Yuk, Tengok Bandara di Dalat, Vietnam!

Bikin judul postingannya nggak gue banget, tapi biarin deh, hehehe.

Tiba-tiba, aku pengen jalan-jalan ke Vietnam lagi, soalnya waktu itu kayak bentar banget, nggak berasa. Well padahal sembilan hari lho aku di sana.

Niat awalnya, aku sama temanku Bellita mau menyusuri Vietnam dari selatan sampai utara menggunakan jalan darat. Pengennya setelah dari Kamboja, kita ke Ho Chi Minh City (HCMC) lalu menggunakan bus, menclok-menclok di beberapa kota, lalu sampai di tujuan akhir di Hanoi.

Dari HCMC, kita naik bus Sinh Tourist menuju kota Dalat. Kalau kamu suka sejarah, Dalat sering disebut-sebut pas bab menjelang kemerdekaan Indonesia. Waktu itu, Soekarno, Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat, ketua BPUPKI, terbang ke Dalat untuk bertemu Marsekal Terauchi dari Jepang.

Kota Dalat punya julukan yaitu Paris of Vietnam. Aku masih nggak ngerti mana miripnya sama Paris kecuali Dalat punya menara telekomunikasi yang seperti replika Menara Eiffel. Dalat ini sejuk, kalau malam-malam dingin banget, karena letaknya di pegunungan. Cantik juga, apalagi kalau pas bunga-bunga lagi mekar.

Untuk menuju Dalat, ada sekitar 300 km jalan yang harus disusuri. Tebak berapa jam bus kita butuh waktu sampai ke Dalat?

10 jam!!!

Macet? Nggak! Tapi supir busnya nyetirnya pelaaaan banget.

Karena itu, kita mikir lagi. Jarak Dalat ke Hanoi sekitar 1600 kilometer, kalau naik bis? 50 jam doang buat di jalan, belum tiap kota kita mau jalan-jalan dan menginap. Abis lah waktu kita di bus. Salah hitung nih, kurang lama di Vietnamnya.

Akhirnya kami beli tiket pesawat Vietnam Airlines dari Dalat ke Hanoi. Dan kota-kota lain, Hue, Da Nang, Nha Trang, kapan-kapan saja lah ke Vietnam lagi.

Bandara yang serve untuk Kota Dalat adalah Lien Khuong Airport yang terletak di Duc Trong, sekitar 30 km selatan Dalat. Bandara Soekarno Hatta Cengkareng dari pusat Jakarta juga segitu, tapi rasanya lebih jauh Kota Dalat-Lien Khuong, karena jalannya di bukit, berliku-liku.

Bandara Lien Khuong berarsitektur modern futuristik ,macam-macam terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta gitu. Terlihat sekali masih baru, dan memang baru diresmikan akhir tahun lalu.

Kesan pertama saat masuk bandara Lien Khuong adalah…

Krik krik krik.

Bandaranya berasa kayak nggak ada kehidupan.

Horeee, udah mau sampeee!

Krik krik krik banget kan?

Ada satu dua toko tapi tetap saja sepi sekali. Bandara Lien Khuong sudah didesain untuk kedatangan internasional, namun di terminal internasional tidak ada aktivitas yang terjadi. Setelah aku cari, ternyata Bandara Dalat hanya melayani rute ke Ho Chi Minh City, Danang, dan Hanoi saja.

Setelah masuk ke passenger area terminal, wah kecil sekali. Aku yang merasa Bandara Adisucipto saja sudah kecil sekali, ini bandara lebih kecil lagi. Antar gate hanya terpisah tembok saja, karena gate-nya berbentuk ruangan-ruangan. Trus di dalamnya cuma ada toko makanan dan suvenir. Nggak bisa buat jalan wira-wiri lah.



Tas gueee...

Xin chao!

Boarding pass Vietnam Airlines.



Meskipun aku belinya tiket Vietnam Airlines, tapi ternyata pesawatnya yang dipakai Cambodia Angkor Air. Loh? Setelah aku cari, Cambodia Angkor Air merupakan maskapai penerbangan nasional Kamboja, namun 49% sahamnya dimiliki oleh Vietnam Airlines. Pantesan...

Nggak tahu ini daging apa, bismillah aja deh...
Sekitar dua jam, sampailah kita di Noi Bai International Airport, Hanoi...

Ah, pengen ke sana lagi...

18 comments:

  1. Unaaa.. lama gak kesini hehe..
    bandaranya kecil tapi keliatan rapi dan bersih ya... kalo dalat kamu bilang lebih kecil dari adi sucipto, apa kabar bandara di sampit, wkwkk

    ReplyDelete
  2. Wah napa fokus saya pada Baliho bergambar pramugrari Vietjet Air com yang seksi dan manis itu ya. Pahadal eh padahal gambar atau foto foto lainnnya tidak kalah menariknya. Napa ya|

    *Dasar lelaki dot kom

    ReplyDelete
  3. jadi kapan rencana kesana lagi? *krikk

    ReplyDelete
  4. cihuyyyy...asiknya ke vietnam..mau juga mbak aku kesana..liburan jalan2 bareng suami....hehehe

    ReplyDelete
  5. Mau dong masuk ke dalam tasnya, kak :'

    ReplyDelete
  6. sepi dan lengang yaa berasa pengen bergulung2 di atas aspalnya akuuh hihihi

    ReplyDelete
  7. Bandaranya sepi sekali, harusnya ngajak aku biar rame :)

    ReplyDelete
  8. Hooo. Jadi tahu kalo jalan ke sana kudu gimana Na. Makasih ya! Btw kenapa judulnya gak dirimu banget? Ihik.

    ReplyDelete
  9. bandaranya kecil ya na,sepi bangettt hahaha...

    ReplyDelete
  10. bandaranya biarpun kecil tapi ...fasilitasnya serius ya

    ReplyDelete
  11. lha iki kunjunganmu ke vietnam yg ke berapa kalinya Na?

    ReplyDelete
  12. Namanya Bellita, yaas. Gaanteng pasti anaknya. . .

    ReplyDelete
  13. Tapi meskipun kecil, tapi bandaranya bersih ya Un.. ;))

    ReplyDelete
  14. Lebih tepatnya lagi, pesawat yang dipakai Airbus A321 tuh Na, hahahaha :P .

    Bandaranya kecil dan sepi banget ya. Dan lucu juga ya ada area internasionalnya tapi nggak ada penerbangan internasional, hehe :)

    ReplyDelete
  15. ake seneng juga ke Viet Nam...seruuu hehehe...tapi belum sampai Dalat..baru muter-muter Hanoi ajaa ampe puas hehehe

    ReplyDelete
  16. Bandaranya mirip sama Kuala Namu.. :D Ah iya bismillah aja Na, yang penting kan enak.. Hahah :D

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!