Jalan-Jalan Ke Kementan

Tahun lalu, dua kali aku berkunjung ke Kantor Kementerian Pertanian. Mengantarkan teman untuk mencari data skripsi. Bagaimana ya dalamnya Kementan itu?

Pertama kali ke sana, kami lewat jalan TB Simatupang. Di bagian depan Kementan ada bangunan yang menyerupai piramida kacanya Musée du Louvre yang ternyata disebut PIA atau Pusat Informasi Agribisnis. Kami berencana foto-foto di depan tiruan piramida kaca Paris itu selepas mencari data skripsi. Di belakangnya ada beberapa gedungnya dan tampak suram semua. Auranya gelap seperti tipikal gedung pemerintahan.



Belakang gedung PIA. Kalau dari depan baru terlihat piramidnya.
Gedung pertama yang kami masuki ya si PIA itu. Gedung baru sepertinya, agak keren meski menurutku nggak keren-keren amat. Di dalam, di lantai terdapat poster-poster tentang komoditas pertanian Indonesia, jagung, karet, padi, dan lain-lain. Juga terdapat taman kecil indoor. Pintu elevator pun juga bertema pertanian. Yang aku lihat ada sapi dan kakao. Waktu masuk elevator pun, sekeliling dinding liftnya berbegron sawah. Benar-benar pertanian.

Perpustakaan PIA tidak besar tapi aku suka desainnya. Sayangnya, bukunya masih berantakan dan komputer tidak bisa berfungsi. Sigh! Dari PIA kami pun bergegas ke gedung C ke ruang kantor yang dibutuhkan temanku untuk mencari data. Ke Gedung C melewati gedung A, yang sangat-sangat suram. Negatif banget hawanya suer deh. Lorong-lorongnya berubin putih dan ada berjajar ambulans membuat kami merasa Kementan lebih cocok jadi rumah sakit ketimbang gedung kementerian, wkwkwk.

Dalamnya PIA.
Background liftnya.
Temanku berbicara dengan orang yang bersangkutan, aku foto-foto. Lihat di ruang kantor, ada peta gula dunia, sembari dari jauh melihat pegawainya pada ngapain. Nggak tahu kenapa aku sedihhh...

Tiap gedung ternyata punya perpusnya masing-masing. Dan lagi-lagi perpusnya suram maksimal. Bukunya banyak berdebu. Yang kocak, dua kali kami ke sana, jarak dua mingguan kali kalau nggak salah. Pengunjung perpus gedung D, cuma kami berdua. Terlihat dari buku tamunya.


Perpus dekat Pusdatin Gedung D Lantai empat.
Jujur aja aku nggak suka masuk ke gedung-gedung itu. Yang berangkat aku ceria maksimal, pulangnya langsung bawaannya pengen njekaprut, cemberut mecucu maksimal. Semacam terpengaruhi hawa negatif di situ, hihihi... Untung sama temanku ditraktir Mekdonal, jadi ceria lagi deh! Sayangnya pas mau pulang hujan deras, jadi belum foto di depan Musée du Louvre deh. Well, tapi masih penasaran sama gedung kementerian lain sih, terutama Kementerian Perdagangan. Kayaknya gedungnya paling oke dari yang lain... hmmm...


17 comments:

  1. Weeeeh. Emang sih ya gedung-gedung kementrian itu kok ya gakbisa kayak auranya tempat kerja si google. Untung ditraktir mekdonal ya Na.
    penasaran sama poto piramidnya Na..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha keren banget kalau kayak Google mah... Mirip mirip Musee Louvre gitu deh, cuma lebih jelek dikit :P

      Delete
  2. Background liftnya ituuuu kereeeennnn

    ReplyDelete
  3. daatang ke Perdagangan di Sleman sajah Na, bisa lht view Merapi deh

    ReplyDelete
  4. kayanya kurang menarik ya na...kayaknya hehehe.....

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. iya.. jadi seger ya mbak lihat lift nya...
      serasa ada di sawah beneran gitu

      Delete
  6. aku tiap hari lewatin gedung pertanian dan liat piramidnya itu..tapi blom pernah masuk kesana..;p

    bekgron di liftnya bagus ya...gambar sawah2 gitu ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi... mayan jauh dong Mbak kerjanya, di Pancoran kan ya @.@

      Delete
  7. hy una....
    dah lama nigak mampir ke blog una.......

    ReplyDelete
  8. Saya pernah ke sini ...
    Tahun lalu ...
    Dua kali malah ...

    Ngapain Om ?
    Saya numpang parkir ... ketika ngurus Paspor di Imigrasi Jak Sel
    Kantor Imigrasi parkirannya sempit banget ...

    Parkir di Dep Tan ... naik Bus Way ... turun Imigrasi ... (demikian pula sebaliknya)

    Salam saya Una

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imigrasi Duren Tiga itu? Wowww...
      Bukannya agak jauh ya xixixi...

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!