Menabung Itu Mudah!

Mungkin beberapa teman tahu, bahwa sebulan yang lalu aku menulis postingan yang isinya kekesalanku karena membuat akun tabungan baru itu sulitnya minta ampun. Bank meminta salinan dokumen terlalu banyak. Tak hanya KTP saja yang dibutuhkan, tapi juga Kartu Keluarga, NPWP, surat keterangan yang tak boleh hanya sampai RT, tapi juga sampai RW. Rasanya mau nanya ke mbak customer service itu, "Butuh akte lahir sama transkrip nilai juga nggak?". Huft!

Mungkin aku tak akan kesal kalau di situs web mereka ada rincian dokumen yang dibutuhkan (yang tertera di web hanya KTP dan uang minimal setoran pertama saja). Mungkin aku tak akan kesal kalau mereka tidak memaksa-maksa kami di mal hanya untuk membuat kartu kredit bank mereka tapi giliran kita memohon untuk membuat akun tabungan susahnya minta ampun. Hehehehe, curhat!

Tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang seorang teman menginformasikan tentang Digital Banking Bank Sinarmas yang mana kita bisa membuat akun tabungan via online, tak perlu keluar rumah, pokoknya mudah deh. Langsung teringat kalau di setiap 7-Eleven 'kan ada ATM Bank Sinarmas. Kebetulan rumahku dekat 7-Eleven, jadi in-case mau ambil uang bakal mudah. Langsung deh bikin, cusss!

Kalau diringkas, proses permohonan akun tabungan baru ini ada empat tahap:

1. Input Data
Pertama yang dilakukan adalah mengisi e-form yang terdapat di situs web Bank Sinarmas

2. Transfer Virtual Account
Setelah mendaftar, kita akan dikirimi notifikasi dan diminta mengirim setoran 50.000 ke akun virtual. Tertera di e-mail nomor rekening sementara. Setoran bisa dikirimkan via kantor cabang Sinarmas atau transfer antarbank. Aku memilih cara transfer antarbank via internet banking. Enak ya jaman sekarang urusan beginian nggak perlu keluar rumah, hihihi.

3. Know Your Customer
Usai transfer ke akun virtual, akan dihubungi via telepon oleh Bank Sinarmas. Yang menelepon aku dari KCP Roxy Square. Si mbaknya menanyakan kapan dan di mana aku bisa ditemui. Setelah aku memilih hari dan jam yang aku di rumah, ia bertanya, "Di rumah atau di kantor bisa kami temui?"
"Hmmm di rumah, saya nggak kerja Mbak." #pengangguran

Kartu ATM dan PIN. Sekarang lagi kerjasama dengan Lion Air dan ada beberapa penawaran menarik kalau membeli tiket Lion Air menggunakan rekening Bank Sinarmas.


Petugas dari Bank Sinarmas datang satu jam lebih cepat dari waktu janjiannya. Ndak apa-apa sih, tapi kan belum mandi gini. Kayak iya biasanya mandi. Ia memberikan bungkusan yang berisi kartu ATM dan pin ATM. Ada beberapa isian form yang harus aku isi dan sudah aja gitu? Nggak perlu surat keterangan RT RW nih Mas, kan KTP-ku beda alamatnya sama tempat tinggalku sekarang? Ini materai saya yang bayar atau gimana?
Jawaban masnya, "Oh tidak perlu Mbak. Memang kami berusaha untuk memudahkan nasabah."

Okeee, tinggal tunggu notifikasi approvalnya deh.

4. Approved
Proses approval ini maksimum lima hari dan notifikasinya via e-mail. Aku sendiri kemarin sehari. Sempat sedikit terganjal karena sumber danaku masih dari orangtua, belum lulus sekolah hiks, dan harus melampirkan KTP orangtua. Tapi setelah itu tidak masalah sih.

Sehari setelah approved, aku pergi ke ATM Bank Sinarmas untuk mengaktifkan M-Banking dan mengubah password ATM. Woo-hoo!

Mudah sekali 'kan?

❤❤❤

Bank Sinarmas didirikan tahun 1989 dan kini statusnya adalah bank devisa. Menjadi perusahaan publik, Bank Sinarmas melakukan IPO pada Desember 2010. Kini kantor cabangnya seluruh Indonesia sudah mencapai 380 di 120 kota dan memiliki 600 ATM dengan jaringan Prima, ATM Bersama, dan Alto. Dalam mengimplementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI, Financial Inclusion), Bank Sinarmas memiliki divisi yang relatif baru, yaitu Digital Banking. Eh oiya, financial inclusion itu program nasional dari BI yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Nah sekarang tebak, berapa persen dari penduduk Indonesia yang belum menabung? Menurut survei World Bank tahun 2012, ada 32% penduduk yang belum menabung. Namun yang punya rekening tabungan di bank hanya 20% saja.


Saat DiBi Blogger Gathering Sabtu lalu (25/10) Bapak Hendrawan Revianto dari Digital Banking Bank Sinarmas menyampaikan strategi-strategi divisi Digital Banking termasuk di dalamnya yang terkait implementasi financial inclusion. Ini dia strateginya:

1. Branchless Banking, bisa buka rekening via online, tanpa harus ke cabang.
2. Cost Optimization, minimalisasi investasi bank dalam penggunaan kantor cabang.
3. Internet Marketing, pemasaran digital menyasar pengguna smartphone yang kian meningkat.
4. Transactional Bank, tak hanya menabung, nasabah bisa melakukan banyak transaksi dengan Bank Sinarmas.

Kenapa gitu ya harus di Bank Sinarmas? Kenapa nggak di bank lain? Beuh, kalau aku sebutin keuntungannya pasti langsung kepengen buka rekening online Sinarmas. Beberapa di antaranya:

1. Biaya administrasi gratis. (Khusus rekening online Sinarmas Statement).
2. Gratis biaya penarikan tunai di lebih dari 70.000 ATM berlogo ATM Bersama, Prima, dan Alto.
3. Gratis biaya transaksi di jaringan Debit BCA dan Prima.
4. Simobi, aplikasi mobile-banking Bank Sinarmas di smartphone.
dan masih banyak lainnya.

Selain itu, menariknya lagi, Bapak Iman Budiman dari divisi Payment System & E-Channel Business Development, memaparkan bahwa kini Bank Sinarmas bekerja sama dengan jaringan Union Pay yang berpusat di Shanghai, Tiongkok. Jaringannya berada di seluruh dunia dan terutama di Tiongkok, tingkat akseptasinya tinggi. Lebih dari 2 juta merchant dan 300 ribu ATM terhubung Union Pay.

Waktu DiBi Blogger Gathering Sabtu lalu, cakep yah aku tangannya kayak ubi.

Pentingnya Investasi

Tingkat inflasi Indonesia sekarang-sekarang ini 6-7% per tahun. Kalau menabung di bank, bunga per tahunnya ya paling 2%. Kan jadinya nggak nambah ya. Deposito juga sama aja. Mulai dari 8 juta, bunga yang didapat 7.75% p.a. Kalau tingkat inflasinya segitu yaaa cuma dapet seumprit. Eh kecuali depositonya bermiliar-miliar sihhh. Eh tetep aja deng, mending pilih yang returnnya lebih tinggi kan? Ya meski tentu saja, high return mah high risk juga ^^

Mbak Cynthia Tjandrawinata, Kepala Departemen Bancassurance Bank Sinarmas menjelaskan jenis-jenis produk investasi. Ada deposito, emas, valas, saham, properti, obligasi, dan lain-lain. Sangat penting untuk memulai investasi dari sekarang karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan kan?

Salah satu produk investasi yang dimiliki oleh Bank Sinarmas adalah produk reksadana. Secara singkat, reksadana itu seperti nasabah menitipkan uang sekian rupiah untuk diinvestasikan dalam saham, obligasi, dan lain-lain kepada manajer investasi yang profesional.

Return yang didapat dari reksadana lebih tinggi dari tabungan. Sehingga tingkat inflasi bakal tertutup sama return yang didapat. Tapi tentu saja bukan tanpa risiko. Berbagai tipe produk reksadana di Bank Sinarmas disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Bank Sinarmas sendiri merupakan bank umum yang mendapatkan persetujuan sebagai bank kustodian (bank yang menjadi tempat penitipan investasi) dan produk reksadana juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nama produk reksadana Bank Sinarmas antara lain: Simas Satu dan Danamas Stabil.

Belum punya asuransi dan investasi lainnya?
Kalau kata Mbak Cynthia, "It's never too late to get started..."

Pulang gathering aku langsung mikir tabungan dan investasi... hihihi!

❤❤❤ 

Photo session after blogger gathering. Thank you DB Bank Sinarmas!
❤❤❤

Digital Banking Bank Sinarmas
Twitter: @DB_Sinarmas
Instagram: DB_Sinarmas

Referensi:
Follow me on:

82 comments:

  1. enak banget yah aplikasinya di rumah, dianterin pula ke rumah. jaman sekarang susah banget cari bank yang gak perlu capek antri. apalagi buat status karyawan kayak aku yang cuma punya waktu 1 jam (pas istirahat makan siang)buat ke bank pas hari kerja.

    thanks infonya ya, Una :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, mudah banget. Bisa juga disamperin ke kantornya Mbak... hihihi.

      Delete
    2. Lebih bisa menghemat dan praktis yah Mabk jika benar
      Yang di tuliskan komentarnya Mbak Aulia

      Delete
  2. Ah, kenapa juga postingan pertama langsung baca punya Una. Keren banget ih. Aku langsung jadi nggak pedeeeeeeeeeeeeeeeeee.. >O<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah... hahahaha... ayo Mbak posting... :D :D

      Delete
    2. Ogah ah, keburu minder. Apa aku copas aja dari sini ya, eqeqeqeqeqe.. *ketawa kuntilanak*

      Delete
    3. *panggil Mbak Novi*
      Mbaaak ini Mbaaakkk ada yang ketawa kuntilanak hahahaha... Helowin masih lusa padahal :P

      Delete
    4. Emang Mbak Novi kenapa? Pawang kuntilanak ya :D

      Delete
    5. ehhhh.. sesama pawang kunti ga boleh sebut2 hihih :D

      Delete
  3. Kalau tabungannya sih aku blm punya Una, tapi kalau sinar mas sekuritas aku punya. Lumayan bljr investasi meski masih recehan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mantengin sendiri ya itu Mbak kalau sekuritas...

      Delete
  4. Replies
    1. Wihhh banyak juga yang pakai produk jasa keuangannya Sinar Mas :)

      Delete
  5. hooh cakep banget ubinya,,,eh maksudnya tangannya,,,sebenarnya menabung yg begituan itu tergantung orangnya merek yg terbiasa ribet dipastikan untuk mengurus atau membuat tabungan seperti ini tidak sulit,,,itu sih mudah banget,,asalkan syarat2nya udah lengkap dan udah kita bawa,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan karena itu Mbak,
      tapi emang sekarang banyak bank-bank yang kasih syarat dokumen bikin tabungannya lebih banyak ketimbang beberapa tahun silam. Karena masalah security :)

      Delete
  6. Aku sm suami punya rek di bank Sinarmas :)
    maklum karyawan simas kudu wajib gajinya ditransfer kesitu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooo Mbak Yeye kerja di Sinar Mas toh :)

      Delete
  7. habis baca ini jadi ingin investasi nih^^
    tfs ya na....ish,rambutmu itu lo...naksir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Mbak tumpuk emaaasss.
      Waduh itu lagi bad hair day, kalau pas bagus mungkin lebih naksir hahaha *tabok*

      Delete
  8. baru tau ada bank yang ribetnya kaya gitu sampai perlu kartu keluarga segala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada... katanya sih kantor cabang berhak minta dokumen yang lain T.T

      Delete
  9. oo jadi bisa ya sekarang beli resksadana di bank sinarmas.. ;))

    ReplyDelete
  10. woh, baru tahu ada ginian....
    jadi kalau udah gini, celengan bambunya dikemanain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep dipake dong, tak lupa celengan ayam :D

      Delete
  11. Pokoknya inovasi dari Bank Sinarmas ini tiada duanya, keren!
    Memudahkan dan menjangkau yang terpelosok sekalipun :)

    ReplyDelete
  12. Saya pernah urusan sama Bank SINARMAS saat Kredit Ulang MOTOR aja. Whahahahahaha. Soalnhya bank SINARMAS ini juga bekerja sama dengan Perusahaan LEASING kendaraan Bermotor seperti FIF, BAF gitu deh kira kira. Hieiehiheiheie Ealaaa malah curcol di mari

    ReplyDelete
  13. Kl ga ribet pakai ini itu lumayan praktis jg ya Na

    ReplyDelete
  14. aku katrok Na, gak mudeng ngene iki..

    hhehhee


    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan merendah gitu..semua yang berawal dari gk mudeng..kalau dicoba psti mudeng..hhehe

      Delete
  15. Salam kenal Mbak Una. menarik artikelnya Mbak
    Semoga Mbak Una sukses dalam segala urusanya amin :)

    ReplyDelete
  16. Uhuuy, baru didatenhin mas-mas. . .
    sugiih sugiiiih. . .

    ReplyDelete
  17. Ayo Na, nabungnabungnabung. Mumpung masih muda, banyakbanyak investasi :D
    Apakabar Una? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waks? Dirimu ke mana aja Mbak hahaha...

      Delete
    2. hihihi, adaaaa
      insyaAllah akan rutin lagi, manajemen waktunya kacau setaun kemarin :D *lama bener kacaunya*

      Delete
    3. Hahaha setahun ya lama juga blognya ndak diisi hihihihihi

      Delete
  18. Izin nyimak artikelnya mas?? Salam kenal, semoga sukses AMIIIN...

    ReplyDelete
  19. Aku geli baca judulnya na.
    ahahha..
    Aku punya tabungan sinarmas dan ATM nya sengaja aku hilangin na.
    Kalo ATM nya ga diilangin tabungannya ga bakal ke isi sampe ladang gandum menguning dan jadilah cococrunch.

    Ehh pas kemaren minta di printkan buku tabungan sinarmasku duitnya uda banyak aja, tapi tetep belum cukup untuk ngurus visa aussie..
    ahahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA. Mudahnya bikin akunnya, kalau nabungnya hmmm... Wih nasabah jugaaa! Demen amat Mbak sama Cococrunch...

      Delete
  20. yaampun.. ini keren banget sih buka tabungan sampe disamperin kerumah gitu sama officernya? hihihi sayangnya dicilegon belum ada sinarmas nih kayanya. belum pernah liat. jadi berarti ini transfer ke BCA juga gratis gitu yah biayanya? wah.. kalo iya, berarti keren banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, enak banget ya. Eh masak nggak ada? Iya gratis, enak yaaa...

      Delete
  21. Kalau prosesnya jelas gitu kan enak ya Na, jadi tahu apa yang harus dipersiapkan, hehehe. Apalagi kalau fasilitasnya oke :-) .

    Hahaha, yang namanya investasi memang penting :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas... harus investasi dari sekarang >,<

      Delete
  22. Na, aku mau jugak deh. Secara selalu beli tiket lion air kalok ke mana-mana. Aku kan ngincer promonya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Medan keknya ngga adaaaaa :(

      Delete
    2. Di medan ada kk :) boleh dicoba registrasi online nya..alamat cabang bisa di tengok disini http://banksinarmas.com/id/i.php?id=branchOffices

      Delete
  23. akhirnya bulan ini ada pemasukan ya un..

    ReplyDelete
  24. Unaaaa...
    ini emang seru banget yah kalo buka rekenening bisa online kayak giniiii...
    Rumahku didatengin sama mbak-mbak cantik khas pegawai bank gitu lho buat nganterin ATM Naaaa...hihihi...

    Dan aku masih kebayang panacota nya itu lhoooo...hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aku didatengin mas-mas sih hahaha...
      *protes*

      Iya loh kok enak yaaa...
      Pas makan dulu nggak enak... Apa karena duduk disebelahmu Mbak jadi enak? Hahahaha...

      Delete
  25. Makasih Una udah dateng ke #DiBiGathering :)
    Ayooo ajak temen yg banyak buat buka rekening online Bank Sinarmas.. masih ada program MGM (Member Get Member) dapetin bonus 50 rb per satu rekening approve hihiih.. infonya bisa cek di blog ku ya ^^ http://www.empieee.net/2014/09/mau-bonus-jutaan-bisa-banget.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhh, asik banget Mbak... temen daftar 100 aja udah jadi 5 juta hihihi.

      Delete
  26. Ah ya, saya juga sempat mengalami repotnya membuat tabungan yang kebanyakan syarat itu. Fasilitas Bank Sinarmas ini kedengarannya sangat menarik. Mungkin nanti saya akan coba :)

    BTW, apa kabar Una? lama saya gak BW, banyak ketinggalan kabar nih :)
    Have a nice weekend ya :)

    ReplyDelete
  27. Mudah seh mba, tapi uangnya itu loh yang sulit disaat sekarang. :D
    Bagus artikelnya, saya coba rajin nabung lagi dah..

    Game Android Ringan | Persiapan Ramadhan

    ReplyDelete
  28. Aku geli baca judulnya na.
    ahahha..
    Aku punya tabungan sinarmas dan ATM nya sengaja aku hilangin na.
    Kalo ATM nya ga diilangin tabungannya ga bakal ke isi sampe ladang gandum menguning dan jadilah cococrunch.

    ligaolahraga.com | game cewek android

    ReplyDelete
  29. Manta bener dah mba tulisannya, saya terhibur setealh membacanya :)


    tutorial hijab hari raya |

    ReplyDelete
  30. nice artikel, bagus sekali mba.. sangat menginspiratif :)

    ReplyDelete
  31. wah bagus banget nih artikel nya manfaat banget

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!