Selfie Terakhir

Wah, tentu saja saya narsis. Tapi boleh jadi, saya tidak pandai dalam bidang selfie.

Waktu itu, perdana sekali saya membawa tongsis saat jalan-jalan. Karena bakal jalan-jalan sendiri, hanya dengan meminta tolong orang yang lewat untuk memfoto saya, rasanya kurang puas. Kan kalau hasilnya (mukanya) kurang cakep, masa iya minta tolong mulu. Yang ada ngga pulang-pulang, soalnya susah bikin muka cakep kalau difoto.

Ini buktinya saya tidak jago selfie.

Ceritanya mau selfie dengan background pantai. Eh double fail. Backgroundnya apartemen dan muka tertutup bayangan tongsis. Huh. Tongsis nubitol.

Selain itu, saya juga bukan orang yang tiap hari selfie. Kalau teman-teman buka ponsel saya, tidak ada satupun foto selfie di memorinya. (Soalnya barusan dipindahin ke komputer. Soalnya selfie-nya pake hape orang lain, hahaha.) Tapi belakangan, saya rasa selfie itu penting. Banget. Apalagi setelah melihat foto selfie (wefie) saya bersama nenek saya ini.

Foto di bawah ini, selfie terakhir saya sama nenek saya.

Selfie di rumah usai pulang dari rumah sakit.
Kameranya pinter. Muka sayanya nggak fokus. 
Awal bulan November 2014, saya pergi ke Jogja untuk menengok nenek yang sakit. Apalagi saya terakhir ke Jogja juga sudah lama, Desember 2013, jadi hampir setahun saya tidak bertemu nenek. Di rumah sakit, saya banyak mengambil gambar nenek. Tak lupa mengajak nenek untuk selfie. Sepertinya saat itu adalah pertama kali selfie dengan nenek. Sempat juga tante saya merekam saya yang sedang menyuapi nenek. Pencitraan kalau kata saudara-saudara saya. =))

Saat itu nenek berbaring di rumah sakit tapi masih tampak sehat, berbicara pun lancar. Saya iseng bertanya apakah beliau datang ke nikahan saya –yang entah kapan itu-, beliau menjawab dengan tegas, “Jelasss!” Kemudian saya jelaskan bahwa pernikahan saya akan berlangsung di Italia. Cucumu ngarang abez Mbah. Saya juga bertanya, simbah mau kasih pesan apa untuk saya. Pesannya cuma satu, "Yang rajin." Ditanya lagi barangkali ada pesan lainnya, katanya tidak, sudah itu saja. 

Rupanya kemudian nenek saya membaik, jadi boleh pulang ke rumah. Beliau juga berulang kali bilang kalau pengen pulang ke rumah, nggak enak di rumah sakit. Pas udah di rumah, saya selfie lagi sama nenek. Dua kali jepret saja.

Nggak lama, saya pulang ke Jakarta.

Akhir November, nenek saya masuk rumah sakit lagi. Awal Desember, saya ulang tahun. Saya telepon mama saya yang lagi ada di Jogja. Rupanya waktu itu mama saya lagi di rumah sakit, jadi saya minta ponsel mama didekatkan ke nenek. Saat itu, nenek saya tidak berbicara lagi, sakitnya sudah parah. Jadi ya saya seperti ngomong sendiri di telepon.

“Mbah, aku ulang tahun lho. Simbah mau ngasih kado apa? Emas ya Mbah?”

Pokoknya saya ngomong sendiri saja. Sampai mama saya kembali mendekatkan ponsel ke telinganya, “Wis yo.”

Di hari ulang tahun, saya mendapat beberapa hadiah. Dua buket mawar (yang satu buket isinya dua mawar satunya empat mawar), beberapa kue, dan sebuah dering telepon usai maghrib. Ternyata dari mama. Mama saya bilang, “Simbah ngga ada.” Udah.

Tepat di hari ulang tahun saya yang ke 23, nenek saya meninggal. Dan telepon saya pagi hari, berarti terakhir kali saya berbicara sama nenek saya.

Saya scroll gallery di ponsel saya. Ada foto selfie bersama nenek yang saya transfer ke memori ponsel. Jadi berpikir, andai saya mengambil selfie lebih banyak waktu itu……

Saat acara layatan nenek, tentu saja saya jadi selfie sama banyak anggota keluarga saya baik dekat atau jauh. Sering ketemu atau jarang, yang bahkan saya nggak tahu kapan lagi saya bisa bertemu mereka lagi. Selfie membuat kita merasa lebih dekat dan juga senang. Ada yang minta foto selfie kami dicetak, lalu saya kirimkan ke alamat rumahnya. Saudara saya pun senang.

Selfie itu nggak hanya masalah narsis...
Tapi juga tentang keakraban, kebahagiaan, dan memori…

Kalau urusan selfie, jarang saya memercayai ponsel saya. Karena kamera belakangnya buruk, apalagi depannya. Biasanya pun saya pakai kamera digital, kecuali kalau pas tidak bawa, baru pakai ponsel. Mungkin kalau punya Smartfren Andromax C2s atau Huawei Ascend W1, akan melepas ketergantungan saya selfie dengan kamera digital. 


❤❤❤

55 comments:

  1. Itu nenekmu ya na... ikut sedih baca ini :(

    ReplyDelete
  2. untungnya sebelum nenek Una pergi, sempet foto2 dulu ya, utk kenang2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kalau ngga selfie pasti nyesel banget :')

      Delete
  3. Duh, sedihnya, kadang kita tidak tahu kapan orang-orang istimewa itu pergi dari hidup kita, dan setelah mereka pergi, lalu kita sadar kenangan dahulu begitu berharga

    ReplyDelete
  4. Iya bener. Sering sering foto, toh gadget udh memungkinkan, demi buat kenang kenangan...

    ReplyDelete
  5. Iya bener. Sering sering foto, toh gadget udh memungkinkan, demi buat kenang kenangan...

    ReplyDelete
  6. Yup, selfie itu ngga cuma urusan narsis tapi buat kenangan jugaa :') setujuu naa,

    ReplyDelete
  7. Saya jg suka gagal bikin muka cantipz klu lg selfie.. yg ada muka jd pipi smua hehehejeh

    ReplyDelete
  8. Iya selfie juga bisa merekam memori ya Na, tapi belakangan capek juga kalau ada temen bawa tongsis, mau makan aja harus grofie dulu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... fotonya abis makan lah. Tapi emang kadang capek sih. Soalnya berkali-kali maunya fotonya zzz...

      Delete
  9. ngakak aja liat foto pertama. Bhahaha. kenapa terakhir? Kapok, ya?

    ReplyDelete
  10. bhahaha...mbak una ternyata emang jago selfie deh....tetep manis walau pake tangan sendiri :)

    ReplyDelete
  11. Sukses kontesnya ya Na.

    Anyway, bener tuh, mengambil foto memang penting ya untuk mendokumentasikan memori :) . Yaaa, nggak harus dengan selfie juga sih ya sebenarnya Na :D

    ReplyDelete
  12. Pas bawa awalnya, lucu, eh ke bawahnya sedih. Ternyata selfie terakhir sama Nenek ya. Semoga Nenek mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya ya, Una.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ngga sedih ah Mbak. XD
      Amiin ya Allah...

      Delete
  13. Pastinya itu moment berkesan yg terakhir kalinya bareng nenek ya.. Semoga beliau mendpt tempat tetbaik di alam sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Abis meski misal 6 tahun lalu punya ponsel berkamera, ngga kepikiran buat selfie sama simbahku T.T

      Delete
  14. Hahaha, foto yang pertama, pantainya cuma keliatan dikit doank.

    Aku juga setuju, selfi itu nggak cuma masalah narsisme, tapi bagaimana kita bisa berbagi dan menyimpan momen2 bersama orang-oran sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan udah ngepasin begron pantai. Ternyata eksekusi gagal, hahaha.

      Yoi Mbak ;)

      Delete
  15. setuju. selfie gak selamanya buruk kok. semua balik ke tujuannya masing-masing. yang pasti memori itu paling berharga banget ya. turut berduka cita ya, Una :)

    ReplyDelete
  16. :( nenekku meninggal sehari sebelum aku ulang tahun, 22 november :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh itu pertanda apa ya Zahra hihihi...

      Delete
  17. PErtama turut berduka utk nenek na..
    Yang kedua pencitraan banget kamera depan n belakang hp saya jelek.
    Hahahhahaha

    ReplyDelete
  18. masih sempat selfie sama nenek ya.. una..

    ga kepikiran pas ketemu kemarin, selfie di komuter line..asik juga ya

    ReplyDelete
  19. Selfie yang sangat memorable ya mbak una, momen terakhir bersama nenek, pasti diingat selamanya :)

    ReplyDelete
  20. Pantainya di Sini...! ^_^

    hi hi hi
    jadi taglinennya ganti mbak, bukan "sakitnya di sini" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...
      Baru ngeuh mirip sama 'sakitnya di sini' =))

      Delete
  21. Alfaatihah buat nenek ya mbak una.
    Saya juga gak bisa mbak selfie. gak pernah berhasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa Mbak gak pernah berhasil? Hahaha...

      Delete
  22. aku jadi inget video yang barusan aku tonton.. bukan tentang selfi sih, tapi photo bersama. (sama aja kan yaa..yg penting photo).. hehhe
    jadi moment berharga banget yaa.. sempet selfie terakhir bareng nenek.

    ReplyDelete
  23. aku belum pernah selvie pake kamera digital

    ReplyDelete
  24. Aku sama nenek ku malah hampir ngga pernah grufie, Na.. :(

    ReplyDelete
  25. Hahaha asli itu muka dengan bayangan tongsis jadinya unik :D

    ReplyDelete
  26. sepertinya pantainya gak mau diajak foto selfie tuh hahahaha,,,,

    ReplyDelete
  27. Duh, hadiah ulang tahun yg menyedihkan ya, Na :(
    Tapi seenggaknya udah pernah selfie sm Simbah ya, jadi ada kenang2an..

    ReplyDelete
  28. Alfatihah send semoga simbah tenang di alam sana http://www.novawijaya.com/2015/04/selfie-story-in-beautiful-island.html

    ReplyDelete
  29. semoga beliau tenang di sisi Tuhan.

    ReplyDelete
  30. wahh..sedih bacanya,,
    semoga nenek tenang ya di sana..
    jadi inget nenek dirumah, udah hampir 100thn..
    alhamdulillah msh bs ikut ngerawatnya..
    ga pernah selfie sama nenek,
    nanti mau selfi2an ahh..mksh ya

    ReplyDelete
  31. turut berduka cita untuk neneknya
    @guru5seni8
    main kalo berkenan ke tulisan ku di
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com ato di www.kartunet.or.id

    ReplyDelete
  32. Turut berduka cita ya kak, ternyata selfie bisa jadi hal yang begitu berarti ya kalau dalam situasi seperti ini ><

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!