernah posting tentang Ambarawa dan foto museum kereta api juga , tapi foto una lebih kumplit

    ReplyDelete
  9. olala.... ternyata wara wiri terus nih bocah, pantesan ga online! asyiknya yang jalan2 sampai lupa pulang euy....

    ReplyDelete
  10. Dalem gerbongnya romantis ya Na. Kayak film little missy jadul itu..

    ReplyDelete
  11. suka banget nih sama gayanya... khas dirimu tuh kalau di foto.... besok kalau ke sana mau ikut foto foto gaya dirimu lah....

    ReplyDelete
  12. lama juga ya renovnya , udah ada setahun lebih ya..
    dulu itu kereta wisatanya cuma buka pas libur sekolah...
    pengalaman mengesankan.... 2 jam naik kereta itu masih kurang rasanya

    udah kuitulis panjang kali lebar juga Una ..akhir 2010

    ReplyDelete
  13. Jadi inget, duluuu pas kecil aku pernah ke Museum Kereta di Ambarawa ini. Tapi waktu itu masih belum ada deh kereta wisatanya, hehehe :)

    Btw, memang nyebelin banget ya kalau udah jauh-jauh gitu eh malah tempat tujuannya tutup!! hahahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mesti ke sana lagi tuh :P
      Iyaaa kesellll!!!

      Delete
  14. udah jau2 ternyata tutup ya.. sayang bgt..

    ReplyDelete
  15. yo wis kapan-kapan di baleni maneh ...
    btw,aku juga nggak bagus bahasa Indonesianya, naruh awalan di pasti bingung juga, ini digabung atau di pisah hi.hi.hi.

    ReplyDelete
  16. Kok nggak ada foto karcis dan stempelnya yg kayak palu itu Na...
    ===========================
    Perasaan beberapa kali kamu berkunjung ke suatu tempat dan pas lagi gak nerima tamu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Pak, tanda pasti aku mbaleni lagi ke sana hihihi~

      Delete
  17. wooo semprul
    tak matke huruf demi huruf golek info cara numpak sepur klutuk malah numpak sepur mandek
    ibue ncit pengen numpak. neng solo yo gagal maning gagal maning..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Solo kemarin aku lihat Jaladara lewat... tanya petugasnya katanya kudu nyarter T.T
      Nek nyarter, jak aku yo om...

      Delete
  18. aku jg pengen naek kreta wisatanya tuh.. tp kok lumayan mahal ya. Klo sndrian sih gpp.. tp aku kesana kan bawa rombongan.. bs bangkrut dah.. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nyarter aja tuh mbak sekalian :D

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!