Hadiah Istimewa Untuk Budhe

Fiksi.

Percakapan di telepon sudah usai. Budheku akhirnya dengan senang mengiyakan ajakanku untuk plesir ke Bandung. Awalnya aku khawatir dengan usianya karena perjalanan dari Surabaya ke Bandung ini dengan menggunakan jalan darat. Rupanya beliau malah tertawa, "Ah, meremehkanku kamu ya. Tentu saja aku kuat seharian di mobil. Toh bukan aku ini yang menyupir. Hahaha..."

Budhe tak tahu maksud tersiratku mengajaknya pergi ke Bandung.


Aku menyetir sendiri ke Surabaya dari daerah perantauanku sekarang, Bandung. Aku sudah lama tak bertemu orangtuaku yang tinggal di daerah Menanggal, Surabaya. Lalu, sesuai perjanjian aku dan budhe, sekembalinya aku dari Surabaya, aku memboyong budhe untuk plesir ke Bandung. Pakdhe pun turut serta, apalagi ia katanya ingin kopi darat dengan teman-temannya di Bandung.

Belasan jam hampir sehari berlalu. Kami akhirnya tiba di Savoy Homann, tempat budhe dan pakdhe menginap, karena aku di Bandung hanya menyewa sebuah kamar kecil, tak enak tentu membuat mereka berdesakan di kamar kecilku.

Esoknya, aku mengajak mereka keliling Bandung sekaligus Cimahi. Namanya orang tua, mereka manut saja entah ke mana aku mengajak mereka. Hahaha, dasar orang tua. Melewati Asia Afrika, Braga, Pasirkaliki, Pasteur, masuk tol, dan akhirnya keluar di Cimahi. Aku pun mengeluarkan petaku. Baros. Daerah itulah yang ingin kudatangi.

"Mau ke mana kita ini?" tanya budhe.
"Adaaa dehhh, liat aja nanti," jawabku sambil senyum-senyum.

Gapura Pusat Pendidikan Polisi Militer pun sudah terlihat.



"Hahaha..." budhe tertawa.
"Hahahahahaha..." pakdhe pun ikut tertawa.

Aku segera memarkirkan mobilku. Aku mempersilahkan budhe dan pakdhe untuk turun.

"Dulu kita pertama kali ketemu di sini..." ujar budhe, "dulu aku suka lihat kamu push-up 500 kali tuh di situ!"
"Walah, lima ratus? Ngarang! Dua ribu kali kok push-upnya..." kata pakdhe.

Aku menguping pembicaraan mereka dari belakang. Seakan-akan, aku merasa jadi obat nyamuk.

Setelah mereka menyudahi nostalgia mereka, aku mengajak ke sebuah SMP tempat budhe pernah mengajar. Dan ketika sore menjelang, kami kembali ke Bandung, dan mengajak mereka makan sore. Aku memberi tahu pelayan untuk mengeluarkan gurame bakarnya tak lupa dengan lilin-lilin yang banyak.

"Selamat ulang tahunnn budheee!" teriakku, pakdhe, dan beberapa pelayan.

"Lho? Aku tuh sekarang ulang tahun ya... malah lupa sendiri aku."

"Lho... diajak ke Cimahi itu karena ulang tahun je budhe...," kataku.

"Oh gitu kah? Berarti hadiah ke Cimahi untuk nostalgia itu hadiah ulang tahun paling istimewa untuk budhe... makasih sekali ya... senang aku..."


Akhirnya, budhe tau maksud tersiratku.




"Artikel  ini dikutsertakan dalam Kontes Menulis Cerita Mini"



96 comments:

  1. budhe ikutan juga yah cayo semangat kalo menang traktir baso yah :D

    ReplyDelete
  2. Keren Una .. tapi ada yang aneh nih: ".... dan beberapa seorang pelayan."

    'Dan beberapa seorang pelayan'? Diperbaiki gih. Jadi kurang kekerenannya :D

    Moga menang yah :)

    ReplyDelete
  3. @Mugniar Hihih makasihhh mbak xD
    Edit satu kata gapapa ya pakde @_@

    ReplyDelete
  4. @jay boana Emohhh~ aku mau nya nraktir mcdonalds~

    ReplyDelete
  5. @jay boana

    Hah ... Una dibilang budhe?
    #Geleng2 kepala#
    :D

    ReplyDelete
  6. duieleeehhhh....si budhe pasti terharu hikhikhik
    sukses y Una

    ReplyDelete
  7. Unaaa,, jago ih bikin CERMINnya..

    good luck ya Una, hikkss ketinggalan lagi saya ikutan nulis2 cerita ini.

    ReplyDelete
  8. kok di blogrollku ada yg judulnya sama ya... ternyata ada kontes toh...

    ReplyDelete
  9. mba Una curaaaaangg, kemaren Nay ultah gak di ajak2 ke Bandung #eehhh :p

    gud luk sistaaa :)

    ReplyDelete
  10. Postingan yang berbeda dari tulisan serentak lainnya nih. keren Una

    ReplyDelete
  11. Oleh-oleh nya mana dong habis dari Cimahi.. Pakdhe ke Badnung kopdar? kok gak ngajak saya sih..

    ReplyDelete
  12. very nice!

    good luck!
    semoga menang :)

    ReplyDelete
  13. akhirnya Una ikutan kontesnya juga hihihi
    sukses Una, semoga menang trus dapet duit bakso :D

    ReplyDelete
  14. Emangnya ketemuan Pakdhe dan Budhe beneran di situ ya, Na? Kok Una tau? :)

    ReplyDelete
  15. lho...budhe nya malah nggak tau kalo dia lagi ultah hari itu to...hehe...sukses kontesnya una...kalo menang bagi2 ya...hihi...

    ReplyDelete
  16. Wah, kalau Una beneran nyetir BAndung- surabaya..hal terindah juga tuh...ok, sukses deh GAnya ya..

    ReplyDelete
  17. dah pengumuman kan, na! menang gak, menang gak? ha? hah?

    ReplyDelete
  18. Kok ra katutan misuh iki...
    Ben kon push up PakDhe

    ReplyDelete
  19. Selamat ultah ya buat budhe-nya. Semoga sehat selalu. Una mmang selalu punya cara untuk membuat sesuatu yang lain-daripada yg lain....

    ReplyDelete
  20. wuihh sepertinya una tau sejarah pertemuan pakdhe dan budhe heheh...smoga menang di kontes ini.....

    ReplyDelete
  21. @@yankmira Beda... soalnya jelek sendiri ahahaha~

    ReplyDelete
  22. @yuniari nukti Ngapain ngajak-ngajak mbak, ahahaha...

    ReplyDelete
  23. @DewiFatma Maksudnya pakde cholik? Kalo beliau dan budhe ipung aku gak tahu...

    ReplyDelete
  24. @Ririe Khayan Ngeceee, sebenernya aku gak bisa nyetir sih~

    ReplyDelete
  25. @eksak Sekarang udah 27 Februari yah...

    ReplyDelete
  26. @Nia Aku gak tahu mbakkk... itu cuma fiksiii~

    ReplyDelete
  27. Apik tenan ceritane iki. Juara satu deh.

    ReplyDelete
  28. Isinya bagus banget, mengenang masa-masa indah ya mbak una

    ReplyDelete
  29. unaaaaaaaaaaaaaa.. hix hix, dhe tadi kesiangan bangunnya.. trus sibuk wara wiri, jadi gagal deh ikutan.. haduuuuhh.. :(

    tapi fiksi kamu keren na.. tak doain menang.. kalo menang, kita bagi dua.. kan dhe udah bantu doa :p

    ReplyDelete
  30. heh? belakangan di jagat maya banyak postingan yg setema yak... solitare, sotoji, sama ini nih... ketinggalan deh sy :p

    ReplyDelete
  31. @dhenok habibie Amin amin lalalala~ kasian deh lo bangunnya sianggg, rejekinya dipatok ayam lohhh~

    ReplyDelete
  32. Oh... Aku gak engeh sama kata 'fiksi' wkwkwk, kirain iah Una udah kesana! Ternyata blum, aku ketipu.

    ReplyDelete
  33. Wuihhhh...baik tenan Una sm Budhe-nya inih...

    Pakdhe hebat bener ya push up segitu banyak qiqiqi

    ReplyDelete
  34. @Faizal Indra kusuma Udah pernah. Sengaja kujawab belum. Satu paket yang tidak bisa dipisahkan, penulis yang baik pasti pembaca yang baik. Baca yang baik ya ^^

    ReplyDelete
  35. @Orin Iya wkwk, ada gak ya Pakdhe kayak gitu @_@

    ReplyDelete
  36. @Una

    Asli uaapiiik tenan ceritane.
    Romantise puoll...

    ReplyDelete
  37. Dengan ilustrasi foto, tambah keren ih ceritanya Mbak Una. Semoga sukses di kontesnya :)

    ReplyDelete
  38. walah...mau jadi militeris po mba un??

    ReplyDelete
  39. kosek kosek. . .kuwi kok enek fiksine??

    ReplyDelete
  40. Biografi pak de dan bu de ini kan Un
    keren deh
    Semoga terpilih Un,

    ReplyDelete
  41. Wah, bisa juga kamu bahagiain orang tua.. ^^ Eh, Un kok ada kontes gak bilang2 sih, kan aku jadi telat ikut, miscol kek! ^^

    ReplyDelete
  42. @Fahrie Sadah Gak punya pulsa! Minta miskol kok gak ngasih pulsa... ahahaha, kayak punya nomormu aja @_@

    ReplyDelete
  43. Mana mau ke monas na, klo ke bantar gebang kayanya sih mau tuh... iyakan bel?@Una

    ReplyDelete
  44. Met ultah buat mantan pacarnya pakdhe ya....

    ReplyDelete
  45. sukses yah Na buat kontesnya :)

    ReplyDelete
  46. angle lain dari cerita budhe... beda.. top

    ReplyDelete
  47. hehehe, apik, na. romantis ala una. keren deeh! XD

    hari ini ikutan BBC, na? ;)

    ReplyDelete
  48. Ha ha ha ha ha....kamu kok tahu Pusdikpom segala sih nduk..elek..kriwil....tak sun deh....
    Terima kasih telah membawa saya ketempat pertemuan kami dulu. kamu tanya siapa soal itu hayoooooo...? Sandy ya ..

    Salam sayang untukmu .

    ReplyDelete
  49. Wah, selamat ngontes, ya Budhek ... Moga menang uang basonya :D

    ReplyDelete
  50. @Ayu Welirang Woalaaah, sebenernya mbak orang mana sih...

    ReplyDelete
  51. @Pakde Cholik Wuuu ngatain elek lagi @_@
    Ahahaha, ini butuh riset yang amat dalam pakdhe...

    ReplyDelete
  52. Selamat ya mbka, telah menjadi juara III

    ReplyDelete
  53. hihihi mantep na..
    selamat ya wes menang.
    btw, najjah iku anaknya sahabat temenku waktu di indosat dulu. tulung dibantu ya kalo ada rezeki berlebih. makasihh

    ReplyDelete
  54. jalan2 yang mengesankan. selamat udah jadi pemenang ya :D

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!