Bersiul

Akhir-akhir ini, aku jarang menengok dasbor blog. Biasanya sih, tiada hari tanpa buka dasbor atau nggak baca-baca blog orang deh. Nah ini bisa seharian nggak buka sama sekali... Padahal enggak sibuk, cuma sibuk streaming drama Jepang di internet! A~ha!

Jadi, aku tuh semacam kagum lihat orang yang bisa bersiul. Di rumah, aku sering lihat ibuku bersiul, atau si mbak rumah juga kadang-kadang bersiul. Kalau ada lagu apa, mereka bisa menyanyikannya dengan siul. Aku sirik.

Kalau sekadar mengeluarkan bunyi dari bibir yang agak dimajukan ke depan mah aku sudah bisa dari SD. Yang aku nggak bisa, bagaimana membuatnya bernada. Sejak bulan Mei lalu, aku mengingat ketidakbisaanku dalam bersiul dan mulai berlatih. Gila ya, bahasan curhat kali ini pentingnya nggak nahan! Hahaha!

Aku nanya-nanya ke ibu bagaimana cara bersiul yang pakai nada. "Ah, masak gitu aja nggak bisa? Intinya ya kayak kamu nyanyi biasa aja tapi nggak pake mangap," begitu kata ibuku, yang tipsnya tidak bisa aku cerna. "Kayaknya keluar nadanya ada urusannya sama letak lidahnya deh. Eh, enggak deng," begitu katanya lagi, yang menunjukkan dia aja nggak yakin sama teori bersiul.

Yaaa akhirnya, aku siul-siul mulu. Di kamar mandi, di ojek, di commuter line, sampai akhirnya bisa bernadaaa... horeee! Sekarang sudah lumayan lah bersiulnya, bisa ngikutin lagu macam-macam. Tapi ya even aku nggak tone deaf, kadang-kadang kalau siul suka keseleo dan bunyiin nada suka susah...

Memang benar kata orang-orang, bersiul itu seperti naik sepeda. Kalau latihan, abis itu bisa, nggak akan lupa bagaimana caranya. Tapi kalau menjelaskan bagaimana caranya naik sepeda bisa seimbang, bagaimana bersiul bisa bernada, hmmm... coba aja sendiri deh!

Sekarang ya yang terjadi adalah kebalikannya...

Belum lama ini, aku mengikuti sebuah ujian. Ujiannya menggunakan lembar ujian komputer, isiannya dibuletin pakai pensil gitu. Aku beberapa kali menghapus lalu kan keluar daki dari karet penghapusnya tuh. Nah aku memindahkan daki dari kertas dengan ditiup, ehhh nggak cuma angin yang keluar dari mulutku, tapi ada suaranya juga. Dan aku susah buat nahan nggak ada suaranyaaa...

Sama halnya waktu mau meniup makanan yang masih panas. Nggak baik sih tapi namanya lapar bawaannya pengen cepet-cepet masukin tuh makanan 'kan. Lagi-lagi pas niup, yang keluar siulan... ah! Hahaha!

Eh oiya, padahal katanya kalau bersiul itu mengundang setan ya? Beneran nggak sih?

❤❤❤

Follow me on:

66 comments:

  1. Suit .. suit .. :D

    Belum tahu jawaban pertanyaannya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suit suit aku nggak bisa :P

      Delete
    2. yen nggonku jenenge singsot un hahaha

      Delete
    3. Samaaaa itu mah Bahasa Jawanya :P

      Delete
  2. bersiul mengundang setan? ah masa' sih?
    baru denger kali ini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kirain mitos itu hits banget, wkwkwk...

      Delete
  3. Nggak ah Na. Lhawong setan dah ada di sekitar kita tanpa kita bersiul kok. Hahaha. Kalo gw bersiulnya pake disedot dulu. Gabisa langsung ditiup. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya sih... waks disedot dulu? Wkwkwk...

      Delete
  4. jadi bersiul2 terus ya na. hahaha.
    gua nih gak bisa bersiul.. :D

    ReplyDelete
  5. Sekali bisa langsung nonstop ya Na.. Hihihi
    Aku bisa siul tp ga bisa bernada gt.. Keburu kering mulutnya :P

    ReplyDelete
  6. Selamat Unaaa! Akhirnya kamu bisa bersiul juga!

    ReplyDelete
  7. Masa bersiul mengundang setan sih, Un? Yang ada juga mengundang cowok cakep. Pikirnya, " eh asyik nih ada cewek bisa bersiul, jadi bisa menggantikan gw yang gak bisa" hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih gitu wkwkwk... yang ada cowok gantengnya kabur Mbak, berisik banget nih orang wkwkwk.

      Delete
  8. aku bisa bersiul pakai lagu :) tapi suka di komplain pascal katanya gak boleh bersiul2

    ReplyDelete
  9. Bersiul atau Nyuit dimana ya bedanya? kalau bersiul siul yaitu mengeluarkan suara lagu atau irama suatu lagu dengan menggunakan mulut ya. Iramanya tetap dan cenderung lama kan? Beda ya sama Nyuit seperti orang memanggil Taxi. Atau nyuitin cewek cantik lewat (maaf)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedaaa aja, hahahaha... Nyuit kayak lebih pendek dan lebih tinggi nadanya...

      Delete
  10. tapi ketika mba Una nggak bisa ngejawab soal atau galau dengan jawaban ujian kemarin ga bersiul-siul kan? :) #gagalfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah monyong-monyongin mulut sihhh, tapi kutahan-tahan hahahaha...

      Delete
  11. waah aku kebalikan nya una, duluuuu bisa bersiul yg pake nada gitu,tp karna dah lama ga di praktekin, sekarang siul yg cuma ngeluarin nada aja dah ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lohhh hahaha bisa lupa juga toh ternyata...

      Delete
  12. Baca postingannya Una jadi ikutan bersiul-siul hihihi,
    iya katanya ngundang setan..kata nenek aku :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... mungkin itu mitos masa lampau ya hihihi.

      Delete
  13. ahahahaha~
    kok sama sih, saya juga pernah pas baru-baru belajar bersiul, suka kelepasan bersiul pas meniup minuman panas~ :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak sekarang masih kelepasan siul gak?

      Delete
  14. Hahaha, jadi inget sudah lama nggak bersiul, hahaha :P

    ReplyDelete
  15. Aku juga siul2 baru2 ini bisa nya lho mbak un, siulan lagi ben ngundang setan hahahahah

    ReplyDelete
  16. Aku pernah dgr jg ktnya kalo bersiul ngundang setan.. entah siapa yg ngmg, lupa hehehe tp aku suka kok bersiul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha asikkk banyak yang suka siul :)

      Delete
  17. Naahh ini nih yang kucari.. Jadi intinya supaya siulnya bisa bernada harus sering-sering latihan yak? Aku bs sih sikik-sikik tp nadanya suka terputus ditengah-tengah. Kenapa begitu ya, Na? Apa karna ambil nafasnya kurang panjang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terputus di tengah-tengah? Yang gimana tuh hahahaha... nggak perlu ambil nafas panjang-panjang sih Mbak...

      Delete
  18. dari dulu paliiing ga bisa bersiul..padahal udah sering dilatih...hihihi ga bakat berarti yaak.. ;p

    ReplyDelete
  19. samaa. aku juga bisa keluar suara doang, tapi gak ada nadanya.
    hehehe post kali ini sukses bikin aku nyobain bersiul juga :D

    ReplyDelete
  20. setahu Gia kalau bersiul itu pamali kak.. jangan sering-sering deh kaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pamali kenapa, hahaha asik tapi :p

      Delete
  21. Aku baru tahu bersiul ngundang setan itu malah dari anakku, katanya dilarang bersiul nggak baik :D
    padahal aku gape banget lho bersiul, secara dulu Bapak almarhum pelihara banyak burung, trus aku yang disuruh ngajarin burungnya bersiul :D

    ReplyDelete
  22. saya bersiul keluar sih suaranya. tapi gak bisa kalo harus pake nada :D
    tentang bersiul mengundang setan, pernah denger sih.. tapi, percaya gak percaya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aku nggak percaya aja dehhh... :D

      Delete
  23. Wkwkwkwk saya bisa bersiul sejak kecil. Adik saya (usianya beda setahun) gak bisa. Sampe sekarang saya bisa bersiul yang bernada tapi kalo niup makanan mah bisa gak pake nada. Kalo dilatih pasti bisa deh Na :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sirik... hahaha iya nih Mbak, kalau niup makanan mencoba nggak bunyi >,<

      Delete
  24. Aku isa ning siarane cilik un, isa seru yen ana cewek liwat hahaha....

    ReplyDelete
  25. hahaha baru bisa siul ya... kalau masalah ngundang setan kalau bersiul, menurutku hanya mitos, tapi tetep aja kalau saya siul malem diomelin ortu :)

    ReplyDelete
  26. uhuy,,,mbak Una pinter bersiul,,ajarin aku donk,,tuh ada nasiku masih panas,,ntr kita belajar bersama,,,

    ReplyDelete
  27. Unaaaa...
    aku pun baru ngeh ternyata gak bisa bersiul pake nada lho...
    Whoaaaa...harus latihan dulu nih akuuu...hihihi...

    ReplyDelete
  28. Kalok ketahuan nyiul, bibir ku bisa diolesin ulekan cabe sama Mama ku, Naaaa.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalok di daerah ku pantang banget anak cewek nyiul.. Tapi ngga masalah sih, orang aku ngga bisa :P

      Delete
    2. Wkwkwk... alasan pantangnya apa sih? Maksud aku kan ada yang mitos ngundang setan, atau gak, kayak cewek nakal gituuu...

      Delete
    3. Katanya sih ngundang setan dateng.. Wkwkwk.. :D

      Delete
  29. Hahaha... jadi sekarang walopun gak diniatin bersiul, keluar bunyinya juga ya kalo niup sesuatu. Udah jadi kebiasaan kayaknya nih,.
    Ada yang bilang manggil setan, dll. Pas malam2 juga katanya gak boleh. Tapi yang pasti, kalo Papaku gak sukak lihat cewek suka siulan. Jadinya kayak cewek nakal gitu Una. Makanya biasanya siulan pastikan ga ada Papa. Walopun siulannya sesekali aja sii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewek naka? Waduh ini lagi -,-
      Aku nggak pernah liat cewek nakal siul siul wkwkwkw...

      Delete
  30. Kalau mau niup makanan, mulutnya yang santai aja, Bro! Jangan posisi kayak mau siul.

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!