Dolan nyang Kasunanan

Kecele di Pura Mangkunegaran karena tutup, ya nggak bikin aku langsung mutung (putus asa) dong ah. Boong deng, aslinya aku mutung... nggak bisa ke rumah Paundra, heuheuheu. Sekitar setengah jam nunggu Mas Vai, abis itu ke Kasunanan.

Aku baru tau istilah Kasunanan ya kemarin itu, sebelumnya aku tahunya ya Keraton Solo utawa Keraton Pakubuwono gitu. Ternyata orang sana nyebutnya Kasunanan. Jalan dari alun-alun utara, lalu ke Siti Hinggil. Bisa masuk lewat sana tapi katanya lebih mahal dan seingatku masuk Siti Hinggil bisa lewat samping. Ra mbayar. Salah jalan, keluar lagi lalu ke arah Kori (Pintu Gerbang) Kamandungan.

Beli tiket per orang 10.000, kemudian jalan ke arah tempat masuk sesuai petunjuk si mbak-mbak jual tiket. Kata orang-orang sih, Keratonnya biasa wae. Tapi tetep aja eike penasaran dan ekspektasiku sih Kasunanan jauh lebih apik tinimbang Keraton Kasepuhannya Cirebon, yang mana di sana banyak orang minta-minta gitu. Be-te.

Panggung Sangga Buwana. Katanya sih, itu tempat ketemuan si raja dan Nyi Roro Kanjeng Ratu Kidul. Auk dah tuh...
Sebelum ke ruang pajang pamerannya, kami ke halaman Sasana Sewaka dulu. Nah di sini diwajibkan untuk memakai sepatu/sepatu sandal, kalau pakai sandal disuruh nyeker... Kalau aku sih ogah deh nyeker, wkwkwk! Plus pakaian rapi lah ya, nggak boleh pake kaos kutungan atau celana pendek. Entah perasaanku atau gimana ya, abdi dalem yang jaga pintu masuk halaman ini juteknya puolll... Kata si Mas Vai sih karena kita bukan bule... heuheuheu.


Halamannya luas, banyak pohon sawonya. Trus batangnya dicat putih, biar apaan sih itu? *kepo. Lalu bisa dilihat menara Panggung Sangga Buwana itu. Lalu Bangsal Sasana Sewakanya sendiri, yang memiliki patung perempuan gothic... hiiii! Ada bangsal juga yang untuk main gamelan. Menurutku sih arsitekturalnya mirip Keraton Jogjakarta. Oya, meski luas, tapi nggak bisa begitu muterin karena ada batas pengunjungnya.



Di sana Mas Vai ketemu temennya. Kasian deh, udah lama banget Mas Vai ngeliatin temennya itu tapi temennya nggak ngeh-ngeh juga. Lima belas menit kemudian baru temennya sadar... heuheu sabar ya mas. :P

Lanjut kami ke ruang displaynya.

Aku curiga ini dari labu.
Isinya ya gitu... ada alat musik tradisional, kereta kencana, lukisan raja-raja, tandu yang dipakai, tapiii kaga banyak yang ada penjelasannya... heuheu. Tipikal museum di Indonesia. Kalau tertarik sejarah kerajaan Mataram Islam malah mending ke Museum Ullen Sentalu. Mbak guide-nya pasti ditanyain silsilah ngerti deh. Nah, malah yang menarik aku ialah Sumur Songo dan tempelan kliping koran mengenai nama kota Solo yang benar. Aku jadi ingat postingan Pak Mars deh...

Mpu Gandring serius lihat keris.
Aku menangkap gambar itu kok jorok ya. Kata Mas Vai enggak. Berarti otak gue lebih kotor daripada otak pria, ahahaha...
Mas Vai bandel, ngelitikin kaki patung... padahal tulisannya Don't Touch. Hmmm...
Nah di tengah-tengah halaman antara ruang pameran ada sumur gitu. Katanya dulu tempat bertapa Pakubuwono kaping IX. Katanya juga kalau minum air itu atau cuci muka, keinginan akan terkabul. Kata abdi dalem yang menjaga sumur itu sih yaaa sesuai kepercayaan sih dan tergantung doanya. Aku sih biasa aja, nggak pengen-pengen coba amat. Si Mas Vai malah bertanya apakah bisa bikin berubah jadi ganteng. Tapi dia gak jadi, malah bilang "nggak percaya aku..." Dia sendiri aja nggak yakin dirinya bisa jadi ganteng... hihihi.

Aku juga jadi nggak nyoba soalnya pas liat mbak-mbak dan mas-mas gitu ambil airnya, harus membayar sejumlah uang ke abdi dalem-nya ntu. Emoh ah, ilfil aku kalau udah pakai bayar-bayar gitu...

Banyune didongake sik.

Mengenai kliping korannya, ada dua artikel. Yang satu ditulis oleh Soedarmono, staf pengajar Sejarah UNS. Yang satu lagi tanggapan artikel yang ditulis oleh Nancy Florida, Guru Besar Kajian Indonesia dan Jawa University of Michigan Ann Arbor Michigan USA (nama sekolahnya panjang bener...). Pak Soedarmono sih berpendapat kalau lebih baik menggunakan istilah Sala, karena istilah Surakarta menurut beliau terlalu kolonial dan digunakan Belanda untuk menamai karesidenan, Karesidenan Surakarta. Bahkan ia meminta Jokowi-AhokRudy untuk mengganti nama kota. Yaelah... wkwkwk.

Kalau Solo sendiri ialah istilah yang mengindonesia yang mengacuhkan kaidah fonetik Bahasa Jawa. Sementara, si Bu Florida memaparkan bahwa istilah Surakarta sudah dipakai sejak dulu kala, dalam Babad Giyanti, Babad Prayut, Babad Surakarta, selalu nyebutnya Surakarta. Kata Sala baru populer akhir abad 19. Auk ah mumet...


Sebenernya aku masih penasaran, kalau di Jogja kan abdi dalem tuh punya nama yang dikasih Sultan, dan di KTP pun namanya ada dua terpisah garis miring gitu. Di Solo gimana ya... hmmm... 

❤❤❤

98 comments:

  1. asyik edisi jalan-jalan lagi ... emang yg foto ttg kuda lumping lagi ngapain ya mereka? penasaran banget ... ;)

    ReplyDelete
  2. hihihi siapa juga yang mau mandi disitu ya yg ada jadi tontonan pengunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha malem malem mbak pas udah gak ada orang :D

      Delete
  3. terus pas dipegang patungnya menggelinjang gak Na?
    pastinya ada larangan DONT TOUCH itu karena dikuatirkan ada dampak tertentu toh? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh istilahe menggelinjang x_x
      Gak tau deh tuh mbak... kan eike gak ikut megang2 hihihi

      Delete
    2. Saya belum pernah pakai istilah "menggelinjang"...
      Yang sering pakai istilah itu pastinya cerpenis

      Delete
    3. Aku juga gak pernah...
      bayanganku kok konotasi negatif ya wkwkwk

      Delete
    4. Patungnya ga menggelinjang mba, tp lgsg menendang. Hihi..

      Na, aq jd penasaran dg dua org hg di kuda lumping itu, cb balik kesana lagi dan lht baik2 Na...
      Wkwkwkwk......

      Delete
    5. Wakakaka dia maunya nendang tapi dia inget dia pake jarik jadi susah nendang...
      Aku udah liat baik-baik mbak... tapi kok tetep mesum yah pikiranku hahaha! Padahal itu sama-sama laki-laki :P

      Delete
    6. IKutan di sini, tuh patungnya menceritaan ttg apa? APa main kuda-kudaan? Kok ada mainan jaranannya.

      Delete
    7. Lali, kuda lumping apa ya hihihi~

      Delete
  4. Kamu mestinya nunggu ampe jam 12 malem. Kali aja tu kereta kudanya berubah jadi labu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takut abdi dalemnya pada jadi tikus T.T

      Delete
  5. kok jadi lahan bisnis ya airnya Un.. padahal kan hanya air biasa tuh.. yang menjadi anti biasa kan orangnya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... dan kayak gak resmi gitu pungutannya.
      Rajanya ke mana ya...

      Delete
  6. Wis ana tulisane dilarang pegang koq ya isih megang, Un. :P
    Aku gak di ajak tuh. . .

    Ke jogja lagi kapan, Un? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau tuh... *padahal aku yang nyuruh*
      Minggu depan mbak hehe... lagi di Jogja po?

      Delete
  7. Memang demikian mbak, kalau Kraton Surakarta disebut sebagai Kasunanan (Sri Susuhunan Pakubuwono) sedangkan Kraton Yogyakarta disebut dengan Kasultanan (Sri Sultan Hamengkubuwono). Ada lagi yang di Yogyakarta Pura Pakualaman (Sri Paku Alam) dan di Surakarta Pura Mangkunegaran (Sri Mangkunegoro).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi nek Kraton Jogja kok aku nyebutnya yo Kraton ngono thok ya :D

      Delete
  8. Asli ngiri lihat foto2nya Una. Aku kesini sudah lamaaaaa banget. Waktu itu juga belum nge-blog..Jadinya ya gitu deh, ngambil foto juga sekedarnya..Kayaknya mesti berkunjung ulang nih..

    ReplyDelete
  9. Fotonya bikin 'menggelinjang'...
    (geli2 kejang)

    ReplyDelete
  10. Tanpa tulisan "Dilarang Mandi" pun kayaknya gak bakal ada yg melakukan Na
    Lha wong panggonane terbuka kayak gitu lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan mandi bisa aja gak pake wudo pak :P

      Delete
  11. pegang sama ngelitikin beda kali un...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kan ngelitikinnya gak wireless

      Delete
    2. makanya besok kalo kesana lagi bawa remot

      Delete
    3. kaleng susu pake benang iso gak..?

      Delete
  12. Hihihi. Poto kuda lumpingnya jadi ikutan mesum Na aku ngeliatnya. Padahal lho sakjane nggak.

    Nyenengke Na baca liputan keliling kasunanane iki. Btw ga bisa masuk ke panggung sanggabuwana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka pikiran kotor :P
      Gak tau mas... aku gak nanya, dan waktu itu gak kepikiran. Apalagi abdi dalemnya jutek2 gitchu...

      Delete
  13. Batang pohon dicat putih gitu kalau nggak salah alasannya biar kalau malam keliahtan disitu ada pohon gitu deh Na. Jadi gak nabrak pohon gitu kalo gelap-gelap, wkwkwkw :P Eh, ini beneran lho soalnya kalau jalan ke luar kota gitu kalau lewat area yang hutan-hutan gitu kan banyak batang pohon di pinggir jalan yang dicat putih tuh, hehehe :D

    Btw, kalau Kasunanan kan kayaknya pas-nya juga sama "Kasunanan Surakarta" ya bukan "Kasunanan Solo"?? hahaha :D Selama ini sih aku kira Solo tuh kayak nama panggilan-nya kota Surakarta gitu deh Na. Jadi nama resminya Surakarta tapi nama panggilannya Solo, wkwkwkw :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh masaa? Oooh gitu ya... berarti kalo di Keraton biar kalo jalan kaki gak nabrak-nabrak pohon, ahahaha...

      Jadi Surakarta tuh semacam full name gitu ya wkwkwk. Panggilannya Solo. Atau nama panggungnya tuh :D

      Delete
  14. aku dadi pingin dolan nang kraton...

    lihat gambar2nya yang menarik :)

    ReplyDelete
  15. Mbak Una blognya sdah berkarakter selalu identik dengan foto-foto yang ciamik.. aku pengen suatu saat difoto sama mbak UNA.. hhihihihihi.. ayo kapan dolan nang sidoarjo opo surabaya? aku siap jadi guidenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka ciamik dari Hong Kong :P
      Kemarin April aku udah ke Sby... kapan lagi ya ke sana hihihi

      Delete
  16. aku pernah ke sana Una, tapi dah lama banget

    ReplyDelete
  17. liatin keris sampe terkagum-kagum kayak gitu....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe enggak sih, dia punya keris lebih keren daripada itu wkwkwk

      Delete
  18. Weih seru ya Mbak..:)
    saya paling suka lihat Kereta Kencana itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi kalau malem horor bisa gerak sendiri tuh...

      Delete
  19. Eh, Na, kok ada batasan sekarang, yah? 2010 Mbak ke situ, boleh itu lebih jauh dari larangan tersebut.

    ReplyDelete
  20. Sering jalan2 Una ya? Asyik. Kuliahnya bisa ditinggal2? Eh emang lgi libur ya? qiqiqi.
    Rupanya penjelasannya juga tak lengkap ya? Sayang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mbak lebih sering di rumahnya hihi... lagi libur... :D

      Delete
  21. cie...jalan-jalan lagi nih sama mas Vai....hehehe..

    eh..una kenal sama aryo diponegoro nggak un...pagi tadi di fb nya suamiku kok ada yang upload fotonya una, namanya aryo diponegoro. kata suamiku, katanya si aryo ini kakak kelas dia waktu di SMA 5 jogja. apa si aryo ini sodaraan sama una...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, cieee... *nyieein diri sendiri*

      Wah kenal banget! Sodaraan gak ya... mirip gak kita mbak? Hahaha...
      Eh japri dong mbak :D :D

      Delete
  22. haha, gambar itu ngga jorok Unna
    biasa saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih biasa aja? Kok pake 'haha'? Hahaha...

      Delete
  23. tiada hari tanpa jalan dan menggelinjang (???????)

    ReplyDelete
  24. mengulas tentang keratonan surakarta yah ..
    hmm ..
    boleh juga jadi referensi jalan-jalan ke kota solo ...

    ReplyDelete
  25. wah, tempatnya indah dan bersih. saya jadi kepengen ke sana. tapi, kok sepi y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya baru bakal rame kalo udah bagus banget :P

      Delete
  26. kenapa gak boleh pake sendal ya? padahal kan sama2 beralas kaki ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ngerti deh, aneh... padahal kalau di makam rajanya malah harus nyeker...

      Delete
  27. Wah....aku malah belum pernah kesini lho...
    jadi penasaran. Btw..Kuda untuk narik kereta juga dimakamkan ndak ya.
    Seperti di Pemakaman belakang Masjid Demak itu, ada Mkam Kuda juga heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gak tau aku, gak nanya... menarik juga ya kalau ada makam kudanya...

      Delete
  28. Aku penasaran dengan kereta kudanya, itu namanya apa NA? Kalau di jogya kan namanya aneh-aneh, ada Kyai-kyai gettu klo gk salah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yip yip sama ada kyai-kyainya, yang di foto kalau nggak salah Kyai Morosebo... ada yang Kyai Groedo... lali eike...

      Delete
  29. unik-unik bendanya ya. asik juga liburan ke situ :)

    ReplyDelete
  30. Gak ke pasar Klewer, Na?
    "aku gak suka batiiik" Kata Una :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup sekali ke sana :P
      Lebih tepatnya aku gak tertarik pasar klewer sama sekali hahaha

      Delete
  31. Pernah ke keraton cirebon tah Na? emang ngebetein ya banyak yg minta2, kirain skrg udh ga ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah Kasepuhan.
      Kanoman cuma depannya doang.
      Wah banyak mbak... Emang mintanya gak model pengemis gitu sih.
      Tapi banyak kotak amal gitu.
      Dan guide-nya mentalnya juga minta-minta...

      Delete
  32. meskipun dekat, saia malah belum pernah masuk kesana

    ReplyDelete
  33. Dimana suatu tempat yang memilki nilai sejarah dan budaya yang memiliki daya tarik pastilah disana ada mitos. Padahal mitos tersebut merupakan bahasa iklan sebagai daya tarik pengunjung. He...x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah;s Blog

    ReplyDelete
  34. ah, saya juga waktu liat foto yg kuda lumping juga mikir agak kotor. berarti tidak ada yg salah dg pikiranmun, Na. hihi
    btw, itu airnya boleh diambil (dibeli) ama orang umum ya Na? ada yang kaya bawa derigen gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata pikiranmu jorok juga :P
      Iya boleh mas... boleh ambil banyak :D

      Delete
  35. aku malah belum pernah masuk keraton sejak kelas 6 SD ;___;
    trus itu nama bapakku kok disebut2 trs sih Un

    ReplyDelete
  36. di nomor duakan di negara sendiri ya... bukan bule padahal mirip loih... hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya padahal kami semua kan mirip bule... bule jamaika wkwkkw

      Delete
  37. wahah, iya kok gitu ya, kesannya abdi dalemnya mata duitan :P..
    sayang banget, wibawa tempat yang seharusnya bersejarah dan luhur jadi turun..
    aduin gih ke rajanya kak Un :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap... eike bingung ngaduin raja yang mana.
      Keraton Surakarta rajanya dwitunggal gitu Es... hihihi...

      Delete
  38. Pernah ke sana juga sey... Emg bener Una, liat kereta kencana lgs kepikiran ma dongeng cinderela.. Hehe...

    ReplyDelete
  39. Wow, ini tour keliling Jawa kah? XD

    Btw kemarin pas di Cirebon ga bilang yo, kali bisa tos dulu sebentar :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga...
      Ke Cirebon dah suwi kok, awal taun lalu hehe... bagi empal gentong dong...

      Delete
  40. benda nya unik2 banget yaa... :D
    itu tulisan "di larang mandi .. kalo di fikir2 siapa juga yang mau mandi di situ .. hahahahah :D
    td nya aku liat gambar itu juga kirain jorok xixixixi ternyata emang fkiran gue juga wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ternyata banyak yang pikirannya jorok :P

      Delete
  41. wkwk, semua komen di tulisan dilarang mandi

    saya malah mau komen di gambar yang di bawahnya pas una senyam senyum ngliatin kendi berisi air, wkwk

    mau cuci muka pake air tapi takut ketahuan, hehe

    salam kenal mas, kunjungan pertama nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. YAAA TUHAAAN, itu bukan gueee!!
      Eike perempuan, huhuhu!
      Iya salam kenal juga tante...

      Delete
  42. Aku ketawa baca yang peringatan gak boleh mandi itu...emang ada ya yang nekad mau mandi di situ? wkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali aja mbak... lah di Solo bekas air mandiin kebo aja pada diambilin :P

      Delete
  43. aku orang Solo tapi belum pernah masuk ke Kasunanan lho mba..
    *cupu*
    kalo Mangkunegaran sih udah sering.. hehehe..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!