Kadang, Aku Bisa Bahagia, Puas, Senang Setelah Marah-Marah

Waktu itu aku dan teman perjalananku pergi ke salah satu area sohor di Indonesia, Bali pada Desember 2010. Ketika hari keempat di sana, kami harus menyewa sebuah mobil dan supirnya karena transportasi umum tidak memungkinkan untuk kami sampai di tempat tujuan kami. Mau menyewa motor, jaraknya lebih dari dua jam dari tempat kami menginap. Ntar bokongku jadi trepes.

Kami book mobilnya kepada seseorang yang aku ingat sekali namanya Berlin. Ia menjanjikan kepada kami akan diantarkan ke tempat-tempat menarik lain di sekitar tujuan utama kami. Pagi-pagi kami dijemput mobil yang kami sewa. Rupanya supirnya ditemani temannya, jadilah kami berempat dalam mobil.


Supir dan temannya bukannya menjelaskan suatu apapun atau promosi apa kek gitu mengenai tourist attraction yang menarik, eh diam saja. Ditanya apa, nggak ngerti. Kami mau makan aja, dan kami bertanya tempat makan apa yang oke, eh mereka menjawab, “kurang tahu.” Eh, akhirnya mereka punya ide tempat makan yang enak. Tau nggak sih looo… kami malah diantarkan ke rumah makan Padang. Itu sih di deket rumahku juga ada.

Kami mulai bersungut-sungut. Setelah itu kami ingin ke tempat tujuan utama kami. Kami beritahu nama jalan persis tempat itu, mereka pun kurang tahu. Jadilah nyasar-nyasar. Udah sampai sana, eh TUTUP! Tambah dehhh, mood kami lebih memburuk.

Kami komplain sama supirnya. Rupanya ia bukan orang sana tapi sudah tinggal di sana delapan bulan. Kayaknya mah ya, delapan bulan harusnya udah apal donggg… Nah ini ditanya-tanya kagak ngerti. Hari itu menjadi hari trip tersial kami. Sudah nggak kesampaian ke destinasi kami, eh nggak dapat pengetahuan baru karena yang kami datangi ialah mass tourism object yang sebelumnya kami sudah pernah ke sana.

Sampai ke Legian lagi, kami tak memberi tip kepada supirnya dan langsung cabut ke Double Six. Eh, gagal juga lihat matahari terbenam… duh nggak beruntung banget sih. Main-main air sebentar di pantai dan kemudian kami jalan kaki menyusuri Pantai Seminyak, Double Six dan Legian. Kami menumpahkan kekesalan yang beresidu banyak di hati.

Misuh-misuhan andalan dikeluarkan semua. Aku dan Affi bergantian mengungkapkan kesebalan kami terhadap si supir dan temannya tadi yang belum sepenuhnya kami sampaikan kepada mereka. Dan juga kami mengutuki orang tempat kami book mobilnya. Kami tak peduli ada yang mendengar, toh yang jalan kaki di sana hanya kami berdua, hihihi.

Setelah selesai marah-marah berdua kami malah tertawa keras.
Kenthir.”
“Hahaha kayak orang gila yak kita…”
“Biarin, wkwkwk.” Aku bingung wkwkwk gimana coba ngelisaninnya ya.


Setelah marah-marah tadi aku merasa bahagia, puas, dan senang. Aku bisa melepaskan amarahku, puas mengutuki mereka dan tentu saja senang. Aku melihat Affi juga seperti itu. Bahagia itu tidak harus ketika keinginanmu terkabul namun bahagia itu pilihan. Dalam kondisi sakit dan tak punya uang di dompet pun, kita juga bisa bahagia. Atau bahkan, senang dan bahagia setelah marah-marah.

Manusia memang tak pernah puas. Puas secara keseluruhan. Tapi pasti ada dalam satu titik manusia bisa puas. Kita makan, lalu kenyang. Puas. Adik kita menyebalkan, kita cubit. Puas. Meskipun mungkin di sisi lain, nilai pelajaran kita jeblok dan nggak memuaskan. Sama halnya denganku, aku mungkin tak puas tak sampai destinasi idamanku, tapi aku puas marah-marah dan mengutuki mereka. Hihihi!

Ah! Ngomong-ngomong lagu, waktu itu kami teriak-teriak marah-marah ditemani lagu Soft Melody yang kusetel di telepon genggamku. Jadi kayak soundtrack gitu. Kebetulan lagu ini lagu kesukaan kami berdua juga. Makanya sampai sekarang kalau aku dan Affi dengar lagu itu pasti kami teringat hari tersial kami di Bali ini. Kalau dengar ini bawaannya senyum-senyum. Padahal sih liriknya tentang orang yang nggak bisa menyatakan cintanya... @.@

Hehe bukannya narsis tapi videonya begronnya lagu Soft Melodyyyy... Enakeun~

Aku tidak tahu lah definisi bahagia, puas, dan senang itu kepiye gitu. Yah… dirasakan aja kali ya. Semua bisa merasakan kok. Karena semua itu adalah pilihan. ^_^



Selamat hari jadi Syam
Semoga kamu tambah manis ya Mbak. (Katanya suruh do'a yang manis hihi).
Semoga keinginanmu semua tercapai dan yang lebih penting semoga kamu bahagia selalu ya... dan makin baik sama eykeee...

96 comments:

  1. Replies
    1. sebenarnya ciii dari muka una udah keliatan orangnya suka marah-marah....... iya gak, tosss dulu nii

      Delete
    2. Waaa asemmm...!
      Enak aja :P
      Gak ya aku tu aslinya penyabar...

      Delete
  2. lama sudah tidak muncul nih.... wah saya juga puas kalau sudah makan nasi padang.. yang sudah lama tidak dilakukan... seakan akan rohnya jahat keluar dari badan ini setelah makannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... mau ngeblog kok males wkwk.
      Waw doyan nasi padang yeuhhh @.@

      Delete
  3. emang Na, paling enak gitu ngedumel asal nggak di depan orangnya, ngecikke bala kata orang Palembang, (mengurangi kemungkinan berantem)

    ReplyDelete
  4. halah, mau nonton videonya, buffering lama banget. Maklumlha, gretongerz. Yey, hidup gretongerz!

    Btw, mana oleh2nya???
    :D :D :D

    eh iya, kalo aku sih, sepertinya belum pernah bisa merasakan bahagia setelah marah2. Kalo sedih sampai nagis2 sih, mungkin iya. :(
    Selesai marah-marah, terus ketawa2 sendiri? Bisa2 dikira sambleng bin kenthir aku.
    =))

    lalalala....
    kenapa si sopir enggak ngajak guide aja ya, buat nemenin? Malah ngajak temennya, yg juga cuma diem aja? Ehm, eh... ehm... takut kamu culik mungkin ya? nyahahahaha....
    =))

    oia, buat mbak Syam, selamat ya..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuu enak lho lagunya :P
      Oleh-olehnya baju reged nih :P

      Hahahaha, marah-marah trus sedih-sedih sampai nangis-nangis juga kenthir tauk itu :))

      Gak tau deh tuh. Gak jelas -_-" Aku nyulik orang juga mikir-mikir mbak, nyari yang ganteng :p

      Delete
    2. enak? > enak dimakan? :P
      wew, emoh oleh2ya kog malah reged'an..
      :D

      yey, marah-marah terus sedih tuh enggak kenthir, tapi gendheng. #eh?
      enggak lah ya, sehabis marah, pasti perasaan jd nyesel. Kenapa ya, kog marah? terus jadi sedih deh...

      hehe, emang supirnya gak ganteng tho? Temennya? gak ganteng juga? ehehe...
      :))

      Delete
    3. Ah aku gak menyesal marah pas itu. :))
      Ya menyesal juga gak papa sih... hihi.
      Nggaaaak. Nggaaaaak jugaaaa~

      Delete
  5. padahal una kan mirip kaya turis2 asal amerika latin hehe biasanya org2 di bali lbh loyal sama pelancong dari luar negri karena bayaranya gede haha.. sukses deh buat kontesnya, kayaknya ini peserta pertama deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makasiiihhh mirip Rosalinda ya aku mas :P
      Aku peserta ketiga kok :D

      Delete
  6. hihihi.. betul bgt tuh.. ngomel2.. misuh2.. ngata2in org.. kadang2 bikin hati puas.. Tp kadang2 bikin nyesel jg.. coz tak jarang udah marah2 eh ternyata aku sndri yg salah.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, itu juga nggak enaknya, ujung-ujungnya bikin malu, tapi ya mau gimana lagi, lahwong lagi kesel ya semprotin aja tuh orang sampai kita puas

      Delete
    2. Hahaha, berarti marah-marah pun harus hati-hati ya. Takut salah, wkwkwk...

      Delete
  7. buahhh misuhholic yah kak :D
    tapi gak papa deh daripada stress mending bahagia

    ReplyDelete
  8. sama mbak Una. setiap sebel apsti bawaaanya pengen maraaaah melulu. setelah itu rasanya seneng banget. rasa jengkel yang terpendam sepertinya menguap tiba - tiba :D

    ReplyDelete
  9. hihi... udah selesai campnya yah?
    postnya lebih cepat nih dr yg sy duga - udah kepedean Una ikut GA saya :p

    btw, baru tau ada org yg abis ngomel2 malah bahagia. biasanya kan kesel sedalam2nya. heheh... tapi Una gitu loh, lain dari yang lain. Bahagia kan milik semua orang, dan punya cara2 sendiri untuk bisa merasakannya.

    makasih loh Nduk, dah ikutan. Makasih juga doanya, InsyaAllah saya akan manis selalu. Ini sesuatu deh buat saya

    *kecup basah*

    Muaaaaaaaaaaacccch :-*

    Noted!

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, eh...
      videonya gitu loh #ihhik #cieee :p

      Delete
    2. Udah tapi kayaknya mau camp lagi kalau jadi.
      Hihi abis marah-marah kan lega tuh jadi seneng dong, plonggg!
      Terimakasih sudah dicatat!

      Ini apalagi diciein, dimenangin dong :P

      Delete
  10. unaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa~ kangen deh.. (>-3-)> (lo gk tau kan gw boong atau enggak)

    itu namanya bukan mood deh kayaknya. itu namanya pemacu dan pemicu kemarahan *ngelesnya orang tukang marah ihihihihihi *ketawa kuntilanak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masalah kayak kangen lo gak pernah boong, :))
      Hahahahahahaha... horor~ *ketawa tuyul

      Delete
  11. mampirlah di pulau sebelahnya lagi : lombok... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sudah pernah mampir, tapi pengen lagi. :D

      Delete
  12. Wah, si Berlin benar-benar menjadi penghancur liburan. Kalau aku jadi kamu, Berlin udah aku tenggelamin di laut deh, Na.. *sadis.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadiin tembok pemisah Jerman Barat dan Timur aja kali dia, hahaha...

      Delete
    2. Hahaha iya bener, secara namanya Berlin. Udah kutukan dari lahir mungkin, jadi sifatnya begitu :D

      Delete
  13. Jangan-jangan asosiasi emak2 di seluruh dunia merasakan perasaan yang sama dengan kamu na, bahagiaaa setelah marah2 ._.

    ReplyDelete
  14. lega dan bahagia setelah marah, aku juga pernah ngerasain tuh un....tapi kadang2 ada juga habis marah2 malah nyesel lho, terutama saat marah2 sama anak...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pukpuk :P
      Kalau marah sama anak harus anaknya udah gede ya hihi~

      Delete
  15. emang enaknya abis misuh misuh itu yaa.. ketawa-ketawa, mentertawakan orang yang dimarahi, mentertawakan kita sendiri yang marah2, rasanya.. buebbaasss, tapi abis itu kasian looh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi emang nggak baik misuh-misuh itu, tapi marah-marah kan manusiawi. :D

      Delete
  16. tapi kayanya una ga bisa marah dah...

    ReplyDelete
  17. hiihih... ya kl ketemu org kyk "berlin" udah pantes lah bikin kita misuh2... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi semoga gak ketemu orang kayak gitu lagi deh :(

      Delete
  18. senang dan bahagia setelah marah mungkin iya tapi
    nantinya bisa timbul penyesalan

    salam persahabtan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang. Itu semacam konsekuensi lah ya :p

      Delete
  19. bahagia stlh marah mungkin akibat kepuasan dr dalam hati yg tadinya kesel telah keluar semua jadinya hati lega.
    Saya bbrp kali menumpahkan kekesalan sy di blog sy sendiri akan situasi yg saya ga suka eh tp malah ada org lain yg kesindir jdnya malah marah2 ke saya, kalau tulisan yg isinya ngedumel2, aku kasih password aja (cari aman)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... jadinya plong.
      Mungkin kalau postingan marah-marah harus diprivate kali ya mbak. Biar gak ada yang tersinggung tapi kita pun lega bisa mindahin marahnya ke tulisan hihi :D

      Delete
  20. give away toh? aku juga merasakan kebahagiaan luar biasa lho Na setelah habis marah-marah, apalagi jika bisa langsung marahin orang yang bikin aku kesal. hihi...

    sukses untuk GA nya yaa.... apa kabar nona kriwil? sehat kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya GAnya Mbak Syam... Ikut dong mbak. :D

      Sehat alhamdulillah tapi badan pegel-pegel sekaleee hehe~

      Delete
  21. Give away yah na??? sukses yah...

    klo sy malah klo habis marah2 bawaanya pengen bakar rumah... hehehehe

    ReplyDelete
  22. Eh tapi, apa nggak nguras energi tuh kalo misuh-misuh gitu?
    Hehehe...

    ReplyDelete
  23. Kemarin saya di sms sama malaikat, kataya Tuhan menciptakan amarah memang untuk membuat kita senang #apadeh :D
    Btw, kemana aje nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. saya suka komentar ini, jempol..!

      Delete
    2. Hihi ternyata gitu tho :P
      Aku lagi di Jogja mas... internet lemot jadi makin males ngeblog hihi~

      Delete
    3. Asyik bener yang abis liburan. Ciri-ciri orang ngga setia nih, liburan sebentar blognya udah ditinggal, gimana kalo puya pacar, bisa ditinggal juga.

      Delete
    4. Siapa yang liburan? :P
      Ya doain aku biar punya mekbuk gitu, biar bisa ngeblog di mana mana hihi~

      Delete
  24. kalo marah emang mendingan dikeluarin ya biar gak jadi dendam... :)

    good luck buat kontesnya!

    ReplyDelete
  25. Hahahahahha.. dan aku pun ngekek baca postingan ini! *sambil flashback* *muter lagu Soft Melody*

    Udah nahan laper, dikasih makan nasi padang, mahal, jauh pulaaakk --,--

    Tapi inget ngga sih banyak rencana yang gagal? Mau makan di Jimbaran, eh hujan! Akhirnya minum kopi dan makan pop mie di Circle K. Berapa kali mau liat sunset, ngga pernah jadi kan? Ke Musro pun cuma menikmati 1/3 show karena kakehan iyik. Mau dugem, malah tidur. bzzzzz
    opo meneh yo.. Oiya, hari ke 3 buang-buang waktu, malah pijet gara-gara ngga tau mau kemana akibat bangun kesiangan.. Misuh-misuh dapet tempat nginep yang ngga enak dan hasilnya pindah hotel 3 kali, ngangkat-ngangkat koper koyo wong edan. hihihi banyak yaaa ternyata :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAHA...
      Eh Bali tu trip pertama terjauh kita kan ya...
      Hihi gagal~ tapi gak papa dehhh...
      Kapan kita ke Korea? :P

      Delete
  26. hmmm, geleng geleng :P
    udah balik jeng ?? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuuu triping ya?
      Sudah balik camp tapi belum balik Jakarta...

      Delete
  27. Aku juga pernah marah - marah dan misuh - misuh tapi itu kesenangan sementara, setelah itu ada penyesalan kenapa harus marah dan berkata kasar. ehmmm....sama - sama mengeluarkan energi kenapa tidak untuk yang baik,
    Tapi yang namanya emosi tidak terkontrol kadang tetap aja masih melakukan hal yang sama...:))

    ReplyDelete
  28. hahahaha, eh, una kalau misuh misuh gimana sih, kok kata misuh nya ngga dituliskan di sini:

    jadi penasaran, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... gak ah, kan aku sudah insaf gak misuh2 lagi wkwk~

      Delete
  29. Kemarin kamu ke bali to, Na? Kok 2010? Bhahaha

    ReplyDelete
  30. Bahagia dan rasa puas bisa diungkapkan dengan cara yang beragam ya Na:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beragam banget. Mbak keke komen di sini aja aku bahagia :D

      Delete
  31. hahaha... kasian banget kamu, Un. Tapi walaupun begitu sip deh kalo kamu bisa puas juga. Puas ngomel-ngomel maksudnya...
    Besok kalo ke Bali pastikan cari supir yang handal, Un, biar nggak keulang lagi 'kesialan' itu huihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pastikan juga supirnya Ganteng...
      :))

      Delete
  32. emang bikin esmosi ya un, kalo supir kaga tau jalan. wong mau enak2 tinggal duduk dan bilang kita mau kemana, eeh ini malah ikutan dibikin pusing sama urusan jalanan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ngeselinnya part itu mbak @.@

      Delete
  33. Huhuiii..yg habis hiatus nge'camp REk. Muncul-muncul 'marah-marah' dan misuh terus puas deh. Trs mana kalimatmu yg misuh-misuh NA? Kok gak di tampilkan sekalian...Aku sj berani tuh bikin postingan yg isinya misuh khas suroboyoan...whahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hei juga...
      Kalau aku tampilkan, kepanjangan mbak, ahahaha!
      Ni besok aku dah siap mau ngata2in dinas budpar sleman, tunggu postinganku. Wkwkwkw~

      Delete
  34. cerita yang seru, sampai segitunya ya kalo marah.. gag jelas.. :D

    ReplyDelete
  35. moso sih una nek ngamuk koyo butho..?

    ReplyDelete
  36. wkwkwk.. itu suaranya seperti suara bebek gt na.. pernah baca dimana gitu.. hihihi..

    ReplyDelete
  37. wkwkwk.. itu suaranya seperti suara bebek gt na.. pernah baca dimana gitu.. hihihi..

    ReplyDelete
  38. okehhhh sippp :P ih unaaa ngga boleh mengutukiii tauu :) jangan diulangi lagi yah

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!