Traveling dan Takut Kena Tarif Roaming Mahal?

Gue banget.

Selama ini, aku kalau jalan-jalan ke luar negeri, nggak pernah peduli sama mengaktifkan data roaming dan beli simcard di sana. Males setting hape, males nelpon ke call center, dan misal harus datang ke kantor pelayanan operator yang kupakai. Biasanya aku cuma mengandalkan wi-fi gratis yang ada di hotel dan tempat umum. Apalagi aku kan masyih muda *pret*, jadi nggak banyak urusan penting yang dikomunikasikan via telepon dan SMS.

Tapi tetep aja!

Pernah aku lagi di dekat Nagoya Public Aquarium di Jepang, waktu itu rangkaian youth program JENESYS, tiba-tiba telepon genggamku berdering. Pas aku lihat peneleponnya, tahunya urusan kerjaan. Aduh, kalau diangkat kasian aku dan kasian dia. Lebih ke kasian aku sih, pulsaku dikit ntar tetiba abis karena bayar roaming yang mahal banget. Tapi kalau nggak diangkat, tambahan uang saku melayang~ ahhh. Akhirnya aku putuskan untuk kirim SMS aja, Eh entah kenapa SMS nggak ke-sent juga.

Oke, mari nyalakan internet sebentar buat kirim e-mail untuk memberitahu kalau tidak bisa angkat teleponnya. Buka setting, nyalakan internet. Dan....... nggak bisa juga.

Oiya, kan internet roaming-nya nggak nyala, jadi ya nggak bisa. Huhuhu!

Akhirnya nunggu balik hotel pas malam hari, konek ke wi-fi gratisan, cuma mau ngabarin tadi nggak bisa telepon dan nanya ada apa menelepon. Uuhhh, nggak enak kalau ginian aja kudu ngandelin wi-fi gratis. Untung yang nelepon tadi baik, tetep ngasih kerjaan aku, hehehe...

Kalaupun sudah aktif roamingnya, harus paham berapa tarifnya karena kan memang agak mahal. Kalau pakai prabayar, mungkin apesnya pulsanya abis ke angka nol. Nah, kalau pascabayar? Jangan-jangan pas pulang, tagihan datang, langsung deh terbelalak karena charge-nya mahalnya nggak kira-kira. Nggak mau kan terjadi bill shock?

Mau ke Singapura dong, plz.
Kadang-kadang kalau pergi ke luar negeri, juga terpikir untuk beli SIM Card sana. Tapi kalau misalnya ke Singapura, harga SIM Card-nya juga lumayan mahal ya, sekitar $15 bahkan ada yang $28. Mana biasanya kan kalau liburan ke Singapura paling cuma beberapa hari sih, 2-3 hari sudah cukup, jadi mah mendingan cari paket roaming operator Indonesia yang paling murah aja. Jatuhnya hampir sama (bahkan bisa lebih murah) dan nomor pun nggak perlu ganti.

Kalau temen-temen pakai Telkomsel, baik KartuHalo, SimPATI, Kartu As, dan Loop, beuhhh... nggak bakal ada bill shock, karena ada paket Promo Singapore yang baru saja berlaku mulai 28 April 2015 lho. Paket termurahnya hanya 50.000/hari lhooo dengan bonus internet 200 MB. NO BILL SHOCK lah!

Paket roaming satu ini berbasis internet, tapi juga menyediakan paket 3 in 1 (telepon, SMS, dan internet). 


Syarat untuk menggunakan paket ini adalah sudah mengaktifkan data roaming. Belum? Caranya gampang, tinggal hubungi *266# atau +628110000333 (gratis dari luar negeri).

Kemudian, untuk aktivasi paket juga hubungi *266#
♥ Pilih menu Hot Promo
♥ Pilih Promo Singapura
♥ Aktivasi paket pilihan
♥ Akan menerima notifikasi sukses paket pilihan

Untuk lengkapnya bisa mampir ke halaman situs Telkomsel di sini: Promo Singapore

Kalau udah aktifin roaming dan paket promo kayak promo internasional Singapura dari Telkomsel, jalan-jalan ke Singapura lebih ayem rasanya. In case ada e-mail mendadak atau harus telepon ke Indonesia karena urusan penting, jadi lebih santai. Nggak perlu ribet nyari wi-fi gratis andai ada urusan urgent, seperti yang biasa kulakukan, hihihi.

26 comments:

  1. Dulu pas ke singapura, iseng sms ngabarin istri eh langsung amblasss deh pulsaku T_T
    Btw ini job review dari IDBlog ya Mbak? aku kemarin ditawari tapi ga ada kabar lagi :D

    ReplyDelete
  2. Aku belum nyobain nih.. boleh lah, kali aja nanti ada rejeki buat ke Sing. bantu aminkan ya :)

    ReplyDelete
  3. insyaloh kalo ada rezeki berangkat kesana :)

    ReplyDelete
  4. Telkomsel??????? Meski biasanya selalu mahal, tapi aku tetap setia padanya :D

    ReplyDelete
  5. review ? wah wah...aku ngeluh sama simpati. mahal dan lemot.

    ReplyDelete
  6. Aku malah males ngaktifin hp di luar negeri. Males aja kalo nyangkut kerjaan kantor hehehe :P

    ReplyDelete
  7. Jadi rindu sama telkomsel :D *heh

    ReplyDelete
  8. iya, telkomsel terbilang tak murah, tapi sulit ditinggal hehe

    ReplyDelete
  9. telkomsel ini termasuk yang paling "ramah" menurutku di setiap negara, karena mesti ada signal di sana. recommendeeeeedddd

    ReplyDelete
  10. untung deh masih dikasih kerjaan :D *fokusnyamalahkesana*

    ReplyDelete
  11. asyiiiik berarti Una mau ke Spore lagi ya, aku di ajak dong

    ReplyDelete
  12. Hidup wifi gratisan #eehh, telkmsel kadang2 juga masih ngajak dakon sinyal nya -_-

    ReplyDelete
  13. Selama ini masih suka beli kartu simcard lokal. Entah kenapa lebih tenang hatinya. Hihihi

    ReplyDelete
  14. Kalau aku pribadi malah prefer beli kartu disana. Udah pasti nyala.. udah pasti kenceng dan kalau emang urusan kerjaan dll nya masih bisa dihub via whatsapp, email dkknya. Tapi nanti ke singapur salah satu mau coba pake ini deh.. itu berarti kalau kita lagi di singapur, baru beli paketnya apa sebelom berangkat (masih di indonesia) kah?

    ReplyDelete
  15. Hahahaha, kalo aku biasanya mengandalkan wifi gratisan ajah Na. Kecuali kalo tahu tempat tujuannya ga ada wifi tapi pengen internetan barulah aku nyalain paket roaming-nya. Tapi begitu beres langsung aku matiin lagi biar nggak mahal, haha :P . Tapi harus pakai yang paket sih memang soalnya kalo engga gila charge-nya

    ReplyDelete
  16. klo ke luar negeri buat liburan saya mah meningan ganti kartu sana.
    tapi kalo urusan bisnis yg ga bisa ganti nomor hape pake paket ini nih baru.

    ReplyDelete
  17. aq setia pakai telkomsel neh. Tapi kapan ya ke singapura jln2

    ReplyDelete
  18. Aku pakainya nomor lokal sana aja. Secara kerja di sana lebih dari 3 bulan. Hihi. Tapi mang repot sih Mbak kalau gak roaming gitu.

    ReplyDelete
  19. Jalan jalan ke luar negeri kuat, masa isi pulsa ga mampu sih..?
    Coba ndaptar jadi mantu bos GSM sapa tau dapat fasilitas gratis :D

    ReplyDelete
  20. Aku pakai telkomsel. OK, aku mau beli paketnya. Makasiiih Una.

    ReplyDelete
  21. Telepon pake aplikasi android aja, kyk whatsapp.. gratiss maknyus dimanapun berada.

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!