Menginap di Jjimjilbang

Kalau berwisata ke Jepang, salah satu penginapan alternatif yang unik ialah internet café. Sedangkan di Korea, maka jjimjilbang adalah jawabannya.

Secara literal, jjimjilbang (찜질방) berarti ruang ‘memanaskan’ atau tempat sauna. Di jjimjilbang biasanya terdapat pemandian umum berupa beberapa kolam dengan suhu yang berbeda-beda, barisan shower, layanan pijat, area sauna beraneka tingkat kepanasan, kios yang menjual minum dan makanan ringan, restoran, bahkan layanan internet dengan PC. Sebagian besar jjimjilbang buka 24 jam dan kita dapat tidur di ruang yang tersedia.

Kolam pemandian jjimjilbang, tiap kolam beda suhunya. Tentu saja terpisah laki-laki dan perempuan. Foto: blog.thearrivalstore.com

Jjimjilbang biasa dikunjungi para keluarga untuk bersantai-santai dan menjadi tempat menginap bagi para pekerja yang pulang larut malam maupun para turis frugal karena tarifnya yang lumayan murah. Tapi sebenarnya tidak jauh dari harga semalam menginap di shared room. Beberapa jjimjilbang lebih mahal malah.

Di Korea, aku menginap di jjimjilbang tiga kali. Pertama, saat di terminal bus ekspres Seoul karena busku berangkat pukul 06.30 pagi dan kereta metro baru ada pukul enam pagi dan bus tak mungkin terkejar. Jadilah aku menginap di jjimjilbang terminal. Semalam 13.000 won. Lebih mahal dari ongkos menginapku di hostel di Seoul yang hanya 10.000 won. Kedua kalinya aku menginap di jjimjilbang di kota Mokpo dengan tarif 8.500 won. Karena kota kecil, aku tidak bisa menemukan hostel di situs web. Terakhir, di Pulau Jeju karena awalnya niatku menginap di bandara –karena pesawatku pagi hari dan nggak mau rugi booking hostel-- eh, tapi bandara nggak 24 jam. Yang kali ini, ongkos jjimjilbang 9000 won.
Ruang ganti wanita di jjimjilbang terminal Seoul. Itu tangga ke atas, ke tangga tempat tidur. Di jjimjilbang ini, area tidur ada yang campur ada yang terpisah laki-laki dan perempuannya.
Untuk menginap di jjimjilbang ini, tidak ada kendala sama sekali meski aku tidak berbicara Bahasa Korea. Pakai bahasa tubuh saja. Sempat di Mokpo aku mondar-mandir di ruang ganti dan masih pakai baju lengkap, gara-gara kebelet pipis tapi WC-nya ada anu-anunya. Eh dimarahin sama bibi-bibi pegawainya. Nggak ngerti ya, apa aku dikira mau nontonin orang mandi atau dia sebenarnya nanya doang. Tapi galak banget.

Urutan menginap di jjimjilbang begini caranya:

1. Di meja resepsionis bilang saja ‘jjimjilbang’ lalu membuat pose tidur dengan tangan ditangkup ditaruh dekat kuping.

2. Lalu dia akan menyebutkan harganya. Kalau nggak ngerti, resepsionis akan menggunakan jari untuk menunjukkan harganya.

3. Kemudian akan diberi kunci untuk loker sepatu dan loker di kamar ganti. Kunci yang sama untuk dua loker yang berbeda. Selain itu diberi handuk kecil, handuk mandi, dan baju ganti, kaos dan celana pendek.

4. Simpan sepatu dan tas di loker. Pakai kostum hari kelahiranmu. Jangan lupa bawa kunci loker yang bisa digelangkan.

5. Mandi yang bersih sebelum masuk kolam pemandian. Biasanya tersedia sabun padat. Sebaiknya bawa peralatan mandi sendiri.

6. Jika sudah selesai, ganti baju dengan baju ganti jjimjilbang.

7. Bisa ke tempat sauna, atau langsung tidur di area yang dikhususkan untuk tiduran. Biasanya campur laki-laki perempuan, terdapat mat dan bantal, kadang-kadang ada selimut.

Area tempat istirahat/tidur. Foto: koreataketwo.wordpress.com
Kalau lihat di drama-drama, biasanya abis kelar mandi dan ganti baju, pada memakai handuk kecil yang dibentuk mirip tanduk kambing. Tapi tiga kali ke jjimjilbang, ngga lihat ada yang pakai handuk digituin. 

Kayak gitu tuh handuk kepala kambingnya. SS by: kpopnews.org
Yang cukup lumayan syok untukku adalah mandi bersama satu ruangan dalam keadaan tanpa sehelai benang apapun, cuma dengan gelang kunci loker. Semacam pengalaman pertama buat gue, kecuali waktu bayi ya. Cukup khawatir pas baca-baca cerita di internet, maluuuuuuuu, tapi pas ke sana sendiri, ah biasa aja. Udah mana, pengunjung jjimjilbang kebanyakan ahjumma-ahjumma alias bibi-bibi separuh baya. Jadi nggak usah khawatir nggak pede sama badan. Hahaha... Lagian nggak kenal ini.

Tapi punya fisik yang berbeda dengan orang sana, kudu siap-siap dilihatin deh. Di jjimjilbang yang aku singgahi di kota Jeju, saat itu penuh banget. Setiap kolam pasti ada yang berendam, yang mandi di shower pun juga banyak. Aku masuk ruangan mandinya ya... ya ampun ngga tahu berapa persen populasi bibi-bibi dan mbak-mbak yang menghadap ke aku. Pas mandi juga banyak dilihatin. Huaaa... mandinya buru-buru deh dan nggak berendam, langsung ganti baju.

Mungkin aku terlalu seksi ya.

*muntah bulu* <- reaksi kucingku kalau baca ini

Ngga harus untuk menginap sih, tapi kurasa mandi bareng di jjimjilbang patut dicoba... duh jadi keingetan belum coba onsennnn!

52 comments:

  1. Mbak Na, sumpah aku gag bw beberapa hari aja artikel barunya udah sebajek -_-
    Itu 'anu-anu' di kamar mandi maksudnya apaan, mbak? Gagal paham :v
    Foto selfie donk bareng ahjumma pas lagi di jjimjilbang, mbak.
    Seriusan aku nulis jjimjilbang harus copas, susah banget namanya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa soalnya aku kejar setoran Fibi hahahaha #plak
      Anu anu ee ee sama darah, iyuhhh. Ngga selfie wkwkwk padahal nemu ahjumma baek sihhh

      Delete
  2. Ah mandinya bareng? Ngerii dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha... sama sama perempuan tetep aja XD

      Delete
  3. Kostum hari kelahiran? Mksdnya gmn Un?

    ReplyDelete
  4. yang pakai hijab pasti ng bisa ya Una ke area seperti ini :D

    ReplyDelete
  5. Yang cukup lumayan syok untukku adalah mandi bersama satu ruangan dalam keadaan tanpa sehelai benang apapun, cuma dengan gelang kunci loker.

    aduuuuh aku bacanya aja syooook!

    ReplyDelete
  6. itu resepsionisnya ga bisa bahasa inggris kah? sampai harus pakai bahasa tubuh gitu~ :))

    ReplyDelete
  7. knaoa gak una aja yang pakai handuk gaya gitu hehehe

    ReplyDelete
  8. Harus ke pemandian ini kalau terbang ke sana hihihi

    sekarang mandi air hangat di kamar mandi sendiri dulu aja kali ya...
    *lalu rbeus air pake panci*
    *Ala mak-mak era lama*

    ReplyDelete
  9. aku sering liat drakor, orang2 korea suka nginep di sauna dan mandi bareng sambil gosok2 punggung gitu..tapi pas bayangin sendiri tetep aja geli mandi bareng gosok2 punggung haha

    ReplyDelete
  10. Wah seru juga ya bisa tidur di situ. Ini wajib dicoba kalau ke Korea....
    Ah tapi kok kayaknya bacanya susah ya... jimjilbang, gt aja ya..

    ReplyDelete
  11. haha mandi sama sama, tidur sama sama... mana enak ya... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan di hotel bintang 5 hahaha tapi kalo ngantuk mah di mana aja tidur wkwk

      Delete
  12. Saya sekeluarga di Pontianak, Kalimantan Barat) mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 ya. Semoga di tahun 2016 ini kita semuanya diberikan kemudahan, keberkahan, kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan dari Allah SWT. Amin Amin Amin Ya Robbal Alaminn.

    Tetaplah terus menulis. Tetaplah terus menjalin Silaturahmi

    ReplyDelete
  13. Lek bikinian boleh gak? Lumayan nutup dikit. Hihihihihi

    ReplyDelete
  14. Wuih, kostum kelahiran itu artinya bugil gitu ya, Na? Hiiii... terus mandi bareng tanpa sehelai benang pun? Hi hi, ngebayangin Una ditatapin oleh bibi dan mba2 ituh, haha. Terpesona mereka lihat keeksotisan dan keseksian Una kali, Na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bugil =)) Iya sepertinya ya, hahaha.

      Delete
  15. Qiqiqiiiii... selalu seruuu baca petualangan Una.

    ReplyDelete
  16. Trus diliatin ahjumma gtu gmn na??? Terpukau kalik mereka.hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ngga gimana-gimana, jalan melenggang sambil dadah dadah ala miss universe aja hahaha *ngarang

      Delete
  17. Hehe...kudu disertai juga dengan body anguage ya kalo mau sesuatu. Sama donk sama di Vietnam juga gitu, body language itu perlu banget. Una, bunda bangga deh Una sering banget keknya ke Jepang n Korea. Ajak-ajak donk #apaainsihbunda!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi namanya nggak bisa bahasanya, ya harus pakai body language atau isyarat, hahaha. Aduh ini main doang, gak membanggakan hahaha. Membanggakan kalau bisa ngajak Bunda XD

      Delete
  18. Seriously aku pengin nyobain, tapi... Ng... Itu... Anu....
    Muahahaha
    Itu namanya susah banget ya, Kak. Aku sampai memdelik gitu bacanya. Ini emang gini apa aku aja? *eh :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke Koreaaa... gampang kok: cimjilbang pronunciationnya XD

      Delete
  19. wah... kolamnya enak... airnya ngalir kayak sungai :)

    ReplyDelete
  20. Una, itu memang boleh nginep ya? Kok aku nonton Drakor ada yang diusir gak boleh nginep? Hahahaha kebanyakan nonton Drakor sih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? Wah... Nggak 24 jam kali itu? Aku sempet nginep yang diwaktuin maksimal 12 jam. Nggak tau kalau lebih bakal diapain...

      Delete
  21. Sek, Un. Jjimjilbang *halah kenapa J nya dobel gitu sik, angel mocoe* Ini sebenarnya penginapan apa tempat mandi? Mungkin penginapan yang semacam hostel dengan tempat tidur berbagi sama lain gitu ya? Tapi tapi kenapa mandinya juga harus bareng? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang dobel, tulisan Koreanya jugaaa. Tempat mandi sama sauna, tapi ada aula bisa buat tiduran XD Mandi sendiri juga bisa kok, tapi sebelahnya ada orang lain hahahahaha

      Delete
  22. Aaaahhh. Ada yang khusus cewek aja gak ya?? Kalau cewek semua kan aku mau nyoba 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga tahu kalau yang satu jjimjilbang full cewek XD

      Delete
  23. Pakaian kelahiran ki opo? Udho kan? Waaa tenan tanpa baju apa2 ya

    ReplyDelete
  24. Kejar setoran 8 postingan itu sesuatu banget...dan postmu selalu kereeennn :)

    ReplyDelete
  25. Serius ngga bisa nginep di bandara mba?soalnya aq juga flight pagi nih..kepikirannya juga nginep di bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di Jeju ya?
      Bandaranya ga 24 jam Kak, ga tau kalau sekarang

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!