Indonesia Default Pedas

Gambar ambil di sini
Huehehe, ini kedua kali aku menulis blog dengan judul pakai kata 'Indonesia' di depannya. Yang pertama adalah Indonesia Kurang Senyum, dan sekarang Indonesia Default Pedas. Memang sih, judulnya agak wagu, tapi yo ben, wek. Kalau di postingan sebelumnya, aku membahas tentang kebanyakan orang tidak lagi murah senyum, kalau sekarang aku akan membahas kenapa kebanyakan di Indonesia menganggap semua orang suka pedas!

Ini adalah jeritan seorang anti-pedas (baca: saya), yang sudah kupendam sejak dulu kala. Oke begini, teman-teman pasti pernah ke McDonald's kan? Ya paling enggak, pasti tahu deh. Nah pasti ada semacam meja kecil untuk mengambil saus dan sedotan kan... Ya, dan saus yang disediakan hanya saus sambal. Kalau mau saus tomat? Ya balik lagi ke kasir dan minta deh ke mbaknya. Ribet! Sekarang KFC lagi ikut-ikut. Beberapa store KFC hanya menyediakan saus sambal di meja swalayan itu. Tapi masih banyak juga sih yang masih menyediakan saus tomat. Cih, emang nggak ada apa orang yang suka saus tomat sampai sambal doang yang disediain. *emosi*

Kemarin ceritanya, aku ngidam makan bakmi goreng di toko bakmi dekat rumah. Aku udah pesen tuh ya, mi goreng sama es teh. Pas udah beberapa menit aku baru ingat, aku takut dia kasih mi-nya pedes. Aku bilang sama masnya,
U: "Di sini mi gorengnya ngga pedes kan ya?"
Masnya (M): *muka bingung* "Ya tergantung tadi mbaknya pesennya pedes apa enggak."
U: "Tapi tadi aku gak bilang apa-apa, masnya juga nggak ngasih option."
M: *ngeloyor pergi*
Tapi mungkin udah jadi kali ya, trus dia ngasih ke aku mi goreng dan itu pedas banget. Syit, langsung aku minta ganti. Wkwkwk, ya semoga yang mi goreng pedes itu nggak diserve buat orang lain :P Yah ribetnya ngga suka pedas, mesti inget kalau pesen makanan harus bilang, "NGGAK PEDES YA MAS."

Oke lah, jenis makanan tertentu memang khasnya justru di pedasnya kayak rendang atau gule. Malahan kalau ada gule ngga pedes pasti wagu. Tapi kan itu bukan gule. *emosi* Aku jadi inget, pempek deket rumah juga kuahnya pedes, dan nggak nyediain yang nggak pedes. Beli bakso pun, pasti masnya udah ngasih sambel duluan di sendoknya. Padahal nggak minta. Kayaknya emang di mana-mana tuh pada menggeneralisasi kalau semua orang suka pedes. Padahal kan NGGAK! Ah sudah ah... >,<

Oya tapi aku sudah mulai makan pedas sih sedikit-sedikit. Makan pempek kuahnya pedes tadinya musti minum 1 liter sekarang cuma segelas. Tapi yang aku belum pernah, makan gorengan pake cabe. Pernah sekali, itu pun gara-gara nazar kelulusan dan agak-agak curang karena cuma gigit dikit, huehehehehe...

21 comments:

  1. wah emosi tingkat tinggi nih mbak una,heheee
    santai mbak....

    ReplyDelete
  2. Laen kali bawa saos dari rumah. Atau ke swalayan dulu beli saos tomat botol kecil. Beres kan? :)

    ReplyDelete
  3. @Mbak Atma: Hahaha nggak sih sebenernya biasa aja.

    @Mas Nando: Nggak beres tuh :p

    ReplyDelete
  4. ...pernah ke McDonald's kan? Ya paling engga ya miss U (baca uchi..)
    yg nulis komen ~omman..

    ReplyDelete
  5. ~aku (baca Una) ngidam makan bakmi goreng ...wkwkwk
    sdh hamil berapa bulan bu? yg nanya namanya 'omman.

    ReplyDelete
  6. ^pempek kuahnya ya pedes, bukan dekat rumah Una aja.. dekat rumah omman juga.

    ReplyDelete
  7. pagi tadi saya (baca omman..) wkwkw ... pesan gado2 di warung mpok nunung pake 'cabe 1 klo 2 or 3 pedes.. :P

    ReplyDelete
  8. mitosnya orang yg suka pedas itu pemarah...

    ReplyDelete
  9. wah lucu nih si mbak. atyo mbak belajar makan makanan pedas hihi

    ReplyDelete
  10. wah ga suka pedes ya una, kebalikan mbak pu dong. iya juga sih masakan indonesia itu banyak yg pedes (atau dipedes2in).mungkin krn banyak bumbunya, atau cabe di indonesia lg murah?kalo mahal juga ga bakalan dikasih tuh cabe...

    ReplyDelete
  11. wegah
    ga doyan pedes
    ndak mencret...

    ReplyDelete
  12. Una, Cobain ja, Makan gorengan plus cabe. pertama makan cabe dulu terus gorengan..snsasinya KEREEEEEN. Dijamin!!

    ReplyDelete
  13. kebalik nih. aku justru suka banget pedes..hehee..

    ReplyDelete
  14. jiaaahhh... si om @brus (sengaja) nyampah dimari na... :)) :))

    kalo baca di naked traveller, katanya indonesia emang selera pedesnya dibilang hebat lho... makin ke timur makin pedes...
    padahal sy dari sulawesi ke kalimantan malah pas makan masakan disini ga berenti minum... begh.. neh lauk ngga ayam ngga sayur, semuanya dibumbu cabe merah... jd bertanya2 disini cabe murah ya?? :))
    tapi sekarang lidah ma perut udah mulai terbiasa :P

    ah gimana sih na... muka sangar ga doyan pedes.. malu ama umur.. (hallagh.. msh bawa bawa umur juga) =))

    ReplyDelete
  15. haduuuh, kebalik tuh ma akuh.
    gak enak kalo makan gak pake cabe alias gak pedess.
    *tpi tergantung makannya jg siih*

    ReplyDelete
  16. haduh, mbak Una cocok banget ni sepiring dengan adik iparku..
    dia juga anti pedas..:)

    ReplyDelete
  17. Wah kita cs-an nih... Aku, suamiku dan anakku tak ada yg doyan pedas. Tapi dibandingkan mereka berdua, aku masih doyan lah yg sedikit pedas... sementara suami dan anakku benar2 gak doyan pedas sama sekali
    Masalahnya adalah, aku sering lupa pesan "tidak pedas" ke penjual makanannya, akibatnya kami sering tersiksa karena kepedesan :(

    ReplyDelete
  18. Aku tinggal di Madiun mbak.. tapi suamiku kelahiran Yogya :) Apa mungkin karena keluarganya gak doyan pedas maka suamiku jadi gak doyan pedas ya?

    ReplyDelete
  19. Saya suka pedas :D
    hahahaa
    sabar mbak :)

    ReplyDelete
  20. kl psn makanan gt aq ngomongny bukan ga pedas ya..tp ga pake cabe ya..hhaaa..soalny kl ngomong ga pedas, tetep msh kepedesan buat qu :|

    ReplyDelete
  21. wah wah bnr2 ga suka pedes ya.
    rata2 orang indo ga bsa makan klo ga pedes :p

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!