Bertamu Ke Rumah Sun Yat-sen

Kalau waktu itu aku pergi sendiri/tidak ada temannya, mungkin aku tidak akan mampir ke rumah Sun Yat-sen di Macau. Teman yang pergi denganku, Bellita, menyukai sejarah, so jadilah tempat itu kami jadikan salah satu destinasi kami. Aku juga suka sejarah, tapi kalau nggak ada Bellita, aku emoh ke sana. Alasannya? Aku takut sendirian di bangunan bersejarah yang tua-tua...

Horor... Miw, bikin merinding.


Sun Yat-sen Memorial House terletak di Rua de Silva Mendes, Macau. Kami jalan kaki di seberangnya. Karena aku turis yang baik, aku nyebrangnya di zebra cross. Kalau museum itu ada di Indonesia, nyebrangnya, rumput pagar di jalan itu aku lompatin trus mlipir-mlipir di antara mobil-mobil, lebih cepat deh sampai museumnya! Paling Indonesia.

Pas nyebrang... aku melihat gambar ini sob...


Gambar bunga merah di atas mengingatkanku dengan bungkus bedak ketek MBK. Ada yang tahu nggak bedak itu?

Lanjut... aku dan Bellita berjalan di trotoar.


Dari celah pagar, aku pun mengintip.


Ada patung perunggu Sun Yat-sen berdiri tegak di sana. Patung itu diberikan oleh temannya yang berasal dari Jepang, Shoukichi Umeya. Ia juga merupakan sponsor dari aktivitas revolusi Sun Yat-sen.


Sebelum aku datang ke situ, aku tahunya ya, si Sun Yat-sen itu pendiri Taiwan, Republic of China. Udah gitu doang... Ternyata Sun Yat-sen ini juga dokter. Dari kecil ia sudah hijrah ke Hawaii untuk belajar. Ketika kembali ke kampung halamannya di mainland China, ia tak suka dengan pemerintahannya yang konservatif. Ia pun nggak jadi dokter lagi dan fokus untuk merevolusi China...

Doktrin Sun Yat-sen yang terkenal ialah Tiga Prinsip Rakyat (San-Min Doctrine/Three Principles of the People). Yakni:
1. Mínzú (Nasionalisme)
2. Mínquán (Demokrasi)
3. Mínshēng (Kesejahteraan Sosial)

Makanya namanya San-Min... San artinya tiga. Min karena depannya min kabeh... Huihihi ternyata min artinya 'rakyat'. (Terimakasih Mbak Imelda).


Bisa dilihat bahwa celah antara pilarnya mirip-mirip masjid gitu. Arsitekturalnya Moorish. Moor itu bangsa Afrika Utara keturunan jazirah Arab, jadi ya begitu jenis bangunannya. Bangunan ini rupanya, bangunan yang menggantikan bangunan asli. Dibangun 1930. Aslinya dibangun 1912. Sun Yat-sen Memorial House ini  terdiri dari tiga lantai. Masuknya gratis tis tis.


Dulunya, bangunan itu merupakan rumah yang dibangun untuk istri pertama Sun Yat-sen, Lu Muzhen. Turut tinggal di sana tiga anaknya dan keluarga Sun Mei, kakak laki-laki Sun Yat-sen. Sekarang dijadikan memorial house deh,  padahal rumah itu bukan benar-benar 'rumah' untuk Sun Yat-sen...

Ada banyak ruangan di sana. Kebanyakan dijadikan ruang pamer. Ada surat-surat yang ditulis oleh Sun, ada doktrinnya, ada foto-foto keluarganya. Yang aku sayangkan, banyak sekali yang tidak ada penjelasan Bahasa Inggrisnya! Ya sudah ngeliat-liat doang aku... hehehe.

Kamar siapa ya... lupa... hihihi!
Aku pikir karena sama temanku, aku jadi nggak takut gitu. Eh ternyata tetep aja ketakutan. Karena Bellita penikmat sejarah sejati, jadi ia jalan ke arah mana, aku sudah di mana (karena aku cuma liat-liat doang kebanyakan). Beberapa saat, aku nggak bisa menemukan Bellita! Woaaa! Dag dig dug. Ndilalahnya di sana sepi sekali...

Lari naik turun tangga, hueee ibuuu! Takooottt!


Pas udah ketemu, si Bellita lagi baca sesuatu yang digantung di sana. Huh huh huh, legaaa... Yang aku suka dari bangunan itu, tengahnya ada spasi yang mengelilingi bangunan itu. Jadi gimana ya, ibarat bangunan, tengahnya ada lubang gitu. Kayak donat ada lubangnya, gitu deh... Jadi bangunan itu meski besar, tapi terbukaaa...


Mehhh... pengen ke Macau lagi... hehehe!

❤❤❤

Sun Yat-sen Memorial House
1 Rua de Silva Mendes, Macau
+853 2857 4064
Free admission
Opening Hours: 10am-5pm Wed-Mon

Info from: http://www.lonelyplanet.com/china/macau/sights/architectural-cultural/sun-yat-sen

85 comments:

  1. dari hotel ciputra ke macau hehehe, aku telat baca postingannya una jadi dirapel yaa

    ReplyDelete
  2. bedak ketek iku bedak opo sih ?

    foto yg ke 6 sekilas emang mirip masjid ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bedak ketiak mbak... kelek kelek :D

      Delete
  3. menarik nih buat dikunjungi. terimakasih sudh mampir, blognya saya follow ya ^^

    ReplyDelete
  4. asyiknya dirimu Naaaa.... bisa jalan2 ke Macau, bisa mampir ke rumah Sun Yat Sen. Masak baru tau dia dokter? dulu satu kampus denganku lho... hehe...
    ternyata dirimu penakut juga ya Na.... pasti hatimu berdetak kencang saat kehilangan Bellita ya Na? takut Bellita berganti dengan vampire cina yang suka melompat-lompat itu... hiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi berarti dia seniorku, cuma kok gak kenal ya...
      Iyaaa sempat kebayang liat vampir Cina ituuu waaa x_X

      Delete
  5. aaaauuuuu.. bikin ngiri pengen ke macau, tapi aku gak mudeng itu tulisane opo :|

    ReplyDelete
  6. Potone gak ketok kabeh..

    Itu yg penjelasan "min" mosok gara-gara depanya = min kabeh duang? Kurang serruu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha banyak akronim yang kayak gitu tho...

      Delete
  7. kenapa aku jadi ngerasa tempatnya horor ya, na? apa karena sepi ga ada foto narsismu? ekeke... :P

    btw, ada apa sama judul puisiku? :))

    ReplyDelete
  8. Yang tahu merek bedaknya jangan ada yang jawab. Jebakan ketek. #eh #ppfftt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kukasih tau kok ye judulnya... :D

      Delete
  9. haaaah ada penampakan apaan tuh di dlm kamar :D

    ReplyDelete
  10. pengen kesana..naik apa ya?hehehe

    ReplyDelete
  11. nah, lumayan nih posisinya gak jauh2 amat untuk ngomen.. :D

    hmm.. yang foto di tempat tidur tu ada penampakan di kacanya..

    hiiiii ngeri!!!

    ReplyDelete
  12. tangganya bikin pusing --" tapi kayaknya bagus buat pemotretan. hehe

    ReplyDelete
  13. Yang masuknya gratis tis gitu emang TOP ya Na, huahahaha :D

    Dan itu rumahnya memang terasa banget aura "kuno"-nya. Jelas suasana angker agak kerasa-kerasa gimana gitu ya, hehehe. Dan itu arsitektur dalam rumahnya jadi mengingatkanku akan bangunan-bangunan di film atau serial TV dari China yg tayang di tahun 1990an gitu nggak sih? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi pecinta gratisan. :D
      Trus yang keluar vampir-vampirnya atau nggak berantem-beranteman... :D

      Delete
  14. saya ga kenal si sun yat sen. siapanya sincan ya?

    wah lagi lagi jalan jalan, ajak dong lain kali.
    heheh. di gambar ke delapan tu ada penampakan, baju merah. itu siapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kakek buyut...
      Siapa ya? Orang cantik, hahaha!

      Delete
  15. jadi pengen kesana. beli tiket ah besok ... (ngarang.com)

    ReplyDelete
  16. eh, bedak ketek MBK itu sekarang masih ada nggak sih un...hehe....

    ReplyDelete
  17. Sun Yat Sen kuwi kakange Sun Bat Yen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sun Bat Yen kuwi SBY...
      Mosok gak ngerti SBY
      Ngertimu Suharto dowang yo

      Delete
    2. Suharto juga gak ngerti, hihihi

      Delete
  18. itu foto yang dikamar ada penampakan tuh, pake baju warna merah...hiiiiiii

    ReplyDelete
  19. ealah, menarik juga bagi yang suka sejarah ya Kak Un ..
    tapi bisa gratis gitu ya ..
    mungkin Macau gak banyak yang minat sejarah ya makanya digratisin .. hmm .. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sudah terlalu kayak kali jadi di gratisin :D

      Delete
  20. Enak rek mlaku² tok :) , eh nang foto seng de' kamar iku ada penampakan lo, pakai jaket merah sopo iku Una hi hi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong... hihihi itu Teresa Teng... :D

      Delete
  21. wah, Una! gue gak habis fikir ama elo. ternyata bukan cuman pejabat tinggi yg bisa jalan2 jauh kayak gini. salut banget deh buat Una. plok-plok!
    btw, tangganya bagus banget tuh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... ya kan nyelengi mas... memang udah direncanain sebelumnya :D

      Delete
  22. baca cerita mba una terus ngeliat gambarnya kok bikin merinding yaa hehee

    ReplyDelete
  23. macau itu daerah jogja yaaa.... *lol*

    ReplyDelete
  24. Bedak ketek MKKB ? :o eh apa? MBK? itu sejenis apa yah, kakak Una?

    ReplyDelete
  25. Seusia dek Una sudah sampai Macau aja. Aku aja belum. *Ngiri yang baik*

    Kamarnya yang difoto miri-p ama kamar-kamar Indonesia jaman dulu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seusiaku tuh udah tua lho mas, hahaha... :D

      Delete
  26. MKKB itu masa kecil kurang bahagi bukan yaaa hahahaahha :D klo bedak MBK disini banyak yang jual..

    ReplyDelete
  27. hahaha...mbak Una aku mbaca ampe ngekek terus ni. Kok mbaknya malah sempet jadi orang ilang disana hehehe. btw bayarnya berapa mbak kalo mau kesana? mahal kah? jo lali neng blogku juga ea mbak

    ReplyDelete
  28. Wah beruntung cekale bisa foto foto di sini, tidak dilarang ya mengambil foto atau gambar di sini? Wah baik sekali penjaganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak hehe, museum di sana kebanyakan gak papa foto di dalam :D

      Delete
  29. Mbak una sering banget jalan-jalan. Ngajak kita-kita dong. Itu jalan-jalannya ada sponsor yang ngebiayain atau gimana mbak Una. Kita juga pengen jalan-jalan ke luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuh ini rangkaian jalan2 yang dulu kok...
      Bayar sendiri, sponsor ibu hahaha!

      Delete
  30. eh di cermin kamar, ada siapa ituh ..... *aaaaaaaaaaaaaaaaaaa * -treak histeris-

    mbak unaa, kakiku, kamu injek.. :haha :D perjalanan yang asyik ya, mbak Un.. ^^

    ReplyDelete
  31. sun yat sen tuh bintang pilm mandarin yang sebelah mana ya un???

    #digaplok tabokan laler

    ReplyDelete
  32. unaaaa... akiu dulu sering loh pake bedak ketek itu sebelum deodoran booming kaya sekarang... dan logonya mirip sama bunga mawar itu yaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaka seriusannn?
      Kukira ibuk ibuk doang yang make... :D

      Delete
    2. ngga dong, jaman aku dulu smp kan deodoran sama parfum itu kan masih barang mahal... jadilah aku dan teman-teman sebayaku saat itu pake bedak MBK itu

      Delete
    3. Hihi udah lama banget ya mas jaman SMPmu :P
      Oohh gitu, xixixi

      Delete
  33. Sun yet sen itu yang di cerita kungfu masternya jet lie ya.....

    ReplyDelete
  34. Huaa.. Makasih ya Una. Jadi berasa dateng kesana sendiri.
    Bagus-bagus potonya.

    Btw aku tahu banget bedak ketek MBK denga lambang bunga ituh.. Hahaha. Dulu suka make. Tapi bedak itu gak bikin burket loh. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe foto aspret ngunu lho... :D
      Wah banyak ya yang make MBK...

      Delete
  35. wow site bersejarah. wah postingkan juga dong tokoh dunia medis yang revolusioner juga, seperti Che Guevara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe boleh tuh, sekalian reviu filmnya Guevara...

      Delete
  36. heheheh
    san min ( 3 rakyat, min =rakyat)
    eh kamu salah Una, setelah gue googling (niat yah )
    mereknya bedak MBK bukan bunga mawar tapi bunga sepatu (emang merah sih hahahha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh x_x
      Salah thooo~ aku mau salahin sumbernya yang aku baca, hahaha!
      Hihi bunganya beda, tapi mirip :D

      Delete
  37. Wah suka bgt travelling nih kayanya mba Una, foto yg ada dirinya sendiri kok ga ada, jadi kurang seru :D

    Jadi pengen jalan2 keluar negri juga :P
    Salam kenal Una..

    ReplyDelete
  38. Rumahnya bagus ya Una, 'China'-nya gak terlalu nampak ya keknya waktu bangun rumah itu malah ada pengaruh timur tengah kali' yah *sok tau :P*

    aku juga kalo jalan2 sendirian, malah ah ke tempat2 bersejarah, mending ke tempat shopping aja, hihi...

    ReplyDelete
  39. sangkain yg merah di kaca itu apa.. ternyata una yg lagi motoin kamarnya.. hahahaha..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!