Makan-Makan Manado

You can't just eat good food. You've got to talk about it too. And you've got to talk about it to somebody who understands that kind of food.”
-Kurt Vonnegut, Jailbird

Salah satu hobiku adalah makan, terlebih lagi mencicipi makanan yang belum pernah aku coba sebelumnya. Sayangnya, aku benci sekali sama makanan pedas. Saus sambal yang biasanya dalam botol atau sachet saja aku anti parah. Menurutku pedas itu merusak rasa masakan. Tapi ada masakan khas daerah di Indonesia yang pedas dan aku suka sekali. Yaitu, masakan dan makanan khas Manado! Manado juga menjadi salah satu tujuan Jelajah Kuliner Unik Nusantara oleh Daihatsu dan VIVA. Nah, seperti kutipan yang aku selipkan di atas,  let's start talking about kuliner Manado!

Dipilih dipilih ^^
Beruntung sekali tinggal di Indonesia, negara yang terbentang luas, kebudayaan yang beragam, kulinernya pun tentu juga. Baru pindah kota yang dekat saja sudah berbeda citarasa khas kulinernya. Apalagi beda provinsi atau pun beda pulau. Aku sendiri dibesarkan di Pulau Jawa tapi baru-baru ini tahu tentang brongkos dari Jogjakarta serta lodho dari Tulungagung dan masih kurang paham bagaimana gathot, sawut, maupun gethuk dibuat.

Kalau kuliner Manado, juga belum lama aku kenal. Sering liat kios masakan Manado di foodcourt tempat perbelanjaan, entah kenapa tidak menarikku untuk mencobanya. Apalagi kelihatannya kok pedas-pedas semua, makin tidak ingin mencobanya. Paling cuma makan bubur Manado (Tinutuan) dan perkedel jagung yang selalu ada di warung makan Manado itu. Namun belakangan, akhirnya aku memberanikan diri makan pedas, dan emang enak banget namanya masakan Manado itu! Pedasnya, pedas segar! Meskipun aku pakai acara minum bergelas-gelas.

Sekitar seminggu lalu, aku makan makanan Manado lagi ^^


Makanan yang aku pesan ada nasi putih dengan tuna woku, tumis daun pepaya, dan cakalang suwir pedas. Tuna woku itu yang kuning. Terbuat dari ikan tuna yang dibumbui dengan serai, cabe, daun kemangi, kunyit, pandan, dan kemangi. Aromanya enak sekali, segerrr! Kemudian tumis daun pepaya. Sebenarnya, katanya yang enak itu tumis bunga pepayanya Manado. Meski agak pahit daun pepayanya, tetep enak! Kalau cakalang suwirnya, dibumbui dengan bumbu yang disebut pampis, yaitu kombinasi cabe, serai, daun bawang, dan bawang merah/putih.

Sayangnya, makan siangku kali itu tidak diakhiri dengan es kacang merah khas Manado. Pasti lebih enak lagi. Selain makan nasi dengan lauk khas Manado, aku pun membeli makanan kecil/snack-nya juga.

Ikan-ikan di piring yang akan dijadikan sup ikan. Mau ikan yang mana?

Snack Khas Manado


Panada, Biapong, dan Balapis.

1. Panada

Kue khas Manado ini merupakan salah satu kuliner yang pengaruhnya dibawa dari kebudayaan luar. Panada diperkenalkan di Minahasa oleh bangsa Portugis yang datang beberapa abad yang lalu. Orang Spanyol dan Portugis menyebutnya dengan empanada yang berasal dari kata empanar yang berarti bungkus atau roti luaran. Panada ialah kue yang digoreng berbentuk seperti pastel namun seringkali lebih padat dan gemuk. Biasanya isinya adalah ikan laut cakalang yang disuwir kecil-kecil dan dibumbu pampis. Sama seperti cakalang yang aku makan bersama nasi di atas. Hmmm, enak sekali!

2. Biapong

Sebagian dari kita mengenalnya sebagai bakpao. Di Manado, bakpao lebih dikenal dengan bahasa lokalnya yaitu biapong. Biapong merupakan penganan dari tepung terigu yang di dalamnya terdapat berbagai variasi isi. Bisa berisi kacang hijau (biapong temo), kelapa dan gula merah (biapong unti), hingga cokelat, ikan, ayam, maupun daging babi. Yang aku beli kemarin isinya kelapa dan gula merah, hmmm pengen coba yang lain ^^

3. Balapis

Balapis merupakan kue lapis ala Manado, mirip dengan kue lapis pepe Betawi atau kue lapis sagu Jawa. Balapis terbuat dari tepung sagu dan beras diberi santan dan dikukus. Kadang-kadang dibuat dari tepung terigu. Kalau balapis yang aku beli kemarin berwarna hijau dan cokelat. Yang hijau diberi rasa oleh daun pandan dan yang cokelat dari cokelat bubuk. Sepotongnya dihargai tiga ribu rupiah. Dan enak banget aja dong, cokelatnya berasa banget...

Balapis lebih dekat...
Belum banyak makanan khas Manado yang aku cicipi. Kuliner Manado yang berpadu antara citarasa khas lokal dan kebudayaan luar (Belanda, Portugis, dan lain-lain) membuatku makin ingin mencicipi makanan Manado yang lain. Seperti Klappertaart, kue khas Manado yang merupakan adaptasi dari Belanda, atau Vruchten Sla, dessert seperti salad buah. Belum lagi, aku ingin mencoba bagaimana sedapnya nasi kuning khas Manado dan juga kuliner ekstrimnya! (Berani nggak ya?) Inginnya pun cicip kuliner Manado, ya langsung di Manado...

❤❤❤


Link di VIVALog: http://log.viva.co.id/news/read/478946-makan-makan-di-manado

Referensi:
Foto koleksi pribadi.
http://www.earlly.com/resep-kue-balapis-khas-manado.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Empanada
http://id.wikipedia.org/wiki/Panada
http://ritawidiyasuci.blogspot.com/

85 comments:

  1. Gw gak tahan Na ama makanan Manado yang pedes-pedes. Bikin nangis beneran pas makan. Pernah sok nyobain kek gitu soalnyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga suka pedes juga toh Mas. Hahaha... Aku kalau makan makanan Manado aku tahan-tahanin, abis enyaaakkk!

      Delete
  2. Paling suka sama Panada :'))
    Enak bingits!

    ReplyDelete
  3. makan woku bikin seangat makan bisa nambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak iyah Mbak... bikin pengen makan lagi :P

      Delete
  4. hooooo panada itu dari manado, kukira dari makassar hahaha. dan biapong itu di makassar namanya pawah fufufu saya sukka yg isi kelapa dan gulmer, enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini orang Makassar ngaku-ngaku... :P
      Aneh namanya hihihii...

      Delete
  5. kalo makanan 9nasi sama lauk) belum pernah nyoba yang khas manado,tapi kalo panada...sukaaaaaaaaaaaaaaaaa banget,di cocol pake saos,slurppppppttttttt..weenakkk....

    g tau cara bikin sawut???yuk ke Siak,tak bikinin na hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss!!

      Wooo adoh banget sinau bikin sawut ke Sumatraaa!!

      Delete
  6. semuanya begitu menggoda selera hm...

    ReplyDelete
  7. Una cobain juga deh cakalang fufu dan roa manado
    itu dari ikan juga dan pedes juga
    dijamin makannya bakalan nambah ... :)

    apa kabar Una?
    semoga selalu sehat dan sukses ...

    selalu suka postingannya Una, selalu lengkap dengan detailnya :)

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeee, bakal aku coba Bunda...

      Baik selaluuu... amiin amiin! <3

      Delete
  8. Gara gara gak pernah ke manado, makanan nya pada asing semua mbak una :D

    Tapi namanya saja yang asing, kalau bentuknya, kayaknya di jawa juga ada, hanya beda nama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun belum pernah Mas... hehehe. Iyah banyak yang mirip cuma namanya beda XD

      Delete
  9. Na....
    Es kacang merah itu aslinya dr manado ya?

    Pertma kali makan es kacang merah di Jkt, kukira es biasa spt es cincau getu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang iya ada yang engga~ kayaknya, tralalala.

      Delete
  10. makanan Manado yang kucoba baru bubur Manado, itupun udah lamaa bgt

    ReplyDelete
  11. Una..., nasi kuningnya ada di mana? jaman SD dulu jajanannya itu.., tiap hari..., kangen makan nasi kuning cakalang lagi

    Una musti coba juga ayam tuturuga (mirip gulai ayam tp dikasih kemangi), sup ikan dan gohu alias rujak Manado

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli nasi putih kok Bu. Waaa... aku beli di deket rumah XD

      Woh, penasaran X_X

      Delete
  12. saya belum pernah coba, tapi kelihatannya memang enak ya. mudah-mudahan nanti nemu :)

    ReplyDelete
  13. Makanan dari manado itu sebelas dua belas lah ama makanan sumatera barat.. pedas nya emang kerasa, hehehehe
    berarti kita beda selera dong? gw suka makanan pedas nih. hehe tapi tetep kalau ada manis dan ada pedas gue lebih suka yang manis. hahaha

    ReplyDelete
  14. Nggak nyobain makanan yg rada ekstrim? :-)
    Paniki heheheh

    ReplyDelete
  15. Adduuhhh.. nampak lezat semuanya Na...

    ReplyDelete
  16. Baru tahu itu namanya Panada. Selama ini seringnya bilanngnya pastel... :v

    Btw es kacang merah bukannya penganan Makassar yah? Maaf sok tahu, soalnya di sini ada rumah makan khas Makassar, dan ada jual es kacang merah.... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya menurutku sama kayak dawet, katanya khas Banjarnegara tapi kan kalau misal kita beli di rumah makan apa, juga ada... XD

      Delete
  17. Slurrpph.. mitak kuenya buat sarapaann!!!

    ReplyDelete
  18. nyummyyy, namanya baru aku denger, na

    ReplyDelete
  19. laper, un....*kemudian dedek bayi tendang2*
    panada ini kalo di bangka, disebut roti goreng, nah cuman kalo di bangka, isinya kacang tanah yg dirajang+gula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooo lagi hamil toh...
      Wah kayak enak tuh isi kacang :9

      Delete
  20. Karena Gorontalo dulu memang wilayahnya Manado... Jadi makanannya sama ya :p, Tapi kayaknya milu siram sama Ilabulo belum pernah disebut ya Un.. mungkin itu yang asli gorontalo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa apaan tuh,
      pengen tahuuu... pengen cobaaa hihihi XD

      Delete
    2. kalo makanan gorontalo pedesnya lebih ampun2an.. smpe nangis aku.. haha

      Delete
    3. Wahaha masa mbak? Jadi penasaran deh...

      Delete
    4. Enak loh Un... Ilabulo itu.. menurutku, tapi tergantung juga sih yang bikin hohoho,

      Iyaa, bener kata mbak Tia..pedes banget, sejak disini level pedesku jadi nambah :p

      Delete
  21. wah kalo keluarga ku yo familiar banget sm makanan manado, lauk pauk jenis apa aja bisa di woku.. :-D
    udah nyobain tinutuan belum, Un?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ada Manadonya sih ya Mbak... udah Mbak XD

      Delete
  22. Masakan Manado itu favoritku, Una!!

    Yaeyalah....namanya juga orang manado..hihihihi...

    Mudah2an nanti bisa terwujud ya Na, makan masakan manado di manadonya langsung..

    Btw, kapan hari itu di Top Chef kalo gak salah, ada peserta yang bikin empanada lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha!!
      Amiin Mbak... Amiin. Empanada terkenal sedunia yahhh.

      Delete
  23. pengen snacknya~ :3
    kayaknya cocok banget jadi teman minum susu cokelat anget~ :D

    ReplyDelete
  24. Miss jadi lafer aku... Hemmm... *Beli Nasi Pecel

    ReplyDelete
  25. kue2nya kayknya enak tuh..belum pernah coba sih.. ntar kalo ke manado coba semptin deh..hihi salam kenal ya !

    ReplyDelete
  26. Hm, kalo Una mah ga heran. Penikmat aneka kuliner ya nona manis nan kriwil ini. Aku malah belum pernah mencicipi masakan Manado, Na! :)
    Sukses untuk ngontesnya yaaaa, Smg menang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen coba makanan Aceh Mbaaa... hihihi. Amiin amiin!!

      Delete
  27. Saya suka agak pedas karena lebih makyus
    Masakan Manado yang pernah saya nikmati adalah ikan2an saja
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... pedas ga manyus ah hahaha.
      Sama... belum pernah coba yang hewan lain ihihihi.

      Delete
  28. Kurang suka makanan Manado, mungkin karena beda selera kali ya :)

    ReplyDelete
  29. Apa pean ndak nyobain makan daging hewan yang ekstrim di pasar tomohon itu kah? enak lho ada daging kucing juga hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha belum pernah sampai sana Ric. Engga tau juga kalau ke sana berani apa engga XD

      Delete
  30. btw apa hubungannya makanan manado ama daihatsu? :D

    ReplyDelete
  31. Aku suka makanan pedas, tapi yang masih standar saja. Kalau terlalu pedas, malah bikin saya bersin-bersin terus.. Barangkali karena pengalaman merantau dan memiliki teman dari berbagai daerah, maka lidahku jadi terbiasa dengan aneka makanan. Bahkan, kalau ada pekerjaan ke daerah, yang pertama kali aku cari adalah kuliner khas daerah tersebut.. Semoga tahun ini ada perjalanan ke Manado, biar bisa menikmati makanan daerah tersebut langsung di lokasinya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget ya nyobain kuliner khas suatu tempat om... amiin amiin semoga tahun ini kita bisa ke Manado!

      Delete
  32. gw inget disana makan pisang pake sambel kalo g slh.
    Disana seafood-nya enak2 juga na.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihihihi ga kebayang pisang pake sambel... aaaa pengen ke sana fufufu...

      Delete
  33. nah, aku juga anti makanan pedas, sebenarnya ngga terlalu anti, lidah sih suka. cuman perut yang selalu menolak :(

    ReplyDelete
  34. owwh panada itu dari Manado ya, baru tau saiah...

    ReplyDelete
  35. Malah blm prnah nyobain perkedel jagung.

    Paling gak tega liat kamu makan pedas. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak bakwan jagung Mbaaa... tapi lebih renyah aja...
      Kok ga tega???

      Delete
  36. Belum pernah maem Menadoan Na,,,,cucian deh eikeh !

    ReplyDelete
  37. Asyiknih Una ngulas makanan Menado, aku cuma suka makan kue lapis dan panadanya Na. Tapi kalai ikannya pasti enak kalau pakai ikan yang masih segar ya ? Rasa pedas itu identik deh dengan kuliner ini. he,,,he,, he,,,,
    Sukses lombanya ya Una........

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihihihi. Iya kayaknya selain yang manis, semua pedassss wkwkwk...

      Delete
  38. Makanan kaki lima memang selalu menggoda :3

    Kemasan Makanan

    ReplyDelete
  39. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!