Toko Buku dan Jokowi

Aku mau cerita tentang kemarin (14/09) ajah...

Usai dari kampus, si Aji, teman sekelasku, rencananya mau menraktirku. Dia abis ulang tahun yang ke-27. Tapi kayak bingung sendiri gitu mau nraktir apaan. Mau makan pizza katanya nggak seru kalau makan pizza nggak di rumah, tapi kubilang aku mau ke rumahnya, kaga dibolehin. Mau makan burger, tapi kayak nggak oke. Akhirnya diputuskan makan sushi.

Ekok ya, nggak ada tempat duduk yang di dalam. Aku yang ogah duduk di luar, sumuuuuk, bilang 'nggak mauuu' deh ke mas sushi-nya. Hihihi, I could be so manja lah... Akhirnya nggak jadi ditraktir sushi.

Ujung-ujungnya malah ke Gramedia. Ceritanya si Aji mau cari buku untuk bahan esainya tentang lingkungan hidup. Pas di Gramedia keingetan ada seorang blogger, Mbak Nur Shine Fikri, yang menulis sebuah buku dan memasukkan namaku dalam kata pengantarnya. Cari ah...

Setelah mumet liatin judul-judul buku komputer, akhirnya ketemu, woo hoo!



Maap ya Gram, aku buka plastik bukunya cuma buat moto dalemnya, hahaha...

Ndilalahnya pas ke sana ada launching buku Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar. Katanya sih si Jokowi mau datang. Kepingin sih... etapi kok ya mulainya baru jam 14.30, padahal pas kami liat bannernya baru jam 12.30. Hmmm... Dan kayaknya, si Aji mana mau diajakin nonton begituan.

Kami muter-muter toko buku, aku beli buku Jiwo J#ncuk-nya Sujiwo Tejo, lalu ditraktir Aji makan crepes. Dan tahu nggak sih, crepes yang kita pesen plus minumnya samaan dong... fufufu, kita emang sehati... Nggak tahunya, nggak kerasa udah jam 14.00. Aji kutanya mau nggak liat launching buku Jokowi, eee dia mau, asik asik!


Berharap dapat snek, ternyata kaga dapet. Isi buku tamu, duduk deh. Dan di sana sudah dipenuhi manusia berbaju kotak-kotak euy. Becanda-becanda sama Aji. Foto-foto nggak jelas. SMS-an sama Aji. Iya, SMS-an... padahal di sebelah persis orangnya.

"Una, do you know what heaven is? Heaven is earth with you," begitu pesan teks dari Aji.

Aku yang Bahasa Inggris pas-pasan, kaga ngarti maksud persis kalimatnya. Kata si Aji itu gombalan, maksudnya 'Lo tau gak surga itu apa? Surga itu di dunia bersama elo.'

Oh gitu... Dia langsung ngelanjutin, "Aaah gak asik lo Na." Si Aji kasian amat ya nggombalnya ke aku, kali dia nggak ada objek buat kasih gombalan, hahaha!

Acaranya ngaret, lebih dari jam tiga baru mulai. Acaranya berupa ngobrol-ngobrol sama tim penulis bukunya, Domu Ambarita, dkk. Ia menjelaskan bahwa awalnya proyek buku ini harus jadi dalam 10 hari. Tapi agak molor jadinya.


Si penulis bercerita banyak. Misalnya situasi yang fenomenal ketika Jokowi mengambil gajinya tidak untuk dirinya sendiri melainkan disumbangkan. Katanya sih gajinya 30 juta perbulan. Beliau sering membagi-bagikan beras tiga kiloan kepada orang yang tidak mampu. Dan itu bukan pencitraan karena sudah ia lakukan sejak lama, bukannya satu dua bulan menjelang pemilihan walikota yang kedua kalinya (waktu itu).

Juga bercerita lagi ketika Jokowi bekerja di perusahaan pamannya. Sekitar tahun 1988. Ia melihat banyak pegawai yang malas-malasan. Ia gemes akan kayak gituan. Yang ia lakukan bukan menegurnya langsung, melainkan mengajak pegawai-pegawai itu makan siang yang enak. Kala itu ia membayar dengan uang sendiri yang kala itu mencapai 200ribu rupiah (kata si penulisnya). Para pegawai itu kemudian sadar dan bekerja dengan lebih baik.

Kalau eike yang jadi pegawainya sih, males-malesan terus aja biar diajak makan enak mulu, hahaha!

Mbak mbak pemain biola...
Mas Ade Rizal Avianto, yang juga tim penulis, yang kesehariannya ialah wartawan Tribun Jogja yang bertugas di Solo bercerita bahwa balaikota di sana sangat terbuka. Tak memandang bagaimana orang yang datang berpakaian bagus atau lusuh, semua bisa masuk. Ia pernah dimintai tolong menulis surat tulis tangan permohonan seorang warga untuk supaya dapat membayar sekolah anaknya.

Si Aji yang dulu pernah tinggal di Solo pun bercerita kalau ia pernah muterin mobilnya di dalam balaikota. Trus maksudnya apaan, Ji? "Ya maksud gue... balaikotanya tu terbuka gitu. Buat muterin mobil aja boleh. Kaga pake ditanya-tanya lagi..." Oh...

I hateeeee... kameraku baterainya habis dan terpaksa pakai hape yang lemotsss pas ngejepret ibunya gak madep ke kameraaa ngookk
Sayang seribu sayang, Jokowi yang rencananya akan hadir mendadak nggak bisa datang, fufufu... yang datang hanya ibunya Jokowi. Ia bercerita kalau dulunya Jokowi pernah main apaan gitu, ampe ngebakar alisnya. Ia ditanya doa rahasia apa yang dilantunkannya untuk mendoakan anaknya, katanya kaga ada... paling plus shalat tahajud tiap malam saja.

Dan rupanya ibu Jokowi ini orangnya selowww... ada yang nanya, seandainya Jokowi kaga kepilih jadi gubernur DKI piye... katanya, "ya nggak apa-apa, ya pulang saja ke kampung halaman." Ada yang nanya juga, bagaimana saat dia dibilang beragama kristen oleh seseorang... jawabnya, "nggak apa-apa, saya biasa saja." Cool lah ibunya, selowww...

Sayang seribu sayang juga, baik aku maupun Aji nggak ada yang berhasil ngedapetin hadiah goodie bag-nya, wkwkwk... Aku penasaran sih sama bukunya... tapi ntaran aja dah, kali di Perpustakaan Daerah ntar ada bukunya, hihihi *gakmodal*

Teman gue paling anti-mainstream. Dia doang kayaknya yang minta poto ama Mbak Lisa, ketika yang lain pengen poto ama ibuknya Jokowi.
Sinting.
Ke Gramed terlamaku, dari jam 12 siang, sampai di sana jam enam sore. Yaudah dehhh balik... naik busway ternyata buswaynya kacau, nggak berhenti di halte dekat Gramed... penuh pulak, baru ampe rumah jam tujuh malam. Langsung tek sekkk tidooorrr...

❤❤❤

84 comments:

  1. ehm ehm.. jadi aji ya namanya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Preferensi seksualku masih normal T.T

      Delete
    2. kancamu keren Un.
      kyo wong koplak.
      hahaha..
      pengen ngetak aq..

      Delete
    3. Emang dia tu kemetak lah mas...
      Kalo di sebelah dia rasanya mau ngetak terus hahaha

      Delete
  2. Titip salam ya buat mbak Ajinya... hehehe :)

    ReplyDelete
  3. nggak beli bukunya,
    tapi niat banget mau ke perpunda ya?
    sering minjem buku di sana ? rumahmu dekat dengan perpunda sih ya ...

    ReplyDelete
  4. haha keren gayanya aji gendong shaun. tag nya 'sinting' lagi hahaha kejam deh.
    seru... una the explorer feat aji

    ReplyDelete
  5. wauuuuu "Heaven is earth with you" cooooooocuuuuiiiiieeeettttttt
    hihihihihi

    :D

    ReplyDelete
  6. intinya saya mo nanya, Kamis nanti mau nyoblos apa GOLPUT lagi Na? :P

    Sayang ih aku gak tau klo ada acara ini, padahal kan pengen dateng gituh :D yaaah setidaknya bisa foto2 sama ibunya Jokowi, kali aja ketularan kalemnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan ama si Aji
      maksudnya mau tepe-in Una
      tapi karena pake English, pesannya gak sampe ya Na hahaha

      Delete
    2. Hihi kalo gak males bangun ya gak nyoblos :P
      Iya tuuu mbak biar gak emosian hahahaha!!
      Iya aku gak ngerti ama SMSnya, gak klepek-klepek aku wkwkwk

      Delete
  7. Kae mau poto sek terakhir,sek di gendong kae anak mu un?

    ReplyDelete
  8. Kalau mau belajar jadi wanita kuat sama gombalan belajar sama Una hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah, etapi aku suka loh digombalin... tapi kok gak ada ya yang nggombalin aku ya...

      Delete
  9. Kalau gak salah lihat, itu ada tulisan Una ya dibuku mozila. :P
    Tau gak Un, kenapa Bapak Jokowi gak datang?


    Mba Aji mripate bagus ya, yang main biola juga cantik, Una gak tampak wajahnya, jadi bingung mau ngomen apanya? :P

    ReplyDelete
  10. ahahaha, heh, bayaaar udah numpang nama dibukuku :P

    kenapa wajahmu yg seksai diburemin na? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu yang bayar mbak, masang-masang namaku hihi :D

      Delete
  11. berhubung saya orang solo, tentu saya akan minta foto bareng Mbak Lisa saja jika hadir di acara tersebut, soalnya kalau dnegan jokowi sudahbeberapa kali bertemu :)

    ReplyDelete
  12. ternyata susah juga smsan,
    udah pake bahasa romantisme mendunia eh yg dikasih g mudeng =="

    skrg, pejabat pada hobi bikin buku ya, jd ngiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... lisan pun aku juga bakal gak mudeng... dasar kurang peka aku...
      Hehehe itu pejabat dibikinin buku :P

      Delete
  13. kebiasa'an deh fotonya di blur-in... :D wew, namanya muncul di buku... :keyen :D

    ReplyDelete
  14. Temenmu itu emang anti mainstream. Buktinya, orang2 biasanya gendong boneka bayi, lha dia gendong boneka kambing, plus dengan tatapan penuh kasih sayang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia natap ke siapa saja tu penuh kasih sayang.
      Apalagi sama buku ekonometrika...

      Delete
  15. Btw, kamu kapan bikin buku? Masa kalah sama Jokowi. Kamu kan lebih populer dibanding Jokowi (di blogosphere)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Populer opohh...
      Bikin buku apa ya, hmmm...

      Delete
  16. ternyata aji itu cewek yah :P
    aku kira cowoknya mbak Una :D

    ReplyDelete
  17. Eh buset itu buku 10 hari harus jadi?? Wow, hahaha... :D

    Ah, Ibunya Jokowi cool ya. Tapi ya bagus sih jadinya kan gak terpancing dalam keributan persaingan perpolitikan kan *halah, apaseh :P *.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wow abisss...
      Hahaha yap yap cool deh :D

      Delete
  18. jadi ini ya ibunya Jokowi itu. wah, baru liat gue Na. eh, si Aji??? siapa tuh?? hhnmmmmm...

    ReplyDelete
  19. baru tahu kalo ada buku ttg jokowi, ada gak ya di gramed di daerah sya, bismillah besok mo kesana hehe

    ReplyDelete
  20. Liat email dari lo, gw langsung cek blog lo na. Ternyata apa yang gw takutkan terjadi. FOTO BUSUK ITUUUUU!!!

    Paling enggak foto tua gw gk lo expose. Mbak2 pemain biola itu bukan orang biasa tauuu. Gw yakin dia masih sodaraan sama VanessaMae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka! Lo gak tau aja semenit lagi bakal pasang foto tua lo gue :D

      Delete
  21. Asik banget kayaknya jalan2 sama Aji. Dapet baju kotak2 ga?

    ga dapet bajunya, kotaknya jg ga papa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak dapeeet... kotak isi snek pun nggak dapettt...

      Delete
  22. Hoalah Naaaaa.. Tadi pagi pas maen ke pasar ki tak kira Aji itu cowok. Ternyataaah. Salah paham diriku. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka kagaaa, wanita dia... kayaknya sih :D

      Delete
  23. Gombalannya keren ya kak :)

    Jadi ke gramed cuma lihatin buku ya, gak beli
    hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren dong, hi class gombalannya. Ampe gue kagak ngarti...

      Delete
  24. Wuhahahaa bener bener dah nih. Diblur lagi wajahnya wajah kriminal cinta yang satu ini memang keren dari segala sudut. Ngomongin soal Jowoki wah saya juga kena "imbasnya". Saya banyak kemeja yang kebetulan saja bermotif kotak kotak, dan setiap kali ngantor selalu dibilang fans Jokowi. Saya cuma melongo aja

    Baidewi baswei, saya Kaget juga ada foto dengan mata melhotot seperti itu hhiehiehiheiehiee. Perlu keberanian dan kepedean tingkat tinggi untuk bisa menampilkan foto dengan pose mata melhotot gitu. x\Xixixixixixie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka yoyoi kriminal cinta :D
      Penggemar Jokowi nih yeee?
      Aku sih pede pede aja nampilin foto dia melotot di sini wakakaka

      Delete
  25. yang jadi pertanyaan besarku adalah kenapa Una menyensor mukanya sendiri di beberapa postingannya?

    jangan bilang ga PeDe. jangan bilang biar misterius?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lha emang enggak...
      Iseng-iseng aja kok :P

      Delete
  26. nbuh mau koment apa, salam aja buat mbak Aji..
    trus itu foto terakhir kok di bawa2 gak ditidurin dirumah aja?

    ReplyDelete
  27. Aji ternyata tukang nggombal ya... nek Una suka di gombalin nggak ha.ha.ha.

    ReplyDelete
  28. Aahh.. aku kira pacarmu un.. mana yg lainnya neh? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaaah pacar mah gak dipublish di sini wkwk

      Delete
    2. oooo jadi mba Una udah punya pacar taa?

      Delete
  29. ehhhhm seru ya. ane malah seru baca resensi nya tntang jokowi. hebat ya, dia ngasih makan pegawainya dengan makan enak. kamu duit dari mana enak dari mana na? ayo jangan males melsan... hehehhehe. ud terkenal loh, sampe ada di buku segala.

    ReplyDelete
  30. Eeh pak jokowi gag hadir kan lagi di tempat lainnya buat kampanye mbak una :D

    Eeh ibu e jokowi kok gag tua2 banget yoo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hari itu jadwal kampanye tapi awalnya dah konfirm mau dateng
      Iya gak tua penasaran aku ama umurnya

      Delete
  31. yuhui, masuk dalam kata pengantar ya..
    itu salah satu keadaan yang bisa memaksimalkan motivasi.
    kayak dulu saya punya teman SMA, namanya ditulis di pengantar di sampul kaset Power Metal. wah tu anak jadi makin semangat dalam kesehariannya. serasa gegap gempita sekali.
    Mbak Una gimana? ceritain dong soal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, seneng donggg :D
      Mas kalau bikin buku, pasang namaku dong :P

      Delete
  32. foto yang paling bawah lucu ik...
    xixixii

    ReplyDelete
  33. wah jokowinya ga datang ya... loh malah ibunya disuruh kampanye ya.... weleh weleh... :)

    aji itu siapa sih sebenarnya?:)

    ReplyDelete
  34. makasih sudah mampir di launching buku Jokowi Spirit Bantaran Kali Anyar... iseng-iseng googling, ternyata nyangkut di sini...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!