Pasrah = Latihan Mati?

Dalam penerangan lanjutan di Subud, seorang mbak-mbak menceritakan mimpinya. Ia bermimpi diperintah oleh sebuah suara untuk masuk ke liang lahat. Ia tak segera masuk, karena ia tak percaya bahwa ia mati. Tapi kemudian ia menangkap bahwa apa yang harus dilakukan sebenarnya adalah pasrah, dan menurutnya pasrah adalah latihan kematian. Kematian di mana kita tak menggunakan lagi sukma (akal, pikiran, dan nafsu) melainkan hanya jiwa yang dilepaskan dari raga. Banyak cerita-cerita tentang orang yang mati namun jiwanya masih berada di dunia tak terangkat, ada yang bilang bahwa orang itu tidak pasrah kepada Tuhan.

Ada hal yang sebenarnya membingungkan saya.
Beberapa waktu lalu, saya lupa lagi chatting topik apa, sampai akhirnya saya bilang "Doain gue panjang umur ya." Eh dia malah komentar, "Ah ngakak gue bacanye, berasa orang bener lu." Kujawab lagi, "Loh? Emangnya gue bukan orang bener ya?" Topik itu memang nggak berlanjut karena kami segera ber-hahahihi dengan topik lain. Namun kenyataannya, topik itu masih ada di kepala saya sampai saat ini.

"Apakah yang cepat mati hanya orang yang bener?"
"Apa sih maksudnya orang yang bener?"
"Kalau orang yang bener itu orang yang pasrah, berarti saya belum pasrah dong ya."
"Berarti saya nggak khawatir sama adik saya yang suka marah-marah, karena dia belum pasrah, dan berarti belum akan mati?"
"Tapi bukannya yang mati ada orang yang ngga bener?"
"Orang yang panjang umur bukannya malah orang yang bener?"
"Apakah benar pasrah itu sama aja kayak latihan mau mati?"
"Dan, bukannya orang yang mau mati biasanya disuruh ikhlas dan pasrah?"

Dan ya, pertanyaan-pertanyaan itu muncul di benak, hati, dan sukma saya. Ah bingung ah...

7 comments:

  1. agak bingung baca yang ini,tapi ku pasrah aja baca sampai huruf terakhir..bingung,pasrah tapi berhasil jadi komentar pertamaX :D

    ReplyDelete
  2. Choosing a franchise option can start you up to and including whole new higher level of income in addition to freedom, but on condition that it's the suitable opportunity. Like any internet business opportunity, franchises is usually risky if you can't go with it with the suitable motivation. There usually are five ways to considering a franchise to guarantee you'll make the best option.franchise opportunities

    ReplyDelete
  3. Carpets check dirty or else cleaned often. In order to regenerate the beauty of your respective carpets, you'll be able to hire your services of an professional better. When creating this decision, you must choose sometimes steam cleanup or dry out chem Solutions.Chem-Dry Ottawa

    ReplyDelete
  4. Having any carpet expertly cleaned is definitely the ultimate way to clean that. However, in the event the cleaning approach utilized will be detrimental for the lifespan with the carpet, next it fundamentally serves simply no purpose. This form of mistake can cost you big money and maybe could even need replace your own personal carpet.Carpet Cleaning

    ReplyDelete
  5. Great strides have already been made during technology as of late, in every area of some of our daily resides. We look within and look at people talking about on hand held phones. We search and see video cameras tracking customers, generating forex trading tickets meant for offenders. Carpet cleaning Victoria

    ReplyDelete
  6. That's fantastic and these days it may really assist!! Buyers have a lot of options open to them at this time - you have to be the 1 they select. In this short article you will discover tips as well as ideas on which areas would be the best investment for the home.Carpet cleaning Oakville

    ReplyDelete
  7. Carpets can be used mainly because dé cor in a good many homes, as numerous colors together with designs happen to be great to view. These rugs and carpets are at risk of dust together with other forms for dirt. Some unattractive stains are overly stubborn to unclutter, and it may take ages leading to a stain are available off in the special mat. Carpet cleaning Whitby

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!