Nggak Jadi Lebaran di Masjid

Kemarin (16/7), waktu jalan kaki ke arah sekolah, aku bertemu teman satu sekolah yang seasrama denganku. Kemarin ini, Kota Kobe sejuk, adem, dan tentunya aku hepi banget karena beberapa hari sebelumnya panas dan silau minta ampun. Sempat 36 derajat lhooo… Tentunya lagi, cuaca itu kan topik paling netral dan pertama buat memulai percakapan kan yaaa…

Una: “Hari ini cuacanya bagus yaaa…”

Teman: “Hmmm enggak sih, kan hari ini bakal ada taifun.”

Una: “Hahhh? Oh yaaa?” *nggak pernah baca ramalan cuaca*

Trus aku panik sendiri. Aku bertanya banyak sama temanku, Kaho, yang berasal dari Taiwan ini. Mulai dari taifun itu kayak gimana, apa yang harus dilakukan kalau taifun, listrik nyala atau tidak, gedung-gedung bakal goyang atau tidak. Abis yang kubayangin kan hurricane yang besar gimana gitu.

Kaho yang tinggal di Taiwan pastinya berpengalaman dengan taifun dong (btw kata ‘tai’ di Taiwan dan taifun huruf Cina-nya sama, ngga tahu ada hubungannya atau engga hahaha). Kaho menjelaskan kalau saat taifun, angin sangat kencang dan hujan deras. Saat taifun, sebaiknya di dalam rumah saja. Listrik dan internet pun juga tidak bermasalah kok. Dan gedung-gedung juga tidak apa-apa.

Oh gitu tooo…

Kemarin aslinya aku berniat buka puasa di Kobe Muslim Mosque, karena selama puasa belum pernah buka di sana. Tapi saat di sekolah, para guru memperingatkan akan cuaca di Jepang, terutama daerah sekitar Kobe. Kami diminta untuk terus membuka situs Japan Meteorological Agency (気豑庁) supaya update mengenai warning-warning cuaca. Seorang teman ada yang nanya, kalau pulang sekolah mau minum-minum dulu di Izakaya (warung sake) gimana. Guru pun menjawab, sebaiknya pulang aja karena kan kalau taifunnya parah, kereta bisa saja berhenti, dan atau bisa kenapa-kenapa kan.

Warning tadi pagi. Kemarin yang merah empat biji T.T
Jadinya aku langsung pulang deh abis sekolah… nggak deng beli cat rambut dulu.

Malamnya di rumah, aku membuka situs web Kobe Muslim Mosque, untuk cari tahu kapan jadwal shalat Ied-nya. Di halaman utama disebutkan kalau jadwal Idul Fitri akan diumumkan pada pukul 10 malam. Sekitar jam 10 malam kurang, aku membuka lagi situsnya, dan sudah ada pengumuman kalau shalat Ied-nya jam 9 pagi. Wah, alhamdulillah nggak pagi-pagi amat.

Bangun-bangun buka grup sekolah, diumumkan kalau kelas pagi dibatalkan karena adanya warning dari JMA. Buka jendela, gile anginnya masih kencang aja, dari tadi malam lho. Ditambah hujan yang cukup deras. Akhirnya aku memutuskan untuk tidak shalat ied, jadi abis sarapan, kembali bobok. Sebenarnya bisa saja sih berangkat, tapi aku tidak punya jas hujan dan kalau pakai payung lipat sudah dipastikan susah makenya karena kedorong angin.

Kelasku sendiri siang jam 13.30, dan pembatalan kelas diumumkan dua jam sebelum kelas, dan akhirnya pada pukul 11.30 pun kelasku resmi dibatalkan. Teman di grup kelas pun gembira. Aku juga gembira dong (karena artinya nggak ngerjain PR nggak apa-apa hahaha) tapi bosen juga sih di rumah seharian gini, nggak bisa ke mana-mana. Sampai sekarang pun (13:52), angin masih kencang dan hujan pula. Jadi tahu… gini toh taifun Nangka itu. Sebenernya aku penasaran juga cara namain taifun, udah baca di Wikipedia tapi nggak ngerti, kalau ngerti jelasin dong.

Taifun Nangka tiba di Jepang tadi malam pukul 11:07 di Pulau Shikoku. Aku sendiri tinggal di daerah Kansai, dekat Osaka, dan badai pun telah sampai ke sini. Taifun bergerak ke arah utara dan diprediksi menyebabkan tanah longsor dan banjir. Well, mudah-mudahan tidak apa-apa.

Misty Ashiya.
Anyway,

Selamat idul fitri ya teman-teman. Selamat lebaran dan liburan. Maaf lahir batin yaaa. Kalau aku banyak salah dan nyebelin tolong diikhlasin aja lah, hahaha… Daaan entahlah, gue hari ini pengen banget makan oporrr… wkwkwk kalau udah nggak badai, jadi pengen mampir restoran Indonesia deket rumah ah. *ngitung duit* *sayur asem aja 100 ribu*

Bye bye!

22 comments:

  1. Ternyata sahabatku ini lagi di Jepang ,semoga saja aman dan tidak terjadi musibah. Selamat idul fitri, selamat lebaran dan mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  2. Wah, malah taifun ya disana Na. Mudah-mudahan semuanya aman-aman aja yaa. Yaa, selama listrik dan internet masih jalan sih masih oke lah yaa, hehehe :D

    Selamat Idul Fitri Na!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman alhamdulillah... wkwkwk *baru bales dua minggu kemudian*

      Delete
  3. Selamat Idul Fitri Una. Mohon maaf lahir dan batin yaaa.

    Semoga tidak ada angin-anginan lagi, biar bisa makan sayur asem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya opooorrrr... tapi di warung dekat sini nggak jual :(

      Delete
  4. Pasti merasain taifun ya kalau tinggal di jepang.

    Iihhh sayur asem di sini seh sekantong 10ribu. Hahahahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Summer... masa-masa badai tropis :D
      Hahaha... 10 ribu di sini naik kereta aja gak cukuppp hueee

      Delete
  5. Eh kelupaan. Maaf lahir batin ya naaaa. Kapan kapn kopdaran lagi ya kitaaaa 😁

    ReplyDelete
  6. ke KBRI gitu jauh ya una siapa tau disana ada opor :)

    ReplyDelete
  7. wah teryata ada taifun gitu ya, agak ngeri sih kalau lagi musim gini, berharap september nanti ngga seperti ini kondisinya , selamat idul fitri ya maaf lahir batin

    ReplyDelete
  8. wah enak banget bisa ke Jepang
    emang di sana sih harus sering lihat ramalan cuaca
    ga kayak di Indonesia

    ReplyDelete
  9. sayur asam aja 100ribu, duh emang paling enak di negeri sendiri ya. :v

    selamat lebaran una, mohon maaf lahir batin juga ya.

    ReplyDelete
  10. wih, ngapain kak una di jepang? (kudet banget sih Gung!)
    semoga semuanya aman ya dari taifun.
    dan, selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir batin. :)

    ReplyDelete
  11. Selamat idul fitri una.. mohpn maaf lahir dan batin.. :)

    ReplyDelete
  12. Una, aku pernah nekat beli sepatu di Nissan stadium, deket apartemen pas taifun. Gileee, anginnya kuenceng bgt. Ngeri. Hahahha.

    ReplyDelete
  13. lho kuwe saiki kuliah ning jepang to un?
    yo
    maaf lahir batin juga yoo..

    ReplyDelete
  14. Gimanapun lebarannya, yang penting hati nya fitri kembali ya una :)
    Sama-sama maaf lahir batin juga.. *sendawa opor-sambel goreng ati-ketupat+sayur labu kacang panjang huehuehueh

    ReplyDelete
  15. ya ampun,jadi kamu sekrang di Jepang na???aarrrkkkk....kebayanglah,pingin banget makan opornya hehehe...sorryy baru maen kesini,badan seksi kuang fit xixixii
    unaaa..mohon maaf lahir batin yaaa^^

    ReplyDelete
  16. Asik banget deh Kak Unaaa, lebarannya di sana >< walaupun serem juga sama taifun, tapi kayanya asiiik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taifun ngga asik, nggak bisa jalan-jalan hahaha...

      Delete
  17. Met Idul Fitri ya Una, maaf lahir dan batin. Duh telat banget deh baca blog Una, sampai Una di Jepang aja aku ga tauuuu..huhuhu. Maafkan yaa Un :D

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!