Lupa Vocab

Pernah nggak sih mengalami lupa vocab mendadak? Kalau lupa atau nggak tahu vocab Bahasa Inggris atau bahasa asing ya agak maklum, wong bukan lingua franca. Tapi sering nggak sih kalian lupa vocab dalam Bahasa Indonesia?

Misalnya...

Beberapa hari lalu, aku menonton seminar tentang public space art di Korea bersama temanku. Eh, tahu-tahu temanku membahas tentang Bandara Incheon. Dia bilang, "Bandara Incheon kan bandara yang paling ter... sedunia. Aduh, ter-apa sihhh..."

Aku dan temanku yang lain mencoba membantunya,

"Terintegrasi?"
"Terkeren?
"Terbersih?"

Tanggapan dia, "Bukaaan, bukaaan, ter apa sihhh..."

"Arsitekturnya paling bagus?"
"Terkompleks?"
"Terbaik?"

Kata dia, "Bukaaaan ih, itu lho teknologinya bagus, wi-finya kenceng banget..."

"TERCANGGIH?"

"Nah iya, itu tercanggih!"

Ealah, tiwas sini sudah nebak-nebak yang aneh-aneh sampai terintegrasi segala, tahunyaaa... maksud dia tercanggih. Dan temanku ini masih 19 tahun. Masak kata canggih aja lupa, hahaha.

Aku suka lihat beberapa orang yang sudah tua dan orang yang sakit yang otaknya yang diserang kadang suka susah menyebutkan kata yang sebenarnya enggak susah. Tapi dia semacam lupa, nggak tahu apa vocabnya. Tapi itu wajar sih... tapi...

Tadi malam aku sama temanku membahas sebuah permen yang diberi oleh guruku, yang katanya berasal dari Ukraina. Permennya semacam jelly yang berlumur gula di luarnya. Kayak Yupi gitu. Nah, temanku bilang kalau itu mirip Yupi-Yupian yang warna-warni yang suka dijual ons-onsan, kiloan, tanpa merek. Waktu dia bilang gitu, aku tuh teringat kalau itu tuh ada Bahasa Indonesianya. Sesuatu yang dijual ons-onsan, kiloan. Sejak itu aku mikir-mikir apa istilahnya. Tapi aku nggak bilang sama temanku kalau aku lagi penasaran kata.

Sejam berlalu aku masih kepikiran dan belum menemukan apa istilah itu. Aku pun nge-PINK! ibuku. Yes, bukan PING!!! tapi nulis kata PINK!!! secara manual di chat BBM. Waktu itu aku lagi di angkot. Aku tanya ibuku, "Buk apaan sih Bahasa Indonesia dijual kiloan gitu... ada istilahnya kan..."

Ibuku jawab, "Opo tho, ra dong."

"Ihhh itu lhooo Bu, kan ada Bahasa Indonesianya. Apa yaaa... jelantah yaaa... aduh apa sih mirip-mirip gitu."

"Curah?"

"NAH IYAAAA ITU CURAH!!!"

Ealah, kata yang kucari-cari ternyata 'curah'.

Zzz on maximum level.

Aku penasaran aja. Apa yang terjadi di otak ya kalau terjadi seperti ini. Dan aku rasa banyak yang mengalami hal seperti ini. Ya nggak? *nyari temen*

65 comments:

  1. aku bacanya sampe ngakak. pernaaaahh Unaa, kadang-kadang (gak sampe level sering sih yaa. hihi), dan kalo penasaran itu bisaa deh dipikir sampe semalaman. giliran udah ketemu jawabannya malah jadinya ketawa sendiri. wong kata yang sebenarnya gak sulit diucapkan juga bisa lupa ternyata -_-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkk ada temennn. Hahaha... Pas udah ketemu berasa lega dan berasa konyol :P

      Delete
  2. Ya ampun curah aja smpe ke jelantah hahaha.....sering g ya???kadang sih..g suka mikir kl lupa,jengkel sndiri aja na..aplgi kl yg dtnya g tau atau lupa juga haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan mirip ada ah ah ah nya :P iya paling kesel ditanya lupa, tapi bukan nggak tahu...

      Delete
  3. Una...aku pernah ngerasain itu, lupa mau nyebut kata apa, tapi sering banget...malah waktu lagi ngomong sama anakku.

    Ternyata bukan aku saja yaak

    ReplyDelete
  4. aku pernaaah.. waktu bikin prakarya, butuh isolasi, eh bilang ke teman sampai mbulet, akhirnya bilang lem bening, lah mereka kira aku butuh lem kastol :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah, lem bening anti mainstream banget wkwkwk...

      Delete
  5. hahaha gua rasa semua pasti pernah lah ngalamin brain freeze kayak gitu :D

    ReplyDelete
  6. Aku pikir lupa vocab hanya dialami perempuan mendekati 50 tahun, Un. Oh ternyata aku ada teman. Seeep lah kalau gitu, I don't feel too bad hehehe..

    ReplyDelete
  7. Hahha iya Una, aku juga sering sih kayak gitu :p. Tapi ya jelantah itu bukannya minyak goreng bekas ya??? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang, ingetnya katanya mirip-mirip itu :P

      Delete
  8. lupa vocab, pas kita mau ngomong lupa istilahnya kui ta? ati2, amnesia dini lho

    ReplyDelete
  9. Sering banget mbak. Kebetulan kan aku sering ada tugas presentasi, dalam bahasa inggris. Itu kalo pas ada yang lupa vocab, tapi sebenernya tau apa yang mau diomongin, rasanya...

    ReplyDelete
  10. Aku sering, Unaaaa.....apalagi sejak melahirkan yang kedua ini. Gak tau kenapa, makin sering aja itu kejadian di aku, mo ngomong tapi lupa bahasanya apa. Mending klo kata yg dicari adalah bahasa inggris ya, tapi ini bahasa indonesia dan bahasa sehari2 pulak..duh ampun malu2in banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, itu pengaruh karena umur kali ya :P

      Delete
  11. seringggg, bangetttt. apalagi sejak hidup di rantau! tambah akutttt #lebay. kalo aku situasinya selalu pas ngomong inggris, lupa vocab inggrisnya tp inget indonesianya dan sebaliknya, pas ngomong indonesia lupa vocabnya tp inget inggrisnya! kalo pas di depan kompi sih langsung google translate, lha kalo pas di ruang meeting sama bos? mosok dibilang, indonesianya tuh "ini" lho mister tapi inggrisnya opo yo? bwahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak!! Nganu loh mister... :P

      Delete
    2. Ternyata Kita ga sendirian soal lost language fluency ini, coba Una Baca ini deh :) http://m.bbc.co.uk/news/magazine-28022790

      Delete
  12. Kayaknya semua pernah mengalami ya Na, hahaha. Apalagi kalau sudah lama nggak ngomong bahasa Indonesia, haha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Zilko dah lama nggak ngomong Indo yah :P

      Delete
  13. Hahahaha, aku bacanya ngakak ka Un :D :P

    ReplyDelete
  14. Aaakk,.. pernahhh mba udaaa *toss dulu,... berasa blank gitu ya mbak,.. lawong aku pernah nonton tivi, trus pas iklan aku lupa tadi nonton acara apa yaa :D

    ReplyDelete
  15. Ehhh,.. mba unaaa maksudnya,... duhh typo :D

    ReplyDelete
  16. Aku sering gitu juga. Kenapa, ya. Apa ada yang hank di otak

    ReplyDelete
  17. Vocab hanya sebuah istilah, buat aja istilah yang lain atau diskripsikan aja apa yang dimaksud.

    ReplyDelete
  18. Saya sering sekali Na, pengaruh umur *hiks*

    Konyolnya sering salah malah bukannya lupa. Masa pernah pulang dari bepergian, sama anak bungsu saya, saya bilang, "Ayo buka celana!" PAdahal maksud saya mau bilang, "Ayo, buka sepatu!"

    Parah gak tuh :(

    Eh, ikutan GAku, Na :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakaka... parah :P

      Gak pake Lumia Mbaaa T.T

      Delete
  19. hahaha jadi inget temenku dulu una waktu cerita tiab2 mentok dia lupa 1 kata dalam bahasa indonesia trus dia bilang kalau bahasa sundanya sireum :)

    ReplyDelete
  20. Wah tadi saya sudah Nulis jawaban puanjang eh saat di klik "publish" kok malah hilang ya. Sebelumnya saya sudah memilih Comment as atau melalui "google account" eh giliran klik SEND langsung blank, alias jadi halaman kosong lagi. SUdah nulis panjang eh malah hilang dengan sendirinya. Huaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  21. Lumayan sering sih, secara otak jugak sering korslet. Zzzzz.. -_-

    ReplyDelete
  22. Low disk space. . .
    Format it. . .

    ReplyDelete
  23. aku malah baru tau arti kata curah itu seperti ituu..

    terkumis..

    ReplyDelete
  24. hahahaa...
    kukira aku sendiri yg suka lupa vocab... :-D

    ReplyDelete
  25. Lupa itu kan gak ingat ... itu mah biasa2 aja, yang ruarr biasa kalau lupa jalan pulang ke rumah ...sttt, ini baru anehh ... ;)

    ReplyDelete
  26. Una jangan gitu dong, mau nyamain wong tuo kok milih nyamain lupa vocab... hi..hi..

    ReplyDelete
  27. lah sering nih non Una, sudah di ujung lidah mak jleb ilang eh lupa vocabnya, jangan-jangan kakehan/kebanyakan brutu saat seumuran Una ya, hehe..

    ReplyDelete
  28. jangan ditanya lagi kalo seperti itu,,sering banget :)

    ReplyDelete
  29. saya kalau bahasa indonesia sih enggak
    kalau bahasa inggris sering
    hehehe
    maklum....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sama aku. Inggris sama Indonesia, sama2 pernah ngalamin. Bahkan untuk kata yang harusnya sih nggak boleh lupa, karena sering diucapin. Hahaha...

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!