Bikin Battala'


Setelah 125 tahun National Geographic berdiri, sebuah tema baru dicetuskan, yakni Era Baru Eksplorasi. Didefinisikan eksplorasi itu tak hanya melulu perjalanan ke luar daerah, ke luar angkasa, penemuan obat, pembuatan mesin, bahkan melihat sekeliling rumah pun juga disebut dengan eksplorasi. Melihat halaman rumah, memperhatikan kucing lewat, atau mempelajari nama pohon di sekitar. Seringnya, kadang yang di sekitar rumah sering diabaikan. Yongkru, tetangga jarak dua rumah dari rumahku aja aku nggak kenal. Tralalala...

Nah, tema pertama lomba 8 Minggu Ngeblog Bersama Anging Mammiri ini adalah “Sekitar Rumahmu.” Aku jadi berpikir apa saja ya yang menarik dari sekitar rumahku selain bahwa di depan rumahku adalah markas band besar dan bahwa ada studio band dekat rumah yang penjaganya mirip Ahmad Dhani. Lalu, aku pun teringat sesuatu bahwa ada banyak sekali hal di sekitar rumahku yang ma’ bikin battala’ yang dalam Bahasa Indonesianya ialah, membuat gemuk! Apa ya itu…Tebak hayo! Eh tapi bentar dulu, aku mau cerita sedikit tentang lokasi rumahku.

Ahmad Dhani KW 4.
Letaknya rumahku kalau di peta Jakarta ya sekitaran tengah-tengah lah ya. Rahasia kotamadyanya apaan. Sebelum tinggal di rumah sekarang, aku tinggal di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Di sana aku tinggal dari kecil sampai kelas 3 SD. Suatu saat ternyata kami harus pindah rumah yang jaraknya sekitar dua kilometer dari rumah lama. Nggak jauh memang, tapi awalnya aku ogah banget pindah rumah. Kenapa? Karena di rumah lama aku sudah kenal banyak orang serta ke mana-mana dekat. Mau ke toko buku yang besar, mau ke pusat perbelanjaan, dekat semua. Intinya sih… kalau bahasa sekarang, aku sudah pewe banget di rumah dulu.

Sudah mana di rumah baru lingkungannya sepi, tetangga juga nggak saling dekat, fiuh… Tapi, lama kelamaan di sekitar rumah baru perkembangannya maju dengan pesat. Sekarang sudah menjadi area tempat nongkrong yang nge-hip di Jakarta, meski nggak se-hip Kemang sih. Sebut saja, kedai cepat saji McDonald’s, KFC, Hoka Hoka Bento, atau tempat makan steik populer di Jakarta Abuba, Cheese Cake Factory, Seven-Eleven, tempat makan dari Sunda, Jawa, Aceh, seafood, sushi, bakmi, semua bisa dicapai dengan jalan kaki saja dari rumah.

Seven Eleven, tempat nongkrong yang lagi nge-hip di Jakarta, kotaku indah dan megah~ di situlah aku dilahirkan~ tapi boong~
Mau ke supermarket juga jalan kaki, mau karaokean tinggal ngojek bentar. Bahkan sekarang ada mall besar cuma jarak 3 kilometer. Seneng sih, seneng dong ya. Apalagi ini kan era baru eksplorasi, mencoba kuliner satu tempat ke tempat lain kan juga disebut eksplorasi. Mana baru sebentar, biasanya sudah muncul satu tempat makan baru pulak. Coba ah… Memang sih jajannya jarang, tapi kalau tiap ada baru dicoba ya lama-lama bikin battala’ lah yaw. Eh. Udah gendut sih aku mah. Mana ada bangunan yang sedang dibangun dan mau dibuka menjadi rumah makan Arab pulak. Duh, kudu coba ini!

Ngomong-ngomong eksplorasi sekitar rumah, mungkin sebaiknya aku mengurangi eksplorasi kuliner. Berhubung aku nggak banyak kenal tetangga, mungkin sebaiknya aku sering-sering ketemu tetangga kali ya. Atau memperbanyak kunjungan ke perpustakaan daerah. Atau eksplorasi perosotan dan pohon sawo dekat rumah. Atau lagi mungkin kudunya lari-lari di hutan kota yang tak jauh dari rumahku juga. Biar seimbang gitu sama eksplorasi kulinernya.

Aku tentunya pewe tinggal di rumah sekarang. Ternyata malah letaknya lebih strategis dibanding rumah lama, hehehe… Kalau teman-teman, apa yang menarik di sekitar rumahmu?

20 comments:

  1. Replies
    1. the power of kepepetnya keluar nih kayaknya. Mosting jam segini. Aku pas tahu ada kontes ini langsung angkat tangan. :(

      Seringin main ke rumah tetangga aja Un, siapa tahu bisa dapet gebetan baru. XD Daripada maennya cuman wisata kuliner. Kebanyakan makan fast food bisa bikin kolesterol.

      Delete
    2. Bukan, mbak. Aku berapa hari belakangan gak sempat buka dashboard. Beruntung yang minggu pertama dimundurin sampai besok siang.

      Wahahaha gak ada yang sebaya jeee. Aku jajannya salad sama gado gado kok mbak :P

      Delete
  2. itu eksplorasi perosotan dan pohon sawo dekat rumah boleh juga tuh, seru pasti Una.

    byk Una yg menarik di sekitarku sini, andai kamu tetanggaku bakalan semalam suntuk deh kita berkelana di luar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi di pohon sawo ada hantunya jeee :D
      Kapan mbak aku diajak ke Jerman? :p

      Delete
  3. Disekitar rumah Gia, Anjing semua kak *serius..
    Males banget loh gue, kalo keluar rumah, pasti Anjing tuh pada ngegonggong -____- #miris

    ReplyDelete
  4. di sekitar rumahku banyak salon un. banyaaak bener. sepanjang gunung lompobattang selatan itu rata-rata salon. ckck

    ReplyDelete
  5. Daerah Jatinegara ya? memang dekat sama Matraman :D

    ReplyDelete
  6. Paragraf pengantarnya boleh juga... :)

    ReplyDelete
  7. tanya tanya Una, memang ada nya perpustakaan daearah...> dimana?

    ReplyDelete
  8. kalo rumahku.... strategis juga Una...
    ada toko bangunan di depan, trus sebelahnya ada counter hp, toko sepeda, apotek, dealer sepeda motor, toko elektronik, minimarket, toko kue, notaris, sanggar senam-balet, toko alat pertanian, toko mebel, ayam bakar wong solo, gule kepala ikan mas agus, warung warung, es degan....

    hehehheheee... semuanya jalan kaki.
    tinggal penculit gitu

    ReplyDelete
  9. Itu kan daerah Tebet un..
    iya kan?

    ReplyDelete
  10. wkwkwkwk kalau aku Ahmad Dhani KW piro yo Un hahahaha

    eh Band opo sih depan rumahmu? asyik kapan-kapan bisa foto bareng dong diriku pas main sana

    ReplyDelete
  11. beda banget ama rumahku ya, yang nyungsep di gunung .. hehe

    ReplyDelete
  12. pantes iso poto karo bian bagindas hihi... eh, rmhmu bekas gang kelinci ya mb un? :p

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!