New Menu by Ippudo: Chicken Ramen

Waktu tahu Ippudo bakal hadir di Pacific Place pada Oktober tahun lalu, aku girang banget.

Gara-garanya, teman sebangkuku kursus Jepang, yang bolak-balik ke Jepang mulu, sering nyebutin kalau restoran ramen paling terkenal bernama Ippudo. Saking seringnya, nama Ippudo nancep di otak. Makanya, jadi penasaran pengen nyobain ramennya Ippudo.

Ippudo merupakan restaurant chain ramen Jepang yang berasal dari Hakata, Prefektur Fukuoka Jepang. Didirikan tahun 1985 oleh Shigemi Kawahara yang terkenal di dunia sebagai King of Ramen. Sekarang Ippudo memiliki lebih dari 80 restoran di Jepang, dan 45 restoran di kota besar dunia seperti, New York, Chengdu, Manila, Shanghai, Kuala Lumpur, dan juga Jakarta.

Dua bulan lalu, aku akhirnya sempat ke Ippudo bersama teman-teman. Aku mah nggak cari tahu dulu ya, detil menunya bagaimana. Rupanya semua menu ramen broth-nya pork. Sementara itu, aku nggak bisa makan pork. Jadinya aku pesan Beef Teppan Rice dan cuma nontonin teman-temanku makan ramen Ippudo. Beef Teppan Rice-nya aku suka, enak, dan aku juga nyobain Deep-Friend Squid with Nori, yang juga enak, tapi aku kan penasaran sama ramennyaaa...

Eh, aslinya aku nyicip dikit deng. *ups*

Untungnya, Ippudo Indonesia sangat memahami konsumen Indonesia dan akhirnya meluncurkan dua menu chicken ramen terbarunya: Tokyo Chicken Shoyu Ramen dan Spicy Chicken Ramen. Dua menu ini dibuat dengan kaldu hasil rebusan sari pati ayam yang direbus lima jam lebih. Selain itu, dua menu tersebut disajikan dengan mangkok, sendok, dan sumpit yang berbeda dengan menu ramen pork.

Tampak depan Ippudo. Foto: Ippudo Indonesia
Dekorasi cantik di kios Ippudo Indonesia.

Beruntung aku bisa nyobain salah satu menu tadi di acara IPPUDO Blogger Gathering "The 1st Chicken Ramen Menu." Sayangnya aku juga agak sedih, karena aku telat hampir sejam datang ke acara tersebut. Suer deh rasanya nggak pernah setelat ini. Kecuali kelas kuliah, hahaha. Pas aku datang, Takashi Mikami-san, Operations Consultant Ippudo Indonesia sedang menjelaskan bahwa mangkok, sendok, sumpit yang digunakan untuk Chicken Ramen terpisah dengan Pork Ramen. Juga, mangkoknya dibawa langsung dari Jepang.

Selanjutnya, Mikami-san mempraktikkan cara menikmati ramen yang 'benar'. Tekniknya disebut 'zuzutto', yaitu onomatopeia untuk 'to slurp'. Pas masih panas-panas gitu, ambil ramen dengan sumpit lalu di-slurp sampai mi paling ujung. Jangan lupa pakai bunyi. Kalau sudah 'zuzutto', 'nodogoshi' akan didapat. Nodogoshi sendiri adalah 'nice feeling' atau sensasi saat makanan lewat kerongkongan. Dalam acara tersebut hadir pula Hideki Miyazaki-san, selaku Research and Quality Group Head IPPUDO Asia dan Oceania.

Mikami-san bersiap mempraktikkan 'zuzutto'.
Mikami-san: action in kitchen.
Masing-masing blogger yang hadir berkesempatan menyantap satu menu Chicken Ramen. Tapi sebelumnya, kami disediakan appetizer set berisi Seared Salmon Roll with Mentaiko, Grilled Chicken Bun, dan Spicy Shrimp Mayo. Well, sepertinya Ippudo Indonesia pandai membuat kesan pertama yang baik. Appetizer set-nya parah enaknyaaa... Salmon Roll-nya dihiasi telur ikan kod dan bumbu mentaikonya itu... pas melt di mulut, ada di antara lidah sama langit-langit itu rasanyaaaa tengoku (heaven) banget! Aku nggak punya kata-kata lain selain 'enak', hahaha. Kalau Grilled Chicken Bun seperti bakpao berbentuk pipih yang dilipat dan diisi ayam bakar saus teriyaki. Ini juga enak, #enakmulu. Yang terakhir Spicy Shrimp Mayo, udang berbalut tepung tipis yang digoreng disajikan dengan mayones pedas homemade Ippudo Indonesia. Aku sendiri tidak suka makan pedas, dan Spicy Shrimp Mayo terlalu pedas untukku, tapi tetep endeus! Abis itu langsung minum sih hihihi, yaitu Berry Fizz, salah satu menu minuman unggulan Ippudo Indonesia.

The appetizers.
Kepala udang. Kebalik ngga sih ini motonya? *ngga ngerti kepala udang*
Berry Fizz. 
Untuk ramen, aku memesan Tokyo Chicken Shoyu Ramen. Yang tidak pedas. Aku mencoba untuk praktik zuzutto, tapi... pakai sumpit saja aku kurang mahir. Dan aku nggak kuat makan masih panas banget gitu, hihi. Akhirnya ya makan biasa aja, hihi.

Tokyo Chicken Shoyu Ramen.

Makan duluuuu...
Tokyo Chicken Shoyu Ramen ini berkuah kaldu ayam jernih dengan bumbu shoyu spesial. Ditambahkan pula Menma (olahan rebung), Narutomaki (bakso ikan), dan chashu ayam. Kuah shoyu ramen ini terasa ringan tapi berasa banget gurih dan lezatnya. Sedangkan mi-nya, terasa halus dan chewy. Aku kurang tahu yang aku makan itu tingkat kematangannya seberapa: soft, normal, hard, atau very hard, tapi yang aku makan rasanya pas, tidak terlalu hard, tidak soft banget. Pas. Chashu-nya juga berasa bumbunya dan enak. Yang bikin kecewa adalah... kok dikit yah porsinya? Hahaha becanda, kalau ini sih aku aja, soalnya kata yang lain porsinya banyak. #berartisayalapar #belommakandaripagiom

Ini Spicy Chicken Ramen-nya.
Untuk menemani makan ramen, aku memesan ocha dingin. Free refill lho ocha-nya.
Ocha + ramen? Perfect!

Saat acara tersebut, aku semeja dengan Winda Puspita, pemilik blog Gulanya Gulali. Tak berapa lama datang seorang bapak-bapak yang memperkenalkan dirinya Burhan Abe. Memperkenalkan setelah aku tanya namanya sih. hehehe. Ternyata, beliau merupakan chief editor salah satu majalah pria dan influencer Indonesia. Pantas saja sering lihat namanya! Oh ya, pas makan, Miyazaki-san menghampiri meja kami dan bertanya dengan ramah bagaimana rasanya. "Totttttemo oishiiiii!" ("Sangat enak!")

Hihihi, akhirnya... aku bisa juga makan ramen di Ippudo. Next time akan ajak teman-temanku lagi, daaaannn nggak cuma nontonin mereka makan ramen Ippudo, hahaha. Selamat ya Ippudo Indonesia atas menu barunya, Tokyo Chicken Shoyu Ramen, dan Spicy Chicken Ramen! Omedetou! Arigatou!

Buat teman-teman yang penasaran Chicken Ramen-nya Ippudo, menu di atas bakal hadir mulai 1 Juni 2015. Datang yuk!

IPPUDO Indonesia
Pacific Place 5th Floor - Unit 5.37 SCBD Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta Selatan 12910 Jakarta
Twitter: @ippudoidn
Instagram: @ippudoindonesia

52 komentar:

  1. Seru banget acaranya Na di sana tadi ya ? he,, he, he,,

    BalasHapus
  2. pagi2 jadi pinginnn na...aku belum nyobain ramen,penasaran banget..itu appetizernyaaaaa....ra nguati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget lho Mbak... Hahaha. Appetizernya jugaaa...

      Hapus
  3. Looks yummiii... ngiler liat ramen, melipir aja bikin ind*mie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis bikin Indomie beli ramen Mbakkk XD

      Hapus
  4. Eh? Sekarang ad chicken ramen juga ya :D Dulu sempat pernah di undang, tetapi karena cuma ada pork ramen nggak bisa datang ahahah~

    BalasHapus
  5. Waaa Una, thanks for coming ya! Sering - sering makan di IPPUDO ya, Na :)
    Hope you like it <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasihhh juga Puttt... Yuppp definitely bakal ke Ippudo lagi!

      Hapus
  6. Mau coba aaahhh klo ke jakartaaa

    BalasHapus
  7. Tos ah Una, aku juga nggak suka pedes, hihihi..
    Alhamdulillah kalo sekarang udah ada yang bukan pork, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihhh toss! Makan sambel ga Mbak tapi? Kalo makan ga jadi toss hahaha... Iya alhamdulillah wkwk

      Hapus
  8. Unaaaaa...
    Mudah2an di bandung juga ada yaaah...
    Aku kok ngiler parah gini lihat foto2nya siiih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi semoga Ippudo buka cabang banyakkk

      Hapus
  9. Cuman ada di PP doang yaaaa ???
    Mudah2an ntarbuka di GI ... amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sementara ini.
      Di kokas juga ada dong amiin

      Hapus
  10. Huaa aku mupeng liat chicken ramen-nya, sayang banget gak bisa dateng soalnya lagi di Bandung. Wahh ternyata una sebelahan sama gadis stilleto boots bermotor trail (Winda) hihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh... Coba Mbak ga ke Bandung, kan kita bisa ketemuuu hehehe. Wahahaha jadi motornya Mbak Winda trail toh XD

      Hapus
  11. aku belum pernah nyobain ramen yang "asli", mentok paling ke resto jepang yang uda banyak cabangnya dimana-mana itu, tapi teteepp kurang puas hehe..
    BTW, berry fizznya bikin ngilerrr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana tuh? Depannya S? Wkwkwk... Berry Fizz nya segerrr...

      Hapus
  12. beberapa hari ini saya makannya ramen terus nih Una, tapi gak tau ya rasanya asli atau enggak hehe....

    BalasHapus
  13. Kalau lihat foto ramennya bikin banjir liur :D
    Tapi jujur sampai sekarang lidah pribumiku belum bisa kompromi dengan rasa masakan jepang,

    BalasHapus
  14. ramennya menggoda mbak una.....laper deh jadinya....

    BalasHapus
  15. kalo sumpit, sendok sama mangkoknya dibedain sama ramen yang pork, jadi ga worry juga buat kita makan ramen di Ippudo ya..

    BalasHapus
  16. wahh kok blom nyampe inggris ya Na Ippudo-nya. eh setelah gugel-ing bentar ternyata ada di London lho hahaha... dasar akunya udik! adoh ke sana jauh ah tapi. di kota kecilku adanya Wagamama, banyak banget! ada ramen juga tapi blom pernah nyoba ramen sih, lidahnya indomie mulu LOL... payah banget lah aku ini, ga elit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih London aja ada Ippudo, berarti emang heitz banget. Wagamama namanya lucu hahaha, artinya 'selfish'. Nyobain dong Mbak :P

      Hapus
  17. Tokyo Chicken Shoyu Ramen terlihat enak dan menggugah selera. Btw, suka liat dekorasinya.

    BalasHapus
  18. Wah bikin ngencessss
    *lap iler pake anduk

    Suka penasaran ama ramen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk pake lengen baju aja lapnya...

      Hapus
  19. beneraan ini chicken ramen spicynya enaakk banget. lain kali klo makan sambelnya aku aduk dikit2 kali yaa.. sisanya rada pedes soalnya hahahha
    padahal kuahnya pengen banget di-iup lagi (iup = sruput) :p

    BalasHapus
  20. Iya, kok dikit banget ya ramennya? *ditoyor una*

    BalasHapus
  21. Belum pernah makan rameeenn. Enak yaa?

    BalasHapus
  22. Wah, kayanya enak tuh...bikin ngiler :) .

    BalasHapus
  23. Hahahaaa.... itu kepala udangnya kebalik tuh :D

    BalasHapus
  24. Na, secara bunda kan doyan banget tuh sama yang namanya udang, jadiii...ampir azza itu kepala udang yang menantang bunda hembat juga, haha... kalo di rumah sih udah di "ganyem kres, kres, kkreees. Na, di inbox donk apa yang mereka bilang ket

    BalasHapus
  25. Naaa...koq blm selesai udah muncul sih. Maksudnya itu lho yang mereka bilang ketika menyambut tamu ke IPPUDO, ucapan selamat datangnya khas IPPUDO. Tq.

    BalasHapus
  26. Ini endorse yaa na?? hahaha

    BalasHapus
  27. mau makan ramen pakai seremoni gitu ya chefnya hehehe keren, aku belum pernah liat langsung

    BalasHapus
  28. 1. Udah bisa tuh dapetin feel pas slurp nya?
    2. Bandeel ih nyicip nyicip yg pork hahaha
    3. Udah kesini lagi uns? Dah lewat tgl 1 hihi

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!