Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Best National Anthem: İstiklâl Marşı

Seminggu ini, playlistku di iTunes isinya lagu kebangsaan negara-negara. Buka youtube pun yang dilihat channel VocalNationalAnthems. Buka buka link lagu negara, dari Cuba, Azerbaijan, Israel, Jepang, yang enak di telinga baru lima lagu. Negaraku (Malaysia), Majulah Singapura (Singapura), Deutschland Lied (Jerman), Hatiqvah (Israel), dan Lupang Hinirang (Filipina). Membaca artikel Wikipedia, National Anthem, kuketahui bahwa rata-rata lagu kebangsaan berkunci mayor, namun beberapa bukan. Misalnya Hatiqvah (Israel), Mila Rodino (Bulgaria) dan İstiklâl Marşı (Turki) yang berskala minor. Ada juga yang berskala pentatonis.

Lagu Israel bahkan aku sudah hapal. Berbeda dengan lagu nasional negara lain, lagu ini sendu sekali. Isi lagunya bercerita bahwa jiwa Yahudi ingin kembali ke Tanah Zion dan Yerushalayim (Yerusalem). Sedangkan lagu Mila Rodino malah terkesan horor, seperti bukan lagu kebangsaan, melainkan liturgi. Aku yang mendengarnya malam-malam langsung menutup jendela youtube-ku. İstiklâl Marşı dari negara Turki malah enak didengar, meski minor, namun tidak sendu dan horor. Meski minor tetap semangat. Kudengar-dengar mirip lagu RRI yang akhirnya, "Bersama kami RRI..." İstiklâl Marşı artinya mars kemerdekaan. Dan lagu ini menurutku menjadi salah satu lagu national anthem terbaik yang pernah kudengar selain Lupang Hinirang. Ngga tahu ya kalau nanti aku nemu national anthem yang enak lainnya... :)


1 komentar untuk "Best National Anthem: İstiklâl Marşı"

  1. Salam kenal😊 gw juga hobi menghapal lnational anthem. Emang lagu kebangsaan turki hebat! Coba deh denger lagu kebangsaan Rusia sama Korea Utara yg gk kalah keren!

    BalasHapus