Sirep

Sering aku mendengar orang berkata sirep atau kesirep. Aku kira kesirep itu artinya terhisap gitu... Jadi nyawanya terhisap sehingga jadi ngantukan dan bawaanya pengen tidur. Aku baru paham arti sebenarnya setelah baca buku Gajah Mada yang ditulis oleh Langit Kresna Hariadi. Dikisahkan dalam cerita itu seseorang bernama Wirota Wiragati mempunyai kemampuan membuat udara yang mampu membikin orang mengantuk.

Sirep itu artinya mantra yang dapat membuat orang tertidur. Sehingga kalau ada orang berkata, "doh kayak kesirep rasanya," itu berarti ia seolah-seolah ada yang memantrai dia supaya tidur. Kayaknya sih, masih ada sirep-sirep beneran begitu. Kayak di buku Gajah Mada, sirep itu digunakan supaya si Wirota bisa mencuri benda pusaka kerajaan dengan mudah. Apalagi ya fungsi sirep?


Duh, mbulet sekali aku... di post ini sih aku cuma mau cerita kalau aku beberapa hari ini rasanya kayak kesirep. Udah tidur cukup, enggak begadang, eh siang-siang jam sebelas ngantuk banget rasanya... tidur deh. Beberapa kali suka merasa seperti itu, tapi nggak sering-sering banget sih. Pernah nggak kamu rasanya ngantuk banget gitu, padahal rasanya cukup energi dan cukup tidur?

Anehnya... kalau aku berasa ngantuk mendadak siang-siang gitu, mbakku di rumah juga ngerasa gitu tuh. Aku sih mikirnya kalau nggak aku kebanyakan makan atau memang hawanya aja yang enak buat tidur. Tapi makin ke sini, aku menyangka mungkin ada orang yang sengaja menggunakan sirep untuk membuatku tidur! #geer

Kambing tidur.
Setelah aku cari di internet dan bertanya-tanya, kok penyebab-penyebab ngantuk tiba-tiba ini semuanya negatif dan gejala-gejala penyakit, hueee! T.T Beberapa penyebab ngantukan tiba-tiba dan berlebih adalah:

1. Begadang, ya ini jelas sih, karena kurang waktu tidur, jadi ya ngantuk tiba-tiba gitu.

2. Anemia, kekurangan hemoglobin dalam darah menyebabkan oksigen tidak terdistribusi rata dalam tubuhmu, ngantuk deh.

3. Diabetes, kebanyakan gula dalam darah tapi gulanya nggak berubah jadi energi, ngantuk deh.

4. Cacingan, katanya sih mau makan banyak apa juga, kalau cacingan, cacingnya bakal nggerogotin makanan yang kamu makan, jadinya efeknya bakal loyo dan ngantuk.

Udahan ah, males nguraiinnya. Dan penyebab lainnya semua penyakittt! Sleep Apnea, jantung, gangguan tiroid, depresi, infeksi saluran kemih, dan lain-lain. Semoga nggak deh...

Kalau tempat tidurnya begini, nggak kesirep pun tidur terus kali ya...
Doh, emang sih aku nggak sering-sering berasa kesirep begini. Tapi mungkin aku harus lebih perhatiin makan dan kudu rajin olahraga kali ya... mana badan makin mblegendhong gini lagi... beuhhh! Jadi takut! Atau memang ada yang mantrain aku ya?

Sering berasa kesirep nggak?

❤❤❤

95 comments:

  1. tiada pertamaks di antara kita.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pokoknya setel radio FM, nyalakan AC, tutup gorden.. rebag dikasur.. itu jurus sirep yang manjur.. :D

      mungkin juga pola makan lo,, sederhana tapi justru memiliki andil yang besar dalam pola tidur dan sirkulasi energi di dalam tubuh..

      Delete
    2. Hahaha ndak perlu ke dukun minta mantra yah mas...
      Iya, makan tuh kompleks sekali pengaruhnya, hihihi!

      Delete
  2. Replies
    1. ini komen apa coba ??? wew :(

      Delete
    2. Hihihi, itu replymu apa coba :P

      Delete
    3. Kalau pencuri biasanya punya 'ilmu' sirep lho? Rumah yg mau di curi...biasanya penghuninya ngantuk poll. Pengalaman tetanggaku, jam 3 dini hari isi rumahnya di kuras habis bahkan dompet dan HP yg ada di meja sebelh tempat tdur di ambil dgn sukses sedangkan sang pemilik rumahnya lengkap di rumah.

      Delete
    4. Itu namanya comment cobak-cobak suweng..suwenge wes dicuri maling...

      Delete
  3. wew, itu malah yg gw cari, tolong dong lo pelajarin tuh mantra sirep, terus sirepin gw, pengen bisa tidur neh ... hehehehhe :p

    ReplyDelete
  4. Eh itu si kambing kesirep juga?
    :))
    Sehat selalu ya unaaa ... ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... aku yang mantrain...
      Amiiin... sehat selalu...

      Delete
  5. Lah kalo gitu mah saya udah ke-sirep bertahun2 dong, ini kalo ga ada kuliah keluar kost cuma buat nyari makan doang --a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu sih basic tukang tidur aja kali mas :P

      Delete
  6. kayanya kalau aku gak pelru disirep juga udah langsung tidur deh hehehe

    ReplyDelete
  7. Wah, kalo aku malah tukang tidur mbak. Di sekolah pas jam kosong tidur, dirumah kebanyakan tidur, pas liburan begini tidur 12 jam sehari. O iya, tidur sambil berdiri aku bisa loh wkwkwk apa si Wirota mengikutiku?? #jeger O.o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jongkok bisa ga? Foto donggg... hahahaha.
      Bisa jadi ia mau mencuri harta di rumahmu wkwk~

      Delete
    2. Loh? Jongkok? Ga pernah, kalo duduk pernah wkwkwk


      Ternyata si Wirota ingin mencuri kekayaanku. awas ! Hahahahaha *ketawa ala Sinetron*

      Delete
    3. Wirota sebenarnya adalah suruhanku! Hahahaha! *ketawa ala sinetron Indosiar*

      Delete
  8. kl sy kayaknya begadang sm anemia.. :D

    ReplyDelete
  9. Nggak dong... aku mah tukang tidur lok kak. Apalagi liburan, tidur Pagi beeehh bisa ketemu pagi lagi. hihihhi

    ReplyDelete
  10. Buat jaga2, coba periksa darah deh Na ... bukannya mau nakut2in, cek2 saja, gak ada ruginya kan ...
    Btw, ngopi aja ... enak #Eh ... :)

    ReplyDelete
  11. Selamat atas Award ISBA ne yo Na

    ReplyDelete
  12. apalagi kalo ikut meeting
    tiba2 mata jadi 5 watt
    merem melek hehehe
    kata temanku yang dokter, kalo ngantuk gtu,
    ambil napas dalam2 dari hidung beberapa kali
    kemungkinan kurang O2 juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku kalo sekolah juga gitu tuh... :P
      Wah sip mbak tipsnya...

      Delete
  13. kayanya untuk kamu itu yang nomer 4 dah na, yang cancing. kmu miara berapa di perut mu? hehehe..... :)) :D pis ah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih itu, wkwkwk! Duh gendut gendut gue cacingan...

      Delete
    2. heheh, emang orang gendut itu ga cacingan ya? bingung ane. heheh, soalnya bukan dokter si.

      Delete
    3. Hahaha cacingan deng, cacingan kan perutnya gendut hihi~ mbuh aku juga bukan dokter :P

      Delete
  14. wah baru denger kata Sirep dari elo Na. Mantra supaya bikin orang tertidur ya!. kalo menurut gue, mantra yg paling ampuh hanya pake CTM aza tuh wkakakakakak!....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi di Kalimantan gak ada ya...
      Hahaha aku di rumah ada tu CTM...

      Delete
  15. matra paling ampuh saya adalah posisi tiduran dan ngadep tv diruang AC.. pasti hilang tuh...

    ReplyDelete
  16. weleh weleh.... udh tiga puluhan aja nih komen... ckckckckck...

    Un... dah tidur yaaaa? belum lagi aku bacain mantra sirepnya, kok udah tidur sih! ayo bangun dulu, belum aku baca Un mantra nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha udah dong, udah disirep sama orang lain :P

      Delete
  17. Lupa mau komen apa ...

    oh iya, katanya ada penyakit sleep forever, beneran gak tuh? Ada maren di FTV bilang kayak gitu, hohoho :O

    ReplyDelete
  18. rasa bosan.. itu juga salah satu penyebab kantuk..

    ReplyDelete
  19. kukira sirup un. ngantuk begitu sering sih un karena begadang. begadang itu bikin anemia, anemia bikin ngantuk, ngantuk bikin tidur deh heheh. mungkin cacingan kali yee

    ReplyDelete
  20. kalo bahasanya Sundanya sirep itu nundutan kali ya..
    gag usah segan2 rombak kamarnya jadi kayak gambarnya mba. hihi

    ReplyDelete
  21. jarimu pernah tertusuk jarum pemintal benang ?
    atau makan apel dari nenek ratu ..., nggak apa Una bobok aja gih. ..., tunggu sang pangeran datang Dan menghapus sirepnya dgn ciuman ..., uhuuuy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha oke deh aku mau tunggu pangeranku :P

      Delete
  22. Ku sirep dikau dengan mantra2 cintaku... hahahaha :D

    ReplyDelete
  23. setiap hari di siang bolong malah rasanya ku kesirep terus na,

    kira2 apa penyebabnya yah hueheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka dasarnya tukang ngantukan aja :P

      Delete
  24. Woloh, horor bener sih penyebab ngantukan dari inet. T_T
    Saya juga ngantukan, jeng. Seringan sih karena kebanyakan tidur. :p Makin banyak tidur makin ngantukan. Hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha setuju abisss, makin banyak tidur makin ngantukan :P

      Delete
  25. 10% prediksiku kamu disirep orang Un, kayaknya Bule tuh. Tapi prediksi paling kuat menurutku kamu tuh cacingan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya yang 10 persen tuh... disirep Tom Cruise...

      Delete
  26. kekenyangan juga bisa menyebabkan mengantuk say.
    Nah satu lagi...dosen,guru kadang2 juga bisa menyebabkan kita ngantuk,bukan.
    Bahkan khotib yang lagi khutbah biasanya jadi semacam antimo lho, banyak jamaah sholat jum'at yang teklak-tekluk ngantuk...amit2 tenan.

    Salam sayank selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka, buku textbook kuliah juga antimo dong ya...

      Delete
  27. Mudah ngantuk gara-gara diabetes itu yang serem mbak... hehehe

    ReplyDelete
  28. Sirep?
    Baru tau kata itu setelah baca postingan ini -___-

    ReplyDelete
  29. Sama kak, entah kenapa beberapa hari ini rasanya ngantuk banget. Mungkin karena udara yang panas kali ya hehe :D

    ReplyDelete
  30. jangan2 emang ada yang bener2 mantrain una nih...ati2 lho un, mungkin ada seseorang di luar sana yang kepengen nyulik shirley dari sisi una....hehehe....

    ReplyDelete
  31. iya mungkin jarang olahraga kali mbak una...
    eh tapi, q tiap hari kalau berangkat pakai si broun *nama sepeda onthel Q... salam kenal yah... :D #gj * tetep aja, kalau siang ngantuk mbak,.... .-"


    udah bawa'an kali ya... :lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk aku belum punya nama sepeda nih, tak cari nama dulu...

      Delete
  32. ambil es batu, ambil teko, ambil sendok kita aduk sirupnya mba :))
    nah loh, kok sirup yah ?? sirep ya kan mba yg bener ?? heheh

    ReplyDelete
  33. antara kantor dan kasur !! kesirep mulu hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk obat sirep paling mujarab ya...

      Delete
  34. boleh tuh bwt nyirep bayi, biar cepet bobo. mamanya mau OL..

    ReplyDelete
  35. hehe.... mantra ampuh kalo dingin2 pengennya ngruwel plus meluk guling hehe

    ReplyDelete
  36. Rasa kesirep itu, kalau nggak ada yg nyirep, maka ada banyak kemungkinan...
    Mungkin habis makan sesuatu yg mengandung zat2 tertentu
    Mungkin juga karena situasinya mendukung. Entah suhu yg sejuk, suasana yg aman (nggak lagi perang) atau pikiran lagi semeleh

    ReplyDelete
  37. waduuuhh hati2 mbak kesirepp beneran..
    kalo aku sekeluarga pernah kesirepp,, ada maling yang masuk malem2.. untung ada petuga pos kamling yang liat.. syukur deh maling bonyok ditmpat..hehe

    ReplyDelete
  38. Hati2 diabetes mbak una.

    Tidur sewajarnya saja :D

    ReplyDelete
  39. Kesirep atau tidak, yang namanya mudah ngantuk harus diwaspadai :-) Salah satu trik mengatasinya rajin olah raga, hmmm...

    ReplyDelete
  40. Andai aku bisa menyirep hatimu *halah hehe
    Andai aku bisa nyirep Alika biar bobonya agak lamaan ni anak bobo siangnya sbntar banget tapi kalo malam bobo pool sampe pagi
    Una rajin olahraga aja biar ga gampang ngantuk *bisanya ngomongin orang dapat salam dari lemak2 di sekitar perut hihihi

    ReplyDelete
  41. kalo kata emak saya bisa juga karena masuk angin. yah ujung2nya penyakit juga ya. :S

    ReplyDelete
  42. Btw jangan-jangan penyebabnya yang ke-4 Una "ada sesuatu yang menggerogoti makanan yang kamu makan, jadi efeknya loyo dan ngantuk"
    He3x

    ReplyDelete
  43. Keknya cacingan kamyu, Na. Sampe cacingnya tumbuh di rambut gituh koq :p

    Olahraga dooong, main angry bird kek *loh, termasuh olahraga gak yo ^^a

    ReplyDelete
  44. aku kesirep kalau sedang dalam rapat yang membosankan >.<

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!