How To Get Gotochi Cards?

Yang aku tahu Gotochi Form Cards (selanjutnya disebut Gotochi) sangat populer di kalangan postcrosser. Sayangnya kartu pos ini susah didapatkan karena dikeluarkan oleh Japan Post dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan kartu pos biasa. Prangkonya pun juga lebih mahal. Mau swap dengan postcrosser Jepang pun agak sulit karena kebanyakan tidak mau kecuali swap dengan dua kartu atau kartu preferensi si postcrosser Jepang. Selain itu, untuk postcrosser yang bekerja dari pagi sampai sore Senin-Jumat juga sulit untuk membelinya karena kantor pos hanya buka Senin-Jumat jam 09.00-16.00. Ya kecuali niat jam makan siang mampir kantor pos sih ya.

Aku lihat Gotochi di Instagram dan kartu posnya memang menarik. Makanya pas ke Jepang aku juga mau beli dong. Kebetulan lagi, teman SMP-ku ada yang nitip untuk belikan Gotochi, ya sudah deh. Gotochi ini selain diterbitkan resmi oleh Japan Post (kantor pos Jepang) memang hanya dijual di kantor pos. Ya kecuali ada perorangan jual ya. Namun awalnya kukira meskipun yang bikin Japan Post, di mana saja banyak yang jual.

Gotochi sendiri artinya 'lokal'. Kalau kamu suka Hello Kitty, misalnya, di Jepang ada strap handphone Hello Kitty yang per prefektur beda-beda. Nah itu juga disebut Gotochi Hello Kitty. Karena itu lah... aku sempat bingung juga. Jadi ceritanya aku mampir ke Tourist Information Center di area Kitano. Waktu itu aku belum sempat ke kantor pos. di TIC aku bertanya apakah jual gotochi card. Eh bapaknya malah menunjukkan rak gotochi card ya kartu pos biasa yang bergambar atau bertema Kota Kobe. Heh? Trus aku ingat kalau gotochi sendiri kan artinya lokal. Mau nanya kartu yang itu lohhh... Tapi kagak ngerti Bahasa Jepangnya :-P

Sempet nanya sama penjaga toko suvenir di Moegi House tapi dia juga nggak tahu.

Sampai akhirnya aku ke kantor pos tak jauh (hanya selisih satu gedung) dari sekolah. Pas masuk ada pegawai yang berdiri dekat pintu, aku pun bertanya di mana aku bisa beli Gotochi. Dia pun mengantarkan aku ke lantai dua.

Di counter ada boks yang memajang Gotochi. Aaa aku bahagiaaa... Ini dia yang kucari!

Apa yang menyebabkan Gotochi Cards ini disukai?

Kartu pos ini bukan kartu pos biasa karena bentuknya tak hanya persegi panjang. Istilahnya shaped cards lah. Yang bikin Gotochi ini collectable banget adalah, tiap prefektur memiliki Gotochi Cards yang berbeda-beda. Jadi misalnya kamu pengen beli Gotochi dari Prefektur Okinawa ya kamu harus ke kantor pos di Okinawa, kalau mau Gotochi Tokyo ya harus ke kantor pos Tokyo. Kalau misal kartu prefektur mana bisa dibeli di prefektur lain jadi nggak spesial kali yaaa.

Udah gitu tiap beberapa tahun, ganti desain. Jadilah Gotochi yang udah berhenti diproduksi jadi incaran banget dan tentunya nilainya jadi 'mahal'.

Kalau Gotochi Prefektur Hyogo kayak gini nih.


Gotochi tiap prefektur tentunya sesuai dengan kekhasan masing-masing prefektur dong ya. Aku beli empat Gotochi Prefektur Hyogo. Yang di atas ini gambarnya adalah:

1. Takeda Castle. Reruntuhan kastil di Kota Asago, yang berdiri di atas ketinggian 353,7 meter di atas permukaan laut. Takeda Castle disebut-sebut sebagai Machu Picchu-nya Jepang. Belum ke sini nih...

2. Akashi Yaki. Takoyaki ala Kota Akashi. Yang membedakannya adalah adonannya lebih banyak telur, jadi nggak padat, dan makannya dicelup di kuah. Aku sudah coba, dan nyobanya nggak di Kota Akashi, tapi di Kota Himeji. Di Kobe juga banyak yang jual.

3. Weathercock House (Kazamidori no Yakata). Bekas rumah seorang pedagang Jerman dan ayam di atapnya jadi ikon banget di Kota Kobe. Udah ke sini, dua kali.

Nah yang foto di bawah (fotonya ga gabung karena yang bawah udah dikirim hihi):

4. Himeji Castle. Kastil terbesar di Jepang dan salah satu UNESCO World Heritage Site. Udah ke sini. Antre 1 jam buat naik ke lantai paling atas... tapi emang keren banget sih, wong kastilnya di bangun tahun 1600-an (sebelumnya dibangun tahun 1333 tapi dihancurkan).

Sayangnya pas ke situ nggak bawa Gotochinya, kan keren buat difoto sama kastilnya. ^^

Gotochi Cards Hyogo Prefecture: Himeji Castle.
Harga satu lembar Gotochi Cards adalah 185 yen (1 yen = Rp108). Kalau kirim domestik prangkonya 120 yen. Lebih mahal dari prangko kartu pos biasa yang hanya 52 yen. Selain itu, kalau kirim ke luar negeri ngga bisa stamped alias harus pakai amplop. Tarif prangkonya untuk Asia 160 yen dan lainnya 190 yen. Kemarin aku kirim gotochi dalam amplop tapi plus satu kartu pos lagi, prangkonya 220 yen. Tergantung berat isinya.

Masih mau cari gotochi lagi... nanti kalau main ke prefektur lain. Kemarin udah main sih ke Osaka, cuma weekend kan kantor pos nggak buka :(

21 comments:

  1. wah...jadi pengen jalan-jalan ke Jepang.

    ReplyDelete
  2. kalau di Indonesia, kartu pos sekarang apa kabarnya ya? terakhir pakai kayaknya sudah lebih dari 20 tahun yang lalu (jadi ketauan tuanya ya, heheheh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh 20 tahun lalu saya belum lahir tuh :p

      Delete
  3. lucu ya,kayak mainan anak2 hehehe..
    unaaaaaaaaaa kangeeeennnnnn^^

    ReplyDelete
  4. lucu banget ya cards nya... :)

    ReplyDelete
  5. Pengeeeennn. Kalau lagi jalan jalan pengen kirim kartu pos aaahhh 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... kirim ke rumah sendiri Mbak :D

      Delete
  6. Kartunya memang lucu-lucu ya Na.

    Btw, pas baca judulnya aku kira tentang Tamagochi, hahaha :P

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Lucuan ini daripada mainan anak-anak =))

      Delete
  8. Aku kok ga minat bgt sama gotochi ya padahal lucu ya. Kemarin ada yg nitip, tak tukokke ae. Gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucuuuu tauuu hahaha... ih baik banget... aku juga mau dong Mbak, beliin :p

      Delete
  9. mahal juga ya selembarnya Una. Ada gambar Takeshi Castle gak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal abis... kirain siapa loh Lia tuh :p

      Delete
  10. aaaahh untung aku nemu postingan ini, yeaayy thank you kak,
    aku juga suka banget beli postcard terutama yg lucu-lucu, apalaaggii ini yang shaped :3
    Insya allah Oktober ini mau ke Osaka yeayyy mau cari ahh

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!