Mainan Ulat dari Cabang Pepaya

Setelah tadi baca postingan salah satu teman untuk Mainan Bocah Contest, aku baru ngeh kalau deadline-nya itu 30 Oktober. Padahal aku nyatetnya 10 November. Kucek ke blog yang mengadakan alias Uda Vizon, ternyata 10 November itu tanggal pengumumannya. Fiuh... alhasil aku cepat-cepat menuangkan ide tentang mainan jamanku dulu di postingan ini.

Saat aku masih kecil dan tinggal di Jakarta, mainanku yang paling aku suka itu Barbie. Huehehe, dulu sih punya delapan biji yang setelah itu kepala dan badannya banyak yang terpisah. Stuffed animal juga banyak. Ada tikus warna merah yang kunamai Bambang, ada gajah putih yang kunamai Agus, juga ada beruang cokelat namanya Linda. Waktu aku berumur 7 tahun, pindahlah aku ke Jogja, ke kampung halaman ayah dan ibu karena ibuku musti melanjutkan studinya di Universitas Gerbang Melulu Gadjah Mada. Kalau nggak ngerti kenapa Gerbang Melulu, itu karena kalau Anda ke sana, kebanyakan jalan ditutup gerbang. Loh kok jadi oot?

Setelah di Jogja, mungkin suasana tradisionalnya kebawa. Ayahku mulai mengajarkanku membuat mainan yang aneh-aneh. Misalnya, terompet dari daun pisang dan uler keket (ulat) dari ranting pepaya. Nah yang terakhir yang ingin aku ulas.

Dan karena no pic = hoax. Aku sudah mempersiapkan ini~ Nah, jadi, bagaimana sih cara membuat ulat dari dahan pepaya?
Ambil dahan pepaya, boleh pohon sendiri, atau pohon tetangga. Kalau aku tadi sih ambil di pohon tetangga, huehehe...
Siapkan cabang pepaya.
Potong sesuai keinginan. Makin panjang tentu ulatnya bisa jadi makin panjang.
Dithuthuk-thuthuk (sumpah bingung B. Indo-nya!), dipukul-pukul pakai batu.
Hentikan pukul cabangnya kalau kira-kira dalamnya sudah keisi penuh.
Dibuka...
Jadi deh, dan pasang di ranting pohon. Huehehe...

Ada ulat!
Aku ingat dulu suka bikin ini bareng-bareng dengan sepupuku. Karena pohon pepaya di rumah Jogja rendah, dulu sih bisa ambil sendiri dahannya. Setelah itu bersama-sama nhuthuk-nhuthuk pakai batu atau munthu (ulekan). Kalau ulatnya udah jadi, aduh... rasanya seneng banget deh. Tadi pas bikin ulat aja, aku seneng banget. Padahal aku sudah tidak kecil lagi sekarang. Ah nostalgia... jadi bertanya-tanya, masih ada nggak ya anak jaman sekarang yang mainan beginian? :)

“Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak”

Model tangan: Lisiatin Warsanti.

29 comments:

  1. Wah, bisa jadi persis kayak ulat begitu ya.. Keren.. Ntar ajarin anak-anak ah bikin kayak gitu, hehe..

    Terima kasih Una sudah mengirimkan artikelnya
    Saya sudah catat sebagai peserta dalam MAINAN BOCAH CONTEST

    ReplyDelete
  2. wah bisa buat nakutin temen asik itu bikin ulet dari pepaya hihihi

    ReplyDelete
  3. @ Om Vizon: Sama-sama. Iya keren banget yang invent mainan ulat-ulatan dari pepaya itu. :D

    @ Mbak Ria: Hahaha, boleh juga tuh idenya. *eh*

    ReplyDelete
  4. kalau nyari di perkotaan mah mainan yang kaya gini g ada lagiii
    :'(

    ReplyDelete
  5. wah ulet ya mbak, kalo saya suka buat tembakan dari bambu, dan pelurunya pake kertas basah :)

    ReplyDelete
  6. iiii geliiii..... *takut ulet soalnya, kalo kupu suka, hehe*

    ReplyDelete
  7. bikin yang banyak un
    jualen di malioboro
    sopo ngerti iso sugih...

    ReplyDelete
  8. Jiaaaahhahahaha...
    tikus namanya bambang... *ngakak guling guling*

    Pantes lama nungul, mesti dipraktekin dulu uletnya trus poto poto... =))

    bancii kontesss :))

    *hmm... ikutan ga ya yg ini.... *ngelus ngelus dahi*

    ReplyDelete
  9. kreatif sekali ya permainannya, jaman saya kecil nenek saya membuatkan saya mainan 'wayang' yang terbuat dari pelepah daun singkong yang mulai mengering :)

    ReplyDelete
  10. wuih... ga nyangka deh mainanmu sampai seperti itu mba Una... hehe... seru banget ya, tapi foto yang keterangan bawahnya : "Dithuthuk-thuthuk (sumpah bingung B. Indo-nya!), dipukul-pukul pakai batu." itu pasti bukan tanganmu kan mba? wkwkwkwkw...
    anyway, keren banget postingannya, thanks for share, moga menang ya mba....

    ReplyDelete
  11. Wiih.. mantap una! ulatnya mirip beneran :D
    Ntar setelah jadi ulatnya mau diapain? Dilempar ke orang2, terus teriak ULAAAT?! bgitu kah? hahaha :P

    ReplyDelete
  12. bagus na, pasti orang yang ngeliat itu bakalan ngira ulat beneran :D hhahaaa.

    ReplyDelete
  13. Bisa dicoba nih.....
    Kayaknya seru. Tapi takut ama ulet, gimana? hahhaa

    ReplyDelete
  14. Huaaaa.. gedubrakkkkk.. itu uletnya tidakkkkkk. paling geli ama uler keket

    ReplyDelete
  15. itu itu itu...
    Huahhh pengen buat..
    Ingat jaman bahula..

    ReplyDelete
  16. hhahaa..nama boneka mbak unah lucu,kayak nama om aku'bambang'

    ReplyDelete
  17. Wuehehe, kaya ulet beneran. Bisa buat nakutin temen tuch haha

    ReplyDelete
  18. Percis ulet beneran mbak, tapi saat aku kecil koq belum mengenal permainan ini ya :D
    Kalau dikasi pada yeman yang phobia ulet pasti menjerit2 ketakutan.


    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  19. ini sih bukan mainan, tapi objek fotografi. soalnya lebih keren difoto [dengan cara dan atribut yang tepat] daripadadimainin.. :)

    btw, ilmu turunannya mantep juga.. :D

    ReplyDelete
  20. Una ...ratu GA n ratu kontes...borong dari hulu sampr ke hilir... ckckck
    semoga menang ya... :P

    ReplyDelete
  21. Oooo gitcuu... ulat sasaran tembak fotografer... jadi den ide apdetan n dilombakan ... :P

    ReplyDelete
  22. boleh..boleh juga nih Una ide bikin ulatnya, nanti aku buat nakut2in tenmen ya hehehe pikiran jahat

    ReplyDelete
  23. wkwkwkwkwkwkwkwkk
    kok bisa mirip gitu yah.

    ReplyDelete
  24. Hiiiiii saya suka mainan iniii! :D

    ReplyDelete
  25. ..
    wuih beneran mirip ulat lho..
    tapi sekarang agak susah nyari pohon pepaya di kota.. :(
    ..

    ReplyDelete
  26. Waaah, mirip banget, Una. aq baru baca postingan ini. :D Eh menang ga, Na?

    ReplyDelete
  27. ijin mengcopy idenya buat pameran tugas seni budaya . tengkyu ..

    ReplyDelete
  28. wew... kreatif banget..hasilnya kayak uler keket beneran...jdi pngn buat sendiri juga.. :D

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!