Indahnya Pantai Merah (Pink Beach Komodo)

Keragaman alam dan budaya merupakan salah satu Pesona Indonesia. Dan kali ini, tentang salah satu pesona alamnya: Pink Beach.

Sudah sering mendengar cerita orang pergi ke Pink Beach, tapi baru tahu kalau pantai yang biasa disebut Pantai Merah oleh masyarakat local ini, ternyata terletak di pulau yang sama dengan tempat melihat komodo, Pulau Komodo.

Trip Taman Nasional Komodo hari itu dimulai dengan susur jalur medium trek di Loh Liang, dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Pink Beach. Horeee… Aku penasaran sekali dengan pantai yang punya pasir berwarna merah ini.

Siang itu, hampir jam 12 siang, benar-benar panas. Bodohnya, aku tidak membawa sandal jepit, dan aku pun menyeker di pantai Pink Beach. Aku hanya bawa sepatu, dan turun dari perahu kan tidak benar-benar sampai di area yang berpasir, jadi bakalan basah. #curhat. Garis Pantai Pink Beach tidak terlalu panjang, di pantai pun tidak ada apa-apa, maksudnya bangunan apaaa kek gitu, hanya ada sebuah gazebo kecil.

Jalan menanjak ke atas bukit.

Teman-teman langsung mendaki bukit kecil di sisi sebelah kanan (kalau menghadap laut) pantai. Aku menaruh tas terlebih dahulu di gazebo dan sepertinya tidak akan naik ke bukit. Karena panas dan tak punya alas kaki. Tapi aku pengeeen naikkk gimanaaa dong, ya sudah, kuat lah ya kaki, tadi di pasir kuat kok panasnya. Jalan sedikit, menjelang jalan agak naik, panashhh banget gilak! Aku bilang ke temanku, aku menyerah~ dan kemudian kembali. Ehhh dapat pinjaman sandal dan akhirnya mutar balik lagi mau naik bukit deh! #labil. Janji pinjam sandalnya sebentar, ternyata… sampai atas bukit nggak bisa cuma sebentar!

Kenapa?

Paraaahhh cakepnyaaa!!!


Pink Beach dari atas bukit.
Meranggas. Sendirian. Pukpuk.
Pantai sebelah Pink Beach yang terlihat elok sekali <3 <3
Gila gila~ Taman Nasional Komodo cantik banget. Indonesia indah banget. Yang di sini aja cantiknya sebegini, apalagi yang makin jauh ke timur? Katanya kan pulau atau pantai makin jauh, makin cantik ^^

Pink Beach dari atas memang tidak terlihat berwarna merah, namun apabila terlihat lebih dekat, maka terlihat si pasir merah itu. Kata salah satu partisipan Social Media Trip & Gathering Kemenpar ini, karena kami datangnya siang hari, pantainya tidak terlalu pink, tapi apabila sore hari, akan kelihatan jauh lebih jelas pinknya. Nah, pantai yang memiliki pasir berwarna merah jumlahnya hanya sedikit, yaitu tujuh pantai saja di dunia ini. Warna merah pada pasir berasal dari hewan mikroskopis Foraminifera, memiliki pigmen merah dan membuat warna merah pada terumbu karang. Ketika 'pecahan-pecahan kecil' karang tersebut bercampur dengan pasir putih, jadilah warna semu-semu merah muda yang cantik.

Terlihat kan semu-semu merah mudanya?
Kami pun makan siang di bawah pohon besar di ujung pantai satunya. Tak lupa, mengembalikan sandal dan menyampaikan permintaan maaf, karena pakainya lama. Usai makan… lalu… nyemplung ke air!

Menggunakan lifevest dan kacamata snorkel, aku pun memasuki air yang amat jernih itu. Belum terlalu jauh berenang saja sudah dapat melihat berbagai terumbu karang dan rombongan school of fish. Bagaimana sampai tengah-tengah ya? Cukup lama kami berenang… dan…

lapar lagi.

Tak lama, kami diperingatkan Pak Otto, salah satu guide rombongan kami, untuk bersiap-siap, karena usai ini kami akan menuju ke Pulau Rinca!

❤❤❤

Untuk informasi lebih lengkap tentang Pink Beach dan Taman Nasional Komodo, sila mampir halaman web Indonesia Travel dari Kementerian Pariwisata.

10 comments:

  1. Una jalan2 terus pingin juga kesana.indonesia itu memang indahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah banget... mau dong Mbak ke Sudan~ eh bener kan ya...

      Delete
  2. kalo dari atas pantainya gak keliatan pink ya na? kalo dideketin baru pink...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... kalau diliat deket baru keliatan banget. Dari atas semu semu pink gitu dehhh...

      Delete
  3. wah pantainya romantis ya wrnanya pink

    ReplyDelete
  4. Cakep bener dah. Apalagi bukitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin butuh capek makin cakep hihi dari bukit kelihatan cakeeep nget

      Delete
  5. doh indahnyaaaa hello kitty banget pantainya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan ke Indonesia, main ke Komodo Mbakkk

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!