Namanya Paijo

Usai pembagian kelompok di grup A, seorang partisipan dari grup yang sama menyapa. Nama depannya Panit, tapi panggilannya Great. Ia berasal dari negara Thailand, dari sebuah kota yang berada di dekat Chiangmai. Aku bisa saja mencari nama kotanya di profil FB-nya, tapi namanya aneh, agak asing untukku, jadi ia menjelaskan kalau itu berada di dekat Chiangmai. Meski orang Thailand dulu-dulunya imigran dari Cina, si Great ini separuh Chinese karena kakek nenek dari bapaknya berasal dari Cina. Oh iya, ia bisa menyapa dengan Bahasa Indonesia, seperti 'selamat pagi', 'selamat siang', dan 'selamat malam'.

Gio, Great, aku. Gio berasal dari Unair, Surabaya. Tapi sekarang lagi di NUS, Singapore, mauuuuuu >,<
Rupanya, ia pernah tinggal sebulan di Semarang. Dan sepertinya belum lama ini deh. Tapi lupa aku hahaha... Waktu itu ia dan beberapa temannya merupakan mahasiswa exchange ke Universitas Negeri Semarang (Unnes). Oleh mahasiswa di Semarang, ia diberi nama Indonesia 'Paijo'. Aku langsung tertawa. Ia bertanya padaku apa artinya, tapi aku nggak tahu hahahaha... ngok. Yang aku tahu itu nama old Javanese village people name, hehehe,

Ia bercerita saat di sana ia sering diliatin orang-orang dan ia mempraktikkan perkataan waktu ia mau makan di warung, 'satu es teh'. Aku bercerita kalau aku suka sekali sama museum Jim Thompson di Bangkok, dan dia nggak tahu. Rupanya ia jarang pergi ke Bangkok karena jarak dari kotanya lumayan jauh.


Si Great ini, kalau di bus, pas lecture, selalunya tidur! Aib, hehehe. Selepas berkunjung ke Nagoya University, ia bertanya kepadaku, kenapa muslim ada yang pakai veil dan aku enggak. Ya aku jelasin saja, karena menurutku nggak wajib. Itu masalah pilihan, sih.

Nah, pas di Hotel di Nagoya sempet wifi-an bareng di lobby karena di kamar nggak ada wifi, semmm. Sembari pegang gadget masing-masing, sambil cerita macem-macem. Mulai dari tentang seragam universitas, ladyboy, pengen ke Eropa, Mario Maurer -yang ia bingung kenapa pacarnya suka sama Mario Maurer dan emang MM tuh cakep beuddd-, sampai tentang dia nanya Bahasa Jawa-nya selamat malam apaan, karena ia mau menyapa teman Semarangnya, yang ia panggil 'Mbak sopo ngono' hahaha lali~

Bikin glass art keychain di Shippo Art Village, Nagoya.
Aku tanya akun Facebooknya apa, dan aku buka. Aku buka foto-foto FB-nya di depan orangnya. Trus ada foto yang aku bilang kayak political campaign gitu. Rupanya ia merupakan student president di kampusnya. Ia bilang jangan bilang siapa-siapa. Tapi ni aku masukin di post wehehehe. Aku kaget waktu dia bilang dia sudah 25 karena rata-rata partisipan umur 18-22 tahun. Katanya ia pernah kuliah trus berhenti dan pindah kuliah makanya dia sudah tua, hehehe.

Great ini peramah, friendly, dan menghargai banget. Pas di farewell party, tahu aku muslim, trus aku ditawarin bir, dia nanya dulu. Aku bilang aja, gak papa, aku pengen coba hahaha... Dia juga berpesan kepada teman-teman grup A, katanya kalau diantara kita ada yang menikah, jangan lupa ngundang. Dan kalau punya anak, jadikan Great ini seorang paman. Hahaha... sangat visioner...

Dan sesuai namanya, dia memang Great lah ^^

16 comments:

  1. paijo atao great na...jadi bingung aku...hehehe....dah kelewat dong umurnya tuhh...25

    ReplyDelete
  2. oh paijooo....bener2 nama ndeso kata orang2 :D
    enak ya jd kamu na,jalan2 mulu hihihi....*sawang sinawang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adooohhhh sendirinya suka jalan-jalan :P

      Delete
  3. Ada Paijo yang berkulit putih juga toh ? xixixi...... tapi senang juga dapat berkenalan dengan teman-teman yang berasal dari berbagai negara ya Una. Jadi nambah wawasan.


    Salam wisata

    ReplyDelete
  4. Paijo kuwi nek ning India dadi Vijai

    ReplyDelete
  5. Takon museum Jim Thompson ning Paijo podo karo takon Museum Suroboyo Na...
    Aku yo ra ngerti blas, mergane durung tau tekan kono.
    Podo karo takon Taman Pintar ning wong Tebet, durung mesti ngerti, kecuali kowe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, aku ngebayanginnya Thailand tuh cilik hahaha jadi apa2 tau :p

      Delete
  6. Tumben fotonya kagak di-blur Na, huahahaha :P

    ReplyDelete
  7. mario maurer memang fenomenal. nama paijo sering kudengar di ftv-ftv setting jawa pegunungan :D

    ReplyDelete
  8. paijo sering dijadikan nama di fil film dono, yg berperannya adalah indro

    ReplyDelete
  9. jadi ingat temenku hpnya dinamakan paijo hehehe gak ada hubungannya sh sama paijo disini ya

    ReplyDelete
  10. Sayang ya dia uda punya pacar..
    Hahhaha..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!