Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laki-laki di Toilet Perempuan

Kawasan paling terkenal di Kota Kyoto adalah Kawaramachi. Kalau disamakan sama Yogyakarta, Kawaramachi itu semacam Malioboro. Secara administratif, Kota Kyoto memiliki luas sekitar 800 km persegi. Akan tetapi, pusat kotanya tidak terlalu besar dan kawasan jalan-jalan, belanja, nongkrong utamanya ya Kawaramachi ini.

Dua apato (apartemen) yang pernah aku tinggali di Kyoto semuanya tidak jauh dari Kawaramachi. Hampir minimal seminggu sekali aku selalu pergi ke sini. Duh, andai Jepang sudah buka buat turis ya, tapi anyway, kalau teman-teman pergi ke Kawaramachi, aku merekomendasikan toilet mal bernama BAL sebagai toilet umum terbaik di area Kawaramachi. Di dalam toiletnya, ada sofa, desain interiornya bagus, wah bagus deh nggak kalah sama toilet di hotel-hotel bintang lima.

Suatu hari aku ke BAL cuma buat numpang ke toilet. Aku masuk dan ada laki-laki dong! Aku syok! Kenapa laki-laki ini ada di toilet perempuan?

Setelah aku melihat urinoir di dalam, aku langsung sadar sepertinya laki-laki itu yang berpikir, "Kenapa perempuan ini ada di toilet laki-laki?" Ternyata aku salah masuk toilet guys, malu deh. Ngga malu deng. Bukan ini sih inti cerita blogku.

Setelah kejadian salah masuk toilet, suatu hari yang lain, aku pergi ke toilet umum di salah stasiun. Di dalamnya ada petugas laki-laki. Aku kaget! Apakah aku salah masuk toilet lagi? Ternyata nggak, itu benar toilet perempuan hanya saja petugas yang membersihkan saat itu laki-laki.

Aku agak syok karena seingatku kalau di Indonesia ngga ada deh, petugas perempuan membersihkan toilet laki-laki dan sebaliknya? Kecuali toilet yang kayak di restoran yang emang cuma sebiji-sebiji ya. Tapi kaya toilet di bandara atau mal gitu yang banyakan, emang ada petugas lawan jenis membersihkan toilet lawan jenisnya? Ada ya? Aku yang ngga tahu aja?

Aku mikir oke lah kalau petugas laki-laki membersihkan toilet perempuan. Kan kalau toilet perempuan bentuknya kubikel-kubikel ya, jadi kalau laki-laki masuk juga ngga akan kelihatan. Kecuali sengaja ingin mengintip.



Kemarin ini aku pergi ke stasiun Nippori, kebelet banget pipis, asem banget antrenya panjang. Trus aku lihat papan kuning di depan toilet laki-laki yang bertuliskan, "Ada petugas kebersihan perempuan yang sedang bekerja di dalam."

Eh? Aku ngga kebayang aja, kan itu pasti laki-lakinya berjejer pipis di urinoir trus laki-lakinya malu ngga? Trus si petugas perempuannya malu ga? Atau laki-lakinya jadi pipis di dalam kubikel aja gitu karena ada petugas perempuan. Atau petugas perempuannya sembunyi di dalam kubikel kalau ada laki-laki yang pipis di urinoir? Ngga tahu ah.

14 komentar untuk "Laki-laki di Toilet Perempuan"

  1. Waduh, ada2 aja ya, na. Mending aja penjelasan di penanda gitu, kalo tahu2 masuk ga ada info lagi dibersihin makin riweuh juga.

    Tapi kayaknya seingetku di mall kotaku ga ada staff cleaning service cowo yang masuk ke toilet cewe. Entah kalo di kota gede gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi ngga kaget. Aku juga ngga pernah lihat sih di Jakarta.

      Hapus
  2. Weh akan terkaget kagetlah saya kalau yang sedang bebersih toiletnya ternyata mas mas :)

    BalasHapus
  3. Kalo di sini kayaknya gak ada yang kayak gitu deh Na...syukurlah, karena walau perempuan bisnisnya di dalam kubikel, tapi kan tetep aja ya rasanya gak nyaman kalau tau ada petugas kebersihan laki2 yang lagi bersih2 di situ ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau urusan nomor dua, lol. Lainnya perempuan aja ngga nyaman, ini ada laki-laki pula.

      Hapus
  4. Salah masuk toilet ya, hehe...
    Soal petugas, nyamannya sih toilet laki-laki ya laki-laki, toilet perempuan ya perempuan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nyamannya gitu, cuma ada faktor lain kaya SDM-nya ngga bisa banyak-banyak.

      Hapus
  5. Kalau sedang ada petugas kebersihan perempuan di toilet laki-laki atau sebaliknya, toiletnya ditutup sementara apa ngga, Na ? Kalau ngga, kayaknya saya mikirnya sama dengan Una deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ditutup. Kayaknya ngga mungkin ditutup karena bakal 'ngerepotin' orang yang kebelet, wkwk.

      Hapus
  6. di mal Surabaya juga sama aja, di toilet laki2, ada petugas kebersihan ceweknya

    BalasHapus
  7. Aku jarang ke toilet umum di mall atau semacamnya, tapi memang pernah lihat petugas cowok sedang bersihkan toilet untuk cewek, soalnya saat itu aku sedang nganter istri.

    Tapi aku tidak pikir aneh-aneh sih, kok ada petugas cowok di toilet cewek, apa aku yang kurang peka ya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, kurang peka, lol. Ya sebenernya juga ngga apa-apa, ngga nyaman aja, hahaha.

      Hapus