Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cooking Japan School Caravan: SD Menteng Besuki

Sudah pada tahu 'kan program Cooking Japan? Sebuah program milik negara Jepang untuk mempromosikan makanan Jepang yang halal di Indonesia. Kalau belum tahu, boleh dicek postinganku beberapa waktu lalu: Cooking Japan di Indonesia Japan Expo 2013. ^^

Kali ini, Cooking Japan berkeliling ke lima Sekolah Dasar di Jakarta dengan programnya yang bernama Cooking Japan School Caravan. Acara School Caravan disponsori oleh Garuda Indonesia, Panasonic, Yakult, Mirai Ocha, Sakura Restaurant, dan Young Chef Academy. Di sini, ada kegiatan lomba membuat sushi yang diikuti oleh murid-murid bersama dengan orangtua. Selain itu, terdapat penampilan Bima Satria Garuda, tokoh tokusatsu (special effects) yang pertama di Indonesia. Juga pembagian fanbook dan doorprize. Fanbook ini merupakan buklet yang berisi beberapa resep masakan Jepang seperti Agedashi Tofu, Sashimi Mix Salad, dan Yaki Udon. Fanbook Cooking Japan juga punya sesuatu yang sangat spesial! Nanti aku kasih tahu di belakang... hihihi.

Chef Iwan dari Sakura Restaurant.
School Caravan yang pertama (25/1) dilaksanakan di SD Menteng Besuki. Itu loh SD-nya Barack Obama dulu. Nah, lomba sekaligus belajar membuat sushinya dipandu langsung oleh Chef Iwan Gunawan dari Sakura Restaurant. Lombanya pun ada dua sesi. Sesi pertama adalah membuat Sakura Roll, sajian sushi makimono (digulung) dan berjenis futomaki (nori berada di luar nasi). Sedangkan, di sesi kedua, para peserta lomba diminta membuat California Roll, makimono uramaki (nori di dalam, nasi di luar).

Waktu yang diberikan adalah 15 menit. Peserta harus membuat sushi seperti yang tertulis dalam resep yang sudah dibagikan dan menatanya dalam boks sekreatif mungkin. Kemudian, hasilnya ditaruh di meja tengah untuk nantinya dinilai oleh para juri. Seorang ibu guru SD Menteng Besuki yang mengajar Matematika senang sekali dengan adanya acara ini. Karena dalam School Caravan, bisa terlihat kekompakan yang dijalin oleh anak-anak bersama orang tuanya. Sementara itu, ketika peserta sedang berlomba, MC membagi-bagi hadiah dengan memberikan kuis dengan pertanyaan seputar masakan Jepang dan Indonesia Cooking Japan.

Anak dan ibu. 
Bapak-bapak juga ada loh. ^^
Pasangan nomor 5B menjadi salah satu pemenang. 
Ketika Sakura Roll menjadi artis. Dikerubungi, dilihat-dilihat, difoto-foto.
Bahan California Roll.
Ada nori (lembaran rumput laut), tobiko (telur ikan terbang), gari (jahe), alpukat, selada, kyuuri (timun Jepang), shoyu (kecap asin), wasabi, dan nasi sushi. Kalau kata Chef Iwan, nasi yang paling baik untuk membuat sushi adalah jenis Koshihikari. Alatnya, pakai makisu (tikar penggulung sushi). 
Dua sesi lomba membuat sushi pun selesai dan disambut dengan video dari Bima yang ditampilkan dalam beberapa layar yang telah terpasang. Selanjutnya pun, Bima keluar dengan gagah. Murid-murid SD Menteng Besuki sangat antusias. Setelah diumumkan pemenang lomba membuat sushi, semua peserta berfoto bersama dengan Bima, MC, dan Chef Iwan. Ini baru kunjungan Cooking Japan ke SD pertama, ada empat SD lain bakal dikunjungi. Jadwalnya bisa dilihat di sini.

Follow @CookingJapan untuk info lengkap mengenai Indonesia Cooking Japan!
Melalui media sosial, Cooking Japan selain berbagi resep masakan, produk makanan, info wisata Jepang, juga sering bagi-bagi hadiah berupa T-Shirt dan Powerbank. Info kuisnya bisa dicek di bagian News di website Cooking Japan. Nahhh... selain itu, yang aku bilang di awal mengenai Fanbook... Hmmm! Jadi Cooking Japan juga bagi-bagi tiket gratis ke Jepang!

Caranya, harus punya Fanbook itu! Nah loh. Jadi ada halaman khusus di Fanbook yang bisa kita tempel bon pembelian di Restoran Jepang yang merupakan partner Cooking Japan. Kemudian difoto dan dikirimkan ke Cooking Japan. Halaman Fanbook itu nggak boleh hilang karena dijadikan syarat pengambilan hadiah. Fanbook sendiri bisa didapatkan di restoran dan toko-toko yang bekerjasama dengan Cooking Japan. Info lebih lanjut bisa dilihat di link-link Cooking Japan di bawah ini:

Facebook: Cooking Japan

25 komentar untuk "Cooking Japan School Caravan: SD Menteng Besuki"

  1. Tadi langsung penapsaran gimana penampilan si Bima. Itu yang di bawah ya kan Na?
    Heibat emang cara Jepang berinvestasi. Ngeh kalo pasarnya gede mereka galakkan dong industri ini. Hihihi. Sayah melihat dari kejelian Jepang untuk ekspansi bisnis sih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah... Indonesia pasarnya gede pulak @.@

      Hapus
  2. wah seru banget ya acaranya!!!
    anak2 juga pasti seneng dah ya... :)

    BalasHapus
  3. seru banget sih...jadi kangen makan makanan jepang,terakhir tahun 2012 hehehe...

    BalasHapus
  4. wah Indonesia harus mencontoh nih, biar anak anak kecil generasi muda Indonesia juga kenal dan mampu membuat makanan khas Indonesia, seperti misalnya nasi goreng ataupun soto betawi ataupun makanan lain yg gak ribet bikinnya..

    ayo Indonesia jangan mau kalah dgn negara lain yg memperkenalkan budayanya pada bangsa kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lomba masak di sekolah sering juga... Iyah, pengennya Indonesia punya program kayak Jepang gini, presentasi makanan/masakan di luar negeri XD Biar nggak cuma nasi goreng doang yang terkenal di Jepang XD XD

      Hapus
    2. Enggak usah presentasi ke luar negeri, tapi presentasi atau perkenalan kepada anak anak muda generasi muda Indonesia sendiri saja..

      Hapus
    3. Kayaknya enggak enggak usah deh. Perlu juga... :P

      Hapus
  5. hihihi ada Bimaaa....idolanya Radit ituuu...kalo udah ada filemnya di rcti pasti Radit ga berkedip nontonya... ;)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waksss... Radit suka juga tohhh hihihi...

      Hapus
  6. Wah itu pasti sodaranya Satria Baja Hitam RX kali ya hihihiie. Oops keceplosan. Enak nih kalau ada acara cook cookan gini Selain bisa belajar cara memasakknya, dan bisa ada kesempatan icip icip hiheiheihee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gatau tar kutanyain sodaraan apa kaga wekekek.

      Hapus
  7. keren ya acaranya..... disini gak ada hikz... padahal pengen juga itu ikutan yang hadiahnya ke jepang heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Mbaaa... Belum tahu juga sih fanbooknya ada di kota mana lagi XD

      Hapus
  8. Aakkkk mau ikutan masak sushiii
    Eh ikut makan sushi aja deh XD

    BalasHapus
  9. Saya pernah ngantar anak yang kecil dalam rangka mengikuti babak penyisihan olimpiade matematika tingkat sekolah dasar ke sd menteng ini.

    Saya lihat sekolah ini memang hebat, terutama dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan yang positif... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya SD bagus, meskipun bangunannya kaga :P

      Hapus
  10. wah ada kamen rider nya juga

    BalasHapus
  11. Aku kebagian di Pangudi Luhur Una :)

    BalasHapus
  12. Halo saya mau info..
    Jika ada yang membutuhkan Dus Makanan bisa hubungi saya :)

    BalasHapus