Perjuangan Mendapatkan Stamp HERO

Pakai istilah perjuangan sepertinya terlalu lebay. Nggak sepertinya, memang memang lebay.

Belum lama ini, aku menonton film Hero yang dibintangutamai oleh Kimura Takuya di bioskop OS Cinemas Mint Kobe. Aku nonton drama Hero yang dari awal dan naksir berat sama Kimura Takuya, jadi pas tahu film Hero barusan rilis, harus nonton doongg. Pada tahu Kimura Takuya kan?

Itu tuh Kimura Takuya...

Yaaa meskipun ended up setengah-setengah pahamnya. Maklum yez kagak ada subtitle filmnya. Sinopsis ceritanya nggak kutulis sekarang, karena aku mau cerita tentang KOBE で〝お出かけ捜査〝キャンペーン yang terjemahan kasarnya campaign penyelidikan luar di Kobe. Hahaha gitu lah. Intinya promosi wisata Kobe yang diprakarsai atas kerjasama Prefektur Hyogo, Kota Kobe, dan OS Cinemas, dengan 'memanfaatkan' dua lokasi syuting Hero yang ada di Kobe, yaitu Hyogo Prefectural Guest House (兵庫県公館) dan Kaigan Building (海岸ビルヂング).

Aku tahunya gara-gara ambil kertas brosur di bioskop. Di kertas itu ada bagian yang bisa dipotong sebagai kartupos. Di halaman depan ada tujuan kartupos dan isian alamat kita, dan di halaman belakangnya ada tiga kolom yang masing-masing harus dicap. Tiga cap itu diperoleh dari bioskop OS tempat menonton, Hyogo Prefectural Guest House, dan Kaigan Building. Kalau capnya lengkap, bisa dikirim ke alamat yang tertera dengan menempel prangko 52 yen. Hadiahnya nggak besar, 20 kaos, 40 coaster, dan 30 bingkisan kudapan khas Hyogo. Meski begitu aku tetap ambisius buat nyari capnya.

Yang cap bioskop ya udah kucap lah ya abis nonton. Ada meja kecil gitu tempat nyetamp (bahasa mana ini). Tinggal dua dong ya. Nah Sabtu kemarin (25/7) memang kudedikasikan buat ke dua tempat itu, sekalian jalan-jalan kan.

Pukul sepuluh aku berangkat dari asramaku, menuju stasiun JR Motomachi. Letak Hyogo Prefectural Guest House hanya tiga menit jalan kaki dari stasiun. Di film Hero, tampak depan gedung ini dijadikan latar Kedutaan Besar Neusteria, negara fiktif pastinya. Aku kira dalamnya gedung ini sesuai yang di film, tapi ternyata nggak. Gile berarti yang diambil cuma depannya doang, trus dalemnya syuting di tempat lain? Susah ya bikin film =))

Gedung ini didirikan tahun 1902 oleh arsitek Jepang Hanroku Yamaguchi, namun gaya arsitekturalnya sendiri French-Renaissance. Mulanya dijadikan gedung prefektural yang kemudian menjadi guest house, sekarang terbuka untuk umum, dan yang paling penting: gratis. Banyak ruangan yang dijadikan tempat pertemuan, bahkan kaisar pun juga pernah mampir ke gedung ini. Ada pula section yang menjelaskan tentang Prefektur Hyogo, tapi ya semua Bahasa Jepang. Aku belum mudeng... hahaha.

Cokelat montok banget gua =))
Nah, tempat stampnya ada di lantai dua! Bersemangat lah saya mengecap kartu posnyaaa... Sempat ngobrol juga dengan ibu-ibu resepsionis tentang Kimura Takuya. Pas keluar pun, tiba-tiba ada ibu-ibu ngajak ngobrol. Beliau datang dari Prefektur Shiga, hanya demi datang ke gedung ini. Katanya, beliau ngefans banget sama Kimura Takuya, sampai bilang 90% hidupnya adalah Kimura Takuya. Ibu-ibunya udah tua lhooo... kayak 60-an dari tampaknya. Beliau ngefans banget sama Kimura (baru) sejak delapan tahun lalu.

Udah deh, macam ABG kita bahas Kimura Takuya. Lebih kali 15 menit kita ngobrol di luar, tanpa nanya nama. Hahaha, lupa. Terakhirnya si ibu minta foto bareng.

Di luar gedung, aku melihat beberapa ibu-ibu yang bawa kertas brosur Hero. Ternyata memang pada ke sini gara-gara Hero. Gaul lah pesona Kimura Takuya. Coba dia jadi duta wisata Indonesia... pasti menarik turis banget tuh =))

Kaigan Building.
Gedung kedua, alias Kaigan Building baru aku samperin sore hari. Jadi siangnya aku sempat ke taman, mal, dan museum. Letaknya pun nggak jauh dari Hyogo Prefectural Guest House, sekitar satu kilometer. Dan nggak seperti Hyogo Prefectural Guest House yang dijadikan museum dan dibuka untuk umum, Kaigan Building ini gedung lama namun dijadikan toko-toko dan kantor. Makanya di sini aku juga cuma foto doang dan nyari stamp. Nggak ada lima menit.

Lokasi tempat stampnya. Kondisi postcard sebelum distamp di Kaigan Building :p
Kaigan Building ini kalau di film Hero jadi kantor kejaksaan Osaka. Mantan asisten jaksa Kuryuu Kohei (Kimura), Amamiya, menjadi salah satu jaksa di situ.

Usai dari Kaigan Building aku masih mampir ke Nankinmachi, Chinatown-nya Kobe. Setelah itu nongkrong di Excelsior Cafe, sambil ngadem dan istirahat karena Kobe panas banget dan gue udah jalan kaki dari jam 10 pagi banget dan waktu itu udah hampir jam tujuh malam (tapi masih terang). Pulang naik kereta dari Stasiun JR Motomachi eh kok ya di depannya ada kotak pos, masukin deh. Semoga menang, hahaha...

Bye bye kartuposnyahhh...
Hari itu hari benar-benar panas, mandi keringat, tapi hepi sangat lah...

11 comments:

  1. seru banget ya perjalanannya...eh itu napa harus disamakan dengan cokelat sih hehehe..kan sayang..ntr langsung lepppp...hheehe..kaborrr

    ReplyDelete
  2. Cowoknya mirip tao ming tse gitu yaaa #ketahuanumurnya :)))

    ReplyDelete
  3. aku harus googling Kimura Takuya siapa sih :)

    ReplyDelete
  4. Gila, perjuangan looo.. semoga membuahkan hasil yaaa..semoga menang yaaa!!!! =D

    ReplyDelete
  5. Takuya Kimura itu pernah muncul di Detective Conan bukan sih Na? Namanya terasa nggak asing, hahaha

    ReplyDelete
  6. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete
  7. Waaahhh jadi pengen nonton filmnya deh. Klo di bioskop pontianak pasti gak ada seh yak. Hiks

    ReplyDelete
  8. Duh, Un..klo disuruh ke Jepang mungkin udah cengok liat huruf kanji-nya :D
    semoga menang ya Unaaaaa

    ReplyDelete
  9. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete
  10. i like it.. di tunggu update berikutnya...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!