Paris dari Atas Bukit

Maunya sih Paris yang di Perancis, sayangnya ini Parangtritis yang ada di Jogja. Uwo uwooo...

"Un, sekarang kita ke Pantai Parangtritis ya," begitu katanya. Aku sih manut-manut saja, tapi Parangtritis? Udah pernah... Gitu-gitu aja lagi pantainya. Lanjutnya, "... tapi ini Parangtritis yang berbeda karena nanti kita bisa lihat muara pantai dari atas bukit. Apik." Oke lah, cuma tinggal duduk manis aja og aku.

Dari rumah nenekku di Jalan Parangtritis, perjalanan dilaju ke arah selatan. Sekitar kilometer 20 setelah jembatan Kali Opak, belok ke kiri arah timur. Seandainya mau ke pantai, masih ke arah selatan sekitar lima kilometer lagi. Jalan ke arah bukit, jalannya nggak bagus. Gronjal-gronjal kayak kulit mukaku. Serasa masuk ke hutan kecil yang di kiri kanan ada pohon kelapa, bambu, ketapang, dan lain-lain.

Lihat orang di tower kah? Motor di depan itu motornya. Piye tu nyeberang ke towernya...
Nggak berapa lama, sampai titik pandangnya. Ada beberapa motor parkir di sana, rupanya petugas yang sedang memperbaiki tower. Dan untuk menuju tower harus menyeberang turun ke jurang. Bapak-bapak itu melihatku menjepret-jepret sekitar dan salah satu dari mereka berteriak, "Wahhh kita difoto, bakal masuk koran iki." Ngok! Nggak masuk koran, masuk blog aja lah yaw.

Pantai Parangtritis dari atas...
Dari atas terlihat Pantai Parangtritis dan Depok serta jalur Sungai Opak yang bermuara di Laut Selatan. Banyak tower-tower provider di sana. Ada bangunan berbentuk kerucut berwarna biru yang rupanya merupakan Museum Alam dan Ekologi Pesisir (dan kayak nggak terawat gitu). Dan kotak-kotak sawah yang kayak karpet. Baguuusss...

Jalannya...

Gunung kapur.
Setelah memandang alam dari atas bukit sebentar, dilanjutkan deh perjalanannya. Karena jalanan jelek sekali, aku ada kalik tiga kali turun motor. Kali ini terlihat bukit-bukit kapur menjulang tinggi. Bayangkan saja itu karstnya jutaan tahun lalu ada di bawah laut dan sekarang terlihat di darat. Hm, nggak kebayang.

Makin terus, jalanan makin bagus. Terlihat jelas Pantai Parangtritis dari atas. Kanan kiri pun sudah bukan hutan lagi melainkan wisma-wisma dan pondokan kecil yang bisa disewa buat pacaran. Aku sempat iseng masuk villa orang. Lha ditawarin yang punya buat liat kok. Liat-liat sekaligus mengendorkan otot pantat, capek bok duduk berpuluh-puluh kilometer. *lebe.


Selanjutnya, aku meneruskan perjalanan sampai ke gumuk (sand dune) Parangtritis...

74 komentar:

  1. Lagi ngimpi ya? Koq update posting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih indah koq si Paris. . .
      Jalannya dulu gak seperti itu. . .

      Sekarang tambah bagus ya, ada grejol2nya. . .

      Hapus
  2. itu ngapain yang naek21tower..hahaha

    mbak Una bisa minta tolong isi kuesioner penelitian sya tentang belanja online disini http://goo.gl/TtxTqf

    Terima Kasih Banyak

    BalasHapus
  3. Parang Tritis dilihat dari sisi lain ya Una. Tetap menarik :)

    BalasHapus
  4. foto yang terakhir apiikkk viewnyaa...ayo Un..dilanjutkan ceritanya..aku mau liat view2 di pantainya..;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak ke pantai mbak :D cuma ke gumuk ajah hehehe...

      Hapus
  5. menara eiffel nya udah kurus ya??????

    BalasHapus
  6. aku kok rung nate munggah sih, un...
    mbok sekali kali diajak tho...
    lewat dalan sing bablas ngetan kae iso kan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh,
      Bar jembatan ngetan terussss...

      Hapus
    2. tapi dalane kok sempit..?
      kudu numpak motor dong

      Hapus
    3. Ho oh,
      mobil bisa tapi coba aja wokokokok

      Hapus
    4. semprul ah tar ga bisa balik
      payah gaetnya menyesatkan ini...

      Hapus
    5. Ya kamu buat percobaan om hahahaha

      Hapus
  7. Huaaaaaaa... bagusnyaaaahhhhhh.... Suka banget ama poto-potonya Na..

    BalasHapus
  8. mlaku2 tok rek, dadi pengen
    aku malah nag omah terus :D

    BalasHapus
  9. pinter yg moto... *ngikik baca komen-komennya :D

    BalasHapus
  10. heummm,seru bangett..habis maen2 di paris makan2 di pantai depok..maknyusssssss :D

    BalasHapus
  11. wih liat photonya ka una jadi pengen kesana, hehehe aku belum pernah kesana soalnya :D

    BalasHapus
  12. view nya bagus bangeeeeeettt,,
    itu gambar kedua petakan sawah yaa,,?? luas banget

    BalasHapus
  13. una de explorreeerrr...un..ketok langsing deh yey :*

    BalasHapus
  14. Una sudah mulai akan kaya NIcole Kidman kok.

    # Na, kapan-2 ajak aku lihat Paris dari atas bukit juga po'o

    BalasHapus
  15. iih... jalannya ngerii.. tapi, pemandangannya indah sekali.. :)
    nunggu cerita ttg gumuk ah..

    BalasHapus
  16. Kalau medannya begitu bisa bikin langsing nih :)

    BalasHapus
  17. mirip banget sama daerah banjarwati di Lamongan. gunung kapur dimana-mana dan jalanan di hutan akan bertemu dengan satu titik pantai utara jawa (paciran)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiii baru dengar Paciran aku mbak,
      ngertine Pacitan :D

      Hapus
  18. lha kok gak ada foto pantainya? :P

    BalasHapus
  19. kereen un..
    -durung sempat mocoo..

    BalasHapus
  20. ahhh kirain paris beneran, udah sirik nih na....taunya yang lokal aja yah

    BalasHapus
  21. mbak Un ... aku fikir paris bneran xixixix
    tumben foto nya ga di blurr :D

    BalasHapus
  22. Bagus juga Na pemandangannya..huhu jadi kepingin liburan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ini lagi masa liburan kan :D

      Hapus
  23. Subhanallah yah Na, cantik banget tuh pemandangan dari atas bukitnya, sukaaa lihat yg kotak2 sawahnya ituuu, indahnyaaaa

    BalasHapus
  24. Dadi kelingan jogja.. lebaran ora iso bali..

    BalasHapus
  25. jutaan tahun lalu di bawah laut????
    ga kebayang deh, berarti ada penurunan drastis permukaan air laut ya na...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaa, dan lama banget buat surut :D

      Hapus
  26. aku males ke paris soalnya pantainya gitu doank. Eh tp ternyata ada sisi lain paris yg oke banget pemandangannya. Jadi pengen kesana :D

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!