Konsep Kebanggaan

"Apa arti kebanggaan buat lo?"

Pada dasarnya, bangga adalah rasa senang, puas, dan berbesar hati yang timbul karena adanya prestasi atau sesuatu tertentu yang dilakukan atau terjadi. Seperti aku bangga dengan saudaraku karena dia dapat beasiswa ke luar negeri, seperti aku bangga ada kakak kelas sefakultas jadi mahasiswa berprestasi nasional, seperti seorang guru bangga karena muridnya memenangkan sebuah lomba. Entah bagaimana, konsep bangga dalam pikiranku ialah bahwa perasaan bangga tidak seharusnya dirasakan diri sendiri atas 'prestasi' kita sendiri.

Mungkin karena bangga dan sombong itu beda tipis.

Lima bulan lalu, aku mendapatkan keberuntungan untuk mengikuti program pemuda di Jepang. Aku percaya aspek keberuntungan itu penting dalam kehidupan, apalagi aku bisa dibilang buruk dalam akademis di kampus. Aku pun bercerita kepada nenek, ibu, dan teman-teman terdekat. Nenekku menceritakan ini kepada keluargaku yang lain, ibu juga kepergok menceritakan tentang ini kepada beberapa temannya via BBM. Aku merasa ada rasa bangga di dalam perasaan mereka (ngaku deh Bu, ya kan ya kan? Hahaha...)

Waktu aku tahu aku dapat kesempatan itu, aku girang sekali, seriusan, pakai teriak-teriak pula. Beberapa saat, ada sedikit rasa bangga terhadap diriku sendiri. Tapi kutepis karena menurutku ini belum ada apa-apanya, aku belum bermanfaat bagi orang lain, bangga terhadap diri sendiri akan membuat lupa diri dan terlena.

Aku kemudian melihat video Book Trailer CineUS karya Mbak Evi Sri Rezeki.


Konsep bangga salah satu tokoh yang tampak di video Book Trailer di atas berbeda dengan konsepku. Tokoh laki-laki itu membuat film yang ditonton oleh banyak orang namun ia tak ikut menontonnya. Ia berkata, "melelahkan sekali kalau kita terus mengejar pengakuan orang lain. Puas itu dari sini (memegang dada) bukan dari sana." Bangga menurutnya rasa puas di dalam hati tanpa keinginan mengejar pengakuan orang lain.

Hmmm... aku jadi bingung konsep bangga sebenarnya itu apa.
Tapi satu yang penting, kebanggaan menjadi berarti ketika perasaan itu dirasakan oleh orang-orang di sekitarmu karena prestasi atau sesuatu hal yang kamu lakukan. Sesuatu mulai dari hal sesimpel apapun. Menurutku yang esensial lagi, apa yang kita lakukan sebisa mungkin bermanfaat untuk orang lain, syukur-syukur membuat banyak orang lain bangga, terutama orangtua, terhadap kita. ^^

Kalau, arti kebanggaan buat lo, apa?

Belum selesai baca buku Mbak Evi, masih awal-awal. :D

"Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Artikel CineUs Book Trailer Bersama Smartfren dan Noura Books."

34 comments:

  1. Sorry ey Pak Om Ibu Bapak Tante Kakak semuanya
    Saya PERTAMAX

    ReplyDelete
  2. Saya juga bingung sama pertanyaannya. Konsep kebanggaan itu apa ya? Tapi dari contoh yang gampang dan mudah saja. Timnas Garuda Muda Under Nineteen kita berhasil melibas lawan lawannya hingga menjuarai Grup, dan Berhak ke FINAL di Myanmar tahun depan. Saya tentu saja bangga kepada Timnas U-19 kita itu karena membawa nama harum Bangsa Indonesia di forum Internasional minimal selevel ASIA dahulu. Saya kira seorang bangga terhadap Timnas U-19 Garuda Muda yang sudah mengharumkan nama Indonesia. Saya kira banyak yang setuju. Nah seperti itulah rasa Bangga ada pada saya rasanya seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga bangga Indonesia bisa ngalahin Korea,
      eh biasa aja ding, nonton juga kagak :D

      Delete
  3. Saya hampir sama dengan una, bangga kalau anak-anak mempunyai prestasi yang bugus di sekolah, bangga dengan adek-adek berhasil alam hidupnya, atau bangga dengan ponakan yang sudah diterima bekerja di perbankan nasional, dll.

    ReplyDelete
  4. Bener ya Na, kebanggaan takutnya bisa mendaratkan perasaan cepet puas. Thx Na dan semoga sukses ya kontesnya. :)

    ReplyDelete
  5. bangga itu senengggg bangettttt dapet hadiah,heloh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, ngakak baca komen Zwan. ikutan kontes kan baru bangga kalau udah menang :))

      Delete
  6. Mengejar rasa bangga orang lain memang gak ada habisnya, karena memang orang gak ada puasnya... tapi kalau tidak begitu kita sendiri akan cepat puas. Untuk itu harus ada kepuasan, kebanggaan, yang harus selalu kita kejar.

    Sukes ya...

    ReplyDelete
  7. "bangga itu di sini", sambil menunjuk dada. hai', sono toori desu
    memang benar bangga dan sombong bedanya tipis sekali. keduanya sama-sama dari hati yang sama hum bagemana caranya biar tidak teriris ke sombong??? banyak-banyak ikhlas dengan kebanggaanmu. Anggap tidak pernah ada kebanggaan yang melintas fufufu #nasehatdirisendiri

    semangat ya unaaa semoga menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalau bangga sama diri sendiri jangan kelamaan bangganya hahaha~
      Amiinnn...

      Delete
  8. bangga itu ada dari sini.. bukan dari sana

    ReplyDelete
  9. Konsepnya sepele, un
    Mendingan geer ketimbang minder...

    ReplyDelete
  10. Saya bangga kalau saya berguna bagi orang lain.

    ReplyDelete
  11. udah 3 blogger yang nulis kebanggan hari ini. hahaha.

    ReplyDelete
  12. bangga itu banyak... hahaha
    bangga itu.... salah satunya bikin orang tua seneng,, :)

    ReplyDelete
  13. setuju ama mak Nophi..bangga itu kalo bisa bikin orang tua senang.. :)

    ReplyDelete
  14. Setuju Na, hehehe.

    Bangga yang datang dari dalam diri sendiri memang baik ya, soalnya bisa menenangkan diri gitu, nggak bikin stress, hehe :-) .

    ReplyDelete
  15. bangga bisa datang dari luar dan dari dalam diri. menurut saya, buat rasa bangga itu datang dari dalam dlu (pada diri sendiri), misal melakukan kesuksesan2 kecil lalu merayakannya secara sembunyi2(xixi). setelah itu lakukanlah kesuksesan2 besar dengan niat yg lurus, maka kebanggaan itu akan datang dari luar. # njiah long banget.. -_-

    ReplyDelete
  16. bangga itu bisa temenan sama kamu na :v

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat kata seorang blogger, kalau memuaskan orang lain itu pekerjaan yang sia2...

    ReplyDelete
  18. Bangga? kalau aku jarang banget bangga sama.diri sendiri. Tapi konsep ini salah juga deh rasanya. seperti gak menghargai apa yang udah dirisendiri lakukan dong..

    Btw.. aku belom pernah baca cerita lo ke jepang na.. udah ditulis atau belom seh? 5 bulan yang lalu aku lagi hiatus sepertinya :(

    ReplyDelete
  19. Bangga karena bisa membahagiakan orang-orang, itu bagus. Nice post :)

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!