Nyinyir-Menyinyir

nyinyir/nyi·nyir/ a mengulang-ulang perintah atau permintaan; nyenyeh; cerewet: nenekku kadang-kadang -- , bosan aku mendengarkannya;

Masa terus bergulir, semua hal berubah, berevolusi, berkonversi. Yang dulu pernah ada sekarang tiada, yang dulu tiada sekarang teramat sohor. Ngomong apaan sih gue.

Ya intinya semua berubah seiring waktu, warna rambutmu, penampilanmu, kondisi negaramu, tak terkecuali penggunaan kata-katamu, kata-kata kita. Mungkin dulu kata ‘ogut’ sering digunakan para anak gawl Jakarta, tapi sekarang tak pernah dengar lagi tuh. Seperti pula, lima tahun lalu sepertinya aku belum pernah mendengar orang bilang ‘baper’, yang sekarang, andai percakapan lisan ada daftar trending topic-nya, ‘baper’ dah tuh salah satunya.

Juga… kata ‘nyinyir’.

Mungkin 10 tahun lalu, aku sudah tahu ada kata nyinyir dalam perbendaharaan kata Bahasa Indonesia, tapi mendengarnya jarang-jarang. Tapi tidak untuk hari-hari ini. Rasanya kalau buka linimasa jejaring sosial, scroll scroll, biasanya nemu kata nyinyir. Kalau nguping orang ngomongin orang pun, suka mendengar terselip kata ‘nyinyir’ dalam kalimat.

Tadinya aku nggak mengerti betul apa arti kata 'nyinyir'. Tapi imej dalam otakku tuh kayak begini.


Gerak kan gif-nya? Mungkin beberapa kurang paham dengan wajahku... tapi yang aku maksud, nyinyir dalam bayanganku tuh, kalau ada orang ngapain kek, trus kita ngomongin sambil ngeremehin gitu, nyindir-nyindir, yah gitu deh ya.

Tapi ternyata setelah kubuka KBBI~ buka di webnya, ternyata 'nyinyir' itu mengulang-ulang perintah atau permintaan; nyenyeh; cerewet.

Tapi lagi, kalau mencerna percakapan orang-orang, nyinyir itu lebih mirip ke nyindir ya. Semacam nyindir sinis trus pakai hashtag #nomention gitu lah. Gitu kan nyinyir itu? Seiring waktu, makna pun juga bergeser, semacam lu ngga bisa ubah kata 'busway' jadi nama lajurnya doang, bukan nama busnya.

Kayak waktu Bella Sophie nikah sama suaminya...

"Ya ampun, mirip tukang siomay gitu!"

Kayak misal ada ibu-ibu kerja full time...

"Kasian banget anaknya... ditinggal mulu di rumah~"

Kok aku nyontohin nyinyirnya kurang oke ya contohnya =,= Tolong kasih ide dong.

Aku emang ngga ngerti apa-apa... tapi kalau melihat status orang-orang yang nyinyir, kepikiran... kok bisa ya orang kayak gitu, mana kadang-kadang pakai nada merendahkan, emang dia ngga berasa apa kalau yang dia nyinyirin lebih yahud daripada dia... Emang orang itu ngga punya kesibukan lain apa kok nyindir-nyindir orang lain? Suka-suka lah orang mau ngapain juga. Mbok biarin aja deh. Kadang-kadang juga nada nyinyirnya ada bau-bau agak sirik gitu. Sirik sama orang lain, makanya nyinyir-nyinyir deh di status.

Eh. Aku juga barusan nyinyirin orang yang suka nyinyir! Memang sifat suka komentar dan nyinyir kan manusiawi ya: nggak ada yang nyinyir nggak rame brayyy!

Lagian kan katanya belum hitsss kalau belum ada yang nyinyirin~ *nyinyirin aku dongs Kak* Eh kok ya nemu tweet-nya @PutriKPM mengutip ucapan Mas Cumilebay:

Ngomong-ngomong, selain nyinyir, ada juga yang jadi perhatianku. Yaitu humblebrag~ bahasnya kapan-kapan aja lah. Semoga aku berkurang nyinyir dan humblebragnya =)) BYE!

Beberapa hari ke depan, mau posting tentang tempat-tempat indah di Indonesia, ditunggu ya!

40 comments:

  1. Ciee Una stalkerin kartika putri.. Hihi

    Nyinyir ga ya?.? :p

    ReplyDelete
  2. beneran gue sampe nge-google suami bella shofie lhoh bwahahahaha, tukang siomayyyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset... jadi gimana menurut Anda? Hahaha...

      Delete
  3. Biarin org nyinyir yg penting kita jangan nyinyir ya 😀

    ReplyDelete
  4. dari dulu aku selalu ngebayangin kata nyinyir itu orang lagi ngomong dengan backsound kentut :D

    ReplyDelete
  5. Itu yg ngebahas ornag himblebrag berarti dia nyinyir. Dia syirik sama tuh orang. Lingkaran ya 😆

    Iiihhhh pasti mau cerita komodo. Bencik! 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini kan aku emang nyinyir wkwkwk...

      Bukan Komodo yiaaa...

      Delete
  6. Asyiiik, ditunggulah tempat tempat indah di Indonesia, yang ini bakalan jadi penghapus nyinyir menyinyir nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih asik bahas yang asik-asik aja ya Mbak... hihihi

      Delete
  7. Jaman sekarang kayaknya makin banyak aja nyinyir-nyinyiran ya Una, apalagi karena hampir semua orang pake sosmed, budaya nyinyir pun berkembang dengan subur :D

    ReplyDelete
  8. nyinyi sama anyir beda gak ya?

    ReplyDelete
  9. Jadi inget nyinyir menyinyir pas amarylis kemaren.. eh jadi malah hujatan ding :(

    btw mba Una, ikutan GA saya yuk hehe

    http://www.monilando.com/2015/11/giveaway-spread-good-story.html

    ReplyDelete
  10. kayanya nyinyir itu arti asalnya cuma cerewet doang, tanpa sinis. tapi sekarang jadi berubah maknanya, jadi kaya nyindir dan sinis.

    ReplyDelete
  11. Una itu lucu amet sih GIF-nya hehehehe.

    Orang nyinyir tuh pasti ada aja di dunia ini. Dicuekin aja kali yaaa hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi dicuekin ajaa... tapi kok ga ada yang nyinyirin aku yaaa~

      Delete
  12. Sungguh terpesona dengan GIF nya,,.


    #OMG

    ReplyDelete
  13. Dinyinyirin artinya diperhatiin atau diiriin orang ya Na, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada yang peduliin hahaha jadi harus bersyukur kalau ada yang nyinyir =))

      Delete
  14. wah belajar bahasa Indonesia pagi2. Nyinyir emang aa ya? hihihi

    ReplyDelete
  15. Mbak Anaz juga nyinyir, tiap hari up date setatus di fasebuk :D :P

    ReplyDelete
  16. Hhhhhmmmmm, ga capek tu mulutmu Na? hahahhahaha.
    Iki nyinyir ga sih?

    ReplyDelete
  17. iyaa yak ini kata nyinyir sama baper lagi trending topics Naa, aku mah jadi penonton aja :3

    ReplyDelete
  18. Sampai sekarang saya kok belum dapat ya maksud nyinyir tuh apa :D
    eh tapi itu gifnya hadeuuuhhh, una banget lah :D

    ReplyDelete
  19. Sama kayak 4 tahun silam ya, saat kata 'galau' ngehits. Banyak yang ngira itu slang, eh taunya di kbbi ada. Haha.

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!