Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serunya Ber-Xpresi di myBCA

Kartu Xpresi dan Flazz-ku.
Menurut data sensus yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), dari 250 juta penduduk Indonesia hanya 60 juta saja yang memiliki rekening bank. Padahal sepertinya di masa sekarang rasanya susah kalau tidak punya rekening bank. Sekarang beli pulsa, belanja online, bayar tagihan, bisa menggunakan rekening bank. Bahkan anak kecil pun sudah dibuatkan rekening atas nama sendiri oleh orang tua, bank pun menyediakan tabungan jenis tertentu untuk anak.

Rekening tabungan di bank pun berubah. Dulu kita perlu mencetak buku tabungan untuk melihat mutasi rekening. Sekarang kita bisa melihat via komputer atau smartphone. Zaman semakin mudah ya! BCA pun punya produk tabungan yang praktis, tanpa buku tabungan, yaitu Tahapan XPresi.

Kamu punya Xpresi? Saya pakai lho…

Saya mengetahui mengenai Tahapan Xpresi (selanjutnya disebut Xpresi saja) sejak tahun lalu, ketika melihat kartu ATM teman yang ada foto dirinya sendiri. Wih, saya penasaran dong. Ternyata, itu merupakan produk dari BCA dan ia membuka rekeningnya di myBCA di salah satu mal besar di Jakarta. Sampai kemudian, saya membuka rekening Xpresi juga di kantor cabang dekat rumah.

Ada beberapa pertimbangan ketika memutuskan untuk membuka rekening Xpresi. Pertama, sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, sebagian besar menggunakan rekening BCA, ATM-nya di mana-mana, dan fasilitas layanannya banyak, aman, dan nyaman. Kedua, untuk membuka rekening Xpresi hanya perlu setoran pertama minimal 50.000 dan biaya administrasi bulanan 5.000 saja. Ketiga, Xpresi adalah rekening tanpa buku, pengecekan transaksi melalui BCA mobile, dan limitnya sama dengan paspor BCA Silver, limit tarik tunai 7 juta dan transfer 25 juta per hari.

Yang terakhir, desain kartu ATM-nya lucu-lucu!

Suasana BCA Kantor Cabang Tebet Barat.
Di hari saya hendak membuka rekening Xpresi, ada banyak orang mengantre untuk Customer Service. Saat mengantre itu lah, berasa pelayanan di kantor cabang BCA, sangat baik dan memuaskan. Ada seorang pegawai yang mendatangi nasabah yang mengantre dan memberikan air minum serta permen. Pegawai lain beramah-tamah bertanya apa yang bisa dibantu di counter. Ketika saya menjawab mau membuka rekening Xpresi ia pun meminta KTP dan NPWP saya untuk di-scan dan dikopi terlebih dahulu supaya menghemat waktu saat di counter. Berasa diperhatikan banget deh!

Xpresi bisa digunakan untuk semua umur. Untuk nasabah berusia di atas 17 tahun, hanya dibutuhkan KTP dan NPWP. Apabila tidak memiliki NPWP bisa melampirkan form surat pernyataan tanpa NPWP yang bisa diunduh di web BCA. Untuk nasabah berusia di bawah 17 tahun dibutuhkan beberapa dokumen pelengkap seperti akte kelahiran, NPWP dan identitas orang tua, surat persetujuan orang tua, dan lain-lain. Lebih lengkapnya dapat dibaca di halaman Tahapan Xpresi di situs web BCA.

Counter Customer Service.
Desain kartu Xpresi yang bisa dipilih.
Video Banking Experience untuk Pertama Kali

Sekitar dua minggu lalu, saya datang ke myBCA untuk ganti kartu Xpresi. Seorang mbak pegawai yang bertugas meminta saya untuk memperlihatkan KTP. Eh, saya perhatikan kok mbak pegawainya 'cuma' mondar-mandir dan saya pun sudah menunggu sekitar 15 menit. Padahal 'kan sepertinya ganti kartu cuma begitu doang... Ternyata semua pelayanan di myBCA dilakukan melalui Video Banking yang saat itu sedang melayani nasabah. Maaf ya Mbak saya suudzon. ⌒°(❛á´—❛)°⌒

Untuk desain kartu Xpresi tadinya saya tertarik yang tema traveling bergambar traveling items dan di sudut kanan tersedia space untuk foto wajah kita. Duh, tapi rasanya nggak pede kalau harus punya kartu ATM yang ada foto wajah. Akhirnya nggak jadi dan memilih desain nomor 14. Dan saat itu merupakan pertama kalinya aku merasakan yang namanya Video Banking dan terkesima...

Mesin Video Banking.
Sebenarnya sama saja seperti di teller atau Customer Service. Bedanya via video saja. Mana muka saya juga terlihat di bagian pojok kanan layar. Bawaannya pengen senyum-senyum sendiri sambil pose *berasa kamera depan*

Di mesin video banking ada dua layar, layar di atas untuk melihat teller BCA dan yang di bawah adalah layar sentuh untuk menampilkan data, informasi, dan penjelasan untuk nasabah. Di sebelah kanan layar sentuh ada bagian untuk tanda tangan dan memasukkan pin. Di depannya lagi terdapat scanner untuk memindai dokumen seperti KTP dan NPWP. Beberapa pertanyaan juga ditanyakan oleh teller, seperti tanggal lahir, transaksi terakhir, membuka rekening di cabang mana, dan lain-lain.

Usai proses penggantian kartu selesai, kartu baru akan keluar dari bagian Card Issue. Saya cuma mbatin, wah canggih ya... hahaha.

Andai video call-an dari rumah bisa sejernih ini...
Ini dia kartu baru Xpresi saya... lucu kaaan?

Kartu baru Xpresi saya.

Kartu Flazz Edisi Halloween

Saya juga membeli kartu Flazz di myBCA. Karena menjelang Halloween, Flazz menyediakan desain karakter Looney Tunes bertema Halloween. Ada tiga pilihan yaitu Tweety, Sylvester & Tweety, dan Bugs & Daffy. Semuanya lucu tapi akhirnya saya memutuskan membeli yang Tweety.

Flazz merupakan kartu pengganti uang tunai. Lebih praktis karena tinggal tap dan tidak perlu menghitung dan memastikan keaslian uang. Flazz bisa digunakan untuk membayar di minimarket, supermarket, toko buku, dan pokoknya di lebih dari 57 ribu merchant di seluruh Indonesia. Fitur yang paling penting buat saya sih: bisa untuk naik commuter Line dan TransJakarta.


Flazz juga punya desain beraneka macam. Seorang teman, ia kegirangan karena mendapat Flazz edisi McDonald's Bandung. Ia pun bercerita kalau ada Flazz edisi McDonald's dan hanya tersedia di empat kota: Jakarta, Bandung, Bali, dan Surabaya. Jadi ingat dulu ada teman memberitahu kalau ada Flazz bergambar Hello Kitty. Sebagai fans Hello Kitty, sebenarnya saya pengen, tapi apa daya nggak sempat beli. Ada yang punya nggak? Kalau punya buat sayaaa doong~ o(^▽^)o

Kalau Flazz-mu gambarnya apa?


Ber-Xpresi di myBCA

Karena sedang suasana Halloween, tak hanya kartu Flazz saja, myBCA juga didandani dekorasi ala Halloween. Seperti dinding yang ditempeli stiker gambar kelelawar, gantungan bernuansa oranye, dan frame Instagram yang bisa digunakan untuk berfoto.

Saya pun juga narsis di frame Instagram-nya dong.


Oh iya, lipstikku bukan ungu kok. Itu hanya iseng edit warna di Photoshop, hihihi

Kamu nasabah BCA juga?
Pakai produk yang mana? Ceritakan dong di kolom komentar ♬


38 komentar untuk "Serunya Ber-Xpresi di myBCA"

  1. Una kl difoto sukanya melirik ke kanan, itu best angle ya? #eh

    Ngomong2 aku jg baru pertama kali buat rekening bank melalu video call gini, dan langsung jadi lagi kartu ATM nya hahaha.

    Trus aku pikir cuma di cabang PIM aja yg kl lagi antri ditanyain mau transaksi apa, utk dibantu biar nti lbh cepat proses transaksinya.

    Makin oke ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih perhatiin aja wkwk
      Abis kalau madep depan biasa aja :D

      Wah ternyata di mana-mana emang pelayanannya kek gitu yaaa

      Hapus
  2. Aku pny banyak kartu flazz...ahaha gambarnya beda beda. Tapi saldonya suka abis abis mulu, males top up bwkaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksi yaaa Mbak Nay?
      Emang paling asik di top up in wkwk

      Hapus
  3. kak una seriusan doyan mcD pakek banget yak
    anu, kartu edisi Halloween gambarnya semangka gitu #keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doyaaan traktir dong~ hu um labunya susah nyari soale jadi semangka ajah

      Hapus
  4. Aki nasabah baru BCA Na, dulu pernah punya trs ta tutup. 2 bulan lalu buka BCA lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau kamu transfer aku gak kepotong nih

      Hapus
  5. Aku punya BCA buat gaji doang, Na. Wkwkwk. Tapi itu lucu ATMnya. Jadi pengen dikoleksi :D

    BalasHapus
  6. lucune itu yang kartu flazz halloween
    aku punya yang expresi tapi foto keluarga hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woooh bisa sekeluarga to
      Sama Raffi juga?

      Hapus
  7. aku dan istri juga pake BCA Xpresi dari tahun lalu :D
    alasannya karena biaya admin per bulannya murah, cuma 5 ribu :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiii Mas Iska dan Enny ternyata pake xpresi jugaaa

      Hapus
  8. Itu lutu amat kartu expresinya, aku punya tapi yg default gitu. Pengen gantiiiiiiii
    tapi kok di tempat aku buka Expresi gak ada pilihan kartu gitu ya, aku pasrah aja nerima, hehe
    Mana aku baru ganti kartu juga, masa ganti lagi huft :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu buka di mana Enny? Coba ke myBCA deh komplit desainnyaaa XD

      Hapus
  9. Wiih, ada edisi halloweennya ya, na. Lucuk. Aku punya yang tahapan bca, tapi belum daftar ebanking. Jadi cuma buat nabung aja.

    BalasHapus
  10. Wah...keren ya. Baru tau ada beginian. :D

    BalasHapus
  11. Wah, suka banget sama kartu Xpresi yang lucu-lucu itu. Coba nanya di KCP sini ada juga nggak ya. Sekalian nanya kartu Flazz, soalnya kalo pas ke main ke Jakarta dan mau naik TransJ sekarang bayarnya cuma bisa pake kartu begitu. Nggak boleh bayar tiket cash lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi coba aja ke KCP... Enak pakai flazz praktiss

      Hapus
    2. Selamat ya, artikelnya jadi juara 3 dan dapet kamera mirrorless. Yeay, kereeeen! :)

      Hapus
  12. Aku baru tahu ada teknologi video call ini buat buka rekening.

    BalasHapus
  13. aku naksir flazz edisi halloween :D

    BalasHapus
  14. aku juga pakai Xpresssi, suka waktu berinteraksi langsung di dalam box livenya

    BalasHapus
  15. Nah, kalau desaign atm nya lucu-lucu malah jadi tertarik buka rekening nih. Wkwkwk, dari dulu emang saya mah suka uaneh...tertarik karena desaign. Jadi penasaran yang tema travel ada foto y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... tapi desain emang mempengaruhi sihhh XD

      Hapus
  16. Udah desain nya yang lucu dan menarik,,,, BCA sudah memiliki teknologi masa kini,,,,, Sugooooooiiiiiii

    BalasHapus
  17. wah aku baru tahu ada tahapan expresi ini
    tinggal minta ganti aja ya?:O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga mbak, itu aku minta ganti kartunya aja
      Karena suatu hal

      Hapus
  18. saya juga buka xpresi di mybca, prosesnya cepet & ga terlalu antri apalagi kalau datangnya pagi jam 10an pas baru buka soalnya di mall :) tapi sayang kualitas kartunya menurut saya kurang oke, baru 6 bulan dipakai udah ngelupas & gantinya harus ke kantor cabang ga bisa di mybca tempat saya buka rekening

    BalasHapus