Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syok Harga (Pembalut)

Syok harga yang gue maksud bukan terjemahan betulan dari price shock, yang kita tahu adalah harga yang ujug-ujug berubah karena ada kondisi tertentu. Syok harga yang gue maksud… maksudnya ya gue syok sama harga-harga!

Jadi gini… yah maklum, karena mental masih mental miskin, waktu tiba di Jepang lima bulan lalu, aku merasa semuanya mahal banget di sana. Kayak misalnya, paket burger L***otteria yang harganya di atas 100.000, ongkos buka pintu taksi sekitar 60.000, atau tiket masuk museum kecil aja 70.000. Semua mahal!

Secara keseluruhan memang harga barang-barang di Jepang jauh lebih mahal dari di Indonesia, tapi tentu saja ada yang lebih murah, seperti, barang toko 100 yen, cat rambut, dan Kitkat Green Tea *pastinya* Seorang teman bercerita, saat ia tinggal di Jepang selama dua bulan, ia bawa persediaan pembalut wanita dari Indonesia, soalnya mahal. Saat mendekati waktu mens, aku pun mencari pembalut di drugstore, ternyata ada juga tuh pembalut 240 yen (± 26000) sebungkus isi 14. Nggak mahal-mahal banget kan? Temanku lebay~~~ tapi memang yang lebih mahal juga banyak.

Setelah visa Jepangku habis, aku cabut ke Korea. Harga-harga di Korea Selatan secara garis besar lebih murah daripada di Jepang. Dari segi penginapan misalnya, sangat mudah menemukan dorm bed kisaran 10.000 won (± 120.000), layanan laundry di hostel sangat murah, mulai gratis sampai 2.000 won (± 24.000), ongkos naik subway pun setengahnya Jepang. Makanan, tiket masuk museum, kosmetik apalagi, lebih murah di Korea deh. Yang mahal tuh… pembalut!

Buat siap-siap kalau mens, aku cari-cari pembalut dong di convenience store. Selain memang aku rada sensitif terhadap harga, tapi ini emang syok beneran. Ngajak becanda wey harganya. Kala itu yang kulihat, sebungkus pembalut isi 4 harganya 20.000. Serius sebijik goceng? Aku awalnya berasumsi, yah kan di convenience store 24 jam, jadi mungkin harganya mahalan yey.

Kemudian mampirlah aku ke L**otte Mart di area Seoul Station, langsung cuss arah rak pembalut. Syok juga aku, pilihan pembalutnya banyak banget! Trus mana nggak ada huruf latin pula… tahu mukaku bingung, ada mbak-mbak SPG nyamperin aku. Tapi aku bilang nggak bisa Bahasa Korea, jadinya mbaknya ngomong sama aku pakai Bahasa Inggris. Ia kemudian bertanya padaku butuhnya yang panjangnya seberapa.

Nggak moto rak pembalutnya. Cuma moto rak snek... ada deka lah demi apeuuu!
TAKA~!” suaraku sedikit meninggi lihat harga pembalut di rak-raknya. Memang lidahku agak songong, mau bilang mahal aja keceplos Bahasa Jepang.

Hai, takai yo ne,” Mbaknya menimpali, iya mahal, gitu katanya.

E? Nihongo hanaseru?” Aku bertanya apakah Mbaknya bisa Bahasa Jepang. Ternyata jago banget. Bisanya aku cuma butiran marimas wkwkwk, akhirnya malah ngobrol pakai Bahasa Jepang.

“Aku syok Mbak, lihat pembalut di Korea mahal amat buset. Sama di Jepang aja jauh banget mahalnya,” curhatku sama Mbak SPG.

“Iya, memang pembalut Korea mahal sekali. Bahkan untuk orang kita juga mahal. Cuma, pembalut Korea terkenal sekali lho di dunia. Karena memang kualitasnya bagus. Banyak kok, orang Malaysia pun banyak juga yang suka sama produk pembalut Korea.”

Ho oh po?


Akhirnya aku membeli pembalut merek 화이트 Hwa-i-the (White) isi 18 seharga 5.900 won (± 70.000). Want to cry~ Tapi emang enak sih dipakai, dan saat itu aku mens banyak banget ngga bocor sekalipun.

Aku pulang ke Jakarta, awal November, dan nggak lama, jadwal belanja bulanan ke C***arrefour. Cari pembalut dong ya... lagi-lagi syok! Ada pembalut untuk malam hari dengan panjang 28,5 cm, pakai sayap, isi 10, harganya 4.400. Demi apahhh... cuma 40 yen! Yang kalau di Jepang kalau punya 40 yen, beli minum aja kudu ngutang tuh. Songong banget gue... mahal syok, murah syok. Nyebelin ih. Gue.

Cinta banget deh Indonesia XD Bingung endingnya nulis apa.

tentu berharap harga bisa lebih murah,
tapi lebih berharap lagi semoga kelak budgetku tidak ada constraint dan kalau beli-beli udah nggak perlu lihat price tag! Hahaha!

48 komentar untuk "Syok Harga (Pembalut)"

  1. enakan di indo apa2 murah ya :)

    BalasHapus
  2. hahaha...mihil banget ya tapi kualitas okelah. tapi setidaknya kamu dah pernah nyobain pake pembalut mahal na xixixixi..
    mau sponge coklatttttt >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali-kali pake yang mahal hahaha... enak yah Mbak sponge cokelat :)

      Hapus
  3. waaah dh lama g main dmari dh smpe korea aj unaa...hihii lo gt kl k korea siapin pembalut dr indo yah, ben ngiritt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... semoga nanti udah tajir jadi ga perlu irit irit :P

      Hapus
  4. Hahah...
    Memang pembalut yang mahal itu karena bahannya juga beda dengan yang murah ya. Yang murah di Indonesia ini kebanyakan pakai bahan daur ulang dengan bahan kimiawai banyak di dalamnya. Pernah aku ditunjukkan sama temanku yang jual pembalut merek tertentu dan membandingkannya ketika kedua pembalut itu dibuka, dicelupkan ke air, lalu hasilnya seperti apa. Jadi seringnya yang mahal itu memang enak dan nyaman dipakai. Itu yang utama kalau buat aku, karena kewanitaan ini rentan dengan bahan-bahan kimiawi yang rutin dipakai dan bisa masuk dari situ.
    Duh semoga saja yang kita pakai selama ini di Indonesia tidak ada efek negatif ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaa! Kok jadi serem sihhh :( Semoga ngga masalah dengan pembalut murah itu. Tapi emang ada barang ada rupa ya, yang mahal juga emang lebih nyaman :D

      Hapus
    2. oh oh I'm so glad bagian kewanitaanku nggak begitu sensitif terhadap bahan-bahan di pembalut. Jadi penasaran kepingin beli pembalut Korea. Apakah ada yang jual di Indonesia?

      Hapus
    3. Kurang tahu Mbak. Mungkin di OL shop ada...

      Hapus
  5. Pengen ngerasain pembalut korea yg mahal itu 😆

    BalasHapus
  6. kirim sbungkus coba na.....mau dibandinginn sama pembalut nifas gue kmrn...wkwkwkwkw...kangen deh ih......

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Ho oh emang segitu yang merek 'bagus'... tapi yang murah juga banyak :v

      Hapus
  8. i love indonesia pokoknya ya mbak. Kalau lagi di luar negeri tiap belanja memang mending gak usah konversi ke rupiah ya. bikin pusing :))

    BalasHapus
  9. Itu pembalutnya mahal jangan-jangan memang bisa bikin terbang mbak ._. sayapnya dari burung camar :')

    BalasHapus
  10. wah, mahalnyooo :D
    beli 2 sama dengan sewa domain .com setahun tuh, hehe #ngaco

    BalasHapus
  11. Bekal handuk aja un... haha
    Aku shock pas baca ongkos buka pintu taksi 60 ribuan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang reusable ya, hahaha... Iya emang mahal banget parah taksi Jepang...

      Hapus
  12. gue donk Naaaa, beli-beli dah ga liat hargaaaa *dilempar pembalut bekas*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhh sirikkk!!! *lempar pembalut mens hari kedua*

      Hapus
  13. hehehhee..... kalo orang korea lihat harga pembalut indonesia, gimana ya?
    jadi girang atau malah takut? kenapa kok bisa murah banget, jangan jangan dari bahan yang gak sehat, gitu pikir mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha yang jelas lihat harga-harga keseluruhan aja seneng, kata guruku, di sini murah banget, mau makan Korea aja jadi murah banget di Indonesia

      Hapus
  14. pantesan nonton dorama adegannya kalo nggak jalan, nge-pit, ya lari2. ternyata karena ongkos buka pintu taksi aja mihil.. *nggaknyambung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik taksi kalau abis minum-minum malem aja yaaa hahaha

      Hapus
  15. Btw, sisa pembalutnya dari korea di baw apulang gak ya buat souvenir... kan mahal.. Hiks.. 70.000.. bisa beli sekerdus disini mah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sisa satu... bisa beliin buat serumah hahaha

      Hapus
  16. hahaha ngakak bacanya, semahal itukah pembalut di korea??

    BalasHapus
  17. hahaha mahal mahal juga ya mbak di Korea... tapi mungkin memang beda kualitas xD

    BalasHapus
  18. aduuuh harus siap2 banyak uang ya mbak kalau mau ke Korea wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kayaknya mau ngapain aja harus siap duit =))

      Hapus
  19. Bahahahaha... Numpang ketawa ya Un :D

    BalasHapus
  20. Semakin cinta ama Indonesia kan Na? Tulisan in hhhhhmmmm...

    BalasHapus
  21. bawa pembalut yang bisa dipakai lagi aja :-D

    BalasHapus
  22. Kalau kata kakak ipar, enaknya pake yang korea ga bau darah malah bau herbal bahkan sampai tembus ke celana baunya (?) trus ngebersihannya lebih gampang. Tapi ya itu mahalnya (yang penting alami ya).

    Daripada Indonesia yang sempet marak kasus pemutih yang berlebihan. Ih kalau sampe kena kanker serviks gara2 tu pembalut gitu gimana ya? (amit-amit...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeee oyaaa... ga perhatiin baunya euy, wkwk.

      Ihhh innalillahi sereeemmm

      Hapus
  23. Ga nyangka perkara pembalut aja bisa jadi bahan postingan blog ya. Haha.

    BalasHapus