Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sakura Kok Putih?

Saat ini di Jepang sedang musim sakura. Di Kyoto, beberapa tempat masih belum mekar sempurna, tapi di beberapa tempat lain sudah mulai berguguran. Di depan rumahku ada pohon sakura besar yang sudah mekar sempurna, sudah mulai sedikit berguguran, dan sudah tumbuh daun hijau. Sakura tahun ini tampaknya mekar lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa hari belakangan ini, aku pergi 'berburu' sakura. Dua kali aku mengirimkan foto sakura kepada dua teman yang berbeda namun komentar balik yang kudapatkan sama: sakura kok putih?

Belum lama ini, aku melihat postingan Tiktok orang asing yang tinggal di Jepang tentang ekspektasinya tentang sakura yang berwarna pink. Tapi ternyata, sakura yang ia lihat berwarna putih. Perasaan yang sama aku alami saat pergi ke kebun lavender. 😂 Kok ngga seungu yang kayak di foto?

Oke, kembali ke sakura.

Sakura itu jenisnya banyak sekali. Setidaknya bisa ditemukan lebih dari 200 jenis sakura yang tumbuh dan dikembangkan di Jepang. Belum yang kawin silang antar varian antar spesies.

Lalu, apakah sakura sebenarnya berwarna putih?

Bunga sakura berwarna dari rentang putih hingga pink. Varian utama sakura alias cherry blossom di Jepang adalah Somei Yoshino. Varian ini merupakan hibrida dari tanaman jantan Prunus speciosa (oshima zakura) dan tanaman betina Prunus pendula f. ascendens (Prunus itosakura). Bunga sakura Somei Yoshino berwarna putih agak pink pucat. Kalau dilihat dari jauh tampak putih kepink-pinkan.

Jenis sakura ini paling banyak ditemukan di Jepang. Jadi jangan kaget kalau teman-teman ke Jepang, trus melihat sakura dan warnanya putih.

Bunga sakura Somei Yoshino. Putih kan?

Sakura jenis lain ada yang berwarna lebih pink. Tapi secara personal, aku lebih suka sakura putih kepink-pinkan dari pohon Somei Yoshino. Belum lagi kalau malam-malam dan diberi lampu, terlihat seperti pohon yang tertutup dengan salju. Putih dan cantik.

Pohon sakura di taman dekat rumah. Dari jauh kelihatan berwarna pink muda.

Kemarin aku pergi ke Kyoto Botanical Garden dan melihat jenis sakura lain. Next, aku bakal tulis dan mendaftar jenis-jenis sakura yang lain. Kalau ngga males. 👀

4 komentar untuk "Sakura Kok Putih?"

  1. Iya dulu aku dikasi tau kalo mau liat yg pink banget itu yg cina punya. Namanya Mei Hua 梅花.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mei Hua itu plum blossom, yang masih saudara juga sama cherry blossom. Ada yang pink tapi yang putih juga ada.

      Hapus
  2. Emang kayaknya aku sering lihatnya sakura putih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak yang terkenal yang putih. Tapi yang pink juga banyak.

      Hapus