Gombalan Paling Ampuh Untuk Ibu-Ibu

dan perempuan pada umumnya...

Aku lupa mendengar atau membaca tips gombal ini dari mana. Tapi sampai sekarang masih selalu aku gunakan. Apalagi temanku banyak yang sudah ibu-ibu, baik yang mamah muda hingga ibu-ibu bercicit. Dengan gombalan ini, percakapan menjadi lebih lancar.

Nah, aku merasa gombalan ini selalu kena! Setidaknya reaksi paling buruk adalah 'biasa aja'. Setiap gombalan ini dilontarkan ke ibu-ibu, pasti raut mukanya langsung berbeda, langsung berefek senyum mengulum dan pipi tersipu. Geer. Serius.

Mau tahu nggak gombalan yang pastinya sebenarnya semua orang tahu?

Intinya, kalau ingin bikin ibu-ibu kenalan baru Anda senang, di awal-awal percakapan ungkapkanlah bahwa beliau awet mudah atau terlihat muda dibandingkan umurnya!

Ah serius udah segitu umurnya?
Eh, tapi mbak kayak masih 20-an lho!
Lho, kirain kita seumur?
Anaknya udah empat? Kayak masih kuliah lho...
Eh? Udah punya tiga cucu? Kirain masih SMA lho... (Yang ini lebay banget sih maaf).

Yang semacam itulah.

Meskipun gombal bisa berarti bohong, tapi kalau aku memuji dengan gombalan ini biasanya aku jujur. Tapi seringnya agak lebay juga sih akunya.

Misalnya pernah nih, nimbrung ke ibu-ibu blogger yang sedang mengobrol. Ada salah satu ibu blogger yang bercerita tentang anaknya, eh tahunya sudah besar. Lalu aku nanya berapa umurnya si ibu itu, ternyata sudah 35 tahun. Kalau dari wajah, kalau dia bilang masih 28 tahun pun orang nggak akan mengira dia muka boros.

Lalu kubilang saja, "Eh yang bener Mbak? Tapi kelihatan kayak 21 lhooo..."

Oke ini lebay dikit.

Eh, seneng lhooo orangnyaaa. Ah masa sihhh Naaaa... *muka doski salting* Kirain yaudah berakhir begitu saja.

Eh pas ibu ini ulang tahun yang ke 36, dia mensyen aku di statusnya. Aku sudah tidak ingat sih, tapi kalau tidak salah, dia intinya bilang kalau meski sudah berumur segitu dia tetap 'muda' bahkan dikira aku masih umur 21.

*tepok jidat*

Sengefek itukah gombalan ini? Duh semoga orangnya nggak baca. Tapi seriusan, memang tampak lebih muda. Tapi nggak 21 juga sih *evil smirk*

Tiga minggu lalu, aku datang ke acara tunangan sepupu. Di sana aku bertemu dengan kerabat-kerabat yang sepertinya terakhir ketemu ya pas aku SD. Ada satu adik sepupu bapakku tapi bapakku lebih muda. Karena aku tidak tahu detil mengenai adik sepupu bapakku -yang kupanggil tante- ini ya aku ngobrol-ngobrol dong. Ternyata umurnya 56 tahun tapi memang baby face. Bapakku yang jauh lebih muda lima tahun tampak lebih tua.

"Wooo jaraknya umurnya lumayan juga ya Tante dari bapak? Tapi kok mukanya tuaan bapak ya? Tante kayak masih 40-an gitu..."

Wuooohhh... langsung tersipu-sipu malu, senyum-senyum. Gitu deeehhh...

Intinya gombalan ini memang manjur membuat ibu-ibu senang.

Tapi bagaimana kalau kebalikannya? Iya, maksudnya kalau aku yang dikatain muda.

Hm. Karena aku masih muda, jarang yang komentar aku terlihat muda. Karena banyaknya yang komentar aku terlihat tua! Hahaha...

Tapi banyak juga sih yang bilang lebih muda dari umurnya. Nggak tahu ini ngegombal tipu doang apa gimana. Waktu aku kuliah ada yang ngira aku masih SMP. Ibuke matanya kudu diperiksain ke dokter. Fix. Dan kasus-kasus yang lain lah.

Yang baru-baru ini terjadi adalah...

Belum lama ini aku pergi ke Koreatown, di daerah Shin-Okubo, Shinjuku, Tokyo. Aku mengantar dua tamuku, remaja SMA berumur 17 dan 15 tahun. Mereka suka hal yang berhubungan dengan Korea.

Berasa di Korea... padahal di Jepang. Intermezzo: Signboard di depan warung makan masakan Cina ala Korea. Piye ya rasanya? Dan di Jepang.
Kami mampir ke salah satu toko yang menjual produk Korea yang sepertinya salah satu yang terbesar di sana. Saat lihat-lihat lipstik, ada staf toko, ibu-ibu, yang menghampiri dan menjelaskan kalau lipstik yang sedang aku lihat sangat bagus sambil mendemokan cara pemakaiannya.

Kemudian si staf ini mengajak ngobrol dan bertanya dari mana asalku. Ibu staf ini ternyata orang Korea yang sudah belasan tahun tinggal di Jepang. Tipikal orang Korea, di awal kenalan sudah bertanya umur. Pas aku menyebutkan umurku, dia kaget, karena dia kira aku masih 17 tahun!

*yang bener aje ahjumma (kr. bibi)*
*ngajak becanda ajeee*

Katanya, aku dan dua tamu yang kuantar terlihat seperti seumur.

*pengen nabok pundak ahjumma-nya*
*ah macaciiihhh*

Trus ibu stafnya pasang tampang-tampang minta ditanya. Ibunya ini sudah terlihat tua tapi kulit mukanya bagus banget, kencang. Aku taksir kira-kira umurnya sekitar 50-an awal. Dia berujar bahwa umurnya 60 tahun.

Heh nyang bener? Sumpah nggak kayak 60 tahun!

Entah. Akhirnya setelah itu dia bilang umurnya tepatnya 58 tahun. Seneng banget nuain umur biar memang dikira terlihat lebih muda banget nih ahjumma --"

Tapi tetap saja sih terlihat lebih muda.

"Eh? Kirain 47-48 tahun lhooo..."

*yak gombal lagi*
*lebay dikit lah*

Ahjumma pun terlihat senang. Akhirnya aku jadi ngobrol lumayan panjang sampai aku cerita kalau bisa baca hangeul - huruf Korea (pamerrrr bisa baca). Trus dia ngetes aku baca salah satu tag harga produk di rak yang ada tulisan hangeulnya. Nama lipstik gitu lah.

Setelah kejadian sama ahjumma ini, somehow kalau dibilang terlihat muda, nggak terlalu bikin aku senang. Mungkin karena belum tua-tua amat.

Aku lebih nggak kuat sama pesan-pesan dan komen orang yang bilang kalau dari dulu senang bacain blogku, atau udah lama ngikutin blogku. Yang padahal blog ini cuma cerita-cerita nggak jelas. Tapi seneng rasanya... Hehehehehe... *nangis* *sroooott*

Instagram: @u__n__a__
Twitter: @u__n__a__
E-mail: me@sittirasuna.com
LINE@:  line.me/ti/p/~@jqr0626c 

54 comments:

  1. Dulu sih pernah bingung kenapa ibu2 koq suka banget kalo dibilang lebih muda dari umurnya. Tp sekarang kayanya udah makin ngerti. Soalnya akhir2 ini entah kenapa kalo pas lagi naek Ub*r. Kadang ditanyain "tinggal sama suami ya?" "Anaknya udah brapa Bu?". *tepok jidat* Padahal married aja blom. Mungkin pas wanita umurnya mulai lewat 25 muka jadi lebih cepet tua ya. *tepok2 kolagen yg banyak ke muka* XD

    Walaupun bukan reader lama tp aku suka baca blognyaaa...Ceritanya jelas koq dan entertaining! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *bagi dong kolagennya*

      "Anaknya udah berapa bu?" <- sumpah ini pertanyaannya. Alhamdulillah yang ini aku belum. Cuma pernah ke tempat les, trus mau pulang, dikiranya nganterin abis anak sama tukang ojek --"

      Jangan gombalin aku dong plz hahaha!

      Delete
  2. Emang palik enak tau unsss klo dibilang awet mudaaa
    Aku sih.. Jarang dibilang gitu.. Seringnya dibilang borooooss
    *nangisbombay* *garuk2tanah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...
      Ira terlihat muda kook.
      Terlihat lebih muda kalau dibanding Titiek Puspa!

      Delete
  3. kamu mah kayak remaja 18 tahunan tau mbak.

    Salam kenal dari akuh ya mbak.

    Astari Cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacih. Kamu juga kayak anak SD ya... =))

      Delete
  4. Mungkin beda kalo yg ngegombal gue, trus di hadapan ibu2 lagi ... pake modus,"emang gak kespian, suaminya jarang pulang? Bhahaha

    ReplyDelete
  5. Aku suka ketawa sendiri kalau pas di mana gitu dibilang kuliah dimana dek. Atau ada anak anak kuliahan yang kayak rada rada godain gitu pas jalan sendiri. Iiihhhh masih kecil juga godain rmak emak! Tapi seneng seh. Berarti masih laku dianak muda. Huahahahahahaha.


    Eh tapi aku termasuk yang udah lama bacain blog una loh 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Niee memang kayak maba (mahasiswa baru) gitu sih perawakannya. *yak mulai* *bagi 100 ribu*

      Ya kan kita komen komenan blog udah lama :P

      Delete
  6. hihi, ibu-biu emang sukanya dipuji kayak ibu yg nulis komen ini

    ReplyDelete
  7. Unaaa, aku seneng deh baca blogmu :p

    ReplyDelete
  8. Unaaa, jadi selama ini kamu nggombalin aku yooo...
    Blogmu kece lah Naaaa, sukak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kamu memang terlihat lebih muda Mbak...
      Setahun lah dari umurmu aslinya hahaha.
      Hm, ngapusi.

      Delete
  9. Unaaa.. coba donk tebak aku umur berapa ? :D

    ReplyDelete
  10. Wah ibu ibu juga pinter pada ngegombal ya hehhehee

    ReplyDelete
  11. Gombal-menggobal memang asyik sepanjang masa
    yang perlu dijaga adalah jangan sampai masuk ke ranah ghibah yang terlarang.
    Salam sayang dari Jombang

    ReplyDelete
  12. Di bilang keliatan muda sama dibilang langsingan itu efeknya emang warbiyasak buat ibu-ibu.
    "Ah, masa sih udah punya anak dua. Masih langsing loh, kirain masih kuliah" itu efeknya double-combo-counter-attack tepat menghujam titik lemah para ibu-ibu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bahan belajar untukku nih Mbak.
      Terima kasih pelajarannya hahaha! Biar ampuhnya dobel!

      Delete
  13. Emang ibu2 suka kalau dibilang lebih muda atau dibilang waaah badannya masih langsing kayak masih gadis.
    Mbak Una, tebak umurku piro? :)
    Ngarep digombalin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mbak Tatit mah kayaknya sepantaran Chelsea Islan ya?
      Wakakakakak

      Delete
  14. Iyes, itu sebabnya kalo dipuji orang gak usah terlalu diambil hati ya Na, cukup bilang makasih aja udah cukup, tapi jangan kegeeran karena kebanyakan orang ngasih pujian lebih dari kenyataan yang ada karena gombal atau cuma pengen nyenengin kita aja atau karena ada maunya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted, Mbak. HAHAHA! Ngga geer-geer lagi dah, wkwkwk

      Delete
  15. kalo udah manggul ransel, pake celana jeans + sneakers sih pasti ditanyainnya "kuliah di mana mbak?" gitulah Na bhuahahaha *mulai delusional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pake baju SMA juga masih cocok kok Mbak *siulsiul*

      Delete
  16. aku malah gak suka kalo di muda"in...hahaha
    dipanggil mamang gojek "neng" aja aku merenggut. hahaha...ngaku kalo dah ibu ibu anak 1 :D
    mbak/kaka gitu aaah...jangan neng :p jadi neng neng nong neng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipanggil neng emang rada gimana gituuuu sihhh...

      Delete
  17. hmmm..dulu saya sering digombalin gini. Ada enaknya ada juga gak enaknya. Sekarang cuma digombalin suami aja. Kalau yang ini gak usah ditolak. Dia lebay, biarin aja.

    ReplyDelete
  18. Hahhaa...boleh bolehh dipake pendekatan ke calon mertua

    ReplyDelete
  19. Emang gitu kodrat mamak mamak una.. termasuk aku juga hihihii
    #itung2 nyenengin orang wahahaaa
    Aku juga suka gombalin ibu2 gitu sih, biar nda dikira naqkurangazar wakawaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin orang senang dapet pahala kan yaaa...
      Berarti kita bukan naqkurangazar ye kaaan.

      Delete
  20. Aku juga sueneng lho Un kalo orang nebak usiaku lebih muda dari sebenernya. Saya. Sayang kok jarang ya. Hahahah

    ReplyDelete
  21. Nah lhooooo...
    Suka ada yang bilang aku terlihat muda gitu Naaaa, dan karena aku mah anaknya polos & naif jadi aku mah percaya aja gituuh muahahahaha...

    Dasar gombal kalian semuaaah!
    *banting termos*
    *ini kenapa jadi ngomel di lapak orang hahahaha...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lhooo Mbak...
      Kalau ada yang bilang gitu... jangan percaya mentah-mentah deh, hahaha!

      Delete
  22. Hehe biasa deh ibu2 ya seneng kalau dibilang terlihat lebih muda he he

    ReplyDelete
  23. Jadi parno nih kalau dibilang awet muda. hehe.
    Salam kenal mb Una.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan parno Mbaaa... cukup waspada aja, hahahaha.
      Salam kenal jugaaa :")

      Delete
  24. kadang aku ditanya, kuliah mbak?
    ahh senengnya dibilang masih mahasiswa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah tapi kan Mbak Marina emang masih muda :")

      Delete
  25. Kayaknya gombalan maut kamu bisa dipraktekkin kalo udah punya calon mertua Un. Doski bisa salah tingkah dan nerima apa adanya (kitaaaaa) untuk jadi menantu :D

    ReplyDelete
  26. huahahahaha...bener bangeet tuh una :)..asli it works yaaa

    ReplyDelete
  27. Cewek baik berumur ato nggak, tetep aja suka digombalin, ckckck

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!