Diskriminasi Turis

Beberapa waktu lalu, aku pergi ke Candi Borobudur. Masuk lewat pintu bagian Borobudur International Visitors, beli tiket di sana. Bukan karena aku jujur aku dari Venezuela, toh lagipula aku kan sudah pandai Bahasa Indonesia. #ngok Melainkan karena menemani mengikuti teman-teman camp dari Jepang.


Pasti sudah pada tahu dong ya, kalau kebanyakan tiket masuk di objek wisata massal di Indonesia dibedakan antara tiket masuk turis luar negeri dan turis domestik. Bahkan ding ya, di objek wisata special interest yang nggak massal pun juga dibedain. Tapi kalau contoh yang kedua, biasanya turis bulenya diboongin. Bukan tiket resmi. Nah, balik lagi ke Borobudur.

Di Borobudur, tiket masuk untuk orang lokal Indonesia dikenakan sebesar 30.000 rupiah. Sedangkan para international visitors sebesar 20USD atau pas aku ke sana kemarin, itu equal to 188.000 rupiah. Wow, enam kali lipat dari tiket lokal kan ya... Dan aku wonder bagaimana dengan WNI yang bule, atau WNI bertampang Indo banget atau orang melayu Malaysia/Brunei atau orang Indonesia yang berlogat Melayu, dikenakan tarif yang mana tuh ya...


Kalau yang terjadi begitu itu, masing-masing orang bisa dikenakan harga yang berbeda dibedakan dari domestik atau tidak, maka situasi itu ada diskriminasi harga. Nahhh, namanya diskriminasi harga itu ada tiga jenis:

1. Diskriminasi harga derajat pertama (first degree price discrimination) terjadi ketika... contoh, aku jualan gado-gado nih. Tapi aku mengenakan harga gado-gado yang kujual ke Aji harganya 20.000, aku jual ke Mbak Ririe harganya 100.000, aku jual ke Mbak Alaika 89.000. Jadi aku membedakan harga per tiap konsumen.

2. Diskriminasi harga derajat kedua (second degree price discrimination) terjadi ketika... contoh, aku jualan iPhone nih. Kalau you beli ke aku satu biji, aku kasih you harga tujuh juta. Tapi kalau you beli selusin, aku kasih you harga satu iPhone cukup satu juta saja. Hahaha, andai ada yang jual kayak begini... Maap ya contohnya nggak masuk akal, dosenku di kelas juga kadang kasih contoh yang nggak masuk akal sih.

3. Diskriminasi harga derajat ketiga (third degree price discrimination) terjadi ketika... si penjual nggak lagi membedakan harga tiap konsumen tapi per kelompok konsumen. Misalnya aja tiket Kidzania, anak kecil bayar 110.000, untuk lansia gratisss...


Yang terjadi di Borobudur itu diskriminasi harga derajat ketiga. Tapi kenapa sih, mesthi dibedain kayak gitu... Kok kayak jahat gitu sih ya... Aku juga nggak tahu tuh kenapa, hahaha. Tapi sih ya, kayaknya karena pemerintah dan pengelola kompleks objek wisata itu sadar kalau Indonesia itu negara berkembang, dan bukan negara kaya, jadi ya untuk orang lokal mesthi dikasih harga murah. Selain itu kalau murah kan lebih memotivasi orang Indonesia buat masuk dan sinau di objek wisata itu. Bener nggak sih? Hihihi...

Hmmm... lagi-lagi tapi sih ya, mau dikata tiket lokal masuk Borobudur jauh lebih murah dari tiket turis internasionalnya, kok menurutku masih mahal ya??? Hahaha... Keinget masuk museum cuma dua ribu perak juga udah bisa masuk. Kayak kemarin aku ke Ratu Boko tiketnya 25.000, aku agak kaget ampe nawar ke satpamnya, nggak boleh ditawar huks huks... mahal... hihihi!

Kalau 30.000 aja masih dirasa mahal gimana ya kalau pengelola kompleks itu menyamakan tiket turis lokal sama internasional ya? Dan... aku penasaran aja, apa ada objek wisata di negara maju yang mendiskriminasi harga antara turis lokal dan turis internasional?


❤❤❤

158 comments:

  1. sepertinya hanya di Indonesia saja ada jenis tiket seperti itu, waduh sunguh terlalu, diskriminasi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi nggak di Indonesia aja kok :D

      Delete
    2. ah menurut saya sih gak cuma di Indonesia, hal ini sudah wajar kita sebagai pribumi mendapatan perhatian lebih dibanding pendatang. malah kalau menurut saya sih, orang pribumi digratisin aja, lah itu kan milik kita bersama, bukan milik orang asing. hehehehe....

      Delete
    3. Iya sih tapi sadis aja selisihnya segitu :p

      Delete
    4. untung orang bulenya ga ngerti. kalau mereka ngerti, mungkin mereka milih masuk ke yang domistik aja kali ya. lumayan buat beli rokok.. hehehe

      Delete
    5. tau kali..
      emang bego apa orang bule.

      tapi sangar jwe.

      kalo di prambanan kan 35 tuh, buat bule berapa UN?

      Delete
    6. Hahaha, tau lah bulenya... tetep aja harus bayar yang intl...
      Lha mbuh emangnya gue yang jaga tiket prambanan apahhh!

      Delete
    7. Hi Bro.... Biasa ja kali,, klo lo ke luar negeri ga jauh beda,,, sebenarnya sih wajar aja, kmrn gw habis ke india, waktu gw masuk kesalah satu obyek wisata disana, gw ditanya beda bgt harga antara turis domestik dgn international

      Delete
    8. Ya emang biasa... tapi kenapa kayak gitu ya... kalau di negara maju gak ada (atau mungkin hanya ada sedikit) yang kayak gitu...

      Delete
  2. wuii iya kok begitu ya... bedanya jauh banget pula...

    ReplyDelete
  3. Ho'oh, masuk museum cuma 2000.. Yang gratis pun ada.
    Tapi, kok, ramean Borobudur ama objek2 wisata lain yang muahaaal dibanding museum? -__- *OOT*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya soalnya Borobudur apik, museum yang sepi-sepi itu elek, wkwkwk...

      Delete
    2. Hahahahah siap siap beurusan sama Museum nih mba Una. Hahahhaa elek ya wahahahaha Prettt

      Delete
  4. Gak hanya HTM yg berbeda dan 'special', harga barang/souvenir juga beda utk turis. Etapi kalo Reza RAhardian gettu di anggap turis gak ya...#masih keinget wajah Reza neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tarif seleb lebih tinggi lagi kali ya...

      Delete
    2. abis ketemu reza rahardian yang macho itu yee mbak mbak :D

      Delete
    3. Tuh UNa sampai gak bisa tidur lho abis ktemu Reza Rahardian...

      Delete
    4. dimana nih? mana fotonya Un??

      Delete
    5. wei... gini kali ya kalau cwe ketemu cowo ganteng. ntar klo ketemu aku, jangan kaget kaya gitu ya.. biasa ja.. hehehhe

      Delete
    6. Nda ada yang ceweknya ? Garing nih, Masa saya ikut bilang ganteng juga, Jeruk sama jeruk donk

      Delete
    7. na, kalo jual gado2 ke mbak ririe jangan mahal2, gak jadi beli dia ntar, kasih murah aja gak mau beli kok....

      Delete
  5. wah keterlaluan ...
    di Taiwan banyak tempat wisata gratis... tis... tis...

    ReplyDelete
  6. mahal ya tiket untuk wisatawan asing, knapa dibedakan ya? apakah kalau diluar juga harga tiket dibedakan?

    ReplyDelete
  7. Di Indonesia ini memang saran diskriminasi. Dah banyak bukti nyatanya.
    Sebenarnya negara Indonesai itu adalah negara yang sangat kaya, buktinya saja, penjajah betah berabad2 di Indonesia untuk mengambil kekayaannya. Hanya saja tidak ada kayakya yang tau mengelolahnya, jadi beginilah jadinya....!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, terlalu terlena ama 'kaya'-nya itu kali yeiy...

      Delete
  8. padahal yang dilihat sama, yang diinjek sama, kenapa harga tiket dibedain gitu ya?? -_-"

    ReplyDelete
  9. di luar negeri juga gitu lho, turis lokalnya suka lebih murah.

    ReplyDelete
  10. Pernah denger juga soal ini.
    katanya sih devisa2 gitu. gak ngerti juga.

    di luar negri juga gitu kok kak..
    dimana2 gitu kayaknya..

    #eh

    *Langsung menarik kesimlpulan seenaknya*

    Ngehehe
    *nyengir Shaun The Sheep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kayaknya iya sih di mana-mana.
      Tapi penasaran apa sejauh banget itu gak ya selisih harganya :D

      Delete
  11. hmm.. mo comment apa yah.. :D jangankan borobudur, bahkan di tempat2 wisata daerah-pun juga gitu.. kalo dari luar daerah, pasti agag dimahalin.. :(

    ReplyDelete
  12. yah kok gitu sih. padahal kalo harga sebenarnya, pasti agak murah buat turis lokal dan mungkin buat turis luar negeri juga

    ReplyDelete
  13. soale wong Indonesia senenge nawar un, dadi yen dikek'i rego murah kan meneng ae hahaha...

    ReplyDelete
  14. tuh Una aja ngerasa mahal, gimana klo disamain ama turis luar? turis lokal kayaknya gak bakal ada yg berkunjung ke sana deh Na :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak tau deh... kalo Mbak Ni bakal berkunjung gak? :P

      Delete
    2. kayaknya sih (terpaksa) bakal berkunjung Na
      kan sebelumnya berapa kali ke Borobudur blom sekalipun dengans uami, jadi yaaaa setidaknya sekali sama suamilah ke sana hehehe tapi entah kapan ini blom tau.

      Delete
    3. Cieee hihihi... kalo udah ke sana sama suami tulis ya mbak :P

      Delete
  15. Naaa.... kalo aku dianggap turis ga ya Na... hihi...

    ReplyDelete
  16. itu kebangeten banget ya matok harganya....padahal harusnya dibuat masuk akal supaya tambah banyak yang datang....sehingga income jadi tambah banyak....

    biar sedikit asal stabil dan banyak...bukan begitu un?? *komentar sok tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha aku gak ngerti deh tuh itung-itungannya Taman Wisata Candi gimana.
      Tapi sadisnya kok jauh gitu loh hihi :D

      Delete
  17. yang pasti india juga sama kayak gini kondisinya Na.

    ReplyDelete
  18. Baru tau nih sob... Habis nya blm pernah kesana...hehe :)
    Bisa buat pengalaman ya :)

    ReplyDelete
  19. WUIIIH .. baru tahu saya ada yang kayak gini. Itu mental "pingin cepat kaya" dengan usaha minim ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya ... Una dapat award ISBA utk youth blogger ya? Kereeen. Selamat ya ^_^

      Delete
    2. Kayaknya bukan karena mental itu sih mbak, tapi gak tau karena apa hahaha...
      Iya, terimakasih :D :D

      Delete
  20. sy mau komen yg kidzania aja deh.. Kl sy malah setuju di gratisin aja utk yg dewasa abis cuma nemenin ajah, gak boleh ikutan main... hehhee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jugaaa setujuuu... atau gak bayar gak papa, asal boleh main hahaha!

      Delete
  21. namanya aza Kidzania.. Kid menunjukkan buat anak bukan buat lansia, jadi kalo lansia ya jelas gratis dunk! kira2 aza Na.

    ReplyDelete
  22. tapi kalau turis2 itu beljar dsni bisa nunjukin krtu pelajar or kitas mereka bs dksh harga lokal kok na..busett dh naek 20dolar yah?ckck ngerii
    gmn d prambanan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi berarti bisa harga lokal ya...
      Iya mahal ya :D
      Kayaknya Prambanan sama aja...

      Delete
  23. mba una ganti profesi jadi penjual kaos ya? :D
    di Indonesia kayaknya emang hal itu wajar. coba mba una share tempat wisata di luar negeri (negara maju) sebagai pembanding..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan aku nanya di negara maju gimana, huuuu!

      Delete
  24. Eh buset, jauh banget gitu bedanya Na. Dan itu mahal bener $20. Kemarin aku pas di London aja melihat harga tiket masuk Tower of London £20 udah bikin males masuk (dan akhirnya nggak masuk) soalnya menurutku itu mahal banget. Tapi itu kan di London ya, nah ini di Indo gitu? Hmmm

    Eh, tapi di Eropa juga kadang gitu sih. Berhubung aku punya Kartu Tanda Penduduk di salah satu negara EU dan berumur di bawah 26 tahun, kalau masuk Museum Louvre dan Istana Versailles gitu gratis loh, huahaha. Sementara orang lain sih dipukul rata 10 euro deh kalo nggak salah.

    Yang aku amati kalau di Eropa gitu sih diskriminasinya biasanya diskriminasi antara orang dewasa - anak kecil trus pelajar gitu. Jadi bukan berdasarkan kebangsaan atau nationality...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau menurut orang London itu mahal gak sih mas?
      Waaa asik dong, aku kalau ke Perancis pinjam KTPmu ya mas, hahaha!
      Ooo gitu jadi emang kalau negara maju jarang diskriminasi asal gitu ya

      Delete
  25. trus klo mimi kesana kudu msuk jalur lokal apa internasional yaa ?
    secaraaaa..........


    haqhaqhaq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimi mah bayar dua-duanya hahaha...

      Delete
    2. Kalaw akiw masyuk ke Borowbudurss, muesti masyuk ke jalurss Internesionels sajah yah, Soalnyeaw sayah kan darri Barraat. Kalimantan Barat. Jadi sayyah dari Barrattt. Bayarrnya pake doolarrsssssss aja yaaahc

      Delete
    3. Hahaha boleee, khusus Mister Aseppp, 100 dollar yakkkss

      Delete
  26. ehm. mungkin biar cepet untung kali bangsa ini, tapi yang kita ga tau di kemanain tu untungnya? jangan jangna untuk orang tertentu saja... hik hik hik, mahal juga yatiketnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bukan biar cepet untung, lagian yang ngelola juga BUMN :D

      Delete
  27. yang penting kan masih diurusin, Na!!! daripada mentang2 toris asing di senyum2in, trus kalo turis lokal dijutekin!! hohoho

    ReplyDelete
  28. wah baru tau saya kalau ada pembedaan seperti ini, maklum jarang plesiran.

    ReplyDelete
  29. setidaknya walaupun ada perbedaan harga, perlakuan kita sama turis asing gak rasis Na... Di luar negeri kan banyak tuh, sudah beda pake acara rasis lagi

    ReplyDelete
  30. wuiih bedanya kurang lebih 6 kali lipat dari tiket buat turis ya Na..eh iya, itu loket buat turis lokal ama turis internationalnya, jaraknya jauh apa deketan Na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama di depan tapi lumayan jaraknya, 50 meter kali...

      Delete
  31. Kalo turisnya cekak, semacam backpackers gitu, mungkin berat juga baginya kalo bayar segitu ya... :D

    ReplyDelete
  32. ahh.. turis itu kadng2 harus dikerjain

    ReplyDelete
  33. Mbak una, kalau harga iphone beli selusin satu jutaan mau dong, nanti di jual lagi #lho :D

    Mbak una, cakep deh namanya di caping tuh tuh :p #kabooorrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi yang cakep Capingnya. Mba Unanya nda ya

      Delete
  34. yg ngelola kan BUMN jadi gitu kali yah ? hehe
    anw, kalo Tiketnya di beli UNA pake KTP indonesia kan tarif lokal tuh, itung2 sisahny jadi uang jajang. hehe

    Apa kabar ? mampir yah di blog saya.. :D :D

    ReplyDelete
  35. Wahahahaa sebelum berkomentar saya tertarik pada topi caping ibu penjual baju yah yang ada di paling bawah. Ada tulisan "una" di sana ya. Ini memang kebetulan atau rekayasa tuh hehehehhe. Ya ya sip la mantaf keren keren.

    Saya rasa kebijakan Borobudur ini harus diluruskan terlebih dahulu. Kalaw ada orang asing ke Borobudur ya tinggal dicek aja Paspornya kan ketauan mana yang asing dan mana yang warga negara Indonesia.

    Karena, seperti yang mba Una tulis, agak susah kalaw melihat dari penampilan fisik saja. Ada banyak orang Malaysia yang emmang sangat mirip orang Indonesia, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak rekayasaaa lahhh hahahaha...
      Hmmm... gak tau deh hihi,
      mungkin tinggal cek KTP kali ya hehe

      Delete
  36. Kira2,,turis nya sadar gk ya,..
    Kalau mreka lgi di diskriminasi,..
    Whehe...

    ReplyDelete
  37. mahal juga ya un, perasaan dulu aku cuma 10 rebu, jaman duluuuu tapinya

    ReplyDelete
  38. mau bilang WOW mbak,.,,ckckc...
    kalau kebun binatang dikmampungku masuknya cuma 10ribu mbak,,tau deh klo turis berapa,,pensaran juga nih,besok tak liat ah :lol:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi emang ada bule ke kebun binatang di tempatmu? :P

      Delete
  39. Eh...itu kenapa capingnya bertuliskan namamu Un? keren deh #eh? hihihihi...

    Tapi biasanya memang begitu ya, waktu berkunjung ke museum Bangkok, temen2ku beli tiket lokal, dg mewanti2 aku jgn ngomong sepatah kata pun biar ga ketauan aku bukan orang thailand hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa gak kereeen, ibunya niru-niru namaku...
      Thailand masih developing apa developed ya @.@

      Delete
  40. Iya betul udah lebih murah aja masih mahal :(

    Oot: Ragap itu artinya antusias Na...

    ReplyDelete
  41. ini dikels baru belajar tentang harga jual ya, Un. hihihhi
    Kalau saya sudah gak kaget si, Un. Harga2 yang di diskriminasi drajat itu memang sudah membumi di negara Indonesia je, Un. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ini pelajaran jaman dulu :P
      Kaget sih enggak mbak, tapi whyyy harus dibedain hihihi

      Delete
  42. Kemarin Lebaran ke sono. Kaget juga harga tiketnya sekarang 30rebu. Tapi kalo dibeda2in agak syuseh jugak ya.
    Laaaah, kalo aku, misalnya, keluarga besar ke Borobudur, yakin deh, separo beli tiket harga lokal separo beli tiket harga internasional. Iiiih... dah gitu masuk pintu yg laen? errrr... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh emang keluarga besarnya ada WNAnya yaaa? Waaa...
      Yang lokal bisa beli di loket intl kok tapi ya itu, tiketnya terbatas, suka gak ada...

      Delete
  43. mungkin karena bule duitnya banyak kali...
    btw, kok ada topi una diakhirnya itu.. :D

    ReplyDelete
  44. naik angkot ato kendaraan umum di padang juga sering di diskriminasi lho bulenya, Na.
    kalo bule yng naik, ongkos yang biasanya 2000 bisa jadi 5000. Hihi;
    bener2 orang indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau aku ke Padang dihargai berapa tuh ya wkwkwk~

      Delete
  45. Mikir positivnya yg seperti una bilang.. tiket domestik dimurahkan agar lebih banyak.turis dalam negeri..

    Kalau gak salah di kuching tiketnya gak.dibedain seh.. masuk taman budaya RM 80 yg menurut aku mahal amirrr.. langsung foto doto dr depan aja deh !! *turis gak modal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak dibedain aja udah mahal ya di Kuching :P

      Delete
  46. Kalo diskrimiasi harga untuk turis internasional, mungkin sah sah aja kak una.. abis lumayan kan buat nambahin pendapatan neggara.. asalkan managementnya yakin bahwa demand untuk tempat wisata itu masih tinggi .. biar itung" bisa biaya perawatannya ketutup gitu.. abis katanya borobudur banyak perbaikan sana-sini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... emang bagus sih, maintenans candi kan mahal :P
      Etapi sadisnya jauh pol gitu loh :D

      Delete
  47. lam kenal una...ohh baru tau ada diskriminasi kayak gitu di borobudur.....wahh dah lama nihh gak ke borobudur, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mamie :D
      Hihihi gak cuma di Borbud sih :D

      Delete
  48. ya, ini disparitas harga seperti itu malah menunjukkan kalo kita negara yang nggak sistematis kan? segalanya bisa diselesaikan di tempat secara cincay lah..

    apalagi nih Mbak, kalo saya misalnya klik dengan penjual itu karena bahasa saya yang sama karena satu daerah, dia bisa kasih saya lebih murah lagi dengan alasan.. lha ini sedulur je..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... bener banget tuh, kalo yang jual wong Jowo ngomong pake kromo dimurahin hihi

      Delete
  49. aku habis liburan Una, ke mana mana pas ngunjungi daerah wisata nggak ada tuh perbedaan harga tiket

    ReplyDelete
  50. hehehe...
    kok isoh yo...
    aku lagi ngerti je,,,

    ReplyDelete
  51. Wah, penjelasanmu tentang diskriminasi jan komplit banget Na...
    Saya jadi tambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tapi ngasih contohnya gitu aku Pak wkwk

      Delete
  52. waaaaak, kalau begitu saya gak jadi ke Borobudur lagi deh Un..wajahku kan mirip turis asal Bangladesh, nanti malah mahal mbayare :p

    ReplyDelete
  53. Isih kurang, Na! Diskriminasi harga derajat keempat.

    Yaitu kondisi di mana Shirley dan sebangsanya harus membayar tiket lebih mahal daripada Una dan sebangsanya. Karena ada resiko Shirley dan sebangsanya akan merusak tanaman yang ada :mrgreen:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka,
      derajat kelima.
      Harga khusus Mbak Choco :p

      Delete
  54. Katanya suruh mencintai negara dan budayanya sendiri, masuk tempat pariwisata aja mahal amat. Masih mending kalau tempatnya nyaman dan asri, panas sekali !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya panas pol... tapi kan apresiasi karya sejarah tuh :P

      Delete
  55. engga apa2 lah Un! yg penting kan pemasukan dari harga tiket yg 'seenak udel' itu buat kemakmuran rakyat Indonesia juga.. Merdeka!!

    ReplyDelete
  56. wah mahal juga ya... kok turisnya mau ya... khan ada harga buat lokal juga ya. sebenarnya keren juga sih kalau pemerintah indonesia secerdas itu. karena jarang loh, kita punya harga diri setinggi itu sampai sampai mampu membuat bule bule itu bayar harga yang lebih mahal... keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... gak ngerti deh...
      Apa kalau di luar diskrepansinya gak terlalu gede ya @.@

      Delete
  57. waduh, bener bener ya keterlaluan selisih harganya sampai berkali lipat seperti itu, Na :(

    kalau si turis nya ngerti, bukannya malah bikin si obyek wisata jadi malah sepi?
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya parah...
      Hmmm enggak juga, kan banyak yang tertarik sama Borobudur :D

      Delete
  58. aku belum komend...

    capingnnya Unyu Unyu.
    cocok banget tuh yang make.
    kirain kwe Un

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dudu lah huuu...
      Kayaknya namanya sama kayak aku :(

      Delete
  59. Ya ampun .. Sampai semahal itu ???? Baru tahu ...

    ReplyDelete
  60. Wah ciamik sekali hasil jepretannya.
    Kok gak ajak2 saya sih wuk
    Salam sayang selalu

    ReplyDelete
  61. ya gapapa juga sih
    orang luar itu kan kaya-kaya
    kalo buat lokal di gratisisn juga boleh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh,
      banyak juga orang luar gak kaya tuh hihihi

      Delete
  62. MARI BERWISATA KESINI
    PANTAI PULANG SYAWAL GUNUNGKIDUL
    MANTAPP DEH.. DENGAN PASIR PUTIHNYA JUGA..HUMZZ
    DI TUNGGU YAA...

    ReplyDelete
  63. di Thailand sama kok.. untuk domestik pasti sekian kali lebih murah bahkan gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena negara berkembang kah... atau Thailand udah maju ya :D

      Delete
  64. tapi aku pernah merasa diuntungkan dengan diskriminasi itu

    pernah waktu diving di Bali, aku cuman bayar 400ribu
    sementara kalo bule berkali kali lipat
    heehehhee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diving di mana tuh mbak?
      Dulu kok aku di Benoa cuma 250 ribu ya...
      Hihihi~

      Delete
  65. itu bukannya karna petugasnya beda ya na? kaya kalo di loket internasional petugasnya musti bisa minimal b.ing dong ya.. jadi harga SDM nya juga beda deh, terus harga tiketnya juga beda deh.. tapi emang kalo 188rb.. hem... padahal yang ngegali orang inggris (si rafles2 itu) kasian juga ya kalo orang inggris dateng dikasih harga mahal.. hahaha...

    ReplyDelete
  66. kadang, males juga berkunjung ke tempat "wisata" resmi karena masalah tiket dan lain-lain. tapi ya, mesti dihargai juga sih...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!