Lidah Introvert


Kalau dilihat-lihat, makanan dalam kotak di atas kayaknya normal-normal saja. Bukan kuliner Indonesia memang, tapi bahannya enggak aneh-aneh. Ada edamame, telur, ubi, kacang, sayur, udang, ikan, tomat, dan beberapa lainnya yang aku enggak tahu namanya. Tapi ada seorang teman yang nggak bisa makan itu. Katanya, baunya dan rasanya aneh, dia tidak tahan. Padahal kalau menurutku, dari segi rasa, lebih dekat ke arah hambar, kalau dibandingkan masakan Indonesia yang penuh bumbu.

Mendadak aku teringat temanku (yang lain)...

Ia mengklasifikasikan lidah menjadi introvert dan ekstrovert. Lidah introvert bagi orang yang agak susah makan makanan yang baru, yang tidak biasa. Sedangkan lidah ekstrovert bagi orang yang bisa makan apa saja, lidahnya terbuka bagi makanan baru. Kalau ada skalanya, range doyan si lidah ekstrovert lebih panjang ketimbang si lidah introvert. Temanku menganggap dirinya lidah introvert karena cuma doyan sama makanan Jawa. Dan menurutnya aku lidah ekstrovert. Meskipun orangnya enggak...

Mekdanelds, anyone?
Kalau memperhatikan orang-orang di sekitarku, eh iya juga sih. Kadang makanan yang menurut kita enak, menurut mereka sama sekali enggak enak. Kayak mbakku enggak suka cokelat, atau tanteku yang enggak doyan mangga meski yang manis gitu, banyak yang enggak suka durian, atau banyak yang enggak suka marzipan, rasa ceri, dan sejenisnya, padahal menurutku enak banget!!! Aku pengen Coca-Cola Cherry, hiks.

Tapi memang lidah orang beda-beda sih ya.
Maunya sih apa-apa doyan gitu ya...
Kupikir-pikir lidahku enggak ekstrovert juga.
Aku sama sekali enggak suka Kupang dan Natto (fermented soybeans). Yucksss.
Tapi kalau disuruh coba lagi kayaknya enggak masalah...

28 comments:

  1. lidahku ekstrovert una..., tapi perutku setengah2...
    kalau makan yg pedasnya nggak nahanin.. pasti deh jadi masalah..

    ada2 aja istilah temanmu..,
    eh, kamu orangnya nggak ekstovert Un...? tenanan..?

    ReplyDelete
  2. Aku ekstrovet... makan apa aja kec sampah kekeke.... bahkan durian baru2 ini mau makan... sekitar januari mulai berani nyoba durian.. dan yummmmy banget ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak asem! Wiii... baru berani? Wooo!!!

      Delete
  3. hahaha,,baru tahu,ternyata lidah juga punya kepribadian ya xixixiix

    ReplyDelete
  4. klu sy termasuk lidah extrovert sepertinya, smua di embat hehehehhe.
    tapi saya gak tahan pedas huhuhuh, bukan rasanya sich tp efeknya yg bisa langsung bikin meler dan keluar air mata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss!!!
      Emang makanan di daerah Mbak engga pedes-pedes yah?

      Delete
  5. Lidahku inteovert liberal.
    Jarang pindah ke menu lain tapi kalo ada yang asik-asik tetep dicobain. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha boleh nih istilahnya.
      Jadi keinget ada orang yang lidah ekstrovert hedonis alias doyan apa-apa dan semua dibeli wkwkwk...

      Delete
  6. Artinya Una lebih gampang "bergaul" sama makanan baru ya :) meski ada beberapa yang gak bisa terima juga. Cocok itu. Ekstrovert berarti gampang "membuka diri" untuk mencicipi, belum berarti suka semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya... tapi kalau sama manusia kok enggak sayangnya... XD

      Delete
  7. Klo lidahku ini moody, Una...kalo lagi pengen nyoba makanan baru ya ayo, tapi kalo gak ya paling doyannya cuma makan itu-itu aja :D

    ReplyDelete
  8. Kayaknya lidahku masuk ke jenis lidah ekstrovert hehe :D

    ReplyDelete
  9. ga peduli namanya..tu gambar sukses bikin panik perutku

    ReplyDelete
  10. hmm, ternyata intorvert dan ekstrovert ga cuma buat karakter aja ya, tapi lidah juga hehe

    ReplyDelete
  11. aku termasuk yang introvert kayaknya..tapi kadang suka juga mencoba makanan2 yang unik dan aneh2 *labil* ;p

    tapi seringnya sih, misalnya direstoran tertentu...kalo udah ketemu ama makanan yang cucok dilidah, pasti kedepannya aku akan selalu order itu..ga mau coba2 yang laen lagi... ;)))

    ReplyDelete
  12. aku jadi inget kakakku yang sulung, dia cuma doyan makanan Indonesia.. jangan harap dia mo makan sushi, pizza atau burger.. katanya kalau makan roti yah pakai selai.. bukan pakai daging, sosis dan saos kaya pizza dan burger.. hahahahaha

    ReplyDelete
  13. kalau aku kayaknya ekstrovert yang pemilih (jiaaah apa pula ini) hahahaaa....

    kalau aku bukan ke soal rasa atau makanan dari daerah mana yang bikin mundur... tapi ingredientnya apa.. hehe.. krn aku nggak terlalu suka daging dan duren... :-D

    ReplyDelete
  14. terus pengaruh sama cara ngomomng gak dari kedua jenis lidah diatas? kira-kira mana yg lebih bawel gitu introvert apa ekstrovert?

    ReplyDelete
  15. Berarti lidahku ekstrovert dong, Na. Pake banget lagi! :D

    ReplyDelete
  16. Kalo hanya sekedar nyoba sih oke. Cuman untuk masuk ke tatanan suka sama suka bingits itu yang butuh penyaringan. Nah, lho, jadi lidahku tipe apa Na

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!