Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Morning Person

I think I would say I'm a morning person...

Di jamanku, jam masuk sekolah di Indonesia rata-rata pukul tujuh pagi. Kali aja jaman sekarang berubah, aku ngga tahu. Sekolah yang ngga masuk pukul tujuh tuh cuma TK dan saat aku kuliah. Saat SMA lebih parah, jam masuk sekolah sempat berubah dari pukul tujuh menjadi setengah tujuh pagi berdasarkan alasan Jakarta macet. Jadi anak sekolah disuruh masuk lebih awal.

Yang mana tidak pengaruh buatku karena letak SMA-ku hanya 300 meter dari rumah. 👀

Saat aku masih kuliah, aku pergi ke Macau bersama temanku. Di sana kami sarapan di McDonald's dan banyak murid SD yang juga sarapan di sana. Waktu itu sudah jam delapan lebih. Aku baru sadar kalau jam masuk sekolah di Indonesia tuh pagi banget kalau dibandingkan negara lain.

Saat kuliah pun, waktu di Indonesia jam kuliah paling pagi adalah jam delapan. Sedangkan di Jepang, paling pagi jam 9.30. Indonesia memang rajin ya.

Karena jam masuk sekolah yang pagi, dari kecil aku sudah terbiasa bangun jam enam pagi. Bahkan saat libur pun seperti jam biologisku sudah ter-setting jam enam. Saat gempa Jogja yang cukup besar tahun 2006, aku terbangun persis sebelum gempa karena gempa terjadi pukul 5:57 pagi dan memang jam segitu adalah jam bangunku.

Di Jepang pun aku punya kerja part-time yang mulai pukul enam pagi. Aku harus bangun pukul 5:30 dan buatku adalah bukan hal yang susah. Kadang-kadang ada shift jam lima pagi juga malah.

Hari Minggu kerja sampai pulang-pulang jam 2 pagi hari Senin. Trus makan ini pas kerja, enak bangeeettt.

Tapi aku sempat libur sebulan dan tidak ada kerja shift pagi sama sekali. Aku tidur lebih larut sekitar jam 3-5 pagi. Aku tetap terbangun jam enam tapi abis itu tidur lagi dan seminggu ini bangun siangnya parah banget. 😓 Hari ini aku bangun jam 12. Kemarin bangun jam 3 sore. Hari Sabtu bangun jam 1 siang dan ngga sengaja bolos kelas jam 11. 

Tadi malam aku ingin tidur lebih cepat supaya jam bangunku kembali seperti awal cuma kalau jam 1 pagi tuh bawaannya ngga ngantuk sama sekali, muncul ide macem-macem mau ngapain lah, mau nonton apa, mau nulis apa, akhirnya ngga tidur-tidur.

😖😖😖

Besok mau coba bangun lebih pagi, at least kayak jam 8 pagi gitu. Biar rejekinya ngga dipatok ayam. Dan aku punya waktu banyak buat berkegiatan. 😓

1 komentar untuk "Morning Person"

  1. Keren bisa bangun pagi. Kalo jam 6 mah roh-ku belom masuk ke tubuh ahahha.

    BalasHapus