Cooking Japan di Indonesia Japan Expo 2013

Sudah pada tahu belum tentang proyeknya Ministry of Economy, Trade, and Industry (METI)-nya Jepang dan berkenaan erat dengan negara kita? Dan berkenaan juga dengan makanan?

Bekerjasama dengan First Co. Ltd, METI meluncurkan program Japan Halal Food Project. Proyek yang termasuk dalam Cool Japan Strategy Promotion Program by METI Tahun 2013 ini dimaksudkan dalam proses Jepang mempelajari dan memahami konsep halal serta mempromosikan makanan halal Jepang ke Indonesia. Oiya, Jepang sendiri punya konsep 'nyaman, aman, bersih, sehat' untuk produk-produknya yang sebenarnya tidak jauh dari konsep halal. Namun halal dalam Islam 'kan juga berkenaan dengan kandungannya, seperti tidak mengandung babi dan alkohol. Inilah yang 'sedang dipelajari' Jepang supaya ke depannya makin banyak produk makanan Jepang yang bisa dikonsumsi tanpa ragu oleh orang Indonesia.

Ada beberapa langkah yang dikerahkan dalam Japan Halal Food Project (JHFP) ini. Pak Ilfa, representatif First untuk Jakarta, mengungkapkan beberapa program dalam JHFP. Beberapa di antaranya adalah website Cooking Japan yang berisi resep makanan Jepang, info makanan halal dan budayanya, kemudian ada seminar dan press conference untuk memperkenalkan produk makanan ekspor Jepang, business matching antara Indonesia dan Jepang, demo masak ke lima sekolah, serta hadirnya booth Cooking Japan di Indonesia Japan Expo 2013, JI Expo Kemayoran ini.


Ada apa saja ya di booth Cooking Japan?

Di sana kita bisa lihat pemaparan tentang Japan Halal Food Project dan Cooking Japan-nya. Selain itu kita bisa lihat contoh produk makanan minuman ekspor Jepang yang sudah berlabel halal. Ada produk beras, kecap asin, perisa makanan, dan lain-lain. Pelabelan halal ini dilakukan oleh Nippon Asia Halal Association (NAHA). Menurut informasi dari Pak Ilfa, Beberapa 'orang' dari NAHA pun pernah di-training oleh MUI.


Senbei berlabel halal. Lihat label halal yang ada hijau-hijaunya itu kan?
Yuzu juusu dan shoyu.

Wakame, okazunori, hatsuzumi, dan mitososu (meat sauce).
Selain itu ada penjualan produk makanan minuman Jepang. Ada nori, wakame (jenis rumput laut), shoyu (kecap asin), minuman kaleng dan botol macam ocha dan milk tea, cookies, furikake (condiment untuk nasi), serta mi instan. Yang kesemuanya, menarik untuk dibeli, hihihi...  Tak lupa ada oden (jenis makanan Jepang yang direbus) dan juga onigiri (nasi kepal) ditawarkan di booth Cooking Japan.

Nah, tentang Indonesia Japan Expo 2013-nya sendiri, temanya adalah Smart Community Indonesia 2013 ~ Exhibition of Interacting Industries towards the Development of a Wealthy Nation. Maksudnya adalah memperkenalkan kepada Indonesia, bagaimana cara pembangunan dan sosialisasi energi terbarukan, implementasi teknologi untuk agrikultur, rumah, transportasi, pembangunan gedung yang dengan tujuan supaya menjadi Smart Community itu sendiri.


Kita ditunjukkan tentang konsep monozukuri (mono=sesuatu, zukuri (tsukuru)=membuat) yang dipegang oleh Jepang. Arti literalnya adalah 'membuat barang/keadaan' tapi esensinya adalah tidak hanya menghasilkan produk dengan baik namun juga meningkatkan sistem dan prosesnya. Nggak hanya di proses produksi, namun juga konsep inilah bagaimana cara Jepang memecahkan masalahnya, misal karena bencana, kekurangan SDA dan lain-lain.

Di IJ Expo 2013 banyak ekshibisi mesin-mesin gitu, tapi tetep asyik buat seluruh kalangan karena ada area bermain, booth makanan, asesoris, suvenir, panggung utama, booth pariwisata Jepang, pameran foto Kesennuma, banyak banget. Tak lupa ada booth Cooking Japan!

Cooking Japan juga lagi ngadain kuis buat para pengunjung IJ Expo 2013 terutamanya booth Cooking Japan. Hadiahnya berupa powerbank untuk 20 orang pemenang. Caranya upload foto kamu di depan booth Cooking Japan, foto dan komen terbaik bakal dipilih jadi pemenangnya. Lebih lengkapnya bisa dicek di Twitter @CookingJapan dan halaman page FB-nya! IJ Expo 2013 masih dua hari lagi loh sampai tanggal 22 Desember ^^

Facebook: Cooking Japan

37 comments:

  1. Ada acara untuk cooking Japan di Indonesia ya Una, sepertinya kamu mengusasi konsep ini dan bisa loh kalau kamu jadi pemandunya ntuk acara ini. Mantap deh........


    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... projek gitu.
      Waks... aku ga ngerti apa-apa om...

      Delete
  2. wah keren ya strategi pemasaran juga sih keknya ya mba mweheheh ...
    kalo udah tau ginikan enak kagak ragu lagi mau makan-makanan luar terutama di jepang mantab !!!!

    ReplyDelete
  3. jadi inget waktu ke jak-japan matsuri. beli jajannya malah makanan khas betawi. hahaha

    ReplyDelete
  4. wah wah indonesia mulai di jajah makanan jepang nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ga mulai juga sih,
      dari dulu udah ngehip makanan Jepang :D

      Delete
  5. Inyong baru tahu ini pas dapet Campaign dari AdStar. Dan ternyata uda ditulis sama mbak Un :D

    ReplyDelete
  6. wuih halal desyooo eh furikake pernah jadi bahan terjemahanku hahahaha

    ReplyDelete
  7. uwaah kalau produk dari Indonesia ke Jepang ada gak Na? :D

    ReplyDelete
  8. wuihhhh keren ya,,,,halal juga ^^

    ReplyDelete
  9. Jepang bersahabat bangete mang ya Na ama Indonesia karena pasarnya Indonesia guedeee banget.. Sampe -sampe tiap minggu di kantor adaaaa aja yang dateng dan mintarrange meeting,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa, soalnya Indonesia gedeee jadi pada bisnis di sini :D

      Delete
  10. kalau pamerannya udah selesai, makanan yang dipajang itu diapain ya? *kepo

    ReplyDelete
  11. Keren nih, makanan halal. No worry lagi deh :D

    ReplyDelete
  12. Wiih, senbei halal o.o
    Enak nggak itu, kak?

    ReplyDelete
  13. Agak ragu sama shoyu

    pernah denger itu ada kandungan tidak halalnya.
    iya nggak sih kak?

    Kapan ini ada di padaaangg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak paham sih aku Aul...
      Tapi lagian kan kalau yang ini sudah ada label halal :D

      Delete
  14. Kemasannya memikat dan sedap dipandang mata. TErnyata saya yang KUPER alias kurang pergaulan, Makanan Jepang taunya yang itu itu aja :Teriyaki sama Sushi, Ternyata banyak menu masakan Jepang yang tidak ada saya ketahui

    ReplyDelete
  15. ehheeemm...
    ngomongin makanan ntar perut tambah mancung...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!