Get Inspired and Be Inspiring with Wardah

Let's talk about beauty... beautifully.

Aku dan Make-up Sehari-Hari


Sudah takdirku terlahir dengan kulit gelap, bahkan lebih gelap dari pada orangtua dan adikku. Ditambah dengan kulit di daerah T di muka yang cepat berminyak menjadikan istilah dekil dan sinonimnya tak jauh dari kehidupanku. Pun kayaknya pakai bedak juga tetap kucel. Aku juga biasa saja membiarkan mukaku dengan bare face tanpa apapun. Nggak cantik blas. Aku lebih peduli dengan rambut, sampai-sampai sempat ketika rambutku panjang, kalau tidak ada kondisioner, mending nggak mandi. Hihihi, jorok maksimal!

Tapi kemudian aku sadar, bahwa merawat muka (dan seluruh badan) bukan untuk menjadi cantik atau bagaimana, tapi itu merupakan penghargaan pada diri sendiri yang merupakan pemberian Tuhan. Selain itu, make-up, menggunakan sunscreen, bedak, dan lainnya merupakan pencegah radikal bebas dan penyakit menempel di muka. Aku sendiri pakai make-up 'dengan serius' hanya ketika traveling, ketika berjibaku dengan polusi dan kuman-kuman di berbagai sudut tempat. Alhasil kalau bepergian, di kantong make-up penuh dengan acne gel, sunscreen, moisturizer, bedak, lipstik, dan lain-lain. Atau saat menghadiri acara tertentu.

Bare face. 
Kiri: hanya pakai moisturizer dan bedak.
Kanan: 'agak dandan', wehehehe.
Make-up sehari-hari? Aku sendiri bukan orang yang 'dandan'. Apalagi aku masih kuliah. Jadi sehari-hari aku hanya pakai moisturizer atau sunscreen gel, bedak serta lipgloss. Mukaku nggak berubah, aku nggak peduli karena yang penting sudah ada 'pelindung' di mukaku. Belakangan ini aku sudah rajin pakai moisturizer tiap hari, apalagi setelah tahu ketika kulitku sebenarnya tergolong kering hanya saja di daerah T memang berminyak. Nggak jadi awet muda deh! (Kan katanya kulit berminyak awet muda tuh?)

Definisi Cantik


Sebagai perempuan, selain tahu orang mana yang ganteng, aku juga sering menilai (dalam hati) perempuan apakah ia cantik atau tidak. Meski standar cantik mainstream yaitu langsing, tinggi, putih, tapi enggak juga. Kadang berasa aja apakah orang itu cantik atau tidak. Mungkin dari kharisma sama attitude ya. Menurutku orang cantik itu, orang yang enak dilihat dan kalau pakai make-up tetap kelihatan jadi dia sendiri. Karena menurutku orang yang manglingi setelah didandani itu bukan cantik sebenarnya.

Cantik itu relatif, mungkin iya, karena setiap orang memiliki definisi cantik yang berbeda-beda. Seperti pendapat teman-temanku ini yang beberapa waktu lalu kutanya mengenai definisi cantik.
"Pada dasarnya aku setuju bahwa semua wanita itu cantik. Yang penting itu aspek brain, behaviour, dan be honest." - Ririe, 37 tahun, pegawai negeri.
"Cantik itu ketika mampu membawa diri dengan baik, dari segi fisik maupun di dalam diri. Selain menjaga penampilan bersih dan rapi, cantik juga dari attitude-nya, baik hati di depan dan di belakang, mampu membahagiakan orang-orang sekitarnya, dan mampu memberi cahaya untuk orang lain." - Kartika, 22 tahun, mahasiswi.
"Cantik menurut gue sih cukup punya senyum yang manis, mudah menolong, nggak sombong." Muhammad, 32 tahun, pekerja kemanusiaan.
"Cantik itu... yang nggak membosankan untuk dilihat." Lozz, 34 tahun, blogger.
Kalau cantik menurut teman-teman bagaimana?

with Wardah Moisturizer Gel
Wardah Exclusive Lipstick 42 Precious Violet
Wardah Eye Shadow A

Halal Is My Life, Our Life


Aku ingat saat mata kuliah Ekonomi Syariah, dosenku menjelaskan bahwa ibadah yang langsung kepada Tuhan (mahdhah) pada dasarnya semua tidak boleh alias haram, kecuali yang diwajibkan seperti shalat, puasa, zakat, dan lain-lain. Sedangkan, muamalah (ghairu mahdhah) ibadah berupa perbuatan yang dilakukan antar sesama makhluk manusia pada dasarnya semua boleh dilakukan kecuali yang diharamkan. Contohnya, berteman tentu boleh tapi kalau menzalimi teman tentunya tidak boleh.

Ibuku juga sering berpesan agar jangan sampai memakan hak orang lain. Hal baik yang didapatkan dengan cara yang buruk seperti mencuri juga menjadikannya haram. Maka dari itu, kita harus melakukan hal yang halal, makan yang halal, dan segalanya harus halal.


Sama halnya dengan berdandan atau berhias diri, tentu saja boleh tapi memang ada beberapa batasan atau hal yang diharamkan. Seperti diharamkannya tato, memanjangkan kuku, atau menyambung rambut (HR Bukhari dan Muslim). Kalau dikaitkan dengan konsep masa kini, berarti juga kita tidak boleh menggunakan kosmetik dengan bahan yang tidak halal.

Bukan karena masalah dosa, tapi dihalalkan atau diharamkannya sesuatu itu bukan tanpa alasan. Diharamkannya sesuatu mungkin karena lebih banyak mudharat-nya, atau merupakan perintah Tuhan yang alasannya mungkin belum bisa dijangkau manusia.

Di Indonesia, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) memberikan sertifikat halal dengan prosedur dan persyaratan tertentu. Menurut MUI, produk olahan pada dasarnya bersifat syubhat sehingga harus ditelaah status kehalalannya. Untuk kosmetik halal, merek Wardah sudah memiliki sertifikasi MUI. Di setiap kardus dan tube/wadah kosmetiknya juga terdapat label halal MUI.

Wardah Acne Treatment Gel.
Wardah pun punya prinsip yang disebut dengan Wardah Signature Beauty.

1. Pure and safe.
Produk Wardah aman dan halal sehingga yang menggunakan nyaman dan tenang.

2. Beauty Expert.
Wardah yang awalnya ditujukan untuk muslimah, kini dinikmati kalangan luas karena cantik adalah universal.

3. Inspiring Beauty. 
Wardah percaya bahwa cantik sebenarnya adalah cantik yang menginspirasi.

Dengan jaminan halal dan komitmen Wardah, kita semakin merasa aman dan makin percaya 'kan?

Perkenalan dengan Wardah


Merek Wardah mungkin aku sudah lama mendengar dan mengenalnya. Yang kutahu pasti adalah Wardah dan salah satu ambassador-nya, Inneke Koesherawati. Aku baru benar-benar mencoba sekitar setahun lalu ketika aku berlibur di rumah nenekku dan menemukan eye shadow Wardah milik tanteku berwarna hijau. Ternyata tanteku konsumen Wardah. Sempat juga aku mencari sunscreen, karena harganya relatif mahal. Kemudian aku diberitahu kalau Wardah punya produk sunscreen gel yang harganya terjangkau.

Moisturizer gel dan sunscreen gel adalah dua produk Wardah pertama yang aku beli.



(Sedikit) Review Produk Wardah


Hanya beberapa saja produk Wardah yang aku miliki. Dan ada produk Wardah favoritku, antara lain tiga di bawah ini:

1. Moisturizer Gel.
Aku sadar bahwa kulitku ternyata kering dan disarankan untuk menggunakan pelembab. Aku kemudian mencoba moisturizer gel dari Wardah ini. Karena base-nya air atau gel, jadi nggak lengket dan ringan dipakai di muka. Harganya juga tergolong terjangkau.

2. Sunscreen Gel.
Setelah aku membeli ini, ibuku melihatnya dan bilang kalau ia juga pakai produk yang sama. Ah, tahu gitu kan nggak beli, minta punya ibu aja, hahaha. Sunscreen-nya wangi dan juga ringan rasanya di muka.

3. Facial Massage Cream.
Krim ini digunakan untuk sambil memijat muka dengan gerakan memutar. Hanya dipakai 2 kali seminggu dan aku memakainya malam hari sebelum tidur. Entah kenapa, setelah me-massage muka, kok aku merasa jadi tambah cakep ya, hahaha nggak tahu deh.

with Wardah Moisturizer Gel
Wardah Exclusive Lipstick 42 Precious Violet
Wardah Eye Shadow A

Selain itu, aku juga kepengen produk Wardah di bawah ini. Tapi kalau Glitter Powder kapan makenya coba, hihihi.

Photo diambil dari www.wardahbeauty.com

Cantik yang Menginspirasi


Salah satu prinsip dan kerap menjadi slogan Wardah adalah inspiring beauty. Bahwa kecantikan yang dimiliki membuat merasa mencintai diri sendiri namun bisa memberi inspirasi bagi orang di sekitarnya. 'Inspiring woman' yang diusung Wardah antara lain Dewi Sandra, Inneke Koesherawati, dan Dian Pelangi. Mereka memang cantik dan menginspirasi. Salah satunya Dian Pelangi. Aku bukan penggemar hasil karyanya tapi aku kagum olehnya karena di umurnya yang masih sangat muda sudah menjadi desainer terkenal tak hanya di Indonesia namun merambah di kancah internasional juga.

Bahkan 'hanya' liat blognya Dian Pelangi saja, melihat foto-foto dia, aku ikut senang. Terinspirasi.

Apakah kita bisa menginspirasi orang lain? Aku nggak punya pengalaman dan kapabilitas, tapi kurasa bisa. Seperti yang temanku Kartika bilang, karena cantik itu adalah baik hati luar dalam dan ketika mampu memberi semangat kepada orang di sekitarnya. Apapun bidang kegiatannya. Cantik itu sederhana, sesederhana bahagia. Dan cantik tak hanya sekadar fisik tapi juga aspek jiwa, ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Aku pun percaya bahwa semua wanita itu cantik.




Referensi:
Teman blogger dan kuliah.
HR Bukhari Muslim http://muslimah.or.id/fikih/boleh-berhias-tapi-etika-berhias-wanita-muslimah.html
WARDAH Beauty Cosmetics http://www.wardahbeauty.com
LPPOM MUI http://halalmui.org

59 comments:

  1. Una cantiiiiikk.... asli enggak manglingi. Masih tetep kelihatan Una.
    Semoga sukses lombanyaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumben foto di bagian wajah nda di Blur
      oala ya ikut kontess taaa

      Delete
  2. Una pangling banget deh kalau dandan, cantik

    ReplyDelete
  3. aiiih una aku gemeeees liatnya, imut banget :) cantik natural

    ReplyDelete
  4. Tanpa dandan, kak una juga udah cantik kok.. ^_^
    cantik kan relatif..

    ReplyDelete
  5. Una cantik, seriusan, gak pake bohong, gak pake ngibul.
    Itu alisnya tebelin dikit aja uda lengkap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha iya alisku dikit, tapi gak bisa pake eyebrow pensis fufufu~

      Delete
  6. tambah cantik deh Una,, pinter dandan juga ya si Una ini.. hihiiii

    ReplyDelete
  7. Aselik Na dirimu ki nyegerke banget dilihat. Ayuuu. Sukses ya Na kontesnyaaa.. :)

    ReplyDelete
  8. cie Unaa.. cantik banget loh...
    tetapi tetap nggak menor.. :)
    tetap ada khas dirimu di sana..
    good luck ya :)

    ReplyDelete
  9. Feminim sangaaat...
    Pke rok, pke make up halal, wih sempurna bangeeet.. :)

    ReplyDelete
  10. Unaaa, itu kaann cantiiik.. sukaaa deh ma postingan Una sekarang, fotonya gak ada blur sgala jadi cantiknya terpancar gitu looh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak next post di-blur lagiii~

      Delete
    2. waaaaaaaaaaaaaaakakakakakakkaa
      BLUR never dies

      Delete
  11. ehem... mulai ganjen niyeeeeh :)
    cantik na, eksotik gimanaaaa gituuuuuh..

    ReplyDelete
  12. Woooowwww...ini beneran Una ????? Cantiiikk ih ! bergaya modis ...ahh Unaaaa...pengin tak uyel uyel...hihihihi

    ReplyDelete
  13. Wajau Una eksotis banget dng Wardah. Kosmetik ini berhasil menonjolkan keunikan kecantikan Una. Selain foto, tulisannya juga keren. Calon pemenang inih

    ReplyDelete
  14. una cantik bgt...definisi cantik ya enak dilihat dan menenangkan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak,
      pengen jugaaa enak dilihat dan menenangkan kwwkwk~

      Delete
  15. masyaALLAH cantiknyaaaaaaaaaaa....

    halal, bikin cantik pulak

    ReplyDelete
  16. Eeeeeeeeeeee, senyumnya cantik sekaliiii. .. Hihihih
    Moga menang ya, Kitt. :)

    ReplyDelete
  17. Wahh kirain ini bintang iklan WardAh yang terbaru....taunya lagi ikut lomba...semoga menang ya na...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian Wardah kalau aku jadi bintang iklannya :P

      Delete
  18. WIdih, mimpi apa ni nyampe sini liat Una dandan :D
    Sukses ya kontesnya Na

    ReplyDelete
  19. Wah, Una udah jadi potomodel ya sekarang? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya fotomodel yang moto diri sendiri kakakak

      Delete
  20. Sekarang una sudah berani tampil ya, baisanya kan gambarnya "dibluur".
    Dengan sedikit polesan Una terlihat lebih cantik dan feminim... :)

    ReplyDelete
  21. Naaa... Kosmetik lo lebih banyak dari aku loh.. berarti aku lebih cuek yak..

    Kalau aku setiap hari cuma.modal pelembab-bedak-sama lipgloss.. yang laen mah lewat. bahkan diacara undangan pun aku cuma pake tiga itu.. Hehehehe

    ReplyDelete
  22. Naaa... Kosmetik lo lebih banyak dari aku loh.. berarti aku lebih cuek yak..

    Kalau aku setiap hari cuma.modal pelembab-bedak-sama lipgloss.. yang laen mah lewat. bahkan diacara undangan pun aku cuma pake tiga itu.. Hehehehe

    ReplyDelete
  23. Sumpah pangling liat perbedaan before make up vs after make up
    Btw, congrats yah menang
    Salam kenal

    ReplyDelete
  24. Mbak Unaa... hai, selamat yaaa... menang loh di lomba blogdetik wardah ini. Keren!

    ReplyDelete
  25. Selamat mbak Una, telah menjadi salah satu pemenang.

    ReplyDelete
  26. selamat una kamu menang lomba, makan makan. awas, aku jitak kalau ngga mau ntraktir

    ReplyDelete
  27. mbak Una, blognya keyeeeen... N btw, kok kayaknya aku pernah ketemu mbak Una tapi kapan ya... familiar banget gitu mukanya kyak pernah berpapasan gitu ding.

    ReplyDelete
  28. Produk halal bukan hanya dicari oleh umat muslim, untuk perawatan wajah sebaiknya gunakan produk yang sudah mendapat sertifikat halal seperti yang mba una pakai ^_^
    Semoga menginspirasi wanita indonesia lainnya..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!