Teater Abnon - Soekma Djaja

Bicara tentang Kebudayaan Indonesia menurut aku nggak ada habisnya.. karena Indonesia memang terkenal dengan kekayaan budaya yang luarrrr biasaaaa kaya dan membentang seantero Negeri bahkan sudah diakui di mata Dunia. Kebudayaan kita juga memiliki keragaman konsep lho, seperti musik, teater, silat, tari, dll.

Kalau boleh aku contohkan nih.. ragam kesenian dari Betawi, seperti Gambang Kromong, Ondel-ondel, Lenong dan beberapa kesenian lainnya. *ga bisa di list saking banyaknya* Jujur nih... aku pun masih agak asing sama kesenian Betawi. Dan biasanya beberapa kesenian betawi ini cuma akan dimainkan pada saat perayaan besar, atau acara pernikahan adat Betawi.

Bicara tentang perayaan besar, sebentar lagi kan warga Jakarta akan merayakan HUT Kota Jakarta ke 486 nih... setahu aku akan ada banyak ragam pentas kesenian rakyat Betawi yang bakal ditampilkan seperti yang aku sebutkan sebelumnya. Nah, menurut info yang aku dapat, dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta di bulan Juni ini, Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) juga akan turut memeriahkan melalui Teater Abnon. Nantinya mereka akan mementaskan sandiwara Betawi dengan lakon Soekma Djaja, tempatnya..dimana lagi kalau bukan di Gedung Kesenian Jakarta pada tanggal 5-6 Juni 2013.

Sandiwara yang akan digelar ini akan bercerita tentang potret kehidupan dari sebuah keluarga Betawi pinggiran yang masih mempertahankan tradisi musik Betawi, yaitu Gambang Kromong. Seiring waktu keluarga seniman ini sadar akan desakan ekonomi yang tidak dapat dipenuhi dari pemasukan sebagai seniman Gambang Kromong... Apalagi tradisi musik ini semakin tergerus oleh arus zaman. *kalah deh sama gadget dan mall*

Oh iya... Pentas Teater Abnon kali ini bukan yang pertama kali lho bagi kakak-kakak di IANTA. Sebelumnya pentas Teater Betawi sejenis juga pernah ditampilkan pada tahun-tahun sebelumnya, seperti “Cinta Dasima” ditahun 2009, “Doel” ditahun 2010 dan “Sangkala 9/10” ditahun 2011. Dan semuanya terbilang sukses lho, tiketnya juga sold out. Wow! Tapi kenapa ditahun 2012 nggak diadakan yah? ^^

Kali ini Djarum Apresiasi Budaya, menjadi salah satu pendukung acara yang kebetulan punya Tujuan yang sama dengan Teater Abnon, yaitu Melestarikan Kebudayaan. Djarum Apresiasi Budaya sendiri sangat mendukung semangat kreatif masyarakat serta membangun hubungan kerjasama dalam usaha-usaha untuk meningkatkan apresiasi terhadap hasil budaya Indonesia. Mencintai budaya merupakan wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia juga kan?? Karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Yang nggak kalah menarik nih, ternyata Maudy Koesnaedi loh yang bertindak sebagai produser pentas Teater Abnon Soekma Djaja ini. Aku juga baru ‘ngeh’, dia kan juga mantan None Jakarta ya dulunya dan sekarang mendedikasikan dirinya untuk menggali dan mengembangkan potensi milik para alumnus Abang None Jakarta dalam bidang teater. Salute deh!



Yang tertarik untuk nonton pementasan Teater Abnon ini yuk buruan beli tiketnya disini. Harganya nggak begitu mahal kok, yah cukup masuk akal lah untuk kantong anak kuliahan kayak aku ini.^^

31 comments:

  1. Replies
    1. Aku malah cuma pernah denger Nyai Dasima. :D

      Delete
  2. oo iya ya, ini udah juni. jakarta banyak event nih, termasuk abnon :D

    ReplyDelete
  3. Waaahhh tiketnya mahal sekaleee kaa >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang 100 ribu kok, yang didapet kan lebih banyak :D

      Delete
  4. udah lama juga ya..ga kedengeran lagi gaung abnon..kayaknya taun kemaren udah ga ada ya Un pemilihan abnon ?

    ReplyDelete
  5. wah pngin nonton, tapi jauh banget kudu rogoh kocek untuk tiket pesawat juga hehe, kalau nyai dasima aku tau ceritanya

    ReplyDelete
  6. marake kangen jogja
    pentas senine kaga ade matinye...

    ReplyDelete
  7. pengen nonton,seru kayaknya....kyknya maudy sekarang sering memproduseri teater ya na :D

    ReplyDelete
  8. kalo mo gratis nonton lenong disini aja nyok :)

    ReplyDelete
  9. kejauhan Non! kalo gue berangkat dari kampung, nyampe di jakarta mungkin bisa. tapi nontonnya gimana? pulangnya gimana? kecuali Una yg traktir beli tiketnya hehehe!

    ReplyDelete
  10. pengen liat IANTA maen teater :D

    ReplyDelete
  11. Wah pasti Jakarta sedang sibuk sibuknya ya Tante Una.

    Semoga Jakarta kian maju dan berkembang pesat ya.

    Salam manis dari Jember

    ReplyDelete
  12. oo.. begitu to.. pernah liat iklannya di lampu merah fatmawati..

    ReplyDelete
  13. sayang sekali tempatnya jauuuuuuuuuuhhh :(

    ReplyDelete
  14. waduh Nyai Dasima julukan dosenku tuh

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!