Sumo-Japanese Food Introduction


Aku dan temanku Aji, memasuki ASEAN Hall, ASEAN Secretariat dan di dalam sudah penuh dengan para tamu dan undangan. Semua berbaju atau berbatik formal, kecuali kami berdoa. Jins dan kaos. Aku sih nggak malu sama sekali, cuma kok agak wagu aja gitu aku kaos oblongan, sementara yang lain, cakep-cakep, hahaha... Ben. Aku pun tanya sama temanku, "Kalau gue kaos oblongan, jins, muka dekil gini bisa jadi diplomat nggak?" Jawabnya dia, "Gak ada hubungannya kalik, Bob Sadino aja kaya banget tapi pake celana koloran muluk." Jawabannya nggak nyambung.

Kami telat lima menit dan aku kira bakal telat karena kan kalau hubungannya sama Jepang biasanya on-time. Tapi ternyata telat sekitar 10 menit, hehehe. Tengok-tengok goodie bag, dapat map transparan ASEAN-Japan Friendship and cooperation, notebook, pulpen, dan usb kartu. Mayannnn... Acaranya dimulai dengan beberapa speech, kemudian Ms. Ito dari apanya-Jepang-nggak-tahu (nggak perhatiin, hahaha) menjelaskan secara singkat mengenai olahraga sumo.

Presentasi singkat tentang sumo.
Siapa yang nggak tahu Sumo? Olahraga yang dilakukan dua orang Jepang berbadan besar dan cuma pakai celana dalam besar, hihihi. Nah, presentasi Ms. Ito membuat para tamu dan undangan lebih mengenal tentang olahraga satu ini. Sumo memiliki kanji 相撲  yang berarti 'memukul satu sama lain'. Atlet sumo disebut dengan rikishi. Jumlah rikishi sampai dengan bulan Juni 2013 adalah 626 orang dan nggak cuma orang Jepang juga loh. Nah, berikut ini poin-poin fakta dan sejarah mengenai sumo:
  1. Tercatat sudah ada sejak tahun 712 Masehi.
  2. Pada abad 8-12 Masehi merupakan acara tahunan untuk permohonan panen yang bagus.
  3. Selain itu digunakan untuk menghormati dan menghibur Kami, dewa Shinto.
  4. Digunakan untuk melatih para Samurai warriors.
  5. Untuk menggalang dana untuk bangunan dan renovasi kuil Shinto. Dulunya, sumo dilakukan di halaman shrine (kuil Shinto) atau temple (kuil Buddha).
  6. Menjadi olahraga profesional sejak abad 17 Masehi.
Kata temanku cuteee...
Dalam pelaksanaannya, sumo ini punya beberapa peraturan, yaitu:
  1. Harus tetap berada di dalam ring (dohyo).
  2. Tidak boleh terkena permukaan ring/dohyo, kecuali telapak kaki.
  3. Tidak ada pembagian kelompok berdasarkan umur, berat, tinggi. Dan yang paling berat dan besar belum tentu jadi pemenangnya.
  4. Ada 82 teknik dalam olahraga sumo.
Coba aku duduk di kursi ambassador-ambassador depan ituuuu... Kan bisa keliatan jelasss...
Yang menarik lagi ada istilah-istilah yang berkenaan dengan sumo, contohnya:
  1. Crying sumo: Ketika dua pegulat sumo menggendong bayi dan yang bayinya duluan nangis ialah pemenangnya.
  2. One-man sumo: Sumo tanpa lawan manusia, namun lawan roh jahat.
  3. Kinboshi (bintang emas): lawan paling jago, sering menang, high-ranking.
  4. Shinitai: posisi hopeless, hihihi.
  5. Isamiashi (over-eagerness): saking bersemangatnya, rekishi yang melawan malah keluar ring.
  6. Itamiwake (sharing pain): berakhir seri karena semuanya capek atau luka.
Seusai Ms. Ito membawakan perkenalan mengenai sumo, dua rikishi datang masuk ke dalam hall. Sekejap semua tamu dan undangan langsung berdiri semua, penasaran dan jeprat-jepret. Semua ingin tahu demo sumonya langsung. Temanku di sebelah nggak berhenti bilang, "Cuteee Na, lucuuuu..." karena liat sumo wrestler-nya. Aduh.

Pesumo nggedrukkin kaki, auk Bahasa Indonesianya apaan, buat menghilangkan roh jahat.
Rikishi menggunakan mawashi, yaitu sabuk yang juga merupakan celananya yang kalau dipanjangkan bisa sampai 9,1 meter. Gaya rambutnya pun khas, disebut dengan Chonmage, kucir ala era Edo dan samurai. Ada bapak-bapak botak di baris belakangku bercanda bilang, "Aku ingin jadi pesumo, but I don't have hair!" Baju formal rikishi sebelum atau setelah pertandingan ialah montsuki kimono. Way of sumo termasuk konsentrasi, kesabaran, semangat, kesopanan, perjuangan, dan lain-lain.

Awalnya adalah pensucian tempat sumo. Ada beberapa gerakan yang dilakukan dan gerakannya ada yang mirip membasuh tangan. Selain itu, gerakan nggedruk-nggedruk kaki kanan dan kiri, ternyata maksudnya adalah menyingkirkan roh jahat. Dan pas si rikishi, nggedrukin kakinya, gila ya, suaranya keras banget. Penontonnya juga diminta mempraktikkannya, hihihi! Oiya, sumo juga punya wasit yang disebut dengan gyoji.

Makanan khas pesumo adalah Chanko Nabe. Chanko berarti makanan yang dimasak di tempat training sumo. Nabe berarti stew atau hotpot. Kenapa Chanko Nabe? Karena mudah dibuat, dibuat dengan volum yang banyak, bernutrisi, membunuh kuman karena panas, dan rasa kebersamaan karena berbagi dari pancinya itu.

Kiri: chanko nabe. Kanan: kue kacang merah dan satenya.
Usai demo dan kuliah tentang sumo, kita dikasih coba makan Chanko Nabe donggg. Selain itu, ada udon, kue kacang merah auk apa namanya, sama sate-satean, rasanya kayak bitterballen, dan bodohnya nggak nanya namanya. Minumnya ocha panas banget. Karena wareg aku nggak ambil udon. Dan meski satenya enak, cuma makan satu karena kehabisan. Fufufu...

Di invitation tertulis kita punya kesempatan buat foto sama pesumonya. Tapi sumpah yak, banyak banget yang minta foto, udah antre kan nih, eh tahunya si pesumonya udah diajakin keluar, enggak dapeeeettt deh... Yowis foto sama bendera dan lukisan yang ada aja dehhh.

Pendeeeekkkk~ 
Ajarannya Aji, gaya sok-sok selca, padahal yang moto aku, hahahaha!
Teman-teman, bantu akuuu donggg! ^^
Plis klik link: on.fb.me/1d7F4iD
Trus like yaaa, makasih!

47 comments:

  1. huahaha sumo kok dibilang cute... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahhaha sudah saya pantengin sejak lebaran.
      Gagal Pertamax lagi hahahahaha

      Delete
    2. Biar gak pertama bonceng aja sama Kang Asep di sini.

      Delete
    3. @Mas Arman: Memang temanku agak-agak freak -_-

      Delete
  2. Saya tau ada SUMO ini hanya lewat permainan game "STREET FIGHTER" yang ada Sagat, CHun Lie, Ryu , Ken , dan masih banyak lagi

    Saya jadi bertanya sama SUMOER (Pelaku SUmo hahahahhaa) kenapa badannya gendut gendut? Apakah yang slim dan ramping tidk boleh atau tidak layak di sebut SUMO? Dengan kata lain apakah pemain SUMO (Sumoer) ini harus GENDUT.

    Tumben fotonya nda di BLUR. DImana mba Una pasti ada makan makannya, Wedewwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok kayaknya aku tahu game ini yaaa...

      Kayaknya beratnya gak masalah gak tau ding hahaha, tapi emang dicekokin makanan banyak jadinya genduttt :D

      Delete
  3. Saya belum ernah lihat SUMO secara langsung, apalagi kalau nyoba makanan untuk SUMO nya, takut nambah beratnya Na. he,,, he,,,,


    Salam wisata

    ReplyDelete
  4. Pengen coba makanannya sumo. Beli ada gak ya Un

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau, bikin kayaknya juga gampang, cuma sop :D

      Delete
  5. bingung membaca istilah-istilah yang berkenaan dengan sumo. lidahku kaku :)

    ReplyDelete
  6. huaaaaa pengen liat iks. saya tertarik dgn sumo semenjak temanku membuat skripsi ttg ini ishh seandainya sy di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh,
      si pesumo-pesumo itu lagi ke Jakarta karena ada turnamen di sini :D

      Delete
  7. cute na.. ^^
    jd pengen punya boneka sumo.. hihihi

    ReplyDelete
  8. kolor dan sabuknya sumo 9 meter, ngebayangin nyuci dan jemurnya..
    jemurannya sepanjang apa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enggak kebayang,
      pakai pengering kali :D

      Delete
  9. pesumo itu harus gemuk ya na???wah,seneng ya bisa belajar banyak hal di LN :D
    yang lucu yang ini ni...Ketika dua pegulat sumo menggendong bayi dan yang bayinya duluan nangis ialah pemenangnya...wkwkwkwkwkwk..unik ya :D
    q share ya na,menarik banget ulasanmu..lmyan buat sarapan :D

    ReplyDelete
  10. Wah pengen ngerasain gimana ya melihat sumo langsung dari dekat...
    tapi gendutnya itu bikin serem sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, serem...
      Kayak orang Jepang gemuk tuh cuma di sumo aja... :D

      Delete
  11. Ning Indonesia sakjane akeh wong sing bakat dadi pesumo, tapi cuma awake dowang sing gendut. Kekuatannya nggak ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda... pesumo gendut makannya makanan sehat,
      orang sini gendut makan makanan berkolesterol, santan, dan fastfood :P

      Delete
  12. wah wah, indonesia juga kedatangan sumo yah :D mrgrin

    ReplyDelete
  13. xixixi emang cute sumo nya kaya monokoroboo hahahaha :D fiss

    ReplyDelete
  14. lucccuuuuuuu rikishinyaaaa :) saya juga mau kapan2 photoan ama pesumo... *pasti kebanting pendek dan besarnya... hadeee -_-

    ReplyDelete
  15. Untung kamu gak dapat giliran foto sama SUMO. . .

    ReplyDelete
  16. aku baru tahu kalau sumo itu buat rayain panen :)
    tengkyu una infonya *peyuk dan ketcup*

    ReplyDelete
  17. Pesumo tiap hari makannya berapa kali ya? trus berapa kalori?. Ya ampuunn badan bisa segede kulkas 3 pintu gitu hehe :D. Btw sdh saya "like" ya linknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sekali makan sepanci kali ya hahahahaha~
      Makasih ya Mbak ^^

      Delete
  18. Waah, seru ya bisa nonton sumo langsung gitu Na, hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah seru banget ya, Na bisa berada dalam ruang seminar seperti itu. Bisa mendengarkan presentasi langsung sekaligus menyaksikan permainan/demo sumonya. Wow.
    Eh, jadi kesananya sama Aji toh? Asyik banget!

    Udah, udah dilike dari kemarin, sukses ya, Na!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, pengen ke sana lagii, pengen jadi diplomat hahaha!

      Delete
  20. Apane sing cute sih na? Perasaan medeni pesumo-ne..
    Hehehe

    ReplyDelete
  21. Ternyata bener ya. Gemuk atau kurus nggak menentukan orang sehat dan kuat atau nggak. Contohnya atlet sumo yang segede2 gitu mungkin lebih rajin latihan daripada yang kurus. Hmm *mempertimbangkan jadi atlet sumo dengan berat saya yang 90kg*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dan kemarin ada yang tanya apakah pesumo gampang kena diabetes dan jantung. Katanya enggak, apalagi mereka olahraga terus...

      Delete
  22. asik gaianya, oblongan n jins anbisa masuk kegedung bagus.
    baca ampe tuntas, ng'bayanginnya malah, gimana rasanya punya pacar pe sumo...gimana coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong, untung gak disuruh keluar :P
      Wahahaha coba aja sana :P

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!