3 Tips Sehat Sampai Tua Dari Bunda Yati Rachmat

Salah satu hobiku adalah mengobrol dengan orang tua. Makanya, aku senang banget tuh ngewawancarai anggota keluargaku yang sudah sepuh-sepuh. Apalagi kalau soal topik cinta-cintaan. Suka penasaran gitu, siapa cinta pertamanya simbah-simbahku. Trus aku tuh seneng denger orang tua cerita gitu, dulunya gimana, atau cerita kejadian menarik apa, seru lah. Kalau denger cerita temen galau aku nggak seneng-seneng amat.

Dosen pun aku senang kalau dapat dosen tua. Meski sebagian kalau menjelaskan teori, cenderung membosankan, mereka suka cerita-cerita pengalaman hidup mereka dan menurutku asik banget. Aku seneng belajar dari orang-orang tua. 

Makanya, waktu acara mini seminar Hypnotic Writing Viral bersama Reza Gardino, Fun Blogging, dan Excite Indonesia, saat aku lihat ada Bunda Yati Rachmat, aku langsung terpikir… ah tanya-tanya ah!

Bunda Yati Rachmat. Kuambil tanpa izin.
Tanya-tanyanya juga bukan sekadar basa-basi. Aku benar-benar penasaran, bagaimana peraih Srikandi Blogger Lifetime Achievement Award 2013 ini masih sehat, ceria, dan masih berjalan dengan baik, saat umurnya kini yang tiga bulan lagi menginjak 76 tahun ini. Aku pengeeen punya umur panjang dan kalau sudah tua pun masih bisa jalan dan tetap sehat. Aku pun bertanya tips dan trik dari Bunda Yati, apa yang membuat beliau masih segar bugar di umurnya kepala tujuh ini. Ada beberapa hal yang disebutkan oleh Bunda Yati, tapi highlight-nya tiga ini.

1. Selalu Ingat Kebaikan Orang

Bunda Yati punya prinsip bahwa kalau ada orang jahat sama kita, maka yang harus kita ingat adalah kebaikan orang tersebut. Seburuk-buruknya manusia pasti ada meski setitik kebaikannya, itu lah yang harus kita ingat. Hal ini selalu ditanamkan Bunda Yati kepada anak-anaknya. Aku juga akan ingat tips bunda satu ini.

2. Mengkonsumsi Kombucha Tea

Bunda Yati menuturkan bahwa mungkin alasan beliau masih sehat sampai sekarang adalah karena rajin mengkonsumsi Kombucha Tea. Beliau mengkonsumsi Kombucha Tea sejak hamil anak kedua. Aku yang cuma tahu teh hitam, teh hijau, sama teh tarik ini bingung dengan teh macam apa itu Kombucha.

Bahkan pas nanya dengernya Kamboja Tea, hahaha jadi kirain teh dari bunga kamboja. Ternyata Kombucha tohhh tulisannya. Beliau menjelaskan kalau bentuknya seperti agar-agar dan baunya wangi. Bisa tumbuh juga, seperti ragi. Setelah aku cari, Kombucha Tea merupakan fermentasi teh yang ‘diolah’ oleh bakteri dan ragi. Kombucha Tea ini terkenal sebagai teh dengan 1001 manfaat, terkenal pula dengan julukan Tea of Immortality.

3. Berjiwa Besar

"Jadi orang itu juga harus berjiwa besar..." begitu jelas Bunda Yati. Ini mungkin terkait dengan yang nomor 1 kali ya, kalau ada orang jahat sama kita, ya harus kita maafkan. Berjiwa besar juga berarti menerima kekalahan dengan lapang. Karena dengan begitu hati kita lebih plong, di hati tidak ada dendam, energi negatif pun keluar dari tubuh. Untuk ini... aku harus belajar lagi, wong kalau kalah lomba aja (kalau hadiahnya pengen banget), kecewanya bisa lama, hahaha...

Yahhh begitulah 3 tips sehat sampai tua dari Bunda Yati Rachmat. Sebenarnya mungkin nggak hanya tiga di atas, tapi bisa jadi aku miss, well maybe aku harus tulis note kalau tanya-tanya lagi. Aku yakin sudah banyak yang mengenal blogger satu ini, kalau belum, silakan mampir ke blognya di www.bundayati.com.

49 comments:

  1. Subhnallah keren banget Bu Yati...
    Un makasih tipsnya. aku juga baru tahu kombucha tea haha, taunya matcha ama teh tarik doang :v

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah minum kambuca tea tuh, padahal pengin dan sering liat

    ReplyDelete
  3. sy blm pernah liat apalg minum teh kambocha itu,, gimana ya modelnys teh kambocha itu... penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi digugel Mbak, bentuknya gitu deh. :')

      Delete
  4. Bunda Yati memang hebat banget. Salut sekali dengan beliau.

    ReplyDelete
  5. Waktu sempat vegetarian dulu, aku di kasih tau temanku sama Kombucha Tea. Teh ini cukup populer dikalangan vegetarian. Belakangan pecinta makanan sehat juga mulai melirik minuman yang satu ini. Aku sering lihat postingan teman-teman di instagram sedang meminum Kombucha tea ini. Cuma yah belum pernah nyobain juga.. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih coba dong Mas, nanti ceritain gimana...

      Delete
  6. Ideal nya memang gitu,. Kalau ada orang jahat sama kita, sebaiknya kita maafkan. Tapi rasanya kalau itu diterapkan tidak pada proporsinya rasanya kurang tepat juga. Memaafkan di sini dalam persepsi saya tidak begitu saja memaafkan orang atau pihak yang sudah jelas menjahati kita,. Kejahatan harus dilawan, Ketidak adilan harus dilawan. Mangap eh maaf kalau pendapat saya berbeda. Berbeda pendapat boleh donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lawannya ngga dengan kejahatan juga kaaaan.

      Delete
  7. Bu yati tetap energic dan segar yaah meski sudah tua

    ReplyDelete
  8. Semoga Una jg panjang umur dan sehat2 ya una...amiinn...

    ReplyDelete
  9. Yang nomor 3 itu paling penting, tapi paling berat ya Un :(
    Trims tipsnya Una :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang-kadang ngikhlasin itu susah wkwkwk

      Delete
  10. langsung googling kombucha tea... dan pengen juga rutin konsumsi ini ben sehat terus.. ;))

    ReplyDelete
  11. aih pantesan, ya, tetap keren meski udah berumur. lah saya masih 17 tahun gini kelihatan udah seabad hahha *lebay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka boleh tuh tips tua sejak muda gimana :P

      Delete
  12. Bunda Yati memang hebat ya, sudah sepuh tapi masih selalu aktif dan sehat terus. Saya juga pengen bisa seperti itu. Semoga ...

    ReplyDelete
  13. inbox bunda yati ah minta tester Kombucha Tea :-D hehehe gak tau malu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha mau juga dong :P
      *sama ga tau malunya*

      Delete
  14. Tips 1 & 2 DONE! Yang tips 3 perlu minta ke siapa ya Un??? *pedenya

    ReplyDelete
  15. eh beneran ya minum Kombucha Tea? aku baru tahu juga ini, dikasih sama teman di kantor. Katanya sih bikinnya mudah :D

    ReplyDelete
  16. Wow! Tipsnya bener-bener ajib... Jadi ikut penasaran ama si kombucha tea.

    ReplyDelete
  17. Wah, baru tahu soal kombucha tea.
    Hhhmm gimana, ya, rasanya?

    ReplyDelete
  18. Una, memang sejak lahir anak kedua tuh rajinnya. Makanya jarak kedua dan ketiga 7 tahun, haha...apa karena Kambucha Tea, ya. Setelah pindah dari Jakut ke TangSel tahun 1987, dah gak minum lagi tuh. Stok yang ada gak keurus, ngamuk si doi (Kambucha) karena gak disayang, jadilah dia busuk dan gak layak simpan lagi. Sekarang jadi pengen tuh cari KT. Btw, kenalin sama Fahmi (catperku.com) boleh minta bibit KT. Bukan mudah bikinnya, tapi sebaliknya, harus rajin merawatnya, wkwkwkkk...

    ReplyDelete
  19. Aku pengen inget yg pertama Un biar gada dendam sama kejahatan org lain terhadap kita..hihi.

    Bunda Yati emg teope bangeeet

    ReplyDelete
  20. mudah ya resepnya :) orang yang baik pasti bisa melakukan hal itu

    ReplyDelete
  21. na,tanyain bund yati dong,beli teh kobucha dimana??aku baru dengerrr hehehe

    ReplyDelete
  22. terima kasih infonya yg sangat berguna ini, semoga kita bisa awet muda..

    saya juga mulai mengkonsumsi air jeruk lemon di pagi hari utk kelancaran sistem pencernaan dan utk mencegah kolesterol..

    ReplyDelete
  23. kagum sama bunda Yati...iya beli tehnya dimana ya mau juga minum teh kayak bunda

    ReplyDelete
  24. mantaaap tipsnya...aku pikir termasuk sering2 main ke pantai Una, seperti di foto hehehe...Bunda Yati memang top deeh :)

    ReplyDelete
  25. baru denger kambucha tea lho, pengen deh biar awet kayak bunda yati :*

    ReplyDelete
  26. mbak, ikutan fun blogging angkatan brp? aku ke 4, klo sama. nyesel aku belum kenalan sama mbak Una.. hiks... mbak, kdg nih klo komen dari wp ke bs, suka susah.. jadi aku pake akun bs aku yg dah gak aktif. jadi main2nya tetep ke lovelyristin.wordpress ya.. makasih :)

    ReplyDelete
  27. mbak, ikutan fun blogging angkatan brp? aku ke 4, klo sama. nyesel aku belum kenalan sama mbak Una.. hiks... mbak, kdg nih klo komen dari wp ke bs, suka susah.. jadi aku pake akun bs aku yg dah gak aktif. jadi main2nya tetep ke lovelyristin.wordpress ya.. makasih :)

    ReplyDelete
  28. jadi pengen nyobain teh yang disukai bunda. dijualnya di mana ya, na?

    ReplyDelete
  29. Jadi kangen Bunda Yati Rahmat nih...ya kata Om Nh wajahnya mirip2 aku...asiikkkk !

    ReplyDelete
  30. Makasih uda ngingetin yah, Naaaa.. :D

    Aku kurang berjiwa besar nih. Soalnya ngga pedulian. :'

    ReplyDelete
  31. katanya nulis juga bikin awet muda ya... moga-moga aktivitas menulis bisa seperti bunda yati :)

    ReplyDelete
  32. Intinya pikiran kita harus damai dan positif ya Na agar terus sehat, hehehe

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!